iklan banner

✔ Makalah Inrformasi Dalam Bisnis ( Komunikasi Organisasi, Teknologi Informasi, Laporan Bisnis )



MAKALAH
MATA KULIAH MANAJEMEN BISNIS
INRFORMASI DALAM BISNIS
( KOMUNIKASI ORGANISASI, TEKNOLOGI INFORMASI, LAPORAN BISNIS )
PT. ALBASIA BHUMIPHALA PERSADA

Diajukan Untuk : Drs. Hamron, M.Si.





Disusun Oleh :
Kelompok 4


UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG
FAKULTAS EKONOMI
PROGRAM STUDI AKUNTANSI DAN MANAJEMEN
Tahun 2014 / 2015


PRESENSI ( KEHADIRAN )
NO
NAMA
NPM
TANGGAL
14-Des-2014
20-Des-2014
1.
Dini Ristanti
14.0101.0018


2.
Wulandari
14.0101.0071


3.
Romi Ismiati
14.0101.0080


4.
Rudi Hermawan
14.0101.0081


5.
Nabella Hayyu Leoditasari
14.0101.0122


6.
Sri Lestari
14.0102.0001


7.
M. Yazid Akhsani
14.0102.0006


8.
Dian Amalya
14.0102.0010


9.
Asto Prastowo
14.0102.0015


10.
Nanang Amirul Mukminin
14.0102.0016


11.
Eva Yuliyanti Masyruroh
14.0102.0018


12.
Evy Andriyani
14.0102.0028


13.
Tri Purwanti
14.0102.0039


14.
toro
14.0102.0081


15.
Ahmad Munif
14.0102.0099


16.
Muhammad Syachrin
14.0102.0128












PEMBAHASAN TEORI

I.                        KOMUNIKASI ORGANISASI
Komunikasi organisasi ialah pengiriman dan penerimaan aneka macam pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi.

A.     Fungsi Komunikasi Dalam Organisasi
Istilah organisasi berasal dari bahasa Latin organizare, yang secara harafiah berarti paduan dari bagian-bagian yang satu sama lainnya saling bergantung. Diantara para andal ada yang menyebut paduan itu sistem, ada juga yang menamakannya sarana.
Sendjaja (1994) menyatakan fungsi komunikasi dalam organisasi ialah sebagai berikut:
1.       Fungsi Informatif
Organisasi sanggup dipandang sebagai suatu sistem pemrosesan informasi. Maksudnya, seluruh anggota dalam suatu organisasi berharap sanggup memperoleh informasi yang lebih banyak, lebih baik dan sempurna waktu. Informasi yang didapat memungkinkan setiap anggota organisasi sanggup melaksanakan pekerjaannya secara lebih pasti. Orang-orang dalam tataran manajemen membutuhkan informasi untuk membuat suatu kebijakan organisasi ataupun guna mengatasi konflik yang terjadi di dalam organisasi. Sedangkan karyawan (bawahan) membutuhkan informasi untuk melaksanakan pekerjaan, di samping itu juga informasi perihal jaminan keamanan, jaminan sosial dan kesehatan, izin cuti, dan sebagainya.
  1. Fungsi Regulatif
Fungsi ini berkaitan dengan peraturan-peraturan yang berlaku dalam suatu organisasi. Terdapat dua hal yang besar lengan berkuasa terhadap fungsi regulatif, yaitu:
a)      Berkaitan dengan orang-orang yang berada dalam tataran manajemen, yaitu mereka yang mempunyai kewenangan untuk mengendalikan semua informasi yang disampaikan. Juga memberi perintah atau intruksi supaya perintah-perintahnya dilaksanakan sebagaimana semestinya. 
b)      Berkaitan dengan pesan. Pesan-pesan regulatif intinya berorientasi pada kerja. Artinya, bawahan membutuhkan kepastian peraturan perihal pekerjaan yang boleh dan tidak boleh untuk dilaksanakan.
  1. Fungsi Persuasif
Dalam mengatur suatu organisasi, kekuasaan dan kewenangan tidak akan selalu membawa hasil sesuai dengan yang diharapkan. Adanya kenyataan ini, maka banyak pimpinan yang lebih suka untuk mempersuasi bawahannya daripada memberi perintah. dan kewenangannya.
  1. Fungsi Integratif
Setiap organisasi berusaha untuk menyediakan saluran yang memungkinkan karyawan sanggup melaksanakan kiprah dan pekerjaan dengan baik. Ada dua saluran komunikasi yang sanggup mewujudkan hal tersebut, yaitu:
a.       Saluran komunikasi formal menyerupai penerbitan khusus dalam organisasi tersebut (buletin, newsletter) dan laporan kemajuan organisasi
b.      Saluran komunikasi informal menyerupai perbincangan antar pribadi selama masa istirahat kerja, pertandingan olahraga, ataupun kegiatan darmawisata. Pelaksanaan acara ini akan menumbuhkan cita-cita untuk berpartisipasi yang lebih besar dalam diri karyawan terhadap organisasi.

B.     Faktor Komunikasi Organisasi

Menurut Raymond Lesikar terdapat empat faktor khusus dalam organisasi yang mempengaruhi efektivitas komunikasi, yaitu:

1.      Saluran Komunikasi Formal

Saluran komunikasi formal mempengaruhi efektivitas komunikasi dengan 2 cara, yaitu:

a.       Saluran formal akan ikut meluas jikalau organisasi berkembang, komunikasi yang efektif akan sulit diperoleh dalam organisasi yang besar.

b.      Saluran formal sanggup menghambat fatwa informasi, buruh berangasan rendahan hanya sanggup memberikan masalahnya pada mandornya saja.

2.      Sturktur Wewenang Organisasi

Struktur organisai juga besar lengan berkuasa pada efektivitas komunikasi, sebab status dan wewenang sanggup menentukan pihak – pihak yang berkomunikasi, serta materi dari komunikasi itu sendiri.

3.      Spesialisasi dalam Pekerjaan

Spesialisasi pekerjaan akan mempermudah komunikasi antara anggota – anggota kelompok kerja sama.

4.      Pemilikan Informasi

Bagi pihak yang mempunyai informasi dan pengetahuan khusus mengenai suatu kiprah atau pekerjaan akan mempunyai wewenang yang tidak dimiliki oleh pihak lain.

 

C.     Hambatan Dalam Komunikasi Yang Efektif

Hambatan – hambatan terhadap komunikasi yang efektif adalah:

  1.Mendengarkan apa yang diharapkan untuk didengar (hanya mendengar apa yang ingin     kita dengar).

  2.Mengabaikan informasi dengan apa yang diyakininya

  3.Menilai sumbernya (hanya mendengar dari orang yang dipercayainya/orang yang lebih dewasa).

 4.Persepsi yang berbeda (antara pengirim dan peserta pesan berbeda persepsi).

 5.Kata yang mempunyai arti yang berbeda bagi orang yang berbeda

 6.Ekspresi yang tidak konsisten

 7.Effek dan emosi

 8.Kebisingan


D.     Cara Megatasi Hambatan Komunikasi

Menurut Leonard Syales dan George Strauss memberikan beberapa teknik guna mengatasi hambatan – hambatan dalam komunikasi yaitu:

 1.Umpan Balik

Gunakan umpan balik (feedback), setiap orang yang berbicara
memperhatikan umpan balik yang diberikan lawan bicaranya baik bahasa
verbal maupun non verbal, kemudian memberikan penafsiran terhadap
umpan balik itu secara benar.

2.Komunikasi Tatap Muka

Gunakan komunikasi eksklusif (face to face), Komunikasi langsung
dapat mengatasi hambatan komunikasi sebab sifatnya lebih persuasif.
Komunikator sanggup memadukan bahasa verbal dan bahasa non verbal.
Disamping kata-kata yang selektif sanggup pula digunakan kontak mata,
mimik wajah, bahasa badan lainnya dan juga meta-language (isyarat
diluar bahasa) yang membuat komunikasi lebih berdaya guna.

3.Sensitif dengan Latar Belakang Penerima

Pahami perbedaan individu atau kompleksitas individu dengan baik.
Setiap individu merupakan pribadi yang khas yang berbeda baik dari
latar belakang psikologis, sosial, ekonomi, budaya dan pendidikan.
Dengan memahami, seseorang sanggup memakai taktik yang sempurna dalam
berkomunikasi.

4.Bahasa yang Langsung dan Sederhana

Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah. Kosa kata yang digunakan
hendaknya sanggup dimengerti dan dipahami jangan menggunakan
istilah-istilah yang sukar dimengerti pendengar. Gunakan pola kalimat
sederhana (kanonik) sebab kalimat yang mengandung banyak anak kalimat membuat pesan sulit dimengerti.

 

E.      Prinsip-prinsip management klasikal

Griffin (2003) dalam A First Look at Communication Theory, membahas komunikasi organisasi mengikuti teori management klasik, yang menempatkan suatu bayaran pada daya produksi, presisi, dan efisiensi. Adapun prinsip-prinsip dari teori management klasikal ialah sebagai berikut:
1.Kesatuan komando yaitu suatu karyawan hanya mendapatkan pesan dari satu atasan.
2.Rantai skalar- garis otoritas dari atasan ke bawahan, yang bergerak dari atas hingga ke bawah untuk organisasi; rantai ini, yang diakibatkan oleh prinsip kesatuan komando, harus digunakan sebagai suatu saluran untuk pengambilan keputusan dan komunikasi.
         3.Divisi pekerjaan- manegement perlu isyarat untuk mencapai suatu derajat tingkat     spesialisasi yang dirancang untuk mencapai target organisasi dengan suatu cara efisien.
4.Tanggung jawab dan otoritas- perhatian harus dibayarkan kepada hak untuk memberi  order dan ke ketaatan secama; suatu ketepatan keseimbangan antara tanggung jawab dan otoritas harus dicapai.
5.Disiplin- ketaatan, aplikasi, energi, perilaku, dan tanda rasa hormat yang keluar seturut kebiasaan dan aturan disetujui.
6.Mengebawahkan kepentingan individu dari kepentingan umum- melalui pola peneguhan, persetujuan adil, dan pengawasan terus-menerus.


 II.                        TEKNOLOGI INFORMASI

Teknologi informasi terdiri dari 2 kata yaitu teknologi dan informasi.
A.    Pengertian Teknologi
Kata teknologi bermakna pengembangan dan penerapan aneka macam peralatan atau sistem untuk menuntaskan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh insan dalam kehidupan sehari-hari, kata teknologi berdekatan artinya dengan istilah tata cara.
1.      Pengertian Informasi menurut
Azmi, Yan (2009: 2), informasi ialah data yang diproses kedalam bentuk yang lebih berarti bagi peserta dan berkhasiat dalam pengambilan keputusan, kini atau untuk masa yang akan datang.
2.      Pengertian Teknologi Informasi, berdasarkan :
1.Haag dan Keen, 1996, ” teknologi informasi sebagai seperangkat alat yang membantu untuk bekerja dengan informasi dan melaksanakan tugas-tugas yang berafiliasi dengan pemrosesan informasi.
2.Martin,1999 “Teknologi Informasi yang tidak hanya terbatas pada teknologi komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi melainkan juga meliputi teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.”
3.Mc Keown, 2001 mendefinisikan “Teknologi Informasi merujuk pada seluruh bentuk teknologi yang digunakan untuk menciptakan, menyimpan, mengubah, dan untuk memakai informasi tersebut dalam segala bentuknya.”
4.Williams dan Sawyer, 2003 mendefinisikan “Teknologi Informasi ialah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, bunyi dan video.”
5.Kenneth C.Loudon, 2004  mendefinisikan “Teknologi Informasi ialah salah satu alat yang digunakan para manajer untuk mengatasi perubahan yang terjadi.”
6.Martin, Brown, DeHayes, Hoffer, 2005  dan Perkins mendefinisikan “Teknologi Informasi ini merupakan kombinasi teknologi komputer yang terdiri dari perangkat keras dan lunak untuk mengolah dan menyimpan informasi dengan teknologi komunikasi untuk melaksanakan penyaluran informasi.”
7.Ward and Peppard (2002, p3) “teknologi informasi atau yang biasa disingkat dengan TI secara spesifik mengacu pada teknologi, baik berupa hardware, software maupun jaringan telekomunikasi yang memfasilitaskan dan mendukung proses pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran dan pertukaran informasi.”
8.Turban, Rainer dan Potter ( 2003, p3) “Teknologi informasi ialah kumpulan dari komponen teknologi individu yang secara khusus diatur dalam komputer berbasis sistem informasi.”
Dapat dinyatakan bahwa teknologi informasi ialah suatu kombinasi antara teknologi komputer dan teknologi komunikasi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan ,memanipulasi data dengan mendalam aneka macam cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan sempurna waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

B.     Komponen Teknologi Informasi
Komponen teknologi Informasi ada 2  macam antara lain :
1.Perangkat Keras yaitu komponen fisik dari sistem komputer
Perangkat keras terbagi 2 jenis yaitu :
a.Komputer Analog, merupakan komputer yang digunakan untuk melaksanakan pengukuran dan pemrosesan data dalam menghadapi sebuah model kasus atau situasi.Komputer ini digunakan untuk mengendalikan perlengkapan manufaktur yang melaksanakan pekerjaan repetitif dan otomatis ( pola perusahaan perakit kendaraan beroda empat yang memakai robot )
b.Komputer Digital, merupakan komputer yang berfungsi memproses data ekstrak berdasarkan instruksi tertentu.Komputer ini digunakan untuk melaksanakan penghitungan repetitif dalam pekerjaan pemrosesan data ( upah, stok, penjualan, biaya ),dan banyak  digunakan di rumah-rumah dan dikantor-kantor.
Komponen Komputer Digital :
1)   Alat Input ( Input Unit ) : Bagian dari sistem komputer yang memasukan data ke dalam komputer. ( ex : key bord, mouse, scanner, barcode, touch creen dll )
2)   Memori unit ( memory Unit ) : Bagian dari komputer yang digunakan untuk menyimpan data yang akan dan sudah diproses.(ex utama : RAM,ex sekunder : disket, harddisk, compact disc, magnetic tape, DVD, flasdisk dll)
3) Central Processing Unit (CPU) : Bagian sentra pengolahan data yang terdiri dari arithmetic ( perhitungan matematika ), dan control unit ( yang mengkoordinasikan semua kegiatan )
4) Output unit : Bagian dari sistem komputer yang menghadirkan hasil-hasil ( yg telah di proses ), baik secara visual maupun dalam bentuk cetakan . ( ex : monitor, printer, plotter, speker dll )
5) Communication Device : Bagian komputer yang berfungsi menghubungkan satu komputer dengan komputer lain ( ex : LAN, Modem ).
2.Perangkat Lunak (Software), merupakan semua elemen dalam komputer selain perangkat keras  (Program-program yang memberi perintah yang harus dilakukan komputer ).
Perangkat keras terbagi 2 jenis yaitu :
a.     Perangkat lunak sistem operasi (system program), yaitu piranti lunak yang memberitahu komputer mengenai sumber daya apa yang digunakan dan bagaimana menggunakannya ( fungsi mengendalikan fungsi dasar komputer ), ex : DOS, windows, linux .
b.    Perangkat lunak aplikasi (application program),yaitu perangkat lunak embel-embel yang sangat spesifik sesuai kebutuhan pemakai komputer.
Terbagi 2 :
1)Program sudah jadi : pengolahan  kata, lembar kerja, presentasi, statistik dll.
2)Program pesanan :pesanan perusahaan sesuai kebutuhan ex GUI, AX dll
C.    Tujuan Adanya Teknologi Informasi, berdasarkan :
Sutarman (2009: 17), adapun yang menjadi tujuan dari adanya teknologi informasi ialah untuk memecahkan masalah, membuka kreativitas, dan meningkatkan efektivitas dan efesiensi dalam melaksanakan pekerjaan.
Fungsi Teknologi Informasi, berdasarkan :
Sutarman (2009: 18), Ada 6 fungsi Teknologi Informasi yaitu :
1.    Menangkap (Capture), dimana peserta pesan menangkap dan mengartikan informasi yang mempunyai arti baginya.
2.    Mengolah (Processing), Mengolah/memproses data masukan yang diterima untuk menjadi informasi. Pengolahan/pemrosesan data sanggup berupa konversi (pengubahan data ke bentuk lain), analisis (analisis kondisi), perhitungan (kalkulasi), sintesis (penggabungan) segala bentuk data dan informasi.
3.    Menghasilkan (Generating), Menghasilkan atau mengorganisasikan informasi ke dalam bentuk yang berguna. Misalnya : laporan, tabel, grafik dan sebagainya.
4.    Menyimpan (Storage), Merekam atau menyimpan dan informasi dalam suatu media yang sanggup digunakan untuk keperluan lainnya. Misalnya disimpan ke harddisk, tape, disket, compact disc (CD) dan sebagainya.
5.    Mencari kembali (Retrieval), Menelusuri mendapatkan kembali informasi atau menyalin (copy) data dan informasi yang sudah tersimpan, contohnya mencari supplier yang sudah lunas dan sebagainya.
6.    Transmisi (Transmission), Mengirimkan data dan informasi dari suatu lokasi ke lokasi lain melalui jaringan komputer.
D.    Peranan Teknologi Informasi
Terdapat 5 peranan fundamental teknologi informasi di sebuah perusahaan atau organisasi, yaitu:
1.    Operasional, Membuat struktur organisasi menjadi lebih ramping telah diambil alih fungsinya oleh teknologi informasi. Karena sifat penggunaannya yang menyebar di seluruh fungsi organisasi, unit terkait dengan manajemen teknologi informasi akan menjalankan fungsinya sebagai supporting agency dimana teknologi informasi dianggap sebagai firm infrastructure.
2.    Monitoring and Control, Mengandung arti bahwa keberadaan teknologi informasi akan menjadi kepingan yang tidak terpisahkan dengan acara di level manajerial embedded di dalam setiap fungsi manajer. Sehingga struktur organisasi unit terkait dengannya harus sanggup mempunyai span of control atau peer relationship yang memungkinkan terjadinya interaksi efektif dengan para manajer di perusahaan terkait.
3.    Planning and Decision, Mengangkat teknologi informasi ke tataran peranan yang lebih strategis lagi sebab keberadaannya sebagai enabler dari planning bisnis perusahaan dan merupakan sebuah knowledge generator bagi para pimpinan perusahaan yang dihadapkan pada realitas untuk mengambil sejumlah keputusan penting sehari-harinya.
4.    Communication, Secara prinsip termasuk ke dalam firm infrastructure dalam kurun organisasi modern, dimana teknologi informasi ditempatkan posisinya sebagai sarana atau media individu perusahaan dalam berkomunikasi, berkolaborasi, berkooperasi, dan berinteraksi.
5.    Interorganisational, Merupakan sebuah peranan yang cukup unik sebab dipicu oleh semangat globalisasi yang memaksa perusahaan untuk melaksanakan kerja sama atau menjalin kemitraan dengan sejumlah perusahaan lain. Tipe dan fungsi peranan teknologi informasi ini secara eksklusif akan besar lengan berkuasa terhadap rancangan atau desain struktur organisasi perusahaan, dan struktur organisasi departemen, divisi, atau unit terkait dengan sistem informasi, teknologi informasi, dan manajemen informasi

E.     Keuntungan Teknologi Informasi
Keuntungan-keuntungan penerapan Teknologi Informasi di perusahaan, contohnya seperti :
1.    Manual menjadi otomatis, dan hal ini mengurangi biaya untuk tenaga kerja, alat tulis, dan  lain-lain.
2.    Waktu mengerjakan yang lebih cepat dengan adanya teknologi Informasi, yaitu adanya alat alat elektronik yang mendukung.
3.    Pengambilan keputusan yang lebih cepat, sebab dengan IT maka data yang dibutuhkan sanggup      diperoleh dengan cepat.
4.    Menghemat biaya atau pengeluaran perusahaan, contohnya dibagiaan promosi dan pemasaran,
5.    Sistem sanggup terintegrasi di semua kantor atau perusahaan, dan hal ini sanggup meningkatkan  kecepatan dalam merespon sesuatu dan pihak manajemen akan dengan cepat mengetahui kondisi perusahaan
F.     Kerugian Teknologi Informasi
1.    Kerugian Teknologi Informasi dalam dunia bisnis yaitu : Dengan pesatnya teknologi informasi baik di internet maupun media lainnya membuat peluang masuknya hal-hal yang tidak diinginkan menyerupai hal yang berbau p0rn*grafi, p0rn*aksi, maupun kekerasan semakin mudah.
2.    Dengan mudahnya melaksanakan transaksi di internet mengakibatkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang tidak boleh menyerupai transaksi barang selundupan atau transaksi narkoba.
G.    Manfaat Tekknologi Informasi
Manfaat teknologi informasi untuk bisnis dan perusahaan yaitu sanggup :
1.    Memperluas pangsa pasar, yaitu menambah jumlah penjualan produk atau komoditas suatu penjualan dibandingkan dengan penjualan produk tersebut secara keseluruhan.
2.    Meningkatkan efisiensi operasional dan waktu, yaitu ketepatan waktu dalam menjalankan suatu pekerjaan.
3.    Mengurangi biaya produksi dan operasional, yaitu meminimalaisasi angaran produksi yang tidak diharapkan ( tidak berdaya guna )
4.    Memberikan keunggulan kompetitif, yaitu menjadikan produk bersaing dipasar sesuai siklus produk  ( mode )
5.    Memberikan peluang bisnis baru, yaitu kesempatan variasi bisnis dengan informasi gres yang didapatkan.
H.    Masalah Yang Timbul Karena Teknologi Informasi
1.    Penggunaan komputer yang bertujuan untuk memperingan dan mempercepat pekerjaan,disisi lain bisa mengakibatkan pengangguran, sebab beban pekerjaan semakin berkurang dengan adanya komputer.
2.    Adanya kemungkinan penyalahgunaan data untuk kepentingan pribadi. Kemudahan pengelolaan informasi dalam bentuk pangkalan data memberi peluang untuk memindahkan data yang tadinya milik pribadi atau diam-diam sanggup diakses oleh orang lain.
3.    Perlindungan terhadap hak cipta seseorang sulit diwujudkan. Sebuah karya atau kumpulan data sanggup dengan gampang dikopi dan dimiliki oleh orang lain tanpa seizin pemilik informasi tersebut. Terlebih jikalau tujuannya digunakan untuk mencari laba pribadi.
4.    Ketergantungan pada komputer mengakibatkan kelemahan bila listrik mati atau komputer terjangkit virus, maka data tidak sanggup diakses.
5.    Ketidakmampuan sumber daya insan dalam menguasai teknologi sanggup mengakibatkan hambatan dan memunculkan anggapan bahwa teknologi justru menghambat pekerjaan.


 III.       Laporan Bisnis
A.    Pengertian berdasarkan para ahli:
1)   Menurut Herta A. Murphy : Laporan Bisnis ialah suatu laporan yang mempunyai sifat netral, tidak memihak, mempunyai tujuan yang jelas, dan berisi planning penyajian fakta kepada seorang atau lebih untuk tujuan bisnis tertentu.
2)   Menurut Himstreet : Laporan Bisnis ialah suatu pesan-pesan objektif yang disusun secara teratur dan digunakan untuk memberikan informasi dari suatu kepingan organisasional atau dari satu institusi atau forum kelembaga yang lain guna membantu pengambilan keputusan atau pemecahan masalah.

B.     Pengertian secara umum:
          Laporan bisnis ialah suatu laporan yang mempunyai sifat netral, tidak memihak, mempunyai tujuan yang terang dan planning penyajian fakta kepada seseorang atau lebih untuk tujuan bisnis tertentu.

C.     Kegunaan Laporan Bisnis:
       Untuk memonitor dan mengendalikan operasional perusahaan.
       Untuk membantu mengimplementasikan kebijakan & mekanisme yang telah ditetapkan perusahaan
       Untuk memenuhi persyaratan aturan dan peraturan yang berlaku pada perusahaan.
       Untuk mendokumentasikan prestasi kerja yang diharapkan baik bagi keperluan internal maupun eksternal.
       Untuk menganalisis informasi dan memberikan bimbingan bagi pengambilan keputusan atau isu-isu tertentu.
       Untuk memperoleh sumber pendanaan atau membuka bisnis baru.

D.    Penggolongan Laporan Bisnis :
1)   Menurut fungsinya: Bersifat memberi informasi , menyajikan fakta dan rangkuman tanpa melaksanakan analisis, kesimpulan atau rekomendasi.Nama lain : Laporan perkembangan, laporan sementara , laporan triwulan. Laporan analitikal : menyajikan fakta, menganalisis dan menafsirkannya kemudian mengambil kesimpulan serta memberikan rekomendasi .
2)   Menurut subjeknya: suatu laporan sanggup dibedakan berdasarkan departemen laporan itu diperoleh. Sebagai pola : laporan akuntansi laporan periklanan, laporan pengumpulan kredit, laporan asuransi, dsb
3)   Menurut formalitasnya: suatu laporan sanggup dibedakan dari segi formal atau nonformal (laporan singkat).
4)   Menurut keasliannya: suatu laporan sanggup dibedakan atas dasar otoritas atau sukarela dan berasal dari publik atau swasta. Sebagai pola : laporan otoritas, laporan sukarela, laporan swasta, laporan publik
5)   Menurut frekuensinya: laporan sanggup dibedakan secara terpola atau khusus. Laporan terpola yaitu laporan bulanan, mingguan, semesteran sedangkan laporan khusus : dikala kebutuhan terhadap suatu informasi muncul.
6)   Menurut jenisnya: laporan dipengaruhi oleh formalitas dan panjangnya laporan.
7)   Menurut kegiatan proyek: dalam melaksanakan suatu proyek, terdapat tiga jenis laporan, yaitu laporan pendahuluan, laporan perkembangan, dan laporan akhir.
8)   Menurut pelaksanaan pertemuan: laporan bisnis sanggup dibedakan atas agenda, resolusi, notulen, dan laporan pertemuan.

E.     Cara Menulis Laporan Bisnis:
1)   Menetapkan kasus yang perlu diatasi.
2)   Mengembangkan pengungkapan tujuan.
3)   Menyiapkan planning kerja.
4)   Menghimpun,menganalisis,mengintertasikan data,menarik kesimpulan dan menyebarkan rekomendasi.

F.      Bagian pokok Laporan Bisnis:
1.    Pendahuluan
Dalam hal pendahuluan sanggup dipertimbangkan beberapa hal seperti:
a.    Pemberi kuasa : individu atau organisasi yang meminta laporan
b.    Layout atau presentasi : informasi kepada pembaca perihal apa saja yang akan di bahas.
c.    Masalah : diformulasikan awal pada pendahuluan sebelum maksud dan tujuan laporan bisnis disampaikan.
d.   Maksud : point terpenting dalam pelaporan bisnis
e.    lingkup : berafiliasi dengan luas cakupan atau batas bahasan
f.     Metodologi Ruang: metode pengumpulan informasi
g.    Sumber-sumber; sumber dalam pelaporan bisnis baik mulut maupun tertulis.
h.    Latar belakang : jikalau pembaca dianggap perlu mengetahui latar belakang maka,wajib disampaikan.
i.      Definisi istilah : menjelaskan beberapa istilah yang perlu dijelaskan
j.      Keterbatasan : dalam dana , waktu dan sumber  yang tersedia
k.    Rekomendasia
Untuk laporan singkat beberapa unsur tersebut sanggup digabung menjadi satu atau dua paragraf dengan atau tanpa judul pendahuluan tapi biasanya kepingan “pendahuluan ini dibentuk sesuai dengan kebutuhan dan cita-cita dari perusahaan tersebut.
​2. Teks/isi
Bagian terpanjang dari suatu laporan bisnis sehingga maksud dari laporan bisnis sanggup dimengerti.
3. Penutup
Bagian epilog berfungsi untuk merangkum laporan secara menyeluruh, mengambil kesimpulan, atau memberi rekomendasi.
a.     Rangkuman
Berisi ringkasan pembahasan secara menyeluruh.kadang kala hanya berisi point-poin yang penting, kekuatan dan kelemahan atau manfaat dan kerugian.
b.    Kesimpulan
Berisi penilaian secara ringkas fakta – fakta yang dibahas tanpa memasukkan pendapat pribadi kita sebagai penulis
c.    Rekomendasi
Menyarankan suatu acara tindakan yang didasarkan pada kesimpulan yang dibuat.

d.   Rencana Tindakan
Merupakan pernyataan terakhir yang meliputi waktu  pelaksanaan program, anggaran yang diharapkan dan orang-orang yang bertanggung jawab terhadap acara yang dilaksanakan.

G.    Pengorganisasian Isi Laporan Bisnis
Ada 2 cara yang sanggup digunakan untuk menyusun isi laporan bisnis yaitu cara deduksi (langsung) dan cara induksi (tak langsung).
1.Cara Deduksi
Menyampaikan pandangan gres pokok dan rekomendasi terlebih dahulu,setelah itu gres dijelaskan hal – hal yang rinci.Digunakan pada kriteria pembaca:
a.    Esekutif yang sibuk,ingin gosip segera,
b.    Ingin mengetahui gosip baik atau informasi netral,
c.    Ingin menganalisa data dengan baik ketika analisa laporan berada diawal.
2.Cara induksi
Menjelaskan fakta – fakta yang ada terlebih dahulu,kemudian memberikan pandangan gres pokok, kesimpulan dan rekomendasi.Digunakan pada kriteria pembaca:
a.    Ingin mengetahui klarifikasi secara rinci terlebih dahulu,
b.    Ingin mengetahui kesimpulan yang kurang menyenangkan,
c.    Perlu membaca laporan secara keseluruhan bukan awalnya saja.
QUESTIONER UNTUK PERUSAHAAN
( PT. ALBASIA BHUMIPHALA PERSADA )
A.  Komunikasi Organisasi
1.    Bagaimana cara mengoptimalkan komunikasi dalam organisasi di perusahaan anda?
2.    Langkah apa yang dilakukan perusahaan anda jikalau terdapat  hambatan/masalah dalam komunikasi di dalam perusahaan?

B.Teknologi Informasi
1.    Ada 2 jenis perangkat keras dari  Teknologi Informasi, perangkat keras apa yang digunakan diperusahaan anda untuk menunjang kinerja karyawan ?
2.    Ada 2 jenis perangkat lunak dari  Teknologi Informasi, perangkat lunak apa yang digunakan diperusahaan anda untuk menunjang kinerja karyawan ?
3.    Dari fungsi ke 3 Teknologi Informasi, bagaimana perusahaan anda dalam menghasilkan ( generatting ) informasi?, dalam bentuk apa ?
4.    Dari fungsi ke 4 Teknologi Informasi, bagaimana perusahaan anda dalam menyimpan ( storagge ) informasi?, dalam bentuk apa ?
5.    Apakah tranmisi Informasi diperusahaan anda diaplikasikan ? jelaskan.
6.    Terdapat 5 peraanan Teknologi Informasi aadalah sbb :
a)    Operasional
b)   Monitoring and Control
c)    Planning and Decision
d)   Communication
e)    Interorganisational
Apakah dipterapkan secara keseluruhan diperusahaan anda ?
7.    Ada banyak fungi dari Teknologi Informasi, bagai mana fungsi penghematan biaya diperusahaan anda ? berikan pola riil .
8.    Apakah kerugian dari Teknologi Informasi pernah dirasakan pada diperusahaan anda ?
9.    Apakah manfaat Teknologi Informasi sangat besar lengan berkuasa untuk perusahaan anda ? Faktor mana yang paling besar lengan berkuasa dari 5 manfaat berikut :
a)    Memperluas pangsa pasar
b)   Meningkatkan efisiensi
c)    Mengurangi biaya
d)   Memberikan keunggulan
e)    Memberikan peluang
10.    Bagaimana perusahaan anda mengantisipaasi kasus yang timbul sebab adanya teknologi informasi ? khusunya untuk :
1)   Ketergantungan pada komputer, dan
2)   SDM yang belum menguasai

C. Laporan Bisnis
1. Laporan bisnis apa saja yang dibentuk di perusahaan anda ?
2. Apakah laporan bisnis di perusahaan anda efektif dalam memonitoring kinerja karyawan ?
3. Bagaimana susunan laporan bisnis di perusahaan anda ?






























RESUME
APLIKASI DALAM PERUSAHAAN
( PT. ALBASIA BHUMIPHALA PERSADA )
A.    Komunikasi Organisasi
Komunikasi dalam PT. ALBASIA BHUMIPHALA PERSADA dilakukan dengan cara bertatap muka eksklusif maupun melalui media yang dibarengi dengan adanya timbal balik dengan peserta informasi, supaya informasi gampang dimengerti dan sempurna tujuan. Dalam perusahaan, kasus komunikasi sering terjadi, langkah yang diambil dalam penyelesaian ini ialah dengan mengidentifikasi penyebab kasus tersebut, kemudian mengambil solusi yang tepat. Setelah itu perusahaan akan mengupayakan pencegahan supaya kasus tersebut tidak terulang kembali.  Komunikasi dalam PT. ALBASIA BHUMIPHALA PERSADA dirasa sangat penting, sebab tanpa adanya komunikasi, perusahaan tidak akan  berjalan dengan baik.

B.     Teknologi Informasi
PT. Albasia Bhumiphala Persada yang kami survei, dalam menunjang kinerja seluruh karyawan dan staffnya tidak lepas dari pemanfaatan Teknologi informasi. Perangkat keras digunakan seluruhnya diperusahaan ini, yaitu komputer analog untuk operator produksi mesin, dan komputer digital untuk kepingan staff / administrasi. Perangkat lunak window sudah menjadi kebutuhan pokok dalam kegiatan pendataan, dan tidak lupa perusahaan ini mengunakan aplikasi embel-embel pada kepingan penerimaan hingga dengan produksi. Diperusahaan ini informasi ( pekerjaan ) diolah sedemikian rupa menjadi bentuk laporan yang majemuk menyerupai tabel, grafik, nota dll sesuai kebutuhan tiap departement. Adapun methode penyimpaanan ( storaagge ) dari hasil olahan informasi tersebut yaitu dengan soft dan hard copy. Proses transmisi informasi ( pengalihan / penyaaluran ) sangat diharapkan diperusahaan ini dan erat kaitannya dengan ke lima peranan informasi yang sangat besar memberi dampak yaitu, mudahnya dalam pengorganisasian, pengawasan, komunikasi, perencanaan, dan kekerabatan dengn pihak luar menyerupai supllier. Fungsi riil dari Teknologi informasi teknologi yaitu dalam penghematan biaya menyerupai promosi dan pemasaran, dengan cara email,telephone dll tanpa bertemu eksklusif sudah cukup mengurangi biaya operational. Teknologi informasi tidak luput dari penyalahgunaan media untuk kepentingan pribadi, hal ini mempengaruhi kinerja karyawan yang berdampak bagi perusahaan. Ketergantungan teknologi terkadang menjadi bumerang bagi user jikalau tidak ada backup dokumen, dikala terjadi touble dokumen pun bisa hilang begitu saja. Penggunaan teknologi informasi tidak lepas dari SDM yang berkualitas, perusahaan akan memberikan trainning bagi SDM yang kurang menguasai teknologi yang digunkan.

C.    Laporan Bisnis
Laporan Bisnis yang dibentuk pada PT Albasia Bumipala Persada majemuk diantaranya laporan Akuntani, laporan pembelian material, laporan penjualan, laporan penjualan, laporan produksi dan sebagainya. Penerapan laporan bisnis dinilai efektif dalam memonitoring kinerja karyawan pada tiap kepingan sebab dengan pembuatan laporan bisnis, manajer mempunyai data mengenai kegiatan produksi karyawannya sekaligus sanggup membuat planning untuk langkah selanjutnya.
Periode penyusunan laporan bisnis pada PT Albasia Bumipala Persada tergantung dari laporan bisnis yang dibentuk contohnya laporan produksi yaitu periode per hari, per ahad dan per bulan sedangkan untuk laporan keuangan dan laporan global dibentuk setiap 1 tahun.


























LAMPIRAN
       I.            JAWABAN QUESTIONER DARI PERUSAHAAN
A.    Komunikasi Organisasi
1.      Bagaimana cara mengoptimalkan komunikasi dalam organisasi di perusahaan anda?
Jawab : Caranya dengan memakai bahasa eksklusif dan sederhana ketika bertatap muka eksklusif ataupun dengan media serta adanya umpan balik ketika berkomunikasi dan mengetahui peserta atau orang yang di ajak bicara maka komunikasi tersebut akan optimal. Karena informasi yang di berikan akan gampang di mengerti, sempurna tujuannya dan tidak mengakibatkan kesalahan dalam pemahaman.
2.      Langkah apa yang dilakukan perusahaan anda jikalau terdapat hambatan/masalah dalam komunikasi di dalam perusahaan?
Jawab: Perusahaan akan mengidentifikasi penyebab dari kasus tersebut. Kemudian menentukan langkah yang sempurna untuk segera menuntaskan supaya tidak terjadi hambatan lagi. Setelah itu perusahaan akan mengupayakan pencegahan supaya hambatan atau kasus tersebut tidak terulang kembali.
3.      Seberapa penting komunikasi di perusahaan anda?
Jawab: Komunikasi di perusahaan kami sangatlah penting. Bahkan bisa di pastikan perusahaan tidak akan pernah berjalan dengan baik bila tidak ada komunikasi.

B.     Teknologi Informasi
1.      Ada 2 jenis perangkat keras dari  Teknologi Informasi, perangkat keras apa yang digunakan diperusahaan anda untuk menunjang kinerja karyawan ?
Jawab: Komputer Analog dan computer digital di gunakan di perusahaan kami. Keduanya di maksudkan untuk menunjang kinerja karyawan. Computer analog digunakan untuk mengoperasikan beberapa mesin produksi dan computer digital digunakan para staff dan kepingan manajemen untuk membuat merekam data dan membuat laporan.
2.      Ada 2 jenis perangkat lunak dari  Teknologi Informasi, perangkat lunak apa yang digunakan diperusahaan anda untuk menunjang kinerja karyawan ?
Jawab: Perusahaan kami meenggunakan sistem operasi windows. Dan beberapa acara embel-embel yang di buat khusus untuk mengolah data. Misalnya ada acara materi baku yang di gunakan untuk mencatat pembelian hingga dengan proses produksi.
3.      Dari fungsi ke 3 Teknologi Informasi, bagaimana perusahaan anda dalam menghasilkan ( generatting ) informasi?, dalam bentuk apa ?
Jawab: untuk di acara exel data berbentuk tabel sesuai dengan user ( pembuat ) laporan. Kemudian dibentuk grafik untuk mengetahui frekuensi dari data yang telah di buat. Laporan ini kebanyakan hanya di simpan dalam bentuk softcopy. Dan hanya laporan rekapan yang di prin out untuk di serahkan kepada yang bersangkutan. Untuk acara materi baku yang di buat khusus melibatkan departemen di setiap stepnya. Untuk kedatangan materi baku di input oleh security, kemudian pembelian dan pencetakan nota di lakukan oleh kepingan pembelian. Selanjutnya langkah tersebut hingga dengan proses produksi. Dari acara ini yang di cetak dalam hardcopy ialah nota dan tally sedangkan yang lain berbentuk softcopy.
4.      Dari fungsi ke 4 Teknologi Informasi, bagaimana perusahaan anda dalam menyimpan ( storagge ) informasi?, dalam bentuk apa ?
Jawab: balasan jadi satu dengan no 3.
5.      Apakah tranmisi Informasi diperusahaan anda diaplikasikan ? jelaskan.
Jawab: Iya. Yaitu dengan ada nya acara maka tranmisi data sangat cepat dan gampang untuk di lakukan. Hal ini juga di maksudkan supaya lebih efisien.
6.      Terdapat 5 peraanan Teknologi Informasi aadalah sbb :
a)    Operasional
b)   Monitoring and Control
c)    Planning and Decision
d)   Communication
e)    Interorganisational
Apakah dipterapkan secara keseluruhan diperusahaan anda ?
Jawab: Iya. Karena peranan informasi itulah perusahaan kami memakai teknologiinformasi. Dengan sistem operasional yang efektif dan adanya monitoring atau control. Maka perusahaan kami lebih gampang untuk merencanakan setiap langkah yang akan diambil. Juga sebab teknologi yang semakin moren yang di gunakan di perusahaan kami maka teknologi tersebut sangat berperan atas kelancaran komunikasi di setiap bagian. Di samping itu karean perusahaan kami berafiliasi dengan dunia luar. Maka perusahaan kami memanfaatkan teknolggi ini untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan asing. Dengan adanya teknologi maka sistem pemasaran dan sistem perundingan atau kontrak kerja sama sanggup berjalan dengan baik.
7.      Ada banyak fungi dari Teknologi Informasi, bagai mana fungsi penghematan biaya diperusahaan anda ? berikan pola riil .
Jawab: penghematan biaya ialah pertimbangan perusahaan kami memakai teknologi informasi. Sebagi pola dengan adanya internet dan jaringan telepoh. Perusahaan kami cukup memperlihatkan produk kami dengan  menggunakan Email dan bernegosiasi lewat telephon. Dimana hal itu tentu sangat lebih murah daripada setiap kali harus mendatangi pembeli yang berada di luar negeri.
8.      Apakah kerugian dari Teknologi Informasi pernah dirasakan pada diperusahaan anda ?
Jawab: Dampak dari penggunaan teknologi yang paling besar ialah penggunaan internet. Kebanyakan para karyawan suka mencuri waktu untuk sekedar membaca gosip atau malah asik mengakses social media. Dimana hal itu berdampak pada kinerja karyawan dan tentu juga berdampak pada perusahaan. Karena semua yang data di rekam ke dalam computer perusahaan kami pernah kehilangan data dikala server mengalami kerusakan akhir dari virus yang menyerang acara perusahaan kami sehingga perusahaan tidak mempunyai data akurat untuk beberapa saat. Hingga server itu sanggup di perbaiki lagi.
9.      Apakah manfaat Teknologi Informasi sangat besar lengan berkuasa untuk perusahaan anda ?Faktor mana yang paling besar lengan berkuasa dari 5 manfaat berikut :
a)    Memperluas pangsa pasar
b)   Meningkatkan efisiensi
c)    Mengurangi biaya
d)   Memberikan keunggulan
e)    Memberikan peluang
            Jawab: Manfaat dariteknologi informasi yang paling di rasakan oelh perusahaan kami ialah efisiensi, menghemat biaya, dan ekspansi pangsa pasar. Dengan adanya teknologi informasi yang murah menyerupai internet maka biaya pemasaran sangat murah dengan jangkauan yang saangat luas dan tentu efisien dalam waktu.
10.  Bagaimana perusahaan anda mengantisipaasi kasus yang timbul sebab adanya Teknologi informasi ? khusunya untuk :
a)    Ketergantungan pada komputer, dan
b)   SDM yang belum menguasai
            Jawab: Ketergantungan pada computer mungki kini sudah sagat sulit untuk di hindari. Karea setiap departemen merekam atau merekap data di dalam computer. Namun untuk SDM yang belum mengusai perusahaan tentu akan menentukan user yang mengusai dan memahami sistem operasi tersebut, dan jikalau ada sebuah acara dari sistem informasi tersebut. Maka perusahaan akan memberikan pembinaan untuk meningkatkan kemampuan dari SDM tersebut.
 C. Laporan Bisnis
1.      Laporan bisnis apa saja yang dibentuk di perusahaan anda?
Jawab: Laporan bisnis yang dibentuk perusahaan kami sangatlah banyak diantaranya Laporan Akuntansi, Laporan Pembelian materi baku, Laporan penjualan, Laporan Personalia, Laporan Produksi. Dan lain lain.
2.      Apakah laporan bisnis di perusahaan anda efektif dalam memonitoring kinerja karyawan ?
Jawab: Sangat efektif sebab dengan adanya laporan tersebut tentu managemen akan tahu kinerja karyawan. Sebagai pola laporan produksi. Managemen akan tahu bagaimana produktifitas karyawan produksi dengan laoran yang di buat oleh kepingan produksi.
3.      Dalam berapa periode laporan bisnis di perusahaan anda dibentuk ?
Jawab: Periode Laporan bisnis bermacam-macam. Untuk laporan keuangan dan laporan bisnis global periodenya setiap tahun. Untuk laporan produksi periodenya bisa setiap hari, setiap minggu, dan setiap bulan,






















    II.            TEORI YANG DIAPLIKASIKAN DI LAPANGAN
A.    Komunikasi Organisasi
Komunikasi organisasi ialah pengiriman dan penerimaan aneka macam pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi.
Komunikasi dalam PT. ALBASIA BHUMIPHALA PERSADA dilakukan dengan cara bertatap muka eksklusif maupun melalui media yang dibarengi dengan adanya timbal balik dengan peserta informasi, supaya informasi gampang dimengerti dan sempurna tujuan. Hambatan komunikasi yang dihadapi dalam perusahaan diakibatkan sebab karyawan sering mengabaikan informasi yang disampaikan, salah perbedaan persepsi antara pemberi dan peserta informasi, serta cenderung hanya mempehatikan informasi yang disampaikan oleh orang yang dipercayainya. Cara mengatasi hambatan tersebut yaitu memberikan kesempatan (umpan Balik), supaya tercapai komunikasi yang baik, serta mengedepankan komunikasi tatap muka supaya komunikasi yang di sampaikan sempurna tujuan, dan bahasa yang digunakan memakai bahasa yang sederhana dan gampang dipahami

 

B.     Teknologi Informasi
Perusahaan memakai perangkat keras dan lunak dalam memanfaatkan teknologi informasi.Informasi yang diolah dengan teknologi menghasilkan bermacam bentuk laporan yang diubahsuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Methode penyimpanan laporan perusahaan tidak hanya dalam bentuk soft copy melainkan hard copy.Semua peranan teknologi informasi memang dirasakan oleh perusahaan, akan tetapi dari 5 manfaat TI hanya 3 yang mempengaruhi yaitu efeisiensi, penghematan dan pangsa pasar.Teknologi informasi tidak luput dari kelemanahannya yaitu penyalahgunaan oleh user dan trouble server.Penggunaan teknologi informasi diimbangi dengan SDM yang berkualitaas.
C.    Laporan Bisnis
Laporan bisnis merupakan sebuah laporan yang umum dimiliki oleh perusahaan begitupula pada PT Albasia Bumipala Persada. Laporan ini sangat efektif dalam memonitoring kinerja karyawan. Di PT Alba laporan bisnisnya meliputi laporan akuntansi, laporan pembelian material, laporan penjualan, laporan personalia, laporan produksi dan lain sebagainya. Dalam pembuatan laporan tersebut mempunyai periode yang berbeda sesuai dengan kebutuhan.




Referensi









 




Sumber http://rionbettencourtz.blogspot.com

0 Response to "✔ Makalah Inrformasi Dalam Bisnis ( Komunikasi Organisasi, Teknologi Informasi, Laporan Bisnis )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel