iklan banner

✔ Gejala Simpulan Zaman Kecil Dan Besar Berdasarkan Islam

Tanda-tanda Kiamat – Kita insan ialah salah satu makhluk hidup yang diciptakan oleh Allah SWT. Semua makhluk yang berada di muka bumi ini, ada lantaran memang ada yang menciptakannya. Tidak akan mungkin ada makhluk hidup kalau tidak ada yang menciptakan. Kita sebagai umat muslim yang beragama, harus benar-benar meyakini bahwa Allah SWT ialah satu-satunya penguasa alam semesta ini. Allah SWT yakni satu-satunya pencipta, satu-satunya pemelihara, dan satu-satunya pengatur kehidupan yang ada di alam semesta ini.


Dunia ini ada sudah lebih dari berjuta-juta tahun bahkan dunia ini ada sebelum diciptakan nabi Adam. Seiring dengan berkembangnya zaman, sangat banyak sekali perubahan-perubahan di dunia ini mulai dari nabi Adam hingga zaman yang kita lewati pada dikala ini. Kita semua harus benar-benar menyadari bahwa adanya kehidupan dan alam semesta ini bukanlah sesuatu yang benar-benar infinit namun niscaya akan di hancurkan suatu hari nanti yang telah kita kenal dengan hari kiamat atau hari akhir.


Pengertian Percaya Akan Adanya Hari Kiamat


Kita insan ialah salah satu makhluk hidup yang diciptakan oleh Allah SWT ✔ Tanda-tanda Kiamat Kecil dan Besar Menurut Islam
https://t.cj.sina.com.

Mempercayai dengan adanya hari kiamat atau hari simpulan yakni salah satu rukun iman dan doktrin Islam yang fundamental. Karena iman kepada hari kebangkitan di darul abadi yakni pilar doktrin susudah mengesakan Allah. Pengertian ihwal hari simpulan atau hari kiamat ialah sebuah masalah yang dirahasiakan oleh Allah dan tidak akan di perlihatkan kepada makhluk sekalipun malaikat, nabi maupun rosul.


Iman kepada hari kiamat dan gejala hari kiamat merupakan percaya dengan alam ghaib yang tidak bisa dicapai oleh nalar pikiran. Tidak pernah ada yang tahu kapan hari simpulan atau hari kiamat akan terjadi, melainkan Allah SWT. Karena mengingat pentingnya iman kepada hari akhir, Allah SWT sudah menghubungkan antara iman kepada-Nya dan menghubungkan kepada hari simpulan atau hari kiamat. Seperti di jelaskan dalam firman Allah SWT yang artinya :


“Bukankah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi bergotong-royong kebajikan itu ialah beriman kepada Allah dan hari akhir” (Qs. Al Baqarah ayat 177)


Sebelum kita masuk kedalam pembahasan mengenai gejala kiamat, berikut ini akan dijelaskan ihwal nama-nama hari kiamat :


Nama-Nama Hari Kiamat



  1. As Sa’ah (Hari Kiamat), dalam firman Allah Qs. Al Mu’min ayat 59

  2. Yaumul Ba’ats (Hari Kebangkitan), dalam firman Allah Qs Ar Rum 56

  3. Yaumud Din (Hari Pembalasan), dalam firman Allah Qs Al fatihah ayat 4

  4. Yaumul Hasroh (Hari Penyesalan), dalam firman Allah Qs marya ayat 13

  5. Ad Darul Akhirah (Negeri Akhirat), dalam firman Allah Qs Al Ankabut ayat 64

  6. Yaumul Tanad (Hari Panggil Memanggil), dalam firman Allah Qs Al MU’min ayat 32

  7. Darur Qoror (Negeri Yang Kekal), dalam firman Allah Qs Al MU’min ayat 39

  8. Yaumul Fashl (Hari Keputusan), dalam firman Allah Qs Ash Shaffat ayat 21

  9. Yaumul Jami’ (Hari Berkumpul), dalam firman Allah Qs As Syura ayat 7

  10. Yaumu Hisab (Hari Perhitungan), dalam firman Allah Qs Shad ayat 53

  11. Yaumul Waid (Hari Ancaman), dalam firman Allah Qs Qaf ayat 20

  12. Yaumul Khuruj (Hari Kekekalan), dalam firman Allah Qs Qaf ayat 35

  13. Yaumul Khuruj (Hari Keluar dari Kubur), dalam firman Allah Qs Qaf ayat 42

  14. Al Waqiah (Peristiwa yang Dahsyat), dalam firman Allah Qs Al Waqiah ayat 1

  15. Al Haqqah (Hari yang Pasti Terjadi), dalam firman Allah Qs Al haqqah ayat 1-3

  16. Ath Thommatul Kubro (Malapetaka Besar), dalam firman Allah Qs An Naziat ayat 34

  17. Ash Shakhkhah (Suara yang Memekakkan), dalam firman allah Qs’Abasa ayat 33

  18. Al Azifah (Kiamat), dalam firman Allah Qs an Najm ayat 57

  19. Al Qariah, dalam firman Allah Qs Al Qariah ayat 1-3


Rasulullah SAW sangat sering menyebutkan kiamat beserta permasalahannya. Banyak sekali yang menanyakan ihwal kapan waktu kiamat akan datang. Rasulullah berkata bahwa kiamat ialah persoalan ghaib yang tidak ada satu makhluk manapun yang sanggup mengetahuinya kecuali Allah SWT.


Macam-macam Tanda Kiamat


Kita insan ialah salah satu makhluk hidup yang diciptakan oleh Allah SWT ✔ Tanda-tanda Kiamat Kecil dan Besar Menurut Islam
https://jejakandi.wordpress.com

Tanda-tanda kiamat di bagi menjadi dua bagian, yakni :



  1. Tanda-tanda kiamat besar (Kubra), Tanda-tanda dari kiamat kubra ini berupa peristiwa-peristiwa besar yang terjadi pada dikala mendekati hari kiamat datang. Peristiwa yang sedang terjadi pada masa ini bukanlah insiden yang umumnya terjadi. Seperti kemunculan Dajjal, keluarnya Ya’juj dan Ma’juj, terbitnya matahari dari arah barat.

  2. Tanda-tanda kiamat kecil (Sugra), Sedangkan untuk gejala kiamat sugra ini terjadi mendahului hari kiamat dalam masa yang panjang. Tanda-tanda dari kiamat kecil ini ialah merupakan kejadian-kejadian yang biasa terjadi. Misalnya merajalelanya kebodohan, merajalelanya minuman keras, dan yang lainnya. Sebagian gejala kiamat kecilitu terjadi bersamaan dengan munculnya gejala kiamat besar bahkan sanggup terjadi setelahnya.


Sebagian Ulama’ telah membagi kiamat dari segi kemunculannya menjadi tiga bagian, yakni :



  1. Ia sudah muncul dan senantiasa berkembang secara terus menerus

  2. Ia sudah muncul dan sudah berlalu

  3. Ia belum muncul hingga dikala ini


Tanda-tanda Kiamat kecil / Sugra


Kita insan ialah salah satu makhluk hidup yang diciptakan oleh Allah SWT ✔ Tanda-tanda Kiamat Kecil dan Besar Menurut Islam
https://alfidy.com

Sudah sangat banyak disebutkan oleh banyak Ulama’ ihwal gejala kiamat kecil yang sudah sangat banyak. Bahkan gejala tersebut sering kita temui pada kehidupan kita pada dikala ini. Bahkan gejala kiamat kecil itu juga sudah ada semenjak zaman para sahabat.


Berikut ini gejala kiamat kecil (sugra) :


Terjadinya aneka macam macam huru-hara


Pengertian ihwal huru-hara ini melewati malapetaka, cobaan, ujian, setelahnya istilah huru-hara sangat banyak digunakan pada perkara-perkara yang mendatangkan cobaan. Pemakaian ini disebabkan perkara-perkara semacam ini sangat di benci manusia. Istilah huru-hara ini pada kesannya digunakan untuk segala hal yang sangat di benci atau harus di hindari, misal mirip kufur, dosa, fitnah, pembunuhan, pelecehan secual dan yang lainnya.


Melimpahnya harta benda dan keengganan shodaqoh


Dari Abu Hurairah r.a bahwasannya Rasulullah SAW bersabda :


“Kiamat hanya akan terjadi apabila harta bendamu telah berjumlah amat banyak hingga melimpah-limpah. Sehingga pemilik harta merasa kesulitan mencari orang yang sudi mendapatkan shodaqohnya, sementara itu seorang pria mengaku kepadanya : “Aku sendiri tidak bisa mengurus hartaku:.


Diutusnya Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul


Rasulullah sudah mengatakan, bahwa diutusnya dia sebagai rasul yakni awal dari gejala datangnya hari kiamat atau hari akhir. Beliau ialah nabiyussa’ah (nabi pada dikala terjadi kiamat). Diriwayatkan hadis dari Sahl r.a dirinya berkata :


“Rasulullah SAW telah bersabda”. Aku telah diutus (sebagai nabi), saya dan hari kiamat mirip ini. Beliau memperlihatkan pada dua jari jemarinya, kemudian memanjangkannya. “(Shalih al Bhukari)


Dengan diutusnya dia menjadi Rasul ini merupakan awal terjadinya kiamat. Mengingat juga dia ialah nabi epilog nabi dan tak akan ada lagi nabi atau rasul setelah dia (Nabi Muhammad SAW).


Wafatnya Nabi Muhammad SAW


Diantara gejala kiamat yakni wafatnya sang Rasul Muhammad SAW. Dalam sebuah hadis dari Auf bin Malik r.a, dirinya berkata :
Rasulullah bersabda, “Aku menghitung ada enam masalah di depan hari kiamat. Diantaranya yakni kematianku”. (Shahih Al Bukhari)


Dengan wafatnya Rasulullah SAW ialah sebagai salah satu tragedi terbesar dan menjadi sedih yang sangat mendalam para kaum muslimin.


Penaklukan Baitul Maqdis


Kita insan ialah salah satu makhluk hidup yang diciptakan oleh Allah SWT ✔ Tanda-tanda Kiamat Kecil dan Besar Menurut Islam
https://halallifestyle.id

Salah satu gejala datangnya hari simpulan atau kiamat ialah ditaklukannya baitul maqdis. Hal ini sudah dijelaskan dalam sebuah hadis Auf bin Malik,


“Rasulullah telah bersabda;. “Aku telah menghitung enam masalah menjelang hari kiamat” dia menyebutkan salah satunya yakni ditakukannya baitul maqdis” (Shahih al Bhukari)


Sebagaimana sejarah sudah mencatat, penaklukan baitul maqdis tersebut terjadi pada masa Umar bin Khatab pada tahun 16H.


Munculnya orang-orang yang mengaku sebagai nabi


Tanda kiamat yang lainnya ialah munculnya nabi-nabi palsu. hal tersebut sudah terjadi semenjak zaman rasulullah masih hidup dan zaman para sahabat. Dan mereka akan senantiasa selalu bermuculan.



  1. Munculnya api hijaz

  2. Meratanya keamanan

  3. Berperang dengan orang non Arab

  4. Perang dengan bangsa Turki

  5. Lenyapnya amanat

  6. Ilmu dihilangkan dan kebodohan merajalela

  7. Perzinaan merajalela

  8. Banyak penguasa yang zalim

  9. Minuman keras merajalela dan di anggap halal

  10. Riba merajalela

  11. Memperindah masjid dan bermegah-megahan dengannya

  12. Budak perempuan melahirkan tuannya

  13. Berlomba-lomba mendirikan bangunan

  14. Banyak pembunuhan

  15. Waktu (masa) semakin menyempit (singkat)

  16. Pasar-pasar berdekatan

  17. Merajalelanya pemutusan silaturahmi, perbuatan keji, dan buruknya hubungan bertetangga

  18. Banyak kemusyrikan di kalangan umat muslim

  19. Orang-orang renta yang berlagak mirip anak muda

  20. Banyak gempa bumi

  21. Banyak sekali perdagangan

  22. Banyak terjadi tanah longsor, kerusakan, dan bentuk muka

  23. Lenyapnya orang-orang saleh

  24. Orang-orang hina diberikan kedudukan terhormat

  25. Menuntut ilmu kepada orang-orang kecil

  26. Mengucapkan salam hanya kepada orang yang dikenalinya

  27. Wanita-wanita yang berpakaian tapi telanjang

  28. Penyakit bakhil dan kikir merajalela

  29. Banyak tersebar karya tulis

  30. Mimpi-mimpi orang mukmin menjadi kenyataan

  31. Diremehkannya sunnah-sunnah yang dianjurkan oleh islam

  32. Bulan sabit membesar

  33. Banyaknya kesaksian palsu dan kesaksian benar disembunyikan

  34. Banyaknya kebohongan dan tidak teguhnya dalam memberikan berita

  35. Manusia tidak saling mengenal

  36. Banyaknya kematian mendadak

  37. Negeri Arab kembali menjadi padang rumput dn sungai-sungai

  38. Sungai Efrat akan menyibak gunung emas

  39. Banyak hujan dan sedikit tumbuhan

  40. Diharapkan kematian lantaran beratnya beban hidup

  41. Benda-benda mati dan hewan buas berkata kepada manusia

  42. Banyaknya jumlah bangsa Romawi dan peperangan mereka dengan kaum muslim

  43. Penghalalan Al Baitul hHram dan penghancuran Ka’bah

  44. Pentaklukan konstatinopel

  45. Peperangan antara kaum yahudi dengan kaum muslim

  46. Kota Madinah menyingkirkan orang-orang jahat kemudian hancur awut-awutan pada kiamat dikirinbnya angin yang baik untuk meniup (mengambil) arwah-arwah orang mukmin

  47. Banyaknya kebodohan dan tidak teguhnya memberikan berita


Tanda-tanda Kiamat Besar / Kubra


Kita insan ialah salah satu makhluk hidup yang diciptakan oleh Allah SWT ✔ Tanda-tanda Kiamat Kecil dan Besar Menurut Islam
https://rambuislam.com

Kalau sudah muncul gejala kiamat kecil mirip yang telah dipaparkan di atas, maka gejala kiamat yang lain akan mengikutinya secara beruntun. Itu artinya tata surya sudah mengalami kehancuran.


Berikut ini gejala kiamat besar ( kubra) :


Al Mahdi


Pada kiamat dipastikan akan muncul seorang pria dari golongan jago bait (keturunan Rasulullah SAW). Allah akan mengkokohkan dikala itu agama islam dengannya (Al Mahdi). Pada dikala itu juga bumi dipenuhi dengan keadilan sebagaimana kalau sebelumnya bumi dipenuhi dengan kezaliman. Pada dikala itu, umat muslim akan mencicipi sebuah kenikmatan yang tidak dirasakan sebelumnya. Bumi akan mengeluarkan tumbuh-tumbuhan, langit akan memperlihatkan hujan, dan akan memperlihatkan penghasilan yang sangat melimpah.


Laki-laki yang mempunyai nama mirip Rasulullah SAW, dan nama ayahnya mirip nama Rasulullah. Dia asalnya dari keturunan binti Rasulullah dari anak cucu Hasan bin Ali r.a.


Ibnu katsir berkata ihwal al Mahdi, “Dia berjulukan Muhammad bin Abdulllah al Alawi al-Fhatimi al-Hasani r.a”.


Al Masih Dajjal


Kita insan ialah salah satu makhluk hidup yang diciptakan oleh Allah SWT ✔ Tanda-tanda Kiamat Kecil dan Besar Menurut Islam
http://palembang.tribunnews.com

Siapakah Dajjal itu? Dajjal ialah anak pria dari anak Adam yang mempunyai sejumlah sifat sebagaimana sudah dijelaskan dalam beberapa hadis semoga insan mengetahuinya dan berhati-hati untuk menghadapinya. Sehingga pada dikala nanti dajjal muncul, umat muslim bisa mengenalinya dan tidak akan terhuru-hara oleh kehadirannya.


Dajjal ini diceritakan dirinya yakni orang muda yang kulitnya berwarna merah, mempunyai rambut panjang, pendek, dahi lebar, berpundak bidang, mata sebelah kanan buta, dan matanya tidak menonjol keluar dan tidak tenggelam, mirip buah anggur yang sudah masak (tidak bercahaya) dan matanya sebelah kiri ditumbuhi daging tebal pada sudutnya.


Turunnya Nabi Isa


Dari Umar bin Khattab bahwa Rasulullah bersabda :


“Ketika saya sedang tidur, saya bermimpi melaksanakan thawaf di Baitullah..” Lalu dia menyampaikan bahwa dia melihat Isa bin Maryam, kemudian terlihat Dajjal dan menyebutkan ciri-ciri nya dengan sabdanya: “Dia itu mirip pria yang gemuk, berkulit merah, berambut keriting, matanya buta sebelah, dan matanya itu mirip buah anggur yang masak (tidak bersinar)”. Para sahabat berkata, “Dajjal ini lebih mirip Ibnu Qathn, seorang pria dari khuza’ah. (Shahih Bukhari)


Kemunculan Ya’juj dan Ma’juj


Iman Ahmad meriwayatkan dari Ibnu Harmalah dari bibinya, ia (bibirnya) berkata : Rasulullah SAW pernah berkata: rasulullah pernah berkhutbah sedang jari dia dibebat lantaran di sengat kala, kemudian dia bersabda, “kamu menyampaikan bahwa tidak ada permusuhan, padahal bergotong-royong kau senantiasa memerasi musuh sehingga datanglah Ya’juj dan Ma’juj, yang lebar jidadnya, sipit matanya, menyala (merah) rambutnya, mereka turun dengan sangat cepat dari seluruh daerah yang tinggi, wajahnya mirip martil (palu).” (Usnan Imam Ahmad 5:271)


Karena keluarnya Ya’juj dan Ma’juj yakni tanda kiamat yang besar, kemunculan dia sudah ditunjuki oleh dalil-dalil dalam Al Qur’an.


Seperti firman Allah pada Qs. An Anbiya’ ayat 96-97 yang artinya :


“hingga apabila dibukakan (tembok) Ya’juj dan Ma’juj dan mereka turun dengan cepat dari seluruh daerah yang tinggi. Dan telah dekatlah kedatangan akad yang benar (hari bangkit), maka tiba-tiba dibelakkan mata orang-orang kafir. (mereka berkata), “Celakalah kami, bergotong-royong kami dalam keadaan lalai ihwal ini, bahkan kami yakni orang-orang yang zalim”.


Tiga Gempa Bumi


Tanda kiamat besar yang selanjutnya ialah terjadinya tiga macam gempa (tanah longsor). Hal itu disebutkan dalam hadis-hadis yang membicarakan hari kiamat. Berikut yakni salah satu hadis yang mengambarkan ihwal adanya gempa bumi tersebut.


Diriwayatkan dari Hudzaifah bin Usaid r.a bahwa Rasulullah bersabda :


“sesungguhnya kiamat itu tidak akan terjadi sehingga kau melihat sepuluh tanda..” Kemudian dia menyebutkan antara lain, “dan tiga gempa atau tanah longsor, yaitu gempa di wilayah timur, wilayah barat, dan jazirah Arab”.


(Shahih Muslim Syarah Narawi 18; 27-28)


Asap (Ad- Dukhan)


Kita insan ialah salah satu makhluk hidup yang diciptakan oleh Allah SWT ✔ Tanda-tanda Kiamat Kecil dan Besar Menurut Islam
https://www.dream.co.id

Sudah dijelaskan didalam Al Qur’an bahwasannya Allah berfirman dalam Qs Ad Dukhan ayat 10-11 yang artinya:


“maka tunggulah ketika langit membawa kabut yang nyata, yang mencakup manusia. Inilah adzab yang pedih”.


Terbitnya Matahari dari Barat


Kita insan ialah salah satu makhluk hidup yang diciptakan oleh Allah SWT ✔ Tanda-tanda Kiamat Kecil dan Besar Menurut Islam
https://hdwallpaperim.com

Terbitnya matahari dari arah barat menjadi tanda terjadinya kiamat besar. Hal tersebut sudah dijelaskan dalam Al Qur’an maupun sunnah-sunah,


Seperti firman Allah, yang artinya :


“Pada hari datangnya sebagian gejala Tuhanmu tidaklah bermanfaat lagi iman seseprang bagi dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau ia belum mengusahakan kebaikan dalam masa imannya”. (Qs. Al An’am ; 158)


Hadis-hadis Shahih memperlihatkan bahwa yang di maksud dengan gejala dalam ayat itu ialah terbitnya matahari dari arah barat. dan ini merupakan pendapat kebanyakan jago tafsir.


Keluarnya Binatang dari Perut Bumi


“Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis hewan melata dari bumi yang akan menyatakan kepada mereka bahwa bergotong-royong insan tidak yakin kepada ayat-ayat kami” (Qs. An Naml ayat 82)


Api yang Mengumpulkan Manusia


menurut dari beberapa riwayat, bahwa api tersebut akan muncul dari Yaman dari lembah Adn, dan juga keluar dari maritim Hadramaut sebagaimana disebutkan dalam riwayat lain.


Dalam hadist Hudzaifah bin Usaid r.a Rasulullah bersabda :
“Dan yang terakhir ialah api yang keluar dari Yaman yang menggiring insan ke daerah berkumpul mereka (mahsyar)”. (Shahin Muslim, Kibab al Fitan wa Asyroth as Sa’ah)


Itulah paparan lengkap ihwal gejala kiamat yang memang harus kita ketahui bagi setiap umat muslim, semoga apa yang kami jelaskan kali ini bermanfat bagi anda. Terima kasih.



Kunjungi artikel menarik lainnya disini: https://organicvolunteers.com



Sumber https://organicvolunteers.com

0 Response to "✔ Gejala Simpulan Zaman Kecil Dan Besar Berdasarkan Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel