iklan banner

Rahasia Kotak Absurd Matematika

Hallo temen-temen???
Kembali lagi bersama gue pajar sidik, kali ini gue bakalan mengembangkan artkel matematika yang agak menyenangkan nih, Artikel gue kali ini ialah perihal Rahasia Kotak Ajaib Matematika.

Bagi kalian yang suka dengan matematika mungkin sudah tidak asing lagi dengan insan kalkulator yang berjulukan Mr Joe Sandy. Master Joe Sandy sanggup menghitung angka angka yang berbagai digitnya tanpa alat bantu hitung menyerupai kalkulator. Ktika kita melihat agresi master Joe bermain kotak gila matematika, niscaya siapapun orang yang melihatnya akan terkagum-kagum melihat ke cerdasan sang master. Namun apabila diteliti secara exak atau matematis, tentunya hal tersebut ada cara atau rahasianya.

Yu mari kita bongkar rahasianya secara logika!
Misalkan kita harus menuliskan angka 1 hingga dengan angka 9 pada kotak di bawah biar jumlah setiap baris, jumlah setiap kolom, dua diagonal utama ialah sama.
Penyelesaiannya :

1. Memahami Soal

Kita perlu meletakan bilangan 1, 2, 3, ...., 9 di kotak-kotak kecil, setiap kotak berisi angka berbeda sehingga jumlah setiap baris, kolom dan dua diagonal utama sama.

2. Merencanakan Strategis

Sebelum kita sanggup meletakan bilangan terebut, maka kita harus mengetahui berapa jumlah tiap baris, kolom dan dua diagonal utama. Ini merupakan tujuan mediator dari duduk masalah di atas. Jumlah ketiga baris memakai angka berbeda dari 1, 2, ...,9 sama dengan jumlah .
1 + 2 + ... + 9 = (9 x 10)/2 = 45
Kemudian, jumlah satu baris ialah 1/3 jumlah di atas, diperoleh 15. Selanjutnya, kita sanggup menganalisa sebagai berikut. Di kotak tengah, terpakai 4 kali, yaitu dua diagonal utama, satu kolom, dan satu baris.Sedangkan angka di ujung akan digunakan sebanyak 3 kali (diagonal utama, satu kolom, dan satu baris). Oleh alasannya ialah itu tujuan mediator kedua ialah menuliskan 15 sebagai jumlah tiga bilangan. Di kotak tengah kita isi dengan bilangan yang terpakai 4 kali dalam penjumlahan untuk memperoleh 15.

3. Melaksanakan Strategi

Kita harus menuliskan bilangan 15 sebagai jumlah dari 3 bilangan di {1,2,...,9}. Secara sistematis, alhasil ialah :
15 = 9 + 5 + 1
15 = 9 + 4 + 2
15 = 8 + 6 + 1
15 = 8 + 5 + 2
15 = 8 + 4 + 3
15 = 7 + 6 + 2
15 = 7 + 5 + 3
15 = 6 + 5 + 4

dan kombinasi yang hanya berbeda urutan dengan jumlah di atas. Kemudian, kita hitung jumlah dari masing-masing angka.
Bilangan yang muncul empat kali (yaitu 5) harus terletak di tengah. Sedangkan bilangan yang muncul tiga kali ialah 2, 4, 6, 8 harus muncul di ujung kotak :

4. Melihat Kembali

Persegi gila ini memiliki banyak kemungkinan alasannya ialah susunan 2, 4, 6, 8. di ujung memiliki kemungkinan lebih dari satu.
Nah beginilah alhasil :
Nah segini dulu ya bahan dari saya.
Kahir kata wassalamualaikum wr. wb.

Sumber http://matematikaakuntansi.blogspot.com

0 Response to "Rahasia Kotak Absurd Matematika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel