✔ Laporan Kkn Tematik 45 Ummagelang Kel. 66 ( Feb / Akuntansi )
LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN
KULIAH KERJA NYATA TEMATIK ANGKATAN 45
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG
TAHUN : 2018
Kelompok : 66 ( Enam Puluh Enam )
Dusun/RW : Dalangan RW 08
Desa/Kelurahan : Kramat Utara
Kecamatan : Magelang Utara
Kota/Kabupaten : Kota Magelang
OPTIMALISASI PARIWISATA DI WILAYAH MAGELANG SEBAGAI PENDUKUNG KSPN BOROBUDUR
1. Fajar Aji Widodo 16.0504.0005
2. toro 14.0102.0081
3. Rudi Hermawan 14.0101.0081
4. Rizka Hidayati 14.0101.0115
5. Novi Puspitaningrum 14.0102.0027
6. Laelatul Latifah 14.0201.0079
7. Sholikhatun Nisa 14.0305.0058
8. Tsara Fadil Afifah 14.0401.0002
9. Nurbayani R 15.0405.0012
10. Muhammad shaddam Al - ghozi 14.0101.0111
DIVISI PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
LEMBAGA PENELITIAN, PENGEMBANGAN, DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG
2018

KATA PENGANTAR
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, puji syukur kehadirat Allah yang Maha Besar yang telah melimpahkan rahmatNya kepada kita sehingga kegiatan KKN Tematik angkatan 45 telah selesai dilaksanakan. Sholawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi selesai zaman, Muhammad Saw. Yang kita nantikan syafa’atnya di yaumul qiyamah.
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diprogramkan oleh Universitas Muhammadiyah Magelang tahun ini yakni KKN Tematik dengan tema “Obtimalisasi Pariwisata di Wilayah Magelang Sebagai Pendukung KSPN Borobudur” yang telah dijadwalkan selama 30 hari, yaitu seminggu sebelumnya untuk observasi, dan selanjutnya realisasi acara serta penyusunan laporan. Kegiatan KKN tematik angkatan 45 kelompok 66 tepatnya di Dusum Dalangan RW.08 Kelurahan Kramat Utara, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang ini terdiri dari 10 personil yang terbagi dalam beberapa klaster, diantaranya yakni klaster Pendidikan, Sosial Humaniora, dan Sains & Teknologi.
Tak lupa pada kesempatan kali ini kami mengucapkan terimakasih kepada aneka macam pihak yang telah membantu menuntaskan KKN Tematik 45 ini. Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada:
1. Bapak Drs. Priyono selaku Camat Magelang Utara, Kota Magelang
2. Bapak Drs. Sugeng Nurdiyanto selaku Lurah Kramat Utara
3. Ibu Tyas, SH selaku Sekretaris Kramat Utara
4. Bapak Tumijan selaku Ketua RW 08 Dalangan
5. Bapak Ngadiman beserta keluarga selaku pemilik Posko
6. Bapak Rohmad selaku sesepuh Kampung Dalangan
7. Segenap Perangkat dan masyarakat RW 08 Dalangan pada khususnya maupun kelurahan Kramat Utara pada umumnya yang telah membimbing dan membantu dalam pelaksanaan acara kerja, serta instansi yang memberi kemudahan dalam pelaksanaan KKN
8. Bapak Ir. Eko Muh. Widodo, ST., MT. Selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang
9. Ibu Heni Setyowati E.R, S. Kep, M. Kes selaku kepala LP3M Universitas Muhammadiyah Magelang selaku Panitia Pelaksana KKN
10. Ibu Drs. Retno Rusdjijati, M. Kes selaku Ketua Panitia kegiatan KKN tematik 45
11. Bapak Drs. Arie Supriyatno, Msi selaku Dosen Pembimbing Lapangan, terima kasih banyak atas segala masukan, kritik dan saran yang Bapak berikan kepada kami
12. Seluruh teman-teman mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Magelang yang memberi wangsit dan kerjasamanya dalam menjalankan kegiatan
13. Kepada keluarga yang telah menunjukkan pertolongan sopan santun dan material yang tidak terhingga kepada kami
14. Kepada keluarga yang telah menunjukkan pertolongan sopan santun dan material yang tidak terhingga kepada kami
15. Dan Semua pihak yang tidak sanggup disebutkan satu persatu yang telah membantu dalam terselenggaranya kegiatan KKN Tematik ini
Program KKN Tematik menunjukkan keterampilan dan semangat bagi mahasiswa dalam menyusun, merencanakan dan melakukan program-program pengembangan dan pembangunan sehingga akan menjadi bekal masa depan, sebagai pemimpin maupun sebagai anggota masyarakat.
DAFTAR ISI
HALAMAN PENGESAHAN................................................................................ ii
KATA PENGANTAR........................................................................................... iii
DAFTAR ISI........................................................................................................... v
2. Hasil Identifikasi Permasalahan..................................................................... 3
4. Laporan Pelaksanaan Kegiatan toro.............................................. 18
5. Laporan Pelaksanaan Kegiatan Rudi Hermawan......................................... 31
6. Laporan Pelaksanaan Kegiatan Rizka Hidayati........................................... 43
7. Laporan Pelaksanaan Kegiatan Novi Puspitaningrum................................. 57
8. Laporan Pelaksanaan Kegiatan Laelatul Latifah......................................... 72
9. Laporan Pelaksanaan Kegiatan Sholikhatun Nisa........................................ 87
10. Laporan Pelaksanaan Kegiatan Tsara Fadil Afifah.................................... 101
11. Laporan Pelaksanaan Kegiatan Nurbayani R............................................. 114
12. Laporan Pelaksanaan Kegiatan Muhammad Shaddam Al – ghozi........... 131
PELAKSANAAN KKN TEMATIK
1. Monografi Desa dan Dusun/RW
1) Letak Geografis
Kelurahan Kramat Utara terletak di Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang Provinsi Jawa Tengah. Adapun batas administratif Kelurahan Kramat UtaraKecamatan Magelang Utara Kota Magelang yaitu:
· Sebelah Utara : Kel. Jambewangi Kec. Secang, Kab Magelang
· Sebelah Selatan : Kramat Selatan Kec. Magelang Utara
· Sebelah Barat : Rejosari Kec. Bandongan Kabupaten Magelang
· Sebelah Timur : Kedungsari Kec. Magelang Utara
Ditinjau dari jarak transportasi kepusat pemerintahan, Kelurahan, Kramat Utara memiliki jarak:
· Jarak ke kantor Kecamatan Magelang Utara : ± 2Km
· Jarak ke kantor pemkot Magelang : ± 7 Km
· Jarak ke kantor Provinsi Jawa Tengah : ± 70
2) Luas Lahan dan Penggunaan Lahan
Kelurahan Kramat Utara mencakup areal seluas 99,87 hektar, terdiri dari lahan sawah 4 Ha (0,04%) dan lahan darat 99,83 Ha (99,06%) Perbandingan lahan sawah dan lahan darat sangat besar, hal ini menerangkan bahwa Kramat Utara merupakan kelurahan yang mayoritas pemukiman.
3) Jumlah Penduduk
Jumlah Penduduk : 4964 Jiwa, 1528 KK
a. Laki-laki : 2450 Jiwa
b. Perempuan : 2519 Jiwa
c. Usia 0 – 15 : 1123 Jiwa
d. Usia 16 – 64 : 3598 Jiwa
e. Usia 60 ke-atas : 243 Jiwa
4) Mata Pencaharian
Pekerjaan/Mata Pencaharian
Pekerjaan/Mata Pencaharian Usia 10 Tahun Keatas
a. Karyawan :
1) Pegawai Negeri Sipil : 446 orang
2) TNI : 116 orang
3) POLRI : 24 orang
4) Swasta : 815 orang
5) BUMN : 33 orang
6) BUMD : 3 orang
7) Honorer : 14 orang
8) Perawat : 39 orang
9) Pensiunan : 178 orang
b. Dokter : 18 orang
c. Guru : 74 orang
d. Dosen : 4 orang
e. Wiraswasta : 346 orang
f. Pedagang : 13 orang
g. Perdagangan : 21 orang
h. T a n i : 5 orang
i. Pertukangan : 0 orang
j. Buruh Tani : 2 orang
k. Buruh Harian Lepas : 109 orang
l. Buruh Nelayan : 2 orang
m. Mengurus Rumah Tangga : 658 orang
n. Pelajar/Mahasiswa : 1271 orang
o. Anggota DPRD : 1 orang
p. Belum/TidakBekerja : 199 orang
q. Bidan : 3 orang
r. Pembantu Rumah Tangga : 1 orang
s. Pendeta : 3 orang
t. Penata Rambut : 1 orang
u. Sopir : 1 orang
v. Penyiar Radio : 1 orang
w. Wartawan : 1 orang
x. Psikiater/psikolog : 1 orang
y. Pelaut : 1 orang
z. Mekanik : 1 orang
2. Hasil Identifikasi Permasalahan
Tabel 1. Identifikasi Permasalahan
No. | Permasalahan | Lokasi | Sumber Data (P/M/D) | |||
1. | UMKM yang cukup potensial namun belum ada legalitas. | RW 08 | P/M | |||
2. | Produk UMKM belum dikemas dengan kemasan yang menarik | RW 08 | M | |||
3. | Produk UMKM belum di pasarkan secara massif baik secara offline maupun online | RW 08 | M | |||
5. | Belum ada sistem pembukuan yang baik atas UMKM yang dikembangkan | RW 08 | M | |||
6. | Banyak lahan kosong yang tidak dimanfaatkan dengan baik | RW 08 | M | |||
7. | Sarana ibadah yang masih kurang baik | RW 08 | M | |||
8. | Pembukuan dana iuran desa kurang teratur | RW 08 | M | |||
9. | Sistem informasi yang minim | RW 08 | M | |||
10. | Bank sampah belum di mafaatkan secara penuh | RW 08 | M | |||
11. | UMKM masih terkendala modal | RW 08 | M | |||
12. | Produksi produk UMKM belum stabil | RW 08 | M | |||
13. | Harga Produk UMKM masih terlalu mahal dibandingkan produk sejenis yang diproduksi pabrik makanan/minuman dalam kemasan | RW 08 | M | |||
14 | Banyak tempat yang belum tertata rapi dan cukup mengganggu pemandangan | RW 08 | M | |||
15 | Batas wilayah lingkungan antar RT dan antar RW masih belum jelas | RW 08 | M | |||
16 | Identitas sebagai Kampung Lidah Buaya masih kurang berpengaruh | RW 08 | M | |||
17 | Remaja Masjid kurang berjalan | RW 08 | M | |||
18 | Kegiatan TPA di Masjid hanya dilaksanakan dikala Bulan Ramadhan | RW 08 | M | |||
19 | Faktor turunnya semangat mencar ilmu yakni Broken Home | RW 08 | M | |||
20 | Kegiatan kebersihan lingkungan tiap pekan tidak berjalan | RW 08 | M | |||
21 | kegiatan mencar ilmu bersama di lingkungan masyarakat belum maksimal | RW 08 | M | |||
22 | Lingkungan RW 08 di identikkan menjadi kampung Kumuh | RW 08 | P | |||
23 | Monografi Penduduk belum ada | RW 08 | M | |||
24. | Kesadaran partisispasi berakal balig cukup akal akan acara sosial keagamaan dalam menunjang kemajuan Masjid masih rendah | RW 08 | M | |||
25. | Sistem informasi yang minim | RW 08 | M | |||
26. | Monografi Penduduk belum ada | RW 08 | P | |||
27. | Pembukuan dana iuran desa kurang teratur | RW 08 | M | |||
28. | Sarana untuk olahraga belum tertata | RW 08 | M | |||
29. | Variasi dan diverfikasi produk Lidah Buaya | RW 08 | M | |||
30. | Kurangnya pemahaman perihal pariwisata | RW 08 | M | |||
31 | Belum ada sosialisasi perihal ancaman penyalahgunaan narkoba | RW 08 | M | |||
32. | Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak usia SD | RW 08 | M | |||
33. | Masih rendahnya motivasi mencar ilmu bagi siswa | RW 08 | M | |||
34. | Pengetahuan anak perihal pariwisata di kota magelang masih minim | RW 08 | M | |||
35. | Belum adanya tenaga pengajar di TPQ | RW 08 | M | |||
36. | Kurangnya pembinaan kegiatan keagamaan di lingkungan TPQ | RW 08 | M | |||
Keterangan
P : Perangkat Desa
M : Masyarakat
D : Dinas Instansi Vertikal/Stakeholder
LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN (INDIVIDU)
KULIAH KERJA NYATA TEMATIK ANGKATAN 45
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG
TAHUN : 2018
Kelompok : 66 ( Enam Puluh Enam )
Dusun/RW : Dalangan RW 08
Desa/Kelurahan : Kramat Utara
Kecamatan : Magelang Utara
Kota/Kabupaten : Kota Magelang
OPTIMALISASI PARIWISATA DI WILAYAH MAGELANG SEBAGAI PENDUKUNG KSPN BOROBUDUR
toro
14.0102.0081
DIVISI PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
LEMBAGA PENELITIAN, PENGEMBANGAN, DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG
2018

A. Prioritas Pemilihan Permasalahan
Tabel 1 : Prioritas Pemilihan Permasalahan
No. | Permasalahan | Alasan Pemilihan |
1. | UMKM belum berjalan sebagaimana mestinya | · UMKM yang sudah ada sulit berkembang alasannya yakni terkendala modal. · Belum adanya pembukuan yang mengakibatkan mendapat investor. · Harga produk UMKM yang relative mahal mengindikasikan belum ada perhitungan biaya produksi yang baik sehingga produk tidak sanggup bersaing di pasaran. |
2. | Pembukuan dana iuran desa belum teratur | Perlu ada sistem pembukuan dengan menekankan pada pembenahan dokumen transaksi untuk mencegah kecurangan. |
3. | Belum ada tanda batas antar wilayah RT dan RW | Perlu di buat batas antar RT dan RW biar masyarakat lebih memerhatikan lingkungan / wilayah yang menjadi tanggung jawabnya. |
4. | Pencanangan wilayah Kelurahan Keramat Utara sebagai kampung pengecap buaya masih belum terbukti | Pencanangan lingkungan dalangan sebagai kampong pengecap buaya perlu digalakan secara serius untuk menarik pengunjung. |
5. | Fasilitas olahraga belum memadai | Pembenahan akomodasi olahraga sebagai sarana untuk mengisi waktu dengan hal-hal yang positif dan sebagai tempat warga bersosialisasi. |
B. Rencana Program KKN Tematik
No | No. Sektor | Nama Program | Bahan | Volume | Sumber Dana |
1. | SH. A. 3 | Bimbingan teknis produksi perjuangan kecil | Modul pelatihan, Alat dan materi produksi, ATK. | 5 | Swadaya Masyarakat dan Mahasiswa |
2. | SH. A. 1 | Perintisan pembentukan koperasi | Modul pelatihan, ATK, | 1 | Swadaya Masyarakat dan Mahasiswa |
3. | SH. C. 3. | Pelatihan peningkatan manajemen desa/dusun | Modul pelatihan, ATK | 5 | Swadaya Masyarakat dan Mahasiswa |
4. | P. E. 9 | Pembuatan batas antar wilayah RT dan RW. | Kayu, Plat Besi, Cat, | 5 | Swadaya Masyarakat dan Mahasiswa |
5. | SH. B.1 | Pengembangan destinasi wisata | Cat, Tanaman, | 3 | Swadaya Masyarakat dan Mahasiswa |
6. | SH. B.5 | Pembenahan sarana olahraga | Pasir, semen | 1 | Swadaya masyarakat dan Mahasiswa |
C. Realisasi Program
Tabel 3. Realisasi acara kegiatan KKN Tematik
No. | Jenis Program | Nama Program | Capaian Kegiatan | Sumber Dana | Waktu (Jam) |
1 | Program Pokok | Bimbingan teknis produksi perjuangan kecil | 1. Kegiatan inti diikuti oleh 25 penerima yang terbagi dalam 5 sesi penyuluhan dg perincian: · Pertemuan I ( 5 Jam x 5 org) · Pertemuan II (26 Jam x 5 org) · Pertemuan III ( 4 Jam x 5 org) · Pertemuan IV ( 6 Jam x 5 org) · Pertemuan V ( 5 Jam x 5 org) 2. Kegiatan yang dilakukan meliputi: · sosialisasi acara awal, · Persiapan alat dan bahan, · Pembuatan produk, · Penyuluhan pencatatan biaya produksi serta pembuatan pembukuan. 3. Capaian Program Kerja Ini yakni pelaku UMKM sudah bisa menghitung biaya produksi yang dikeluarkan secara lebih akurat sehingga bisa menerapkan harga yang sesuai. | Mahasiswa: Rp 70.000 Swadaya : Rp 383.000 | 65 |
2 | Program Pokok | Perintisan pembentukan koperasi | 1. Kegiatan inti dilaksanakan selama 2 jam diikuti oleh 25 penerima Warga RT.002 . 2. Kegiatan yang dilakukan meliputi: · sosialisasi acara awal, · Persiapan mencari materi dan menciptakan Power Point, · Sosialisasi perintisan pembentukan koperasi · Melaporkan hasil perintisan pembentukan koperasidi RT. 002.. 3. Capaian acara kerja ini yakni masyarakat setuju untuk mengadakan iuran wajib untuk simpan pinjam tanpa agunan pada lingkungan RT. 002. | Mahasiswa: Rp 9.000 Swadaya : Rp 184.000 | 11 |
3 | Program Pokok | Pelatihan peningkatan manajemen desa/dusun | 1. Kegiatan inti diikuti oleh 100 penerima yang terbagi dalam 4 sesi penyuluhan dg perincian: · Pertemuan I (2 Jam x 25 org) · Pertemuan II (2 Jam x 25 org) · Pertemuan III (2 Jam x 25 org) · Pertemuan IV (2 Jam x 25 org) 2. Kegiatan yang dilakukan mencakup : · Sosialisasi acara kerja awal. · Persiapan (mencari materi dan menciptakan power point) · Pelatihan peningkatan manajemen desa / dusun · Pembuatan buku administrasi · Penyerahan buku administrasi 3. Capaian acara kerja ini adalah: Administrasi uang masuk dan keluar di masing masing RT serta di tingkat RW sudah lebih tertata dengan diberikanya buku kas yang lebih gampang digunakan. | Mahasiswa: Rp 140.000 Swadaya : Rp 258.000 | 46 |
4 | Program Pokok | Pembuatan batas antar wilayah RT dan RW. | a. Kegiatan inti dlaksanakan selama 6 jam dengan 5 tempat kegiatan dengan rincian: · RT I-II ( 6 Jam x 4 Org ) · RT II-III ( 6 Jam x 4 Org ) · RT III-IV ( 6 Jam x 4 Org ) · RT IV-V ( 6 Jam x 4 Org ) · RW VIII-RW VII (7 Jam x 4Org) b. Kegiatan yang dilakukan mencakup : · Sosialisasi acara kerja awal. · Persiapan ( mencari alat dan materi ) · Pemotongan Seng · Pengecoran Kayu · Pengecatan seng dan kayu · Perangkaian dan pemasangan batas wilayah. · Laporan hasil pembuatan batas antar wilayah c. Capaian acara kerja ini adalah: Batas antar wilayah RT dan RW menjadi lebih terang dengan adanya plang batas wilayah tersebut. masyarakat lebih tahu wilayah yangmenjadi tanggung jawab dalam menjaga lingkungan di sekitarnya. | Mahasiswa: Rp 141.000 Swadaya: Rp 167.000 | 67 |
5 | Program Pokok | Pengembangan destinasi wisata | 1. Kegiatan inti acara kerja ini dilaksanakan selama 45 Jam dengan melibatkan 132 Orang dengan rincian: · Tahap I ( 24 Jam X 45 Org ) · Tahap II ( 11 Jam X 49 Org ) · Tahap III ( 8 Jam X 35 Org) 2. Kegiatan yang dilakukan meliputi: · Koordinasi dengan karang taruna · Persiapan (mencari alat dan bahan) · Pengecatan jalan kampung (Warna-warni) · Penanaman pohon pengecap buaya · Penataan pohon pengecap buaya di sepanjang jalan 3. Capaian acara kerja ini adalah: Sepanjang jalan kampung terlihat pohon pengecap buaya yang tertata rapi di sisi kanan dan kiri. Identitas kampung pengecap buaya lebih terlihat, pencanangan kampung dalangan sebagai kampung pengecap buaya semakin nyata. | Mahasiswa: Rp 154.000 Swadaya: Rp 400.000 | 59 |
6 | Program Pokok | Pembenahan sarana olahraga | 1. Kegiatan inti acara kerja ini dilaksanakan selama 34 Jam dengan melibatkan 110 Orang 2. Kegiatan yang dilakukan meliputi: · Sosialisasi awal acara kerja · Persiapan (mencari alat dan bahan) · Koordinasi teknis pengerjaan dengan karang taruna · Plester dinding tempat olah raga · Pembuatan papan score · Uji kelayakan sarana olahraga 3. Capaian acara kerja ini adalah: Dinding yang tempat olahraga sudah di plester sehingga lebih layak digunakan. Di sertai papan score gres sebagai pendukung. | Mahasiswa: Rp 248.000 Swadaya: Rp 377.000 | 42 |
Keterangan : Tabel ini hanya untuk acara pokok
D. Pembahasan
1. Realisasi acara kerja
No | Program planning (LRK) | Realisasi | Status |
1. | Bimbingan teknis produksi perjuangan kecil | · Pembuatan produk, · Penyuluhan pencatatan biaya produksi serta pembuatan pembukuan. | Terlaksana |
2. | Perintisan pembentukan koperasi | · Sosialisasi perintisan pembentukan koperasi | Terlaksana |
3. | Pelatihan peningkatan manajemen desa/dusun | · Pelatihan peningkatan manajemen desa / dusun · Pembuatan buku administrasi | Terlaksana |
4. | Pembuatan batas antar wilayah RT dan RW. | · Perangkaian dan pemasangan batas wilayah. | Terlaksana |
5. | Pengembangan destinasi wisata | · Pengecatan jalan kampung (Warna-warni) · Penanaman pohon pengecap buaya · Penataan pohon pengecap buaya di sepanjang jalan | Terlaksana |
6. | Pembenahan sarana olahraga | · Plester dinding tempat olah raga · Pembuatan papan score | Terlaksana |
2. Kesesuaian Rencana Program kerja
No | Program planning (LRK) | Tanggal Rencana Kegiatan | Tanggal Pelaksanaan Kegiatan | Status |
1. | Bimbingan teknis produksi perjuangan kecil | 3,4,17,18,24 Maret 2018 | 3,4,17,18,24 Maret 2018 | Terlaksana |
2. | Perintisan pembentukan koperasi | 6 Maret 2018 | 6 Maret 2018 | Terlaksana |
3. | Pelatihan peningkatan manajemen desa/dusun | 27 Februari 2018 ,4,6,10,20 Maret 2018 | 27 Februari 2018 ,4,6,10,20 Maret 2018 | Terlaksana |
4. | Pembuatan batas antar wilayah RT dan RW. | 25,27 Februari 2018 ,11,17,18 Maret 2018 | 25,27 Februari 2018 ,11,17,18 Maret 2018 | Terlaksana |
5. | Pengembangan destinasi wisata | 25 Februari 2018 ,4,18 Maret 2018 | 25 Februari 2018 ,4,18 Maret 2018 | Terlaksana |
6. | Pembenahan sarana olahraga | 23 Maret 2018 | 23 Maret 2018 | Terlaksana |
3. Uraian kegiatan
1. Bimbingan teknis produksi perjuangan kecil
Program kerja ini di laksanakan pada tanggal 3,4,17,18,24 Maret 2018 sesuai dengan rencana pelaksanaan acara yang telah disusun. Program kerja ini direalisasikan dengan kegiatan pembuatan produk UMKM seperti:
a. Tahu bakso Aloevera
b. Permen Aloevera
c. Teh Tarik Aloevera
d. Nata de Aloevera
e. Cistik Aloevera
Pelatihan pembuatan produk UMKM di atas disertai dengan pembinaan pencatatan biya produksi untuk mengetahui biaya yang dikeluarkan untuk menciptakan suatu produk tersebut secara lebih akurat sehingga pelaku UMKM sanggup menetapkan harga atas produk secara lebih sesuai.
Pelatihan dilakukan di Rumah Ketua RW yang dihadiri oleh pelaku UMKM sebanyak 5-8 orang setiap sesi. Semua materi yang dipakai praktek disediakan oleh penerima pembinaan sedangkan mahasiswa hanya menyediakan buku pencatatan serta mencatat biaya produksi.
Setelah pembinaan penerima UMKM menjadi tahu pentingnya pencatatn biaya produksi sehingga dengan semangat akan melanjutkan pencatatan biaya produksi setiap produksi produk dilakukan.
2. Perintisan pembentukan koperasi
Progran kerja ini dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2018 sesuai dengan tanggal planning pelaksanaan yang sudah di susun. Program perintisan pembetukan koperasi dilaksanakan di rumah warga berbarengan dengan pertemuan rutin ibu-ibu PKK warga RT 002.
Program kerja ini dijalankan dalam acara sosialisasi dan diskusi pentingnya menabung serta dasar aturan kresit syariah. Program kerja ini melibatkan ibu-ibu PKK RT.002. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan selama 2 jam yang menghasilkan akad untuk diadakan tabungan wajib dan pinjaman tanpa agunan.
Program kerja perintisan pembentukan koperasi di awali dengan sosialisasi acara awal, bernegosisasi waktu dan tempat pelaksanaan dengan pengurus PKK, pencarian materi sosialisasi dan pembuatan power point, pelaksanaan sosialisasi serta diskusi, dengan laporan hasil perintisan pembentukan koperasi.
3. Pelatihan peningkatan manajemen desa/dusun
Program kerja ini dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2018, 4,6,10 dan 20 Maret 2018 sesuai dengan tanggal planning kegiatan yang telah disusun. Program peningkatan manajemen desa/dusun dilakukan dengan cara berdiskusi dengan para pengurus RT dan RW serta masyarakat untuk menciptakan sistem pencatatan yang lebih terstruktur. Sosialisasi dilakukan di Rapat RT 002, RT 003, RT 004, RT, 005 serta Rapat RW 008.
Selanjutnya mahasiswa menciptakan buku manajemen gres untuk memperbaiki buku manajemen yang sudah ada. Setelah buku di buat maka diserahkan pada para pengurus manajemen pada tingkat RT dan RW di wilayah Kampung Dalangan.
4. Pembuatan batas antar wilayah RT dan RW
Program kerja ini dilaksanakan pada tanggal 25,27 Februari 2018 ,11,17 dan 18 Maret 2018 sesuai dengan tanggal planning kegiatan yang telah disusun. Program pembuatan batas antar wilayah RT dan RW dilaksanakan dengan mebuat plang petunjuk batas serta peta desa. Kegiatan ini melibatkan perjaka RW 008 dan mahasiswa KKN mencakup pemotongan seng talang, pengecoran kayu, pengecatan papan penunjuk, perangkaian dan pemasangan plang batas antar wilayah RT dan RW.
Pelaksanaan acara kerja ini diawali dengan sosialisasi acara kerja awal kepada masyarakat, dilanjutkan dengan pencarian alat dan bahan, pemotongan seng talang, pengecoran tiang kayu, perangkaian plang penunjuk hingga pemasangan plang penunjuk ditempat yang telah dipersiapkan. Pencapaian acara kerja ini yakni masyaarakat menjadi lebih mengerti batas yang menjadi tanggung jawabnya dalam menjaga lingkungan baik dari segi kebersihan maupun keamanan.
5. Pengembangan destinasi wisata
Program kerja ini dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2018 ,4,18 Maret 2018 sesuai dengan planning pelaksanaan acara yang telah disusun sebelumnya. Program kerja ini di awali dengan sosialisasi acara awal, dilanjutkan dengan koordinasi dengan warga dan karang taruna, dilanjutkan dengan kerja bakti untuk menata kampung.
Program pengambangan destinasi wisata direalisasikan dengan pengecatan jalan di sisi kanan dan kiri yang di cat dengan warna-warni sehingga mengakibatkan kesan higienis dan ceria. Kegiatan lain yang mendukung acara kerja ini yakni menanam pohon pengecap buaya serta menatanya di sepanjang jalan Kampung Dalangan untuk menegaskan sebagai kampung pengecap buaya.
Program kerja ini melibatkan melibatkan sebagian besar warga Kampung Dalangan dan Karang Taruna yang secara bersama sama mengadakan kerja bakti untuk menata kampung. Pencapaian acara kerja ini yakni pencanangan kampung Dalangan sebagai kampung pengecap buaya lebih terlihat realisaasinya dengan adanya tanaman pengecap buaya di sisi kiri dan kanan jalan.
6. Pembenahan sarana olahraga
Program kerja pembenahan sarana olah raga dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2018 sesuai dengan acara kerja yang telah disusun. Program pembenahan sarana olahraga diawali dengan sosialisasi acara awal, dilanjutkan persiapan alat dan bahan, dilanjutkan dengan pelaksanaan acara pembenahan sarana olahraga yang direalsasikan dengan membenahi sarana pingpong dengan wujud plester dinding serta pembuatan papan score yang baru.
Program kerja ini yakni kolaborasi antara mahasiswa KKN yang menunjukkan Sumber daya dalam bentuk pasir dan semen dan warga yang melakukan pembangunan sarana olah raga. Pencapaian acara kerja ini yakni sarana olahraga menjadi lebih baik dan lebih layak dari sebelumnya. Masyarakat menjadi lebih peduli dengan asset desa yang dimiliki.
E. Kesimpulan Dan Saran
1. Kesimpulan
Berdasarkan kegiatan-kegiatan acara kerja yang telah terealisasi maka sanggup disimpulkan sebagai berikut:
a. Program kerja yang telah direncanakan telah di realisasikan dengan maksimal meskipun jadwal pelaksanaanya tidak seluruhnya sesuai/ Hal tersbut alasannya yakni mengikuti perubahan jadwal alasannya yakni penyesuaian kondisi dan situasi lingkungan.
b. Dukungan wakga masyarakat dalam bentuk materi maupun nonmateri terhdap acara kerja yang dilakukan sangat membantu keberhasilan acara kerja yang dilaksanakan.
c. Mahasiswa belajar bersosialisasi, beradaptasi, serta bersikap dalam hidup bermasyarakat dengan menjunjung norma yang berlaku pada kawasan tersebut.
2. Saran
a. Bagi masyarakat RW.008, Kampung Dalangan, Kelurahan Kramat Utara.
Masyarakat dibutuhkan sanggup membuatkan acara kerja yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN di Kampung Dalangan sehingga acara kerja yang telah dilaksanakan ada keberlanjutan dan menciptakan lingkungan menjadi lebih baik.
b. Bagi mahasiswa
1) Mahasiswa dibutuhkan sanggup berkomunikasi dengan baik antar anggota kelompok kkn serta dengan masyarakat tempat KKN dilaksanakan
2) Mahasiswa dibutuhkan lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya.
c. Untuk mahasiswa KKN berikutnya
1) Mahasiswa KKN yang berikutnya dibutuhkan bisa untuk menagkap permasalahan di kawasan KKN untuk sanggup menerapkan acara yang sesuai untuk kawasan tersebut.
2) Mahasiswa KKN yang berikutnya dibutuhkan bisa berkomunikasi dengan baik antar mahasiswa yang menjadi rekan KKN dan juga masyarakat kawasan KKN untuk mensukseskan acara kerja yang akan dilaksanakan.
Sumber http://rionbettencourtz.blogspot.com
0 Response to "✔ Laporan Kkn Tematik 45 Ummagelang Kel. 66 ( Feb / Akuntansi )"
Posting Komentar