iklan banner

Contoh Template Blogger Desain Terbaik, Berkualitas & User Friendly

Tutorial: Tips & Trik Cara Membuat Template Blogger dengan Desain Terbaik, Berkualitas & Ramah Pengunjung (User Friendly)

Dalam beberapa hari ini kami disibukan dan dibingungkan dengan beberapa pertanyaan yang berkaitan bersahabat dengan tampilan situs web.

Masalah yang ditanyakan, seringkali menyangkut perihal kenyamanan para pembaca dikala mengunjungi situs web mereka.

Pic: TWD

Guna menyingkat waktu kami dalam menjawab semua pertanyaan yang ada, kami menulis postingan ini; dan semoga semua pertanyaan yang akan diajukan, nyatanya sudah kami jawab melalui artikel ini.

Contoh Template Blogger Desain Terbaik, Berkualitas & User Friendly


1. Desain Blog yang Cepat (Fast Loading)


Suatu situs web sudah seharusnya mempunyai kecepatan loading yang tinggi dikala dikunjungi oleh pembaca; minimal 3 detik, dan paling usang 6 detik semoga tampilan situsnya terbuka 100% utuh.

Contoh desain template blogger yang baik ialah tema blogger yang cepat termuat tampilannya dikala di jalan masuk oleh para pengunjung.

Jika tampilan yang dibuka nantinya memakan waktu lebih dari 10 detik, dapat jadi para pembaca akan meninggalkan situs web kamu. Parahnya lagi, jikalau situs kau tidak diperbaiki juga, dapat jadi mereka tidak akan lagi mengunjungi situs web kamu.

2. Memperbesar Ukuran (Font Size) pada Judul Postingan Blog


Coba lihat gambar di bawah ini; coba bandingkan, dan tentukan mana yang lebih yummy dan nyaman untuk di lihat.

Contoh desain blog yang baik yaitu mempunyai Font Size terukur sebagaimana mestinya pada beberapa titik yang di anggap penting; pada judul dan/atau sub-judul contohnya (Contoh: Gambar Atas).

3. Meningkatkan Kontras Teks dan Background pada BlogPosting (Content)


Jika kau ingin menjadi desainer web, kau harus tahu bagaimana caranya menciptakan goresan pena semoga yummy di baca dan di lihat (Readable/Scannable).

Salah satunya yaitu kontras antara warna teks dengan warna latar belakang dari BlogPosting (Content). Cek gambar di bawah ini:

4. Jarak Spasi antara Paragraf per Paragraf


Setiap paragraf pada postingan blog, biasanya mempunyai format dalam bentuk Line-Height dengan ukuran 1.8em atau 2em; semakin besar nilainya semakin menurun jarak spasinya.

Selain itu pada Blockquote (kutipan), Video, Foto, atau Numbered List juga ada jaraknya; di beri nama Margin/Padding - bukan Line Height.

Pic: TWD

Apa format dan berapa ukuran yang pas untuk mengatur jarak spasi alinea satu dengan alinea lainnya? Jawabannya, format Line Height dengan ukuran 1.4em.

5. Jumlah Baris Teks pada Tiap-Tiap Paragraf


Salah satu saran dan rekomendasi dari para andal Blogger yaitu dikala teks sudah mencapai 5 baris; baiknya buat paragraf gres lainnya di bawah paragraf 5 baris tersebut.

Hal ini ditujukan semoga pembaca nyaman (User Friendly) dikala membaca dan tidak menciptakan sakit mata (Scannable/Readable).

Bayangkan apabila kau membaca teks atau paragraf yang panjang dan padat, bukankah itu menciptakan sakit mata dan gundah dikala membacanya?

6. Teks dan Background pada BlogPosting (Content) yang Jelas


Dikatakan terang artinya goresan pena yang tidak menciptakan pitam; dalam artian, teksnya berwarna hitam sedangkan Background-nya berwarna putih.

Bayangkan apabila teksnya putih, Background-nya hitam; posisikan diri kau sebagai pembaca, niscaya pitam kan?

Teks dan Background yang baik ialah teks berwarna hitam, sedangkan Background yang ditampilkan berwarna putih; selayaknya kertas A4 dengan teks hitam hasil dari printer.

7. Menghindari Gangguan Apa yang di Lihat Pembaca


Baik pembaca dan/atau pengunjung blog, tentu akan merasa risih apabila ada Gadget yang menonjol; ibarat kerlap-kerlip dari sebuah iklan, atau adanya salju turun.

Sebaik-baiknya situs web yaitu berpenampilan sederhana dan elegan.

Apapun situasi dan kondisinya, iklan tetaplah iklan. Selalu hindari hal-hal yang di anggap (mungkin) akan mengganggunya mata para pembaca dikala mengunjungi website kamu.

8. Navigasi Menu yang Jelas dan Mudah


Navigasi Menu ialah menu-menu yang terbagi menurut label (kategori)-nya masing-masing.

Pastikan kau memasang dan menempatkan Navigasi Menu pada daerah yang semestinya; ibarat di bab atas dan/atau sempurna di bawah nama blog, atau di bab samping blog.

Kami kira kau sudah cukup paham perihal Navigasi Menu ini ya :)

Demikian teladan template blogger dengan desain terbaik, berkualitas dan User Friendly (ramah pengunjung). Ada yang mau ditanyakan?
Sumber http://addbloggerthemes.blogspot.com

0 Response to "Contoh Template Blogger Desain Terbaik, Berkualitas & User Friendly"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel