iklan banner

✔ Pengertian Komunikasi Berdasarkan Para Andal Secara Umum Lengkap

Pengertian Komunikasi – Pasti semua orang melaksanakan komunikasi setiap hari. Komunikasi yang dilakukannya sanggup berupa berbicara lewat media tertentu maupun berbicara secara langsung, contohnya kalau berbicara lewat media dengan cara telepon, surat menyurat, video call, maupun dengan media yang lainnya. Beberapa hal itu yaitu bentuk konkret dari komunikasi yang sering bahkan setiap hari kita lakukan. Tetapi, bukan hanya hingga di situ saja, komunikasi juga sanggup dilakukan dalam bentuk isyarat-isyarat tertentu menyerupai mengangguk, mengedipkan mata, menggeleng dan lain-lain.


Komunikasi niscaya melibatkan dua atau bahkan sanggup lebih manusia, sebab pada dikala berkomunikasi terjadi proses pengiriman dan penerimaan pesan dari komunikator menuju komunikan. Komunikator sanggup eksklusif memberikan pesan kepada komunikan eksklusif bergantung dengan tujuan dan sasaran yang di tentukan.


Pengertian Komunikasi


Pasti semua orang melaksanakan komunikasi setiap hari ✔ Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli  Secara Umum Lengkap
http://laruno.com

Pastinya anda masih bertanya-tanya mengenai apa itu komunikasi? Komunikasi berasal dari bahasa inggris communication, yang artinya yaitu sama. Secara pengertiannya komunikasi ini di bagi menjadi dua, yakni komunikasi berdasarkan para jago dan komunikasi secara umum. Mari eksklusif saja kita simak bahu-membahu ulasan di bawah berikut perihal apa itu komunikasi.


Pengertian komunikasi secara umum


Komunikasi yaitu pertukaran informasi yang dilakukan oleh dua orang maupun lebih dengan maksud dan tujuan tertentu. Kalau berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) komunikasi yaitu pengiriman dan penerimaan informasi, pesan, atau isu yang dilakukan oleh dua orang maupun lebih sehingga maksud dan pesan itu sanggup di pahami.


Pengertian komunikasi berdasarkan Para ahli


Beberapa para jago terkemuka mengungkapkan pendapatnya perihal pengertian komunikasi. Berikut ini yaitu beberapa pendapat para jago tersebut mengenai apa itu komunikasi.


♦ Pengertian komunikasi berdasarkan Aristoteles


menurut Aristoteles komunikasi ialah alat yang sanggup di pakai oleh masyarakat untuk ikut berpatisipasi dalam sebuah proses demokrasi.


 ♦ Pengertian komunikasi berdasarkan Carl I Hovland


Menurut pendapatnya komunikasi yaitu proses yang mungkin di lakukan oleh pembawa informasi yang bertujuan menunjukkan rangsangan terhadap orang lain untuk mengubah perilakunya.


♦ Pengertian komunikasi berdasarkan Stewart L. Tuubs & Sylvia


 Menurut mereka komunikasi yaitu perpindahan informasi yang dilakukan oleh dua orang maupun lebih.


♦ Pengertian komunikasi menurut Shannon & Weafer


 menurutnya komunikasi merupakan interaksi yang saling menghipnotis yang dilakukan oleh seseorang terhadap orang lain baik itu dilakukan secara di sengaja maupun di lakukan tidak di sengaja. Menurutnya komunikasi tidak terbatas oleh bahasa yang verbal saja, tetapi juga pada ekspresi lukisan, teknologi, wajah dan yang lainnya.


♦ Pengertian komunikasi berdasarkan Everett M. Rogers


 Menurut dirinya komunikasi ialah penyalutan maksud maupun inspirasi dari sumber satu ke sumber inspirasi yang lainnya dengan tujuan mengubah tingkah laris peserta ide.


♦ Pengertian komunikasi berdasarkan James A. F. Stoner


 Komunikasi ialah proses yang sedang dilakukan seseorang dengan tujuan menunjukkan pengertian terhadap orang lain dengan memindahkan suatu pesan tertentu.


♦ Pengertian komunikasi menurut Djenamar SH


Komunikasi ialah seni untuk memberikan komunikasi atau ide-ide tertentu dari seseorang terhadap orang lain.


♦ Pengertian komunikasi berdasarkan Raymond S. Ross


 Komunikasi ialah proses memilih, menyortir atau memberi informasi kepada seseorang semoga yang mendengarkan infromasi itu sanggup eksklusif memahami makna sesuai dengan yang di maksudkan pemberi informasi,


♦ Pengertian komunikasi menurut Anderson


Menurutnya, Komunikasi merupakan proses yang sangat dinamis. Proses tersebut secara konstan berubah sesuai dengan situasi yang berlaku.


♦ Pengertian komunikasi menurut Achmad S. Ruky


Komunikasi adalah proses pemindahan dan pertukaran pesan, yang mana pesan tersebut sanggup berupa fakta, gagasan, informasi atau data dari seseorang kepada orang lain.


♦ Pengertian komunikasi menurut Anwar Arifin


Menurutnya komunikasi ialah sebuah konsep multi makna. Dalam makna sosial, komunikasi yaitu proses sosial yang bekerjasama dengan acara insan dan kaitannya dengan sikap dan pesan.


 Pengertian komunikasi berdasarkan Atep Aditya Barata


 Menurutnya komunikasi merupakan proses pengiriman dan penerimaan pesan, isu maupun informasi yang terjadi antara dua orang atau lebih dari dua orang. Proses tersebut dilakukan secara efektif semoga pesan yang di sampaikan sanggup di pahami oleh penerimanya.


♦ Pengertian komunikasi berdasarkan Barnlund


Dirinya menyatakan bahwa komunikasi terjadi oleh adanya dorongan kebutuhan seseorang untuk mengurangi rasa ketidakpastian, untuk bertindak secara efektif dan untuk memperkuat ego.


♦ Bernard Barelson & gary A Steiner


 Mereka menyatakan bahwa komunikasi ialah sebuah tindakan atau proses transmisi informasi, gagasan, emosi, ketrampilan, dan sejenisnya. hal yang di transmisikan tersebut sanggup berupa simbol-simbol, kata-kata, figur, grafik, gambar, dan lainnya.


♦ Skinner


 Komunikasi merupakan sikap verbal atau simbolik yang mana pengirimannya berusaha untuk memperoleh imbas yang dikehendakinya dari penerima.


David K. Berlo


 Komunikasi ialah sebagai instrumen dari interaksi sosial, yang bermanfaat untuk mengetahui dan memprediksi sikap orang lain dan mengetahui keberadaan diri sendiri.


Agus M. Harjana, M.Sc., ED


 Menurutnya komunikasi ialah sebagai suatu acara yang di sampaikannya suatu pesan oleh seseorang terhadap orang lain melewati media tertentu.


♦ Rendi Panuju, Msi


 Komunikasi ialah anutan sistem yang menghubungkan, dan kinerja antar penggalan di dalam suatu organisiasi, yang menghasilkan adanya sebuah energi.


♦ Everett M. Rogers


 komunikasi merupakan proses pengalihan inspirasi dari sumber ke penerima, dengan maksud dan tujuan untuk mengubah tingkah laris peserta itu sendiri.


Forsdale


 menurutnya komunikasi ialah suatu proses dimana sebuah sistem itu di bentuk, dipelihara, dan di ubah dengan suatu tujuan tertentu, yakni semoga sinyal-sinyal yang dikirim sanggup eksklusif di terima dan dijalankan sesuai dengan hukum yang berlaku.


Frank E.X. Dance


 Komunikasi ialah melewati proses tersebut seseorang sanggup memberikan stimulus dengan maksud dan tujuan untuk merubah atau membentuk sikap orang lain.


♦ Gode


 Menurutnya komunikasi ialah suatu proses yang menciptakan sesuatu yang awalnya dimiliki oleh satu orang menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih.


gerald R. Miller


 Dirinya menyatakan bahwa komunikasit erjadi pada dikala suatu sumber memberikan pesan kepada peserta dengan kesadaran niat untuk menghipnotis sikap peserta pesan.


♦ Harorl D. Laswell


 mennurutnya komunikasi ialah proses yang menjelaskan siapa, menyampaikan apa, dengan susukan apa, kepada siapa, dan dengan hasil apa?


Baca: Pengertian Budaya Secara Umum dan Menurut Para Ahli Lengkap


♦ John R. Wenburg & William W Wilmot


 Mereka mendefinikan bahwa komunikasi merupakan bentuk perjuangan yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan makna.


♦ Judy C Pearson & Paul Melson


 mereka menyatakan bahwa komunikasi ialah sebuah proses untuk saling memahami dan banyak sekali makna


♦ Mary B. Cassata & Molefi K. Asante


 Mereka mengungkapkan komunikasi yaitu proses transmisi informasi yang dilakukan dengan tujuan untuk menghipnotis khalayak.


♦ Mulyana, Deddy


 Menurutnya komunikasi yaitu sebagai proses penyampaian informasi, emosi, ketrampilan, ide, dll yang dilakukan dengan menggunakan lambang-lambang, gambar, bilangan, grafik, dan lainnya.


♦ Murphy & Mendelson


 menurut mereka komunikasi suatu proses untuk mempertahankan dan membangun korelasi interpersonal.


♦ Onong Uchjana Effendy


 Komunikasi yaitu proses penyampaian pesan yang dilakukan seseorang terhadap orang lain, dengan maksud memberitahukan, mengubah sikap, sikap atau pendapat orang tersebut.


Dr. Alo Liliweri


 Menyatahan bahwa komunikasi sebagai pengalihan suatu pesan dari sebuah sumber kepada peserta pengalihan pesan dilakukan semoga peserta memperoleh pemahaman mengenai sesuatu.


Profesor Wilbur Schramm


 mengungkapkan bahwa komunikasi dan masyarakat ialah dua kata kembar yang tidak sanggup dipisahkan antara satu dengan yang lain.


♦ Rogers & D. Lawrence Kincald


 menyatakan komunikasi sanggup diartikan sebagai suatu proses pertukaran informasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, yang pada gilirannya akan memunculkan saling pengertian yang sifatnya sangat mendalam.


Steven


 menurutnya komunikasi yaitu reaksi yang diberikan suatu organisme terhadap suatu stimuli atau objek. Reaksi tersebut sanggup terjadi kapan saja, dan asalnya dari lingkungan maupun seseorang itu sendiri.


♦ Wuryanano


 menurutnya komunikasi ialah sebagai keterlibatan seluruh pribadi, sikap, cara berbicara, tingkah laku, dan segala sesuatu yang terpancar dari pribadi seseorang.


Itulah beberapa definisi komunikasi secara umum dan berdasarkan para ahli. Di samping definisi tersebut William F. Glueck membagi komunikasi menjadi 2 penggalan yakni:



  1. Komunikasi Kelompok (organization communication), yakni proses perpindahan informasi dan pemindahan pengertian dari satu pembicara terhadap kelompok dalam suatu organisasi.

  2. Komunikasi antar personal (interpersonal communication)yakni proses pertukaran informasi dan pemindahan pengertian antara dua orang atau lebih dalam suatu kelompok yang kecil.


Fungsi Komunikasi


Pasti semua orang melaksanakan komunikasi setiap hari ✔ Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli  Secara Umum Lengkap
https://es.123rf.com

Komunikasi memiliki banyak fungsi dalam kehidupan sehari-hari. berikut ini fungsi-fungsi komunikasi itu:



  1. Sumber informasi, melewati komunikasi seseorang akan menemukan sebuah informasi. baik itu informasi yang dilakukan antara dua individu atau lebih. Informasi akan kita peroleh kalau kita mendapatkan informasi dari orang lain, begitu juga sebaliknya.

  2. Motivasi, Melewati banyak sekali macam dialog atau berbicara dengan orang lain, seseorang akan termotivasi, jikalau dialog itu mengarah kepada pemberian motivasi kepada orang itu.

  3. Kendali, Dalam kehidupan bermasyarakat niscaya ada norma dan aturan-aturan tertentu yang diterapkan. Norma itu pada umumnya sangat berbeda antara satu wilayah dengan wilayah yang lainnya. Hanya dengan berkomunikasi maka hukum atau norma itu sanggup tersampaikan eksklusif kepada masyarakat, artinya kalau suatu maksud tersebut sanggup di mengerti maka hal ini sanggup mengendalikan sikap suatu masyarakat tertentu.


Read: Lambang Burung Garuda Pancasila, Gambar, Arti, Makna Lengkap


Itulah beberapa fungsi dari komunikasi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi, tentunya bukan hanya itu saja, masih banyak fungsi komunikasi yang lainnya. Di samping fungsi komunikasi, disini kami juga akan memberikan beberapa tujuan dari komunikasi.


Tujuan Komunikasi


Komunikasi bukan hanya memiliki beberapa fungsi penting saja, tetapi komunikasi juga memiliki tujuan tertentu yang sangat penting. Berikut ini beberapa tujuan dari komunikasi:



  1. Komunikasi bertujuan semoga sanggup memahami orang lain. Kita sanggup memahami makusd dari orang lain dengan cara melaksanakan komunikasi dengan orang itu. Kalau hanya membisu dan tanpa melaksanakan komunikasi, kita pastinya tidak akan sanggup memahami orang lain dan orang lain juga tidak akan sanggup memahami kita.Komunikasi bertujuan untuk bertukar informasi kepada orang lain

  2. Komunikasi dilakukan dengan tujuan untuk menunjukkan informasi kepada orang yang sedang kita ajak bicara, begitu juga sebaliknya, kita berkomunikasi terhadap orang lain semoga memperoleh informasi dari orang lain.

  3. Komunikasi bertujuan semoga orang lain sanggup melaksanakan sesuatu menyerupai yang kita harapkan. Kita wajib melaksanakan komunikasi terhadap orang lain kalau kita ingin meminta sumbangan kepada orang lain, itu hartinya kita harus berbicara kepada orang yang kita mintai tolong. Kalau tidak dikomunikasikan orang yang kita mintai sumbangan tidak akan peka.

  4. Komunikasi bertujuan semoga pendapat kita sanggup diterima oleh orang lain. Agar pendapat yang kita sampaikan sanggup diterima oleh orang lain pastinya kita harus melaksanakan komunikasi atau menunjukkan informasi dan maksud kita dengan sangat terang kepada orang lain.


Syarat Komunikasi


Terdapat beberapa syarat sesuatu yang kita lakukan sanggup disebut dengan komunikasi. Berikut ini syarat suatu acara disebut dengan komunikasi.



  1. Komunikator (penyampaian pesan), suatu acara dikatakan komunikasi jikalau terdapat komunikator atau penyampai pesan. Penyampaian pesan tersebut sanggup berupa seseorang yang memberikan informasi secara eksklusif atau sanggup melewati media tertentu contohnya menyerupai radio, surat kabar, televisi, sms wa, dan yang lainnya. beberapa media itu sanggup dikatakan sebagai komunikator.

  2. Komunikan (penerima pesan), ialah merupakan seseorang atau kelompok yang mendapatkan pesan eksklusif dari komunikator.

  3. Efek, Komunikasi sanggup dikatakan berhasil kalau menunjukkan imbas kepada peserta pesan (komunikan), contohnya, sebab adanya sebuah pesan dari komunikator, peserta komunikasi melaksanakan tindakan tertentu.

  4. Pesan, Sesuatu sanggup di katakan sebagai komunikasi jikalau ada maksud atau pesan yang di sampaikan dari komunikator kepada komunikan.


Itulah beberapa syarat suatu acara sanggup disebut sebagai komunikasi. Kalau beberapa syarat itu tidak di penuhi, niscaya acara tersebut tidak sanggup dikatakan sebagai komunikasi.


Unsur Komunikasi


Pasti semua orang melaksanakan komunikasi setiap hari ✔ Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli  Secara Umum Lengkap
http://www.pendidikanekonomi.com

Komunikasi sanggup terjadi jikalau terdapat beberapa hal yang menyertainya, menyerupai ada yang mendapatkan pesan, ada yang memberi pesan, dan juga ada pesan yang disampaikan. Di samping itu juga ada beberapa komponnen atau elemen komunikasi lain yang wajib anda ketahui.




  • Pesan




Yang dimaksud pesan di dalam sebuah komunikasi ialah sesuatu yang disampaikan oleh pemberi pesan kepada peserta pesan. Pesan tersebut sanggup disampaikan eksklusif dengan bertatap muka ataupun melalui media komunikasi. Pesan yang disampaikan itu sanggup berupa hiburan, nasihat, ilmu pengetahuan, motivasi dan yang lainnya.




  • Penerima




Penerima yaitu pihak yang menjadi sasaran pesan yang dikirimkan oleh sumber itu sendiri. Penerima pesan tersebut berupa satu individu saja atau kelompok. Penerima pesan di dalam komunikasi ini harus ada, sebab kalau suatu komunikasi tidak memiliki peneerima, maka hal itu dipastikan tidak akan dinamakan dengan komunikasi.




  • Sumber




Sebuah komunikasi sanggup berlangsung jikalau terdapat sumber yang menciptakan atau mengirim informasi. Dalam komunikasi sumber tersebut sanggup berupa satu individu saja atau sanggup berkelompok, sumber kelompok ini contohnya sepeti lembaga, partai, maupun organisasi tertentu. Pada zaman kini yang sudah canggih ini, maka sumber sendiri sudah mengalami perluasan, di samping indvidu atau kelompok sumber informasi juga sanggup dari surat kabar, media sosial, majalah, koran, televisi dan masih banyak yang lainnya. Dalam bahasa inggris, sumber dinamakan dengan source, ecorder, atau sender.




  • Media




Media yaitu alat atau sarana yang digunakan sebagai mediator untuk memberikan pesan dari pemberi pesan kepada yang mendapatkan pesan. Beberapa jago terkemuka memberikan bahwa media yang paling mayoritas dalam sebuah komunikasi yaitu indra manusa, menyerupai pendengaran dan mata. Pesan yang diterima eksklusif insan dari panca indra itu selanjutnya akan diproses kedalam otak manusia. Proses itu bertujuan untuk menterjemahkan pesan yang di peroleh tersebut. Terkait dengan media komunikasi, terdapat beberapa media yang sanggup di pakai untuk berkomunikasi.


Media antar pribadi

Media ini umumnya digunakan hanya untuk berkomunikasi antara dua orang saja. Contoh dari media komunikasi antar pribadi ialah surat, kurir atau telepon.


Media massa

Media yang digunakan ini memberikan informasi dari sumber ke banyak sekali khalayak. Contoh dari media masaa ialah televisi, koran, radio, majalah, media umum (wa, bbm, line, telegram,dan sms), dan yang lainnya. Media-media tersebut umumnya digunakan untuk memberikan sebuah informasi yang harus di ketahui oleh khalayak umum. Informasi itu umumnya besumber dari banyak sekali kawasan yang jauh, sehingga melewati media massa, informasi itu sanggup tersampaikan kepada kita juga.


Media kelompok

Media ini umumnya digunakan untuk berkomunikasi kelompok atau banyak orang, contohnya seminar, rapat, atau konferensi. rapat umumnya dilakukan oleh suatu forum atau organisasi dengan tujuan untuk membahas hal-hal penting terkait dengan lembaganya. Seminar ini umumnya pemberian suatu informasi kepada banyak orang terkait dengan tema atau pembahasan tertentu, Umumnya seminar di hadiri lebih dari 35 orang. Konferensi yaitu suatu media komunikasi yang digunakan oleh anggota organisasi tertentu yang tujuannya untuk membahas hal-hal penting yang lainnya, konferensi ini umumnya tidak dihadiri oleh suatu forum tertent, melainkan dari beberapa perwakilan dari forum yang masih memiliki korelasi keterkaitan.


Efek atau pengaruh

Efek atau imbas yaitu dampak yang diberikan oleh sumber kepada yang mendapatkan pesan. Penerima pesan itu terpengaruh atau tidak sanggup kita lihat eksklusif dari sikap dan sikap yang ditunjukkan setelah mendapatkan pesan dari sumber.


Model Komunikasi


Manusia yaitu makhluk sosial, artinya ialah insan butuh utuk berinteraksi dan berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Tidak ada insan yang sanggup untuk tidak berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya, insan niscaya memerlukan sumbangan orang lain. Bantuan tersebut akan diperoleh jikalau seseorang melaksanakan komunikasi dengan orang lain.


Macam-macam Komunikasi


Pasti semua orang melaksanakan komunikasi setiap hari ✔ Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli  Secara Umum Lengkap
https://franquiciaactioncoach.com

Terdapat beberapa macam komunikasi yang wajib anda ketahui, yakni:


Komunikasi berdasarkan ruang lingkup


Berdasarkan dengan ruang lingkupnya komunikasi tersebut di bedakan menjadi 2, yakni komunikasi internal dan komunikasi internal. Agar lebih jelasnya lagi disini kami akan menunjukkan sedikit ulasan terkait dengan dua jenis komunikasi itu.


Komunikasi internal

 Komunikasi internal terjadi dalam ruang lingkup tertentu, contohnya dalam lingkungan organisasi atau dalam lingkungan kerja. Komunikasi internal ini sendiri dibagi menjadi 3 jenis yakni,



  1. Komunikasi vertikal, Komunikasi ini terjadi antara atasan kepada bawahan, contoh, kiprah atau perintah dari bos, teguran, peringatan dsb.

  2. Komunikasi diagonal, Komunikasi diagonal umumnya terjadi di dalam ruang lingkup suatu organisasi atau kantor.

  3. Komunikasi horisontal, Komunikasi ini terjadi antara orang yang memiliki kedudukan yang sama, contohnya dialog antara karyawan antara satu dengan karyawan yang lainnya di dalam sebuah perusahaan.


Komunikasi eksternal

Komunikasi yang terjadi antara individu atau organisasi dengan masyarakat. Contoh komunikasi internal ialah, siaran radio, konferensi pers, bakti sosial, siaran televisi, dsb.


Komunikasi berdasarkan penyampaian


Komunikasi tertulis

Beberapa tahun yang kemudian komunikasi tertulis mungkin masih menggunakan surat saja. Tetapi, pada dikala kini sangat banyak sekali media yang sanggup kita pakai untuk melaksanakan komunikasi tertulis contohnya menyerupai wa, line, bbm, instagram, facebook, sms dan banyak lagi yang lainnya. Bahkan beberapa dari media itu sudah sangat canggih, bukan hanya mengirimkan goresan pena saja, namun juga mengirimkan audio, foto, dan video.


Komunikasi lisan

Komunikasi ekspresi yaitu sebuah komunikasi yang dilakukan secara eksklusif atau tatap muka tanpa ada batasan tertentu. Contoh komunikasi ekspresi ini ialah dialog antara dua orang atau lebih, wawancara, diskusi, rapat, prestasi, seminar, dan yang lainnya. Komunikasi ekspresi ini sanggup dilakukan melalui media tertentu contohnya melalui video call dan telepon.


Komunikasi berdasarkan anutan informasi


berdasarkan dengan anutan informasinya komunikasi dibagi menjadi 5, yakni:



  1. Komunikasi ke atas, komunikasi atau pesan dari bawahan kepada atasan.

  2. Komunikasi ke bawah, komunikasi ke bawah ini merupakan kebalikan dari komunikasi ke atas. Kalau komunikasi ke atas terjadi dari bawahan ke atasan, maka komunikasi ini terjadi antara atasan kepada bawahan, umumnya komunikasi ini terjadi di sebuah kantor.

  3. Komuniksi ke samping, komunikasi ini terjadi antara seseorang dengan orang lain yang memiliki kedudukan sama.

  4. Komunikasi satu arah, Merupakan komunikasi dari satu pihak saja, umumnya komunikasi ini terjadi pada suatu forum yang mengalami keadaan darurat, jadi wajib ada satu pihak yang menunjukkan aba-aba tertentu.

  5. Komunikasi dua arah, Komunikasi ini terjadi antara dua orang atau lebih, umumnya komunikasi ini berupa timbal balik antara satu orang dengan orang yang lainnya.


Komunikasi berdasarkan maksudnya


Komunikasi sanggup berjalan sesuai dengan yang kita inginkan kalau tujuan yang dimaksudkan oleh komunikator tersebut jelas. Komunikasi ini di rancang dengan maksud dan tujuan tertentu, contohnya menunjukkan motivasi, ceramah, wawancara atau menunjukkan intruksi atau perintah tertentu. Maksud diadakannya program tersebut harus terang semoga tujuan yang di maksud sanggup tercapai dengan baik.


Ilmu Komunikasi


Di negara Eropa awalnya ilmu yang mempelajari terkait komunikasi insan disebut publistik. Sedangkan di negara Amerika, ilmu tersebut disebut ilmu komunikasi (communication science). Ilmu komunikasi ini sebetulnya sudah ada semenjak jaman Yunani kuno, tokoh yang mempolopori ilmu komunikasi ini ialah Plato dan Aristoteles. Belum usang ilmu komunikasi menjadi jurusan di sekolah tinggi tinggi, hal itu atas inisiasi dari Joseph Publitzer yang menginginkan sekolah jurnalistik di Amerika. Keinginan Publitzer tersebut menerima jawaban baik dari rektor Universitar Harvard pada kala itu, Charles Elliot dan Nicholas Murray Butler. Di negara Amerika sendiri ada 5 orang yang di anggap sebagai pendiri ilmu komunikasi, yakni,



  1. Harold Lasawell

  2. Carl Hovland

  3. Kurt Levin

  4. Paul Lazarsfeld

  5. Wiber Schramm


Demikian ulasan mengenai definisi komunikasi. Bukan hanya definisi komunikasi saja, di sini kami juga memberikan hal-hal terkait dengan komunikasi yang lainnya contohnya menyerupai tujuan komunikasi, fungsi komunikasi, syarat komunikasi, unsur komunikasi, macam komunikasi dan yang lainnya. Semoga ulasan yang tidak terlalu panjang ini sanggup menunjukkan citra kepada anda terkait dengan definisi komunikasi dan beberapa hal terkait dengan komunikasi. Terima kasih.



Kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com



Sumber https://organicvolunteers.com

0 Response to "✔ Pengertian Komunikasi Berdasarkan Para Andal Secara Umum Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel