iklan banner

Teknik Dasar Mencari Kerusakan Dvd

Prosedur sederhana reparasi(service) DVD

Mati total
solusi:

A. perhatikan tanda-tanda mati total tersebut apakah lantaran disebabkan tegangan dari listrik PLN memang tidak masuk sama sekali?
* biasanya mati total ini ditandai dengan tidak adanya sama sekali indikator yang menyala
kalau anda memiliki multimeter sanggup dengan gampang mengukur tegangan listrik dari kabel power ke rangkaian regulator(power supply)
* kalau memang tegangan power dari PLN masuk ke dalam unit power supply ,bisa di ukur tegangan output dari power supply tersebut :DVD model terbaru hanya memakai 2 buah tegangan yaitu +5V dan +12V ,umumnya model usang agak sedikit rumit Karena memakai +12V,-12V,+5V,+3,3V.
* kalau ternyata tegangan tersebut semua ada bisalah dipastikan Decoder Board nya yang rusak,atau istilah keren dikalangan montir yaitu MPEG ,tetapi jangan anda pribadi mengganti MPEG tersebut lantaran biasanya bukan rusak dari rangkaian "Hardware" ,tetapi ada kemungkinan rusak lantaran "Firmware" corrupt,atau hilang ,jadi jangan terburu buru ganti MPEG ,apalagi DVD model gres yang memakai SPI Flash ,itu lebih sering rusak" firmwarenya"solusinya tinggal isi lagi "firmwarenya" dari PC ke DVD player tersebut .

B.Tidak ada suara

*gejala tidak ada bunyi biasanya di karekan rangkaian Mute bekerja atau sanggup juga lantaran Ic Pre amp (4558) rusak.
kalau rusak lantaran rangkaian mute bekerja ,saya sering mencabut 2 buah transistor pada cuilan Mute tersebut,kerusakan ini sering tsaya dapati pada DVD Vitron.


C.problem no disk pada DVD

*penyebab utama yaitu optik,tetapi perhatikan dulu gejalanya ,karena juga terkadang dari motor spindel(motor daerah piringan DVD muter gitu maksudnya).
*bisa terjadi juga dikarenakan kabel flexsible rusak.

kerusakan optik biasa pada umumnya terjadi lantaran laser dioda sudah tidak menghasilkan output power yang sesuai ,umumnya output laserdiode DVD player yaitu 7mW untuk DVD,untuk VCD danCD berkisar antara 5mW
dan juga kerusakan sanggup terjadi lantaran sudut penembakan laser diode yang tidak presisi ,karena begitu kecil ukurannya bagi mata awam untuk menciptakan ukuran tersebut normal kembali yaitu mikrometer,jadi bekerjsama optik yang rusak sanggup diperbaiki dengan memakai alat yang lengkap ,tetapi lantaran harga alat tersebut amat mahal ,lebih baik beli yang sudah jadi

berdasarkan datasheet optik sf hd 60-62,65 memakai jenis laser dode buatan toshiba yaitu TOLD2000MDA(TOLD 2000FDA) sedangkan KHM 310;313 memakai laser diode SONY

Sumber http://www.arjunservice.net

0 Response to "Teknik Dasar Mencari Kerusakan Dvd"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel