iklan banner

✔ Permainan Bola Voli, Pengertian, Teknik, Sejarah, Ukuran Lapangan

Pengertian Permainan Bola Voli – Pastinya kita sudah tidak absurd lagi kan dengan yang namanya permainan bola voli ? Atau bahkan kita sering memainkannya? Tapi apakah kalian semua tahu apa itu yang dimaksud dengan permainan bola voli? Pada kesempatan kali ini kami akan mengupas tuntas perihal permainan bola voli, mulai pengertian, sejarah, teknik hingga ukuran lapangan. Mari pribadi saja kita simak ulasan di bawah ini.


Pengertian Permainan Bola Voli


Bola voli yaitu salah satu cabang olahraga permainan yang dilakukan oleh dua tim yang saling berlawanan.


Masing-masing tim hanya diperbolehkan mempunyai 6 orang saja dalam pertandingan dan hanya sanggup digantikan oleh pemain cadangan kalau pemain inti terkena cidera sehingga tidak sanggup melanjutkan pertandingan. Intinya ialah permainan bola voli ini ada pada kekuatan tangan, lompatan, dan kekuatan kaki.


Olahraga voli ini seutuhnya hanya menggunakan kedua tangan saja, tetapi juga diperbolehkan menggunakan kaki pada dikala benar-benar sedang diperlukan. Lapangan bola voli umumnya mempunyai panjang hingga 18 meter dan lebarnya hingga 9 meter.


Jarak garis serang untuk pemain belakang yaitu 3 meter diukur mulai garis tengah dan sejajar dengan jaring kemudian untuk garis tepi lapangan ukurannya hanya 5 cm. Bola voli mempunyai bundar keliling 65 hingga 67 cm, sedangkan untuk beratnya 260 hingga 280 gram sedangkan untuk tekanan angin pada bola voli ialah 4,27 hingga 4,62 psi.


Untuk ukuran tinggi net putra ialah 2,43 meter sedangkan untuk ukuran net putri ialah 2,24 meter. Untuk sistem poin di dalam permainan bola voli yaitu dengan cara menentukan banyaknya poin yang diperoleh dari bola masuk area di dalam lapangan lawan, tetapi kalau bola keluar dari area lawan maka yang akan memperoleh poin yaitu lawan.


Olahraga bola voli ini  yang mengawasi yaitu sebuah organisasi yang berjulukan FIVB (Federation Internationale de Velleyball) dan didirikan pada tahun 1948 sebagai induk organisasi internasional yang mempunyai anggota 15 negara.


Di negara Indonesia juga mempunyai organisasi pengawas bola voli yang berjulukan PBVSI (Persatuan Bola VOli Seluruh Indonesia).


Sejarah Permaian Bola Voli


Pastinya kita sudah tidak absurd lagi kan dengan yang namanya permainan bola voli  ✔ Permainan Bola Voli, Pengertian, Teknik, Sejarah, Ukuran Lapangan
https://dikatama.com

Permainan bola voli pertama kali ditemukan dan diberi nama Mintonette. Yang menemukan pertama kali permainan bola voli ini yaitu William G. Morgan yang lahir di tahun 1870 di Lockport, New York.


William G. Morgan ialah seorang pelatih pendidikan jasmani (Director of Phycl Education) di tahun 9 Februari 1985 yang bertempat di Hoyke, Massachussetts Amerika S.erikat. William G. Morgan yaitu lulusan Springfield College of YMCA yang sepanjang hidupnya dirinya didedisikasikan sebagai pelatih pendidikan jasmani.


Untuk menyempurnakan permainan bola voli dibutuhkan waktu selama empat tahun yaitu dengan melaksanakan banyak sekali macam dan jenis kombinasi permainan. Permainan Mintottete atau voli merupakan adonan dari empat rancangan olahraga yang kemudian disempurnakan menjadi satu permainan. Empat adonan itu ialah permainan bola tangan, permainan bola basket, permainan baseball, dan permainan tenis.


Perubahan Nama Mintotette Menjadi Bola Voli


Pastinya kita sudah tidak absurd lagi kan dengan yang namanya permainan bola voli  ✔ Permainan Bola Voli, Pengertian, Teknik, Sejarah, Ukuran Lapangan
https://umedia.lib.umn.edu

Perubahan nama mintotette menjadi bola voli atau volley ball itu terjadi pada tahun 1896, pada dikala itu terjadi sebuah demonstrasi pertandingan perdana pada International YMCA Training School dan dikala itu salah Dr. Luther Halsey Gulick salah satu seorang Director of the Profesional Physicical Education Training Scholl memperlihatkan surat panggilan untuk William G. Morgan.


Isi dari surat itu bekerjasama dengan olahraga permainan yang di ciptakannya. Dr. Luther Hasley meminta dirinya untuk mempresentasi dan melaksanakan demonstrasi di stadion kampusnya yang baru.


Kampus YMCA yaitu sebuah saksi dimana pada dikala itu sedang diadakannya sebuah konferensi yang sudah dihadiri oleh seluruh pelatih pendidikan jasmani. Pada kala itu William G. Morgan memanfaatkan pribadi kesempatan itu dengan membawa dua tim andalannya, yang mana masing-masing tim pada dikala itu mempunyai 5 orang pemain.


William G. Morgan menjelaskan kalau permainan itu sangat praktis dilakukan baik di luar ruangan (outdoor) ataupun di dalam ruangan (indoor) dengan sangat bebas. Kala itu juga William G. Morgan memperlihatkan klarifikasi kalau permainan itu sanggup dilakukan oleh banyak pemain tidak ada batasnya untuk standar jumlah pemainnya. Tujuan utama dari permainan ini ialah mempertahankan bola semoga melewati net tinggi dari tempat sendiri ke tempat lawan.


Sejarah Permainan Bola Voli di Indonesia


Pastinya kita sudah tidak absurd lagi kan dengan yang namanya permainan bola voli  ✔ Permainan Bola Voli, Pengertian, Teknik, Sejarah, Ukuran Lapangan
https://olahraga.pro

Pertama kali permainan bola voli masuk ke Indonesia yaitu pada masa penjajahan Belanda melalui jalur perdagangan pada tahun 1982. Perkembangan permainan bola voli sangat cepat terjadi di Indonesia, hal itu diakibatkan lantaran kebutuhan olahraga rakyat Indonesia yang begitu besar.


Oleh lantaran itu permainan bola voli ini termasuk dalam pertandingan PON (Pekan Olahraga Nasional ke 2 pada tahun 1952 yang diselenggarakan di Jakarta. Sampai dikala ini bola voli masih termasuk cabang olahraga resmi yang selalu hadir di semua kejuaraan di seluruh Indonesia.


PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia yaitu induk organisasi yang menaungi semua permainan bola voli seluruh Indonesia bangun di tahun 22 Januari 1955 yang di pimpin oleh W.J Latumenten. Setelah bangun induk organisasi itu, kemudian pertama kali diadakan sebuah kongres dan kejuaraan nasional pada 28 hingga 20 Mei 1955 yang diadakan di Jakarta.


Teknik Dasar Permainan Bola Voli


Faktor utama yang sanggup meningkatkan kemahiran dalam bermain bola voli salah satunya yaitu dengan cara mempelajari teknik dasar. Bukan hanya itu saja, faktor metal pemain, faktor kondisi fisik, dan penyusunan taktik yaitu bab penting yang lainnya.


FIVB (Federation Internationale De Volleyball) ialah sebuah orgagisasi yang menaungi olahraga bola voli yang mejadi induk organisasi internasional. Di Negara Indonesia juga mempunyai organisasi serupa bertaraf Nasional yakni PBSVI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) yang dikala ini sudah menjadi induk organisasi.


Pada umumnya untuk melaksanakan teknik dasar di dalam permainan bola voli ada 4 macam jenik teknik, yaitu:


1. Teknik Dasar passing


Teknik dasar passing yaitu sebuah perjuangan permainan bola voli dengan menggunakan teknik tertentu  yang bertujuan untuk memperoleh bola, sesudah itu kemudian diteruskan kepada teman mainnya dan diolah diarea lapangan sendiri.


2. Teknik Dasar Service


Teknis dasar service merupakan sebuah pukulan bola yang sanggup dilakukan di kawasan belakang garis lapangan permainan dengan pukulan hingga melalui net wilayah lawan.


3. Teknik Dasar Spike / Smash


Teknik dasar spike atau smash yaitu sebuah bentuk serangan yang sangat terkenal digunakan dalam permainan bola voli semoga sebuah tim memperoleh poin sebanyak-banyaknya.


4. Teknik Dasar Blok


Teknik dasar blok yaitu sebuah pencegahan dari serangan lawan dengan cara membendung serangan dari lawan. Teknik itu yaitu sebuah pertahanan yang bahkan menjadi sebuah serangan balik untuk memperoleh poin.


Agar sanggup bermain dengan efektif dibutuhkan sekali pengetahuan perihal teknik-teknik dasar dan lanjutan pada permainan bola voli. Di bawah berikut ini yaitu klarifikasi lengkap mengenai teknik dasar permainan bola voli yang sebelumnya sudah di ulas.


1. Teknik Dasar Passing Permainan Bola Voli


Pastinya kita sudah tidak absurd lagi kan dengan yang namanya permainan bola voli  ✔ Permainan Bola Voli, Pengertian, Teknik, Sejarah, Ukuran Lapangan
https://olahraga.pro

Teknik passing ini dikenal dengan nama reception ialah sebuah gerakan yang dilakukan pemain pada sebuah tim untuk menerima, mengendalikan juga menahan servis yang diarahkan pemain lawan kepada kita sebagai bentuk dari serangan. Ada dua jenis teknik passing pertama yaitu passing bawah dan terakhir passing atas.


2. Teknik Dasar Service Permainan Bola Voli


Pastinya kita sudah tidak absurd lagi kan dengan yang namanya permainan bola voli  ✔ Permainan Bola Voli, Pengertian, Teknik, Sejarah, Ukuran Lapangan
https://olahraga.pro

Service yaitu teknik yang paling dasar dipelajari oleh pemain bola voli, bahkan teknik itu ialah teknik pertama kali yang harus di latih sebagai pemain voli bagi pemula.


Teknik service ini dilakukan oleh pemain dengan posisi bangun digaris belakang lapangan dengan melempar bola ke udara, sesudah itu bola dipukul melewati net ke arah lapangan arena permainan lawan.


Tujuan dari melaksanakan service ini yaitu memukul bola melewati net dengan menentukan area kosong atau pribadi mengarah ke pemain yang terlihat paling rentan diserang semoga tidak sanggup mendapatkan bola oleh pemain lawan untuk memperoleh poin.


3. Teknik Dasar Spike / Smash Permainan Bola Voli


Pastinya kita sudah tidak absurd lagi kan dengan yang namanya permainan bola voli  ✔ Permainan Bola Voli, Pengertian, Teknik, Sejarah, Ukuran Lapangan
https://olahraga.pro

Spike ini juga dikenal dengan nama smash yang juga merupakan sebuah teknik dasar bola voli yang dilakukan dengan cara memukul bola menggunakan kekuatan tangan sekuat tenaga dengan melompat, kemudian bola pribadi diarahkan ke area permainan musuh yang sedang kosong.


Teknin smash ini umumnya digunakan dalam permainan bola ialah sebagai pukulan pamungkas atau pukulan ketiga.


Urutan di dikala penerimaan bola yaitu pertama kali dilakukan dengan menggunakan teknik passing bawah, kemudian bola kedua disambut dengan teknik passing atas, kemudian yang ketiga atau yang terakhir yaitu dilakukan dengan menggunakan teknik smash.


Seorang pemain spiker atau penyerang di dalam sebuah tim umumnya mempunyai postur badan yang tinggi semoga sanggup melaksanakan lompatan yang tinggi. Sehingga dikala melaksanakan smash pemain harus melaksanakan lompatan dan pribadi memukul bola pada klimaks tertinggi yang sanggup ia lakukan sehingga lawan tidak sanggup menahan bola dan memperoleh poin.


4. Teknik Dasar Block Permainan Bola Voli


Pastinya kita sudah tidak absurd lagi kan dengan yang namanya permainan bola voli  ✔ Permainan Bola Voli, Pengertian, Teknik, Sejarah, Ukuran Lapangan
https://olahraga.pro

Teknik block ini mempunyai kegunaan untuk menahan dan mencegah serangan yang dilakukan oleh tim lawan. Gerakan ini juga sanggup disebut dengan gerakan pertahanan. Pertahanan itu dilakukan dengan cara menggunakan kedua atangan dan dibarengi dengan melompat yang tinggi sambil menahan bola semoga tidak sanggup masuk kedalam area permainan sendiri.


Dalam permainan bola voli teknik block ini merupakan teknik yang sangat penting yang dibutuhkan oleh sebuah tim, sehingga pada setiap pemain harus sanggup menguasai teknik block dengan baik.


Langkah yang harus dilakukan untuk melaksanakan teknik block ini yaitu bangun dengan posisi kaki sejajar, pada waktu yang bersamaan kedua tangan harus tepat berada didepan dada dengan posisi tangan menghadap ke arah net, sesudah itu lalukan lompatan dan mengikuti arah yang akan di pukul oleh musuh.


Posisi Pemain Bola Voli


Pastinya kita sudah tidak absurd lagi kan dengan yang namanya permainan bola voli  ✔ Permainan Bola Voli, Pengertian, Teknik, Sejarah, Ukuran Lapangan
https://bisakali.net

Pada permainan bola voli pelatih harus menata susun taktik dengan baik dan cerdas semoga sanggup menguasai pertandingan dan sanggup dikendalikan. Pengaturan itu juga berlaku pada posisi pemain satu dengan pemain yang lainnya, di bawah berikut ini posisi pemain yang mempunyai kiprah penting pada setiap permainan bola voli.


1. Posisi Pemain Bola Voli Spikker (Smash)


Spiker yaitu pemain yang mempunyai kiprah sebagai pemukul bola semoga jatuh tepat di area pertahanan permainan lawan dengan hantaman yang sangat keras.


2. Posisi Pemain Bola Voli Tosser (Setter)


Toser yaitu pemain yang mempunyai kiprah untuk mengoper bola kepada teman di dalam satu timnya juga sebagai pengatur jalannnya pertandingan.


3. Posisi Pemain Bola Voli Libero


Libero Adalah pemain yang mempunyai kiprah untuk mempertahankan area dari serangan lawan dengan cara menahan bola dari pukulan lawan. Pemain itu mempunyai kelebihan sanggup bebas keluar masuk permainan, namun salah satu kekurangannya yaitu tidak sanggup melaksanakan teknik smash. Pemain libero ini hanya diperbolehkan melaksanakan teknik passing bawah dan passing atas kalau ingin sanggup melewati net lawan.


4. Posisi Pemain Bola Voli Defender ( Pemain Bertahan)


Defender yaitu pemain yang mempunyai kiprah untuk mempertahankan posisi area permainan dengan mendapatkan bola serangan dari tim lawan.


Sarana dan Prasarana Permainan Bola Voli


Sekali dua kali pastinya kalian pernah kan bermain voli, tetapi apakah kalian pernah memikirkan berapa ukuran lapangan bola voli? Hampir setiap insan dipastikan melaksanakan olahraga yang satu ini, yaitu bola voli, atau paling tidak sudah pernah melihat baik melihat secara pribadi ataupun melhat lewat media.


Bala voli ini juga merupakan salah satu mata pelajaran olahraga yang ada disekolah. Untuk menentukan ukuran lapangan bola voli dengan standar internasional ada sebuah organisasi yang memperlihatkan keputusan sebagai tolak ukur standar dalam permainan bola voli.


Lapangan Permainan Bola Voli


Pastinya kita sudah tidak absurd lagi kan dengan yang namanya permainan bola voli  ✔ Permainan Bola Voli, Pengertian, Teknik, Sejarah, Ukuran Lapangan
https://id.wikipedia.org

Di bawah berikut ini yaitu standar lebar dan panjang lapangan bola voli di pertandingan resmi internasional.


Ukuran lapangan bola voli biasanya ialah 9 meter x 18 meter kubik. Untuk garis batas serang pemain belakang jaraknya yaitu 3 meter dari garis tengah (sejajar dengan jaring). Lalu, untuk  Garis tepi lapangannya ialah 5 meter.


Ukuran Net Lapangan Bola Voli


Pastinya kita sudah tidak absurd lagi kan dengan yang namanya permainan bola voli  ✔ Permainan Bola Voli, Pengertian, Teknik, Sejarah, Ukuran Lapangan
http://sportcourt.squarehook.com

Di bawah berikut yaitu klarifikasi standar ukuran net lapangan permainan bola voli pada pertandingan resmi Internasional.



  • Lebar net yang ada pada permainan bola voli yaitu 1 meter.

  • Ketinggian tiang antena yang terdapat di lapangan bola voli ukurannya yaitu 0,8 meter.

  • Ketinggian antena yang terdapat di lapangan permainan bola voli ukurannya yaitu 2,55 meter.

  • Ketinggian net lapangan permainan bola voli untuk putra ukurannya yaitu 2,43.

  • Ketinggian net lapangan permainan bola voli untuk putri ukurannya yaitu 2,24 meter.

  • Jarak antara tiang net dengan garis yang berada di samping lapangan bola voli ukurannya yaitu 0,5 hingga 1 meter.


Ukuran Bola Voli


Pastinya kita sudah tidak absurd lagi kan dengan yang namanya permainan bola voli  ✔ Permainan Bola Voli, Pengertian, Teknik, Sejarah, Ukuran Lapangan
https://perpustakaan.id

Di bawah berikut ini yaitu standar ukuran bola voli pada pertandingan resmi Internasional



  • Bola voli mempunyai berat 260 gram hingga 280 gram.

  • Diameter keliling pada bola voli mempunyai ukuran 65 cm hingga 67 meter.

  • Tekanan yang ada pada bola voli berukuran kurang lebih sekitar 0.30 hingga 0.325 kg / cm (4.26-4.61 psi, 294-3-318.82 hPa atau mbar.


Jumlah Pemain Dalam Permainan Bola Voli


Pastinya kita sudah tidak absurd lagi kan dengan yang namanya permainan bola voli  ✔ Permainan Bola Voli, Pengertian, Teknik, Sejarah, Ukuran Lapangan
http://www.tribunolahraga.com

Disetiap pertandingan bola voli resmi baik itu resmi bertaraf Internasional ataupun bertaraf internasional mempunyai peraturan untuk jumlah standar pemain yang sanggup ikut untuk bertanding dalam satu tim ialah 6 orang. Dalam satu lapangan minimal ada empat orang pemain, tetapi kalau pemain kurang dari 4 orang maka tim itu dianggap kalah.


Gambar Lapangan Bola Voli Internasional


Pastinya kita sudah tidak absurd lagi kan dengan yang namanya permainan bola voli  ✔ Permainan Bola Voli, Pengertian, Teknik, Sejarah, Ukuran Lapangan
http://www.arisvolleywomen.gr

Gambar di atas yaitu lapangan bola voli Internasional yang biasanya digunakan pada pertandingan besar menyerupai olimpiade dan kejuaraan-kejuaraan lainnya yang bertaraf Internasional.


Itulah sedikit klarifikasi mengenai pengertian permainan bola voli mulai dari sejarah teknik lapangan, gambar lapangan, hingga ukuran. Semoga pembahasan kali ini menambah ilmu, wawasan dan bermanfaat. Terima Kasih.



Kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com



Sumber https://organicvolunteers.com

0 Response to "✔ Permainan Bola Voli, Pengertian, Teknik, Sejarah, Ukuran Lapangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel