iklan banner

√ 38 Pengertian Korupsi Berdasarkan Para Hebat Terlengkap

√ 38 Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli TerlengkapHallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Korupsi.


Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Korupsi? Simak klarifikasi terlengkapnnya di bawah ini.


 


 Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli Terlengkap √ 38 Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 38 Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli


 


1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)


Korupsi ialah sikap penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara (perusahaan dan sebagainya) untuk sebuah laba langsung atau orang lain.


 


2. UU No.24 Tahun 1960


Korupsi yaitu perbuatan seseorang, yang dengan atau lantaran melaksanakan suatu kejahatan atau dilakukan dengan menyalah gunakan jabatan atau kedudukan.


 


3. UU No 31 Tahun 1999


Korupsi ialah Setiap orang yang dikategorikan melawan hukum, melaksanakan perbuatan untuk memperkaya diri sendiri, menguntungkan diri sendiri atau juga orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan suatu kewenangan maupun suatu kesempatan atau sarana yang ada padanya lantaran pada jabatan atau kedudukan yang sanggup merugikan keuangan negara atau juga perekonomian negara.


 


4. UU No 20 Tahun 2001


Korupsi yakni salah satu tindakan melawan aturan dengan maksud memperkaya diri sendiri, orang lain, atau korupsi yang akan berakibat merugikan negara atau perekonomian negara.


 


5. Black’s Law Dictionary


Korupsi ialah suatu perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk memperlihatkan laba yang tidak resmi dengan menggunakan hak-hak dari pihak lain, yang secara salah dalam menggunakan jabatannya atau pada karakternya di dalam memperoleh suatu laba untuk dirinya sendiri atau juga orang lain, yang berlawanan dengan kewajibannya dan hak-hak dari para pihak lain.


 


6. Robert Klitgaard


Korupsi yaitu suatu tingkah laris yang meyimpang dari tugas-tugas resmi jabatannya dalam negara, dimana untuk memperoleh laba status atau uang yang menyangkut diri langsung atau perorangan, keluarga dekat, kelompok sendiri, atau dengan melanggar aturan pelaksanaan yang menyangkut tingkah laris pribadi.


 


7. The Lexicon Webster Dictionary


Korupsi merupakan sesuatu kebusukan, keburukan, kebejatan, ketidakjujuran yang bisa disuap, tidak bermoral, penyimpangan dari kesucian, kata-kata atau juga suatu ucapan yang menghina serta memfitnah.


 


8. Gunnar Myrdal


Korupsi ialah suatu dilema dalam pemerintahan lantaran kebiasaan melaksanakan penyuapan dan ketidakjujuran membuka jalan membongkar korupsi dan tindakan-tindakan penghukuman terhadap pelanggar.


 


9. Syeh Hussein Alatas


Korupsi yaitu suatu subordinasi dalam kepentingan umum yang ada di bawah kepentingan langsung yang akan meliputi sebuah pelanggaran norma, kiprah dan kesejahteraan umum, yang sanggup dilakukan dengan kerahasian, penghianatan, penipuan dan kemasabodohan dengan suatu akhir yang sanggup diderita oleh rakyat.


 


10. Mubyarto


Korupsi yakni suatu dilema politik yang jauh lebih dari pada ekonomi yang sanggup menyentuh keabsahan atau legitimasi pemerintah di mata generasi muda dan kaum elite terdidik serta para pegawai pada umumnya.


 


11. Kartono


Korupsi merupakan sesuatu tingkah laris individu yang sanggup menggunakan wewenang dan jabatan guna mengeduk laba langsung atau juga sanggup merugikan kepentingan umum dan negara.


 


12. Haryatmoko


Korupsi ialah sebuah upaya untuk sanggup menggunakan kemampuan campur tangan lantaran posisinya sebagai menyalahgunakan suatu  informasi, keputusan, pengaruh, uang serta kekayaan demi kepentingan serta laba dirinya.


 


13. Nurdjana


Korupsi berasal dari bahasa Yunani yaitu “corruptio” yang berarti perbuatan yang tidak baik, buruk, curang, sanggup disuap, tidak bermoral, menyimpang dari kesucian, melanggar norma-norma agama materiil, mental dan hukum.


 


14. Bank Dunia


Korupsi merupakan pemanfaatan kekuasaan untuk menerima laba pribadi.


 


15. Kusuma


Korupsi yaitu sebuah pemanfaatan kekuasaan untuk menerima suatu laba pribadi.


 


16. Asyumardi Mazhar


Korupsi yakni banyak sekali tindakan gelap dan tidak sah (illicit or illegal activities) untuk mendapatkan laba langsung atau kelompok.


 


17. Guy Benveniste


Korupsi ialah



  • Pengertian illegal corruption (illegal corruption) ialah suatu jenis tindakan yang membongkar atau mengacaukan, bahasa ataupun maksud maksud hukum, peraturan dan regulasi tertentu. Efektivitas untuk jenis korupsi ini bisa diukur. Namun ia jauh lebih gampang untuk dikendalikan.

  • Pengertian mercenary corruption ialah sejenis korupsi dengan maksud untuk memperoleh laba individual atau pribadi. Umumnya korupsi pada jenis ini banyak dipakai oleh para kompetitor politik dalam suksesi ataupun kampanye politik.

  • Pengertian korupsi ideologis (ideological corruption) ialah korupsi yang dilakukan lebih lantaran kepentingan kelompok, lantaran janji ideologis seseorang yang mulai tertanam diatas nama kelompok tertentu. Umumnya korupsi ideologis ini sangat sulit untuk sanggup dilacak dan diketahui secara material.


 


18. Muhammad Ali


Korupsi yaitu



  • “Korup” sanggup diartikan sebagai suatu sifat yang busuk, suka mendapatkan uang suap atau sogok, menggunakan kekuasaan untuk sebuah kepentingan sendiri dan sebagainya.

  • “Korupsi” artinya suatu perbuatan amis menyerupai penggelapan uang, penerimaan uang sogok, dan lain sebagainya.

  • “Koruptor” artinya orang yang melaksanakan tindakan korupsi.


 


19. Agus Mulya Karsona


Korupsi yaitu sesuatu perbuatan yang sangat busuk, jahat, dan merusak yang sanggup menyangkut perbuatan yang bersifat amoral, sifat dan keadaan yang juga busuk, menyangkut jabatan instansi atau juga aparatur pemerintah, penyelewengan kekuasaana dalam sebuah jabatan lantaran pemberian, menyangkut faktor ekonomi dan politik serta dalam penempatan keluarga atau golongan ke dalam kedinasaan di bawah kekuasan suatu jabatan.


 


20. Brooks


Korupsi ialah dengan sengaja melaksanakan kesalahan atau melalaikan kiprah yang diketahui sebagai kewajiban, atau tanpa laba yang sedikit banyak bersifat pribadi.


 


21. Poerwadarminta


Korupsi ialah perbuatan yang jelek menyerupai penggelapan uang, penerimaan uang sogok dan sebagainya.


 


22. Soedarsono


Korupsi yakni salah satu tindakan penyelewengan atau penggelapan uang negara atau perusahaan sebagai daerah seseorang bekerja untuk sebuah kepentingan langsung atau orang lain.


 


23. Nathaniel H. Left


Korupsi ialah suatu cara diluar aturan yang dipakai oleh perseorangan atau golongan-golongan untuk mempengaruhi tindakan-tindakan birokrasi.


 


24. Jose Veloso Abueva


Korupsi ialah sesuatu tindakan mempergunakan kekayaan negara (biasanya uang, barang-barang milik negara atau kesempatan) untuk sanggup memperkaya diri.


 


25. Juniadi Suwartojo


Korupsi yaitu salah satu tingkah laris atau sebuah tindakan seseorang atau lebih yang melanggar banyak sekali norma-norma yang berlaku dengan sanggup menggunakan atau juga menyalahgunakan sebuah kekuasaan atau kesempatan melalui proses pengadaan, penetapan pada pungutan penerimaan atau juga pertolongan fasilitas.


 


26. Philip


Korupsi ialah sesuatu tingkah laris dan tindakan seseorang pejabat publik yang menyimpang dari banyak sekali tugas-tugas publik formal untuk mendapatkan suatu laba pribadi, atau laba bagi orang yang tertentu yang berkaitan erat dengan para pelaku korupsi menyerupai keluarga koruptor, karib kerabat koruptor, dan teman koruptor.


 


27. Jeremy Pope


Korupsi yakni penyalahgunaan suatu kekuasaan dan kepercayaan untuk kepentingan langsung atau sikap tidak mematuhi banyak sekali prinsip mempertahankan jarak (keeping distance).


 


28. Johston


Korupsi ialah sebagai tingkah laris yang menyimpang dari kiprah tugas resmi dalam perang sebagai pegawai pemerintah (yang dipilih ataupun diangkat) lantaran kekayaan yang dianggap mliki sendiri (pribadi, keluarga akrab ataupun kelompok sendiri) atau perolehan status atau melanggar peraturan terhadap pelaksanaan jenis jenis tertentu dari dampak yang dianggap milik sendiri.


 


29. Anwar


Korupsi merupakan penyalahgunaan amanah untuk kepentingan pribadi.


 


30. Mohtar Mas’oed


Korupsi yaitu suatu sikap yang menyimpang dari kewajiban formal suatu jabatan publik lantaran kehendak untuk sanggup memperoleh laba hemat atau juga status bagi diri sendiri, keluarga akrab atau klik.


 


31. Alfiler


Korupsi yakni sebagai salah satu sikap yang sanggup dirancang yang bahwasanya merupakan suatu sikap yang menyimpang dari banyak sekali norma-norma yang sudah dibutuhkan yang sengaja dilakukan untuk bisa mendapatkan imbalan material atau juga penghargaan lainnya.


 


32. Prof R.Subekti, SH. dan Tjitrosudibio


Korupsi ialah perbuatan curang tindakan pidana yang sanggup menciptakan rugi keuangan negara dan perusahaan.


 


33. Henry Campbell Black


Korupsi yaitu suatu perbuatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan suatu laba yang tidak sesuai dengan kewajiban resmi dan hak-hak dari pihak lain.


 


34. Albert Sydney Hornby


Korupsi merupakan suatu pertolongan atau penawaran dan penerimaan hadian berupa suap, serta kebusukan atau keburukan.


 


35. S. Hornby


Korupsi ialah suatu pertolongan atau penawaran dan penerimaah hadian berupa suap, serta kebusukan atau keburukan.


 


36. Huntington


Korupsi yakni suatu sikap pejabat publik yang sanggup menyimpang dari banyak sekali norma-norma yang diterima oleh masyarakat, dan juga sikap menyimpang ini bisa ditujukan dalam suatu rangka untuk memenuhi kepentingan pribadi.


 


37. Dr. Kartini Kartono


Korupsi ialah tingkah laris yang menggunakan jabawan dan wewenang guna mengeruk laba pribadi, merugikan kepentingan umum.


 


38. Nye, J.S


Korupsi yaitu sebagai sikap yang menyimpang dari aturan etis formal yang menyangkut tindakan seseorang dalam posisi otoritas publik yang disebabkan oleh motif pertimbangan pribadi, menyerupai kekayaan, kekuasaan dan status.


 


Demikianlah klarifikasi terlengkap mengenai √ 38 Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


 


Baca Juga Artikel :







Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ 38 Pengertian Korupsi Berdasarkan Para Hebat Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel