iklan banner

√ 15 Pengertian Drama Berdasarkan Para Andal Terlengkap

√ 15 Pengertian Drama Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Drama.


Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Drama? Simak klarifikasi terlengkapnnya di bawah ini.


 


 Pengertian Drama Menurut Para Ahli Terlengkap √ 15 Pengertian Drama Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 15 Pengertian Drama Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Sejarah Drama


 


Drama ini sebagai salah satu bentuk dari pagelaran seni dan pertunjukan, tentunya sudah ada semenjak jaman dulu pada jaman nenek moyang kita. Dari jaman dulu sudah banyak orang yang bermain dengan banyak sekali tugas dalam drama.


Bukti tertulis yang sanggup dipertanggungjawabkan dalam sebuah hal yang mengungkap bahwa drama ini sudah banyak dipentaskan dan juga terkenal semenjak kala ke-5 sebelum masehi.


Sejarah drama ini didukung dengan adanya inovasi naskah drama kuno dari bangsa Yunani yang ditulis oleh Aeschylus, seorang tokoh yang hidup pada tahun 524 sampai 456 sebelum masehi. Dalam drama yang ditulisnya, terdapat lakon yang dipakai sebagai persembahan untuk ilahi dewa.


Sejarah dari kelahiran drama ini juga dikenal di negara Indonesia sebagaimana kelahiran drama di Yunani. Di Indonesia, drama ini juga diawali dengan adanya upacara kegamaan yang diadakan oleh para pemuka agama.


Pada intinya, para pemuka ini juga akan mengucapkan sebuah mantra dan pada semacam doa sembari mempertunjukkan suatu karya seni sastra kepada khalayak ramai.


 


 


Pengertian Drama Menurut Para Ahli


 


1. Wildan


Drama yaitu salah satu komposisi berdasarkan beberapa cabang seni, sehingga drama dibagi menjadi dua, yaitu drama dalam bentuk teks tertulis dan drama dipentaskan.


 


2. Anne Civardi


Drama yakni sebuah kisah yang diceritakan melalui kata-kata dan gerakan.


 


3. Krauss


Drama ialah suatu bentuk citra seni yang tiba dari nyanyian dan tarian ibadat Yunani kuno, yang di dalamnya dengan terang terorganisasi obrolan dramatis, sebuah konflik dan penyelesaiannya digambarkan di atas panggung.


 


4. Tjahjono


Drama yakni sebagai sebuah tontonan atau pertunjukan inilah yang sering disebut dengan istilah teater. Sebagai sebuah seni dari pertunjukan, drama ini juga mempunyai sifat ephemeral, artinya bermula pada suatu malam dan berakhir pada malam yang sama juga.


 


5. Tambojang


Drama yaitu sebuah dongeng yang unik. Ia tidak untuk dibaca saja, tetapi untuk dipertunjukkan sebagai tontonan. Sebagai tontonan, drama ialah kesenian ephemeral, artinya bermula pada suatu malam dan berakhir pada malam yang sama.


 


6. Moulton


Drama merupakan kisah hidup yang dilukiskan dalam bentuk gerakan (life presented in action).


 


7. Balthazar Vallhagen


Drama merupakan sebuah kesenian yang sanggup melukiskan sifat dan moral insan dengan banyak sekali gerakan.


 


8. Ferdinand Brunetierre


Drama juga harus melahirkan sebuah kehendak dengan banyak sekali action atau gerak.


 


9. Budianta dkk


Drama merupakan genre sastra dimana penampilan fisiknya memperlihatkan secara lisan adanya percakapan atau obrolan diantara para tokoh yang ada.


 


10. Tim Matrix Media Literata


Drama yakni bentuk narasi yang menggambarkan kehidupan dan alam insan melalui sikap (akting) yang dipentaskan.


 


11. Seni Handayani


Drama ialah bentuk komposisi berdasarkan dua cabang seni, seni sastra dan seni pertunjukan sehingga drama dibagi menjadi dua, yaitu drama dalam bentuk teks tertulis dan drama dipentaskan.


 


12. E. R. Reaske


Drama yakni sebuah karya seni sastra atau sebuah komposisi, dengan menggambarkan suatu kehidupan dan acara insan dengan segala penampilan, banyak sekali tindakan dan juga obrolan antara sekelompok tokoh.


 


13. Sumarjo


Drama yaitu suatu karya sastra yang ditulis dalam bentuk obrolan dengan maksud dipertunjukkan oleh aktor.


 


14. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)


Drama ialah Cerita atau kisah, terutama yang melibatkan konflik atau emosi yang khusus disusun untuk pertunjukan teater.


 


15. Wikipedia


Drama merupakan suatu genre (jenis) karya sastra yang menggambarkan kehidupan insan dengan gerak. Drama menggambarkan realita suatu kehidupan, watak, serta tingkah laris insan melalui banyak sekali tugas dan obrolan yang dipentaskan.


Adapun pengertian lain yang di ambil dari banyak sekali sumber yaitu sebagai berikut ini :



  • Drama ialah sebuah dongeng konflik dari kehidupan insan yang berbentuk obrolan dan sanggup dipentaskan menggunaan agresi serta percakapan yang dihadapkan kepada para audiance.

  • Drama juga sanggup berarti suatu situasi, action, kualitas komunikasi dan juga axciting (kehebatan).


 


Demikianlah klarifikasi terlengkap mengenai √ 15 Pengertian Drama Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan sanggup menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


 


Baca Juga Artikel :







Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ 15 Pengertian Drama Berdasarkan Para Andal Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel