iklan banner

✔ Bisnis Elektronik (E-Business) Dan Kolaborasi Global



BISNIS ELEKTRONIK (E-BUSINESS) DAN KERJA SAMA GLOBAL








 organisasi bisnis harus berurusan dengan banyak hal yang berbeda terkait informasi mengen ✔ BISNIS ELEKTRONIK (E-BUSINESS) DAN KERJA SAMA GLOBAL


Anggota kelompok :
v  Sri Lestari                  (14.0102.0001)
v  Desi Dwi Lestari        (14.0102.0003)
v  Asto Prastowo            (14.0102.0015)
v  toro             (14.0102.0081)
v  M. Syachrin               (14.0102.0128)
v  Rakhma inaya           (16.0102.0185)
v  Eva Sulistyowati        (16.0102.0095)

Universitas Muhammadiah Magelang
Fakultas Ekonomi Akuntansi
2016


PEMBAHASAN
A.    PROSES BISNIS DAN SISTEM INFORMASI
Untuk sanggup beroperasi, organisasi bisnis harus berurusan dengan banyak hal yang berbeda terkait informasi mengenai pemasok, pelanggan, pegawai, faktur, pembayaran, serta tentu saja produk dan layanan mereka. Mereka harus mengatur acara kerja yang memakai informasi ini biar sanggup beroperasi secara efisien, membuat keputusan yang lebih baik, dan meningkatkan pelaksanaan proses bisnis mereka.








a.1. PROSES BISNIS
Proses bisnis sebuah perusahaan sanggup menjadi sumber kekuatan kompetitif, jikalau mereka memungkinkan perusahaan untuk berinovasi atau beroperasi lebih baik daripada para pesaingnya.
Proses bisnis lainnya banyak yang bertentangan dengan area fungsional yang lainnya dan memerlukan koordinasi lintas departemen. Sebagai contoh, mempertimbangkan proses bisnis yang sepertinya sederhana ibarat memenuhi pesanan pelanggan.





Penyelesaian pesanan awalnya tampak sebagai proses yang sederhana, kemudian ternyata menjadi serangkaian proses bisnis yang sangat rumit dan membutuhkan koordinasi yang dekat dari area fungsional utama dalam suatu perusahaan.
Proses Penyelesaian Pesanan
a.2. Bagaimana Teknologi Informasi Meningkatkan Proses Bisnis ?
Sistem informasi mengotomatisasikan banyak langkah dalam proses bisnis yang sebelumnya dilakukan secara manual, ibarat menyelidiki kredit klien, atau mencetak tagihan dan mengirim pesanan.

B.     JENIS-JENIS SISTEM INFORMASI

b.1. Sistem-Sistem Untuk Kelompok Manajemen Yang Berbeda
b.1.1 Sistem Pemrosesan Transaksi
Sistem Pemrosesan Transaksi yaitu sistem komputerisasi yang mengoperasikan dan mencatat transaksi rutin harian yang diharapkan untuk melaksanakan bisnis.
Tujuan utamanya yaitu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan rutin dan untuk memantau arus transaksi di seluruh perusahaan.
Para manajer membutuhkan ini untuk memantau status operasi di dalam perusahaan, beserta kekerabatan perusahaan dengan lingkungan eksternal.
TPS untuk membayar gaji, menyimpan data transaksi pembayaran karyawan. Hasil yang dikeluarkan sistem berupa laporan secara online maupun fisik kepada administrasi dan slip honor kepada karyawan.
b.1.2 Sistem untuk Intelijen Bisnis
Intelijen Bisnis yaitu istilah terkini mengenai data dan perangkat lunak untuk mengorganisasi, menganalisis,dan menyediakan kanal kepada data untuk membantu manajer dan pengguna lain dalam suatu perusahaan dalam membuat keputusan yang lebih menurut informasi.
Dalam sistem yang digambarkan dalam diagram ini, ketiga TPS memberikan ringkasan data transmisi kepada sistem pelaporan pada selesai periode waktu. Manajer memerlukan kanal terhadap data organisasi melalui SIM sehingga memilih laporan yang sesuai bagi mereka.
Istilah sistem informasi administrasi juga merujuk pada kategori spesifik dari sistem informasi yang membantu administrasi tingkat menengah. SIM menyediakan laporan kinerja perusahaan terkini bagi manajer tingkat menengah. Informasi ini kemudian dipakai untuk memantau dan mengontrol organisasi bisnis serta memperkirakan kinerja pada masa yang akan datang.
Beberapa jenis sistem intelijen bisnis mendukung lebih banyak pengambilan keputusan tanpa pengulangan.
Sistem pendukung keputusan berfokus pada problem yang unik dan cepat berubah, yang mekanisme dalam mencapai atau menghasilkan suatu solusi belum ditentukan sebelumnya secara keseluruhan.
Sistem pendukung administrator membantu administrasi senior dalam mewujudkan keputusan-keputusan yang telah dibuat.sistem tersebut ditujukan untuk mendukung pengambilan keputusan tanpa routine yang membutuhkan pertimbangan, evaluasi, dan wawasan alasannya yaitu tidak ada mekanisme terprogram yang telah ditetapkan sebelumnya untuk membuat solusi.
b.2 Sistem Untuk Membuat Perusahaan Saling Terhubung
b.2.1 Aplikasi Perusahaan
Aplikasi perusahaan yang merupakan sisten yang menjangkau seluruh area fungsional, berfokus pada pelaksanaan proses bisnis yang terjadi di seluruh perusahaan, dan menjangkau seluruh tingkat manajemen.
Terdapat 4 kategori utama aplikasi perusahaan :
·         Sistem perusahaan.
Digunakan oleh perusahaan yang sering disebut sebagai perencanaan sumber daya perusahaan untuk mengintegrasikan proses bisnis pada area manufaktur dan produksi, keuangan dan akuntansi, penjualan dan pemasarah serta sumber daya insan ke dalam sebuah sistem perangkat lunak tunggal.
·         Sistem pengelolaan rantai pasokan
Untuk mengelola hubungannya dengan pemasok. Sistem ini membantu pemasok, perusahaan pembeli, distributor, dan perusahaan logistik mengembangkan informasi perihal pesanaan, produksi, tingkat persediaan, serta pengiriman produk dan jasa sehingga mereka sanggup memanfaatkab sumber daya, memproduksi, serta mengirim barang dan jasa secara efisien.
Sistem ini yaitu salah satu jenis sistem antar-organisasi alasannya yaitu sistem ini mengotomisasi alur informasi antar-organiasasi yang berbeda.
·         Sistem pengelolaan kekerabatan pelanggan
Untuk mengelola kekerabatan mereka pelanggan. Sistem ini menyediakan informasi guna mengoordinasikan seluruh proses bisnis yang bekerjasama dengan pelanggan di bidang penjualan, pemasaran, serta pelayanan untuk mengoptimalisasikan pendapatan, kepuasan pelanggan, serta mempertahankan pelanggan.
·         Sistem administrasi pengetahuan
Sistem ini memungkinkan perusahaan mendapatkan dan mengaplikasikan pengetahuan dan keahlian secara lebih baik. Sistem ini mengumpulkan seluruh pengetahuan dan pengalaman yang bekerjasama dengan perusahaa.
b.2.2 Intranet dan Ekstranet
Intranet: situs web internal perusahaan yang hanya sanggup diakses oleh karyawan saja.
Ekstranet : situs web perusahaan yang sanggup diakses oleh vendor dan pemasok yang mempunyai wewenang dan      biasanya dipakai untuk mengoordinasikan pengiriman persediaan ke kemudahan produksi perusahaan tersebut.
C.    E-BUSINESS, E-COMMERCE DAN E-GOVERNMENT
Bisnis elektronik  : mengacu pada penggunaan teknologi digital dan internet untuk menjalankan proses-proses      bisnis utama dalam suatu perusahaan. E-business juga mencakup perdagangan elektronik (e-commerce)
E-Commerce   : bab dari e-business yang bekerjasama dengan kegiatan jual-beli barang/ jasa melalui internet. E-commerce juga mencakup acara yang mendukung transaksi tersebut.
e-Government : mengacu pada penggunaan teknologi aplikasi jaringan dan internet untuk memungkinkan pemerintah bekerjasama dengan masyarakat, organisasi bisnis, sektor swasta dan instansi pemerintag terkait lainnya secara digital.
D.    SISTEM UNTUK KOLABORASI DAN BISNIS JEJARING SOSIAL
d.1. Apa Yang Dimaksud Dengan Kolaborasi?
Kolaborasi yaitu bekerja bahu-membahu dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama yang jelas. Kolaborasi berfokus pada penyelesaian kiprah maupun misi dan biasanya dipakai pada organisasi bisjis atau organisasi lainnya atau antara satu bisnis dengan bisnis lainnya.
Kolaborasi sanggup berlangsung singkat, selama bebetapa menit atau dalam jangka waktu yang lebih lama, bergantung dari pekerjaan dan kekerabatan diantara partisipan.
Saat ini, kerja sama dan kerja sama tim menjadi lebih penting dibandingkan sebelumnya alasannya yaitu :
·         Mengubah sifat pekerjaan
·         Pertumbuhan bidang pekerjaan profesional
·         Mengubah struktur organisasi perusahaan
·         Mengubah ruang lingkup perusahaan
·         Menitikberatkan pada inovasi
·         Mengubah budaya kerja dan bisnis
d.2. Apa Yang Dimaksud Dengan Bisnis Jejaring Sosial ?
Saat ini banyak perusahaan yang meningkatkan kerja sama dengan memanfaatkan bisnis jejaring sosial emnggunakan platform jejaring sosial.
Tujuan dari bisnis jejaring sosial yaitu untuk memperdalam interaksi dengan kelompok-kelompok dari dalam dan luar perusahaan guna memperlancar dan mempern=baiki pendistribusian informasi, penemuan dan pengambilan keputusan.
Kunci utama dalam bisnis jejaring sosial yaitu “Percakapan”.
d.3. Manfaat Bisnis Dari Kolaborasi Dan Bisnis Jejaring Sosial
Survey terkini mengenai para pengelola bisnis dan sistem informasi secara global menemukan bahwa investasi di bidang teknologi kerja sama mendatangkan peningkatan kinerja organisasi yang menunjukkan tingkat pengembalian 4 kali lipat.
Selain mengenai nilai dari kerja sama juga menemukan bahwa seluruh manfaat ekonomi dari kerja sama begitu signifikan.
d.4. Membangun Budaya Dan Proses Bisnis Yang Kolaboratif
Di dalam perusahaan bisnis, kerja sama tidak sanggup terjadi secara spontan, terutama jikalau tidak ada budaya dan proses bisnis yang mendukung. Perusahaan bisnis, terutama yang berskala besar mempunyai reputasi pada masa kemudian sebagai organisasi yang bersifat “memerintah dan mengendalikan” dimana semua problem dan pedoman penting dibebankan pada petinggi perusahaan dan kemudian memerintahkan bahawahannya untuk menjalankan planning dari administrasi senior.
d.5. Perangkat Dan Teknologi Untuk Kolaborasi Dan Bisnis Jejaring Sosial
Budaya kerja yang kolaboratif dan berorientasi tim tidak akan menunjukkan hasil apa pun tanpa adanya sistem informasi yang memungkinkan terwujudnya semua itu.
a.       Surel dan Pesan Instan
Surat elektronik telah menajdi perangkat utama dalam berkomunikasi dan berkolaborasi untuk menghubungkan pekerjaan.
Kolaborasi yang berhasil akan memerlukan struktur dan budaya organisasional yang tepat, seiring dengan teknologi kerja sama yang tepat.
b.      Wiki
Wiki yaitu jenis situs web yang memudahkan pengguna yang tidak mempunyai pengetahuan dalam bahasa pemrograman dan pengembangan web untuk berkontribusi dan mengubah isi goresan pena dan gambar.
c.       Virtual Worlds
Platform Kolaborasi dan Bisnis Jejaring Sosial
Saat ini tersedia produk perangkat lunak yang menyediakan platform multifungsi untuk kerja sama dan bisnis jejaring sosial diantara kelompok-kelompok karyawan yang bekerja di banyak sekali lokasi berbeda. Platform paling banyak dipakai yaitu konferensi audio berbasis/menggunakan internet.
a.      Google Apps/Google Sites dan Cloud Collaboration Services
Salah satu layanan online “gratis” yang paling sering dipakai yaitu Google Apps/Google Sites. Google Sites memungkinkan pengguna membuat situs web untuk kelompok secara online yang dpaat diedit secara cepat.
b.      Microsoft SharePoint
Merupakan platform kerja sama dan pengolahan data berbasis browser, yang digabungkan dengan fitur mesin pencari pada server perusahaan. SharePoint mempunyai tampilan berbasis web dan terintegrasi dekat dengan pernagkat yang dipakai sehari-hari ibarat produk-produk Microsoft Office.
Microsoft SharePoint sanggup dipakai untuk mengakibatkan sentra kegiatan komunikasi situs web internal perusahaan guna mengorganisasikan dan menyimpan informasi pada satu area kerja terpusat.
c.       Lotus Notes
Merupakan pola awal dari perangkat untuk membentuk dan berkomunitas di dalam sebuah grup. Sistem aplikasi kerja sama dengan kemampuan mensharing kalender, penulisan dan pengeditan dokumen secara bersana, mengembangkan kanal database, serta pertemuan secara elektonis dimana setiap partisipan sanggup saling melihat dan menampilkan informasi dan kegiatan yang dilakukan satu sama lain.

E.     FUNGSI SISTEM INFORMASI DI DALAM BISNIS
1.      Departemen Sistem Informasi
Terdiri atas para seorang andal seperti, pemrogram, analis sistem, pemimpin proyek, dan manajer sistem informasi.
2.      Pemrogram adalah seorang andal yang dilatih mengenai hal-hal teknis secara mendalam yang menulis rangkaian perintah dalam suatu acara untuk komputer.
3.      Analis Sistem melambangkan kekerabatan utama antara kelompok sistem informasi dengan seluruh kelompok lainnya dalam perusahaan.
4.      Manajer sistem informasi adalah pemimpin dari tim pemrogram dan analis, manajer proyek, manajer fasilitas, manajer telekomunikasi ataupun seorang andal database.
5.      Pengorganisasian fungsi sistem informasi
Terdapat banyak organisasi bisnis, dan terdapat banyak cara bagaimana fungsi teknologi informasi disusun dalam perusahaan tersebut.


Sumber http://rionbettencourtz.blogspot.com

0 Response to "✔ Bisnis Elektronik (E-Business) Dan Kolaborasi Global"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel