iklan banner

4 Prinsip Dalam Desain Tampilan Situs Web

Prinsip-Prinsip Dasar dalam Mendesain (Design) Tampilan Blog, Situs Web, atau Website

Dalam menciptakan, membuat, mengedit, atau memodifikasi tampilan situs web; ada beberapa prinsip dasar yang dilarang dilupakan.

Begitu juga dengan anggapan orang yang menyampaikan bahwa desain itu relatif, kenapa? Sebab, buat beberapa orang, situs web yang mempunyai banyak warna itu bagus. Di sisi lain, banyak yang bilang itu tidak baik.

 ada beberapa prinsip dasar yang dilarang dilupakan 4 Prinsip dalam Desain Tampilan Situs Web
Pic: Google

Contoh lainnya, ada yang menyampaikan bahwa goresan pena (teks) berwarna hitam dengan Background putih merupakan paduan warna yang sangat bagus. Di sisi lainnya, banyak blogger yang menentukan memakai Background hitam dengan goresan pena (teks) berwarna putih; padahal itu membuat sakit mata banyak orang.

Apapun situasi dan kondisinya menyerupai apa dan bagaimana, tetap saja jikalau desain itu relatif dan rawan perdebatan di kalangan Blogger. Selalu ada yang oke dan tidak setuju.

4 Prinsip dalam Desain Tampilan Situs Web


Berawal dari problem di atas, di sini kami akan mencoba membantu kau untuk mengenal prinsip-prinsip dasar dalam desain (design) tampilan situs web.

1. Konsisten dalam Hal Branding


Branding, termasuk di dalamnya terdapat logo; merupakan hal terpenting dalam suatu situs web. Logo inilah yang akan mewakili Branding kau dimana pun dan kapan pun.

Pastikan logo kau gampang terlihat di tampilan situs, dan gampang untuk di ingat.

Selain itu, konsisten dalam hal Branding; maksudnya yaitu tidak menggantinya (mengubah) dengan logo terbaru. Tujuannya untuk memanenkan Branding yang kau miliki.

Perlu diperhatikan pula bahwa warna pada logo juga harus diperhatikan. Biasanya warna logo itu nyaris sama dengan warna tampilan situs web yang kau gunakan.

2. Sistem Navigasi Menu Situs Web yang Baik dan Jelas


Sebaik apapun situs web kamu, termasuk artikel yang ada di dalamnya; apabila sistem Navigasi Menu-nya tidak ditempatkan atau di buat sebaik-baiknya, maka pengunjung akan kesulitan dalam menjelajahi seluruh halaman yang ada di dalam situs web tersebut.

Percaya atau tidak, problem kecil menyerupai di atas akan membuat pembaca meninggalkan situs web kau berangsur-angsur.

Maka dari itu, buatlah sistem Navigasi Menu yang terang biar gampang di saluran oleh pembaca serta gampang untuk di mengerti alurnya dari mana ke mana.

3. Penggunaan Font Style yang Baik dan Jelas


Font Style yaitu gaya huruf. Nyaman atau tidaknya pembaca dikala menulis, berawal dari Font Style yang kau gunakan.

Jika gaya abjad yang dipakai ternyata yummy di baca (Readable) dan yummy di lihat (Scannable), maka pembaca akan betah berlama-lama di situs web.

Pastikan juga teksnya berwarna hitam, sedangkan latar belakangnya berwarna putih.

Oh iya, kami pernah memposting satu goresan pena wacana Cara Mengubah Font Style (Gaya Huruf) di Template Blogger. Silakan di klik dan implementasikan pribadi di tema blogger yang kau gunakan.

4. Menggunakan Gambar yang Berkualitas, Menarik, dan Jelas


Tahukah kau bahwa pada faktanya gambar merupakan hal yang pertama kali di lihat oleh pengunjung sebelum mereka membaca judul postingannya?

Gambar atau visualisasi yang ada di situs web kau merupakan pola dan poin utama yang dilarang dilewatkan.

Salah satu contohnya, mungkin, koran atau majalah yang sanggup kau dapatkan di toko. Banyak orang yang membeli koran atau majalah berawal dari gambar/visualisasi yang dilihatnya di halaman depan.

Maka dari itu, "bermain-mainlah" dengan gambar yang akan dipasangkan di situs web kamu. Pastikan gambarnya berukuran berkualitas (High Quality - HQ).

Itu ia hal-hal yang perlu diperhatikan dalam modifikasi template blogger. Ada yang mau ditambahkan, atau ada poin yang tertinggal dan ingin menambahkannya mungkin?
Sumber http://addbloggerthemes.blogspot.com

0 Response to "4 Prinsip Dalam Desain Tampilan Situs Web"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel