iklan banner

Contoh Anjuran Skripsi - Sistem Informatika

Proposal Skripsi
Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran dan
Administrasi Organisasi Karang Taruna KelurahanTugu

1. Latar Belakang

Perubahan jaman telah mendorong insan untuk selalu berkembang, tidak terkecuali teknologi. Seiring dengan berkembangnya teknologi, teknologi komputer menjadi suatu hal yang sangat lumrah remaja ini.  Komputer merupakan bukti dari perkembangan teknologi ini. Hampir setiap bidang kehidupan telah menggunakan komputer sebagai alat bantu kerja, mulai dari bidang pendidikan, pemerintahan, serta dunia bisnis dan organisasi.

Dunia organisasi  ialah salah satu faktor penting dalam perkembangan sebuah negara, semakin banyak pelaku organisasi di sebuah negara ini maka semakin baik pula cara berfikir negara tersebut. Dalam dunia organisasi, diperlukannya suatu seni manajemen untuk bisa terus maju dan berkembang, salah satunya yaitu penggunaan sistem informasi. Penggunaan sistem isu yang sempurna guna tentu akan menghasilkan ke-efektifan serta ke-efisienan dalam dunia menjalankan sebuah organisasi.

Organisasi karang taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas  dasar  kesadaran  dan  tanggung  jawab  sosial  dari, oleh, dan  untuk  masyarakat  terutama  generasi  muda yang berada di  wilayah Kelurahan Tugu  terutama bergerak dibidang perjuangan kesejahteraan sosial. Organisasi ini didukung oleh remaja yang bertempat tinggal di Kelurahan Tugu, serta perangkat desa.

Selain penyelenggara perjuangan kesejahteraan social karang taruna juga mempunyai fungsi sebagai penyelenggara pendidikan dan pembinaan bagi masyarakat, penyelenggara  pemberdayaan  masyarakat  terutama generasi  muda dilingkunggannya  secara  komprehensif, terpadu dan terarah serta berkesinambungan, penyelenggara  kegiatan  pengembangan  jiwa kewirausahaan bagi generasi muda di lingkungannya, penanaman  pengertian,  memupuk  dan  meningkatkan kesadaran tanggung jawab sosial generasi muda, penumbuhan dan pengembangan semangat kebersamaan, jiwa kekeluargaan, kesetiakawanan sosial dan memperkuat nilai-nilai kearifan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan masih banyak lagi.

Dalam hal ini, penulis berinisiatif untuk membantu merancang   sebuah sistem registrasi dan manajemen berbasis komputer, terutama pada potongan pencatatan organisasi tersebut. Dengan demikian penulis berharap sistem yang dirancang sanggup berfungsi dalam membantu proses registrasi dan manajemen menjadi lebih efektif dan efisien.

Berdasarkan keadaan dan permasalahan tersebut, maka penulis mengajukan penelitian  dengan judul “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran dan Administrasi Organisasi Karang Taruna Kelurahan Tugu”. Dengan menggunakan judul tersebut diatas penulis bermaksud membangun sistem isu yang diharapkan sanggup membantu memperlancar dan mempercepat dalam proses registrasi dan administrasi.

2. Rumusan Masalah
 
Berdasarkan hasil pembahasan diatas maka sanggup dirumuskan suatu permasalahan yaitu: “Bagaimana sistem registrasi dan manajemen karang taruna yang berjalan, rancanagan sistem, serta implementasi sistem tersebut pada Organisasi Karang Taruna Kelurahan Tugu?”

3. Tujuan Penulisan

Tujuan yang ingin penulis capai dari penelitian ini ialah untuk membangun sebuah sistem isu registrasi dan manajemen anggota pada Organisasi Karang Taruna Kelurahan Tugu, guna menuntaskan kasus yang dihadapi oleh Karang Taruna yang tergolong manual dengan menggunakan akomodasi komputer semoga pekerjaan menjadi lebih ringan serta diharapkan sanggup membantu Karang Taruna dalam pengolahan data sehingga sanggup dilakukan dengan cepat dan efisien.

4. Batasan Masalah

Agar penelitian ini lebih sempurna sasarannya maka diharapkan batasan- batasan sebagai berikut:
1. Perancangan sistem hanya dibatasi pada ruang lingkup anggota.
2. Sistem yang akan dibangun, dipakai untuk kepentingan internal instansi/organisasi tersebut.
3. Administrasi yang di proses hanya mencakup pencatatan anggota dan keuangan kas organisasi.
4. Operator dalam menggunakan sistem ini ialah sekretaris umum karang taruna.

5. Teori Dasar

Sistem ialah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Spesifikasi pengertian dari sistem berdasarkan Jogiyanto (2002) ialah sekumpulan elemen atau variable yang saling berinteraksi, saling tergantung, terorganisasi dan terpadu melaksanakan suatu aktivitas untuk mencapai tujuan tertentu. Menurut Anatol Raporot (2002) sistem ialah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat relasi satu sama lain. Pada ketika ini banyak pihak yang telah mendalamai kasus sistem untuk kebutuhannya sehingga definisinya pun menjadi beragam. Ada pun pengertian sistem berdasarkan Amsyah, Zulkifli, Drs (2000) ialah “kumpulan elemen yang saling berinteraksi membentuk kesatuan, dalam interaksi yang kuat maupun lemah dengan pembatas yang jelas”.

5.1. Elemen sistem

Ada beberapa elemen yang membentuk sebuah sistem, antara lain:
a. Tujuan
Setiap sistem mempunyai tujuan (Goal) tertentu, tujuan inilah yang menjadi petunjuk yang mengarahkan sistem.
b. Masukan
Masukan (input) sistem ialah segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem dan selanjutnya diproses menjadi sebuah materi tertentu. Masukan sanggup berupa hal-hal yang tampak maupun yang tidak tampak.
c. Proses
Proses merupakan potongan yang melaksanakan transformasi dari masukan menjadi keluaran yang mempunyai kegunaan dan lebih bernilai, ibarat isu atau produk, ataupun berupa hal-hal yang tidak mempunyai kegunaan ibarat limbah.
d. Keluaran
Keluaran (output) merupakan hasil dari sebuah proses. Pada sistem informasi, keluaran sanggup berupa informasi, saran, cetakan laporan, dan sebagainya.
e. Batas
Batas (boundary) sistem ialah pemisah antara sistem dan kawasan di luar sistem (lingkungan). Batas sistem memilih konfigurasi, ruang lingkup, atau kemampuan sistem.
f. Mekanisme Pengendalian dan Umpan Balik
Mekanisme pengendalian (control mechanism) diwujudkan dengan menggunakan umpan balik (feedback), yang mencuplik keluaran. Tujuannya ialah untuk mengatur semoga sistem berjalan sesuai dengan tujuan.
g. Lingkungan
Lingkungan ialah segala sesuatu yang berada diluar sistem. Lingkungan bisa besar lengan berkuasa terhadap operasi sistem baik itu berupa kerugian ataupun laba sistem tersebut.

5.2. Karakteristik sistem

Sebuah sistem meliki beberapa karakteristik, karakteristik yang dimaksud ialah sebagai berikut:
a. Komponen sistem
Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen- komponen sistem sanggup berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari sistem. Suatu sistem sanggup mempunyai suatu sistem yang lebih besar yang disebut supra sistem, contohnya suatu perusahaan sanggup disebut dengan suatu sistem dan industri yang merupakan sistem yang lebih besar sanggup disebut dengan supra sistem.
b. Batasan system (Boundary)
Batas sistem merupakan kawasan yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batas suatu sistem memperlihatkan ruang lingkup (scope) dari sistem tersebut.
c. Lingkungan Luar Sistem (Environment)
Adalah apapun di luar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem.
d. Penghubung Sistem (Interface)
Merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem yang lainnya.
e. Masukan Sistem (Input)
Merupakan energi yang dimasukkan ke dalam sistem. Masukan sanggup berupa masukan perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input).
f. Keluaran sistem (Output)
Merupakan hasil dari energi yang diolah oleh sistem.
g. Pengolah Sistem (Process)
Merupakan potongan yang memproses masukan untuk menjadi keluaran yang diinginkan.
h. Sasaran sistem 
Jika sistem tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak akan ada gunanya.

5.3. Klasifikasi Sistem

Untuk sanggup mengidentifikasi sebuah sistem,  sistem diklasifikasikan menjadi beberapa potongan yaitu:
a. Sistem Abstrak
b. Sistem Fisik
c. Sistem Alamiah
d. Sistem Buatan Manusia
e. Sistem Tertentu (determinic system)
f. Sistem tak tentu (probalistic system)
g. Sistem tertutup (close system)
h. Sistem terbuka (open system)
i. Sistem sederhana dan Sistem kompleks

5.4. Pengertian  Informasi
Para hebat yang bergerak dibidangnya masing-masing  mempunyai beberapa pendapat perihal definisi informasi, salah satunya ialah Amsyah, Zulkifli (2000), berdasarkan ia isu ialah “Data yang sudah diproses menjadi bentuk yang lebih mempunyai kegunaan bagi pemakainya dan mempunyai nilai piker yang nyata bagi pembuatan keputusan pada ketika sedang berjalan atau untuk proyek masa depan”. Sedangkan Gordon B Davis (2000) menyatakan bahwa isu ialah “Data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi akseptor dan mempunyai nilai yang nyata atau sanggup dirasakan dalam bentuk-bentuk yang kini atau keputusan-keputusan akan mendatang”.

5.5. Pengertian Sistem Informasi
Sistem isu ialah suatu sistem terintegrasi yang bisa menyediakan isu yang bermanfaat bagi penggunanya, atau sebuah sistem terintegrasi atau sistem manusia-mesin, untuk menyediakan isu untuk mendukung operasi, manajemen dalam suatu organisasi.
      
5.6. Sistem Informasi Pendaftaran dan Administrasi
Pendaftaran dan manajemen yang dimaksud disini ialah proses memasukan data guna memperlancar dan mempermudah pendataan dan tindakan yang akan dilakukan terhadap hewan-hewan yang didaftarkan untuk mendapat pelayanan jasa dari klinik. Sistem ini menggunakan database MySQL sehingga proses pengembangan selanjutnya menjadi lebih gampang untuk diimplementasikan.

6. Kerangka Pemikiran

Gagasan dari penulisan ini adalah, dengan diberlakukannya sistem isu pada klinik, pihak klinik sanggup mengoptimalkan waktu, tenaga, serta biaya kerja operasional klinik. Sistem yang dipakai klinik ketika ini masih tergolong manual sehingga menyebabkan keterlambatan proses manajemen klinik serta menambah biaya operasional. Diharapkan dengan diterapkannya sistem gres keterlambatan proses registrasi dan manajemen sanggup dikurangi dikarenakan telah terjadi perubahan dari sistem manual menjadi komputerisasi pada metode penelitian, penulis menjabarkan perihal yang berkaitan dengan analisa sistem beserta perancangan sistem.

Pada potongan terakhir, sistematika penulisan dijelaskan citra umum dari setiap potongan terlampir pada penulisan skripsi ini.   Analisa Sistem Informasi registrasi dan manajemen juga menawarkan klarifikasi secara teoritis perihal peralatan pendukung (tools system) dari perancangan sistem yang terdiri dari DFD, kamus data, normalisasi, struktur kode. Setelah proses itu, lanjut untuk tinjauan perusahaan, mekanisme sistem yang sedang berjalan  dilengkapi dengan diagram alir data, kamus data, spesifikasi sistem berjalan dan permasalahan yang terjadi dan alternatif pemecahan masalah.

7. Metode Penelitian

7.1. Desain Penelitian
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian deskriptif dimana metode deskriptif yaitu suatu metode dengan tujuan untuk menciptakan citra secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat pada suatu objek penelitian tertentu. Tahap pertama, penulis melaksanakan pengumpulan data dan materi yang diharapkan terlebih dahulu, selanjutnya penulis mengolah data dan materi tersebut serta membahas hingga pada suatu kesimpulan yang pada karenanya sanggup dibentuk suatu laporan untuk melampirkan semua aktivitas yang dikerjakan selama dilakukannya penelitian di Karang Taruna Kelurahan Tugu ini.

7.2. Metode Pengumpulan Data
Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh keterangan serta menganalisis data sehingga data tersebut sanggup menawarkan citra mengenai objek yang sedang diteliti. Ada dua jenis data yang dipakai alam penelitian ini, yaitu data primer dan data sekunder.

7.2.1. Sumber Data primer
Sumber data primer ialah data yang diperoleh secara pribadi dari objek penelitian yang berafiliasi dengan kasus yang diteliti. Teknik pengumpulan data ini diperoleh dari interview dan observasi.

7.2.2. Sumber Data Sekunder
Sumber data sekunder merupakan data yang diperoleh secara tidak pribadi dari organisasi dengan cara mempelajari catatan perihal data anggota, catatan transaksi yang berupa kwitansi, formulir registrasi serta dokumen lainnya yang berkaitan dengan kasus yang diteliti.

7.3. Metode Pendekatan dan Pengembangan Sistem

7.3.1. Metode Pendekatan Sistem
Metode pendekatan sistem merupakan ialah cara penyelesaian kasus yang dimulai dengan dilakukannya identifikasi terhadap adanya sejumlah kebutuhan - kebutuhan, sehingga sanggup menghasilkan suatu hasil operasi dari sistem yang dianggap efektif. Dalam pelaksanaanya diharapkan tahapan kerja yang sistematis.

7.3.2. Metode Pengembangan Sistem
Metodologi pengembangan perangkat lunak yang dipakai dalam penelitian ini ialah metode waterfallI dimana setiap tahap dilakukan secara sistematis mulai dari tahap awal ke tahap berikutnya. Metodologi ini terdiri dari sistem engineering, analysis, design, coding, testing, dan maintainance.

7.3.3. Alat bantu Analisis dan Perancangan
Analisa dan perancangan yang terstruktur sanggup membantu menawarkan klarifikasi yang lengkap. Sistem terdiri dari kumpuln elemen data antara lain flow map, Diagram konteks, DFD, Kamus Data, Normalisasi, Relasi Tabel, dan ERD.

7.4.  Uji Coba
Metode pengujian ialah cara atau teknik untuk menguji perangkat lunak dan mempunyai kemungkinan tinggi untuk menemukan kesalahan. Adapun metode pengujian perangkat lunak yang penulis pakai ialah metode Black Box Testing yaitu pengujian aspek mendasar system tanpa memperhatikan struktur logika internal perangkat lunak berfungsi dengan benar.

8.   Daftar Pustaka

1. Amsyah, Zulkifli. 2000. Analisis Dan Perancangan. Informatika. Bandung.
2. Anatol Raporot . 2002. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi. Andi Offset.Yogyakarta.
3. Gordon B. 2000. Analisis Dan Perancangan. Informatika. Bandung.
4. Jogiyanto. 2002. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi. Andi Offset. Yogyakarta.

-----

Demikianlah contoh proposal skripsi yang bisa diberikan kali ini, jangan lupa tiba kembali untuk melihat kompilasi pola tawaran lainnya hanya di blog ini.
Sumber http://mobelos.blogspot.com

0 Response to "Contoh Anjuran Skripsi - Sistem Informatika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel