iklan banner

✔ 11 Pengertian Pendidikan Berdasarkan Para Andal Beserta Daftar Pustakanya

 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli Beserta Daftar Pustakanya ✔ 11 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli Beserta Daftar Pustakanya


1. Muhibbin Syah, 2010: 10 - Pendidikan berasal dari kata "didik", kemudian kata ini menerima awalan "me" sehingga menjadi "mendidik" artinya, memelihara dan memberi latihan. Dalam memelihara dan memberi latihan diharapkan adanya ajaran, tuntunan, dan pimpinan mengenai watak dan kecerdasan pikiran.

2. Soekidjo Notoatmodjo, 2003: 16 – mendefinisikan secara umum “Pendidikan yaitu segala upaya yang direncanakan untuk mempengaruhi orang lain baik individu, kelompok, atau masyarakat sehingga mereka melaksanakan apa yang diharapkan oleh pelaku pendidikan.”

3. UU RI No.  20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1 - Pendidikan adalah  perjuangan sadar dan terpola untuk mewujudkan suasana berguru dan  proses pembelajaran supaya akseptor didik secara aktif menyebarkan potensi dirinya untuk mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, watak mulia, serta keterampilan yang diharapkan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Tujuan pendidikan yang termuat dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 berbunyi - Pendidikan nasional berfungsi menyebarkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi akseptor didik supaya menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang  demokratis  serta bertanggung jawab.
4. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2002 : 263 - Pendidikan yaitu proses pengubahan perilaku dan tatalaku seseorang atau kelompok orang dalam perjuangan mendewasakan insan melalui upaya pengajaran dan pelatihan, proses, cara, perbuatan mendidik.

5. Sedarmayanti, 2001:32 -  Menjelaskan bahwa melalui  pendidikan, seseorang dipersiapkan untuk mempunyai bekal supaya siap tahu, mengenal dan menyebarkan metode berpikir secara sistematik supaya sanggup memecahkan duduk kasus yang akan dihadapi dalam kehidupan dikemudian hari.

6. Siagian, 2006: 273 - Pendidikan yaitu keseluruhan proses teknik dan metode berguru mengajar dalam rangka mengalihkan suatu pengetahuan dari seseorang kepada orang lain sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

7. H. Fuad Ihsan, 2005: 1 - Pengertian  pendidikan secara sederhana yaitu “Usaha insan untuk menumbuhkan dan menyebarkan potensi-potensi pembawaan baik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada didalam masyarakat dan kebudayaan”.

8. Jhon Dewey, 2003: 69 - “Pendidikan yaitu proses pembentukan kecakapan-kecakapan mendasar secara intelektual dan emosional kearah alam dan sesama manusia”.

9. J.J. Rousseau, 2003: 69 - “Pendidikan merupakan memperlihatkan kita pembekalan yang tidak ada pada masa kanakkanak, akan tetapi kita membutuhkanya pada masa dewasa”.

10. Oemar Hamalik, 2001: 79 -  “Pendidikan yaitu suatu proses dalam rangka mempengaruhi siswa supaya sanggup beradaptasi sebaik mungkin terhadap lingkungan dan dengan demikian akan menjadikan perubahan dalam dirinya yang memungkinkannya untuk berfungsi secara besar lengan berkuasa dalam kehidupan masyarakat”.

11. Feni, 2014: 13 - “Pendidikan merupakan bimbingan atau pertolongan yang diberikan oleh orang remaja kepada perkembangan anak untuk mencapai kedewasaanya dengan tujuan supaya anak cukup cakap melaksanakan kiprah hidupnya sendiri tidak dengan pemberian orang lain”.


Soekidjo Notoatmodjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta. 

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2002.  Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sedarmayati. 2001. Sumber daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Siagian, Sondang P. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi I, Cetakan Ketiga Belas,. Jakarta: Bumi Aksara.

Fuad Ihsan. 2005. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

John Dewey. 2003. Democracy and Education, p.383, edisi Muzayyin Arifin, filsafat pendidikan islam,2003.Bandung;Pustaka Setia,halaman.3

John Dewey. 2003. Dalam Menggugat Pendidikan Fundamentalis, Konservative,  Liberal, Anarkis Oleh Paolo Freire. Ivan Illich. Enrich Fromm. dkk. cetakan ke- 4. Alih Bahasa Oleh; Omi Intan Naomi. Yogyakarta; Pustaka Pelajar.



Sumber http://pendidikandanteknolog.blogspot.com

0 Response to "✔ 11 Pengertian Pendidikan Berdasarkan Para Andal Beserta Daftar Pustakanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel