iklan banner

✔ Futsal Beserta Pengertian Sejarah, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan

Futsal – Pasti kita sering mendengar apa itu futsal, bahkan pernah memainkannya. Namun, apakah kau tahu apa itu futsal ? Kalau kau masih ingin tau ihwal futsal. Disini kami akan mengupas tuntas ihwal pengertian futsal, sejarah, teknik dasar, tendangan, ukuran lapangan dan yang lainnya. Mari pribadi kita simak bahu-membahu pembahasan di bawah berikut.


Pengertian Futsal


Futsal ialah olahraga bola yang dimainkan oleh dua regu atau dua tim yang masing-masing tim berjumlah 5 orang pemain. Tujuan dari olahraga ini sendiri ialah memasukkan bola ke gawang lawan. Dengan menggunakan kaki, kepala, dan semua anggota badan kecuali tangan.


Olahraga ini berbeda dengan permainan sepak bola lantaran dimainkan pada ruangan tertutup dan di tempat yang rata. Ukuran lapangannya lebih kecil dan jumlah pemain lebih sedikit kalau dibandingkan dengan sepak bola. Lapangan futsal ini umumnya dibatasi oleh garis bukan dengan net atau dengan sebuah papan.


Sejarah Permainan Futsal


Pasti kita sering mendengar apa itu futsal ✔ Futsal Beserta Pengertian Sejarah, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan
https://futline.com.br


Futsal berasal dari Bahasa Spanyol yakni dari kata Futbol (sepak bola) dan Sala (Ruangan. Jika dua kata itu digabungkan maka namanya menjadi sepak bola di dalam ruangan atau dikenal dengan (Futsal). Pertama kali dipopulerkan olah raga ini di Montevideo, Uruguai pada tahun 1930.


Olahraga ini di populerkan oleh salah satu instruktur sepak bola yang berasal dari Argentina yang berjulukan Juan Carlos Ceriani. Olahraga ini memperoleh banyak perhatian dari Negara Amerika Serikat, dan juga di dukung oleh negara lain terutama Negara Brasil. Keindahan dari permainan ini bisa di lihat ibarat yang sudah diperlihatkan pemain Brasil di luar lapangan (Bermain Bola).


Sebagai contohnya ialah Edison Arantes do Nascimento atau yang dekat dikenal dengan Pele. Pemain kondang sekaligus bintang dari Brasil yang berbagi bakatnya dari Olahraga Futsal. Negara Brasil terus menjadi kiblat atau sentra Olahraga Futsal hingga dikala ini.


Olahraga ini kini dimainkan di dakam dukungan Federation Internationale de Football Assosiation yang ada di seluruh dunia. Sejarah olahraga futsal versi FIFA tidak sanggup diterima begitu saja oleh dunia. Terdapat beberapa Negara yang mengklaim bahwa Olahraga ini asalnya dari Negara mereka yakni Brasil dan Kanada.


Olahraga Futsal berkembang sangat pesat di Negara Brasil, maka di tahun 1936 dibuatlah sebuah akad dan Aturan Olahraga Futsal. Peraturan pada dikala itu tidak jauh berbeda dengan peraturan Olahraga Futsal pada dikala kini ini. Dengan adanya peraturan dan akad ini, Olahraga futsal semakin lebih dikenal bahkan sangat digemari di Negara Amerika.


Teknik Dasar Permainan Futsal


Dalam permainannya ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain, yakni sebagai berikut.


1. Kontrol Bola


Teknik mengontrol bola dalam permainan futsal bisa dilakukan dengan menggunakan kaki penggalan dalam, kaki penggalan luar dan telapak kaki sebelah depan dengan memanfaatkan sol sepatu. Teknik mengontrol bola dengan sol sepatu dalam futsal sangat penting sehingga harus benar-benar dikuasai oleh setiap pemain.


2, Umpan (Passing)


Umpan bisa dilakukan dengan menggunakan bermacam-macam sisi kaki, yakni menggunakan kaki penggalan dalam, kaki penggalan luar, ujung kaki, tumit atatu sisi bawah. Tetapi yang paling baik ialah menggunakan kaki penggalan dalam dengan arah mendatar atau umpanan panjang yang menyusur tanah, lantaran umpanan akan mempunyai akurasi paling paik kalau dibandingkan dengan yang lain.


3. Menggiring atau dribbing


Untuk mengecoh pemain lawan dalam sebuah permainan futsal, seorang pemain harus mempunyai kemampuan dalam menggiring bola, Terdapat beberapa teknik dalam menggiring bola yang harus dikuasai dalam bermain futsal, yakni:



  1. Dribbing menggunakan kaki penggalan dalam: Dengan teknik ini pemain bisa mengecoh lawan kesebelah kanan lawan kalau menggunakan kaki kanan atau sebaliknya. Namun teknik ini tidak sanggup mengecoh lawan ke sebelah kiri kalau menggunakan kaki kanan, begitupun sebaliknya.

  2.  Dribbing menggunakan kaki penggalan luar: Dengan teknik ini kalau menggunakan kaki kanan pemain bisa mengecoh ke sebelah kiri lawan atau sebaliknya. Namun teknik ini tidak sanggup mengecoh lawan ke sebelah kanan kalau menggunakan kaki kanan, begitu juga sebaliknya.

  3. Dribbing menggunakan kaki penggalan punggung: Dribbing menggunakan penggalan punggung kaki ialah bisa menggiring bola dengan arah lurus kalau ada lawan yang sedang menghalangi. Namun teknik ini dinilai kurang efektif untuk mencegah lawan kesebelah kiri atau ke sebelah kanan.


4. Menendang Keras (Shooting)


Teknik menendang keras yang baik dan efektif dalam permainan futsal ialah menendang bola dengan menggunakan ujung kaki/sepatu, alasannya yaitu dengan teknik ini bola akan melesat sangat kencang dan pergerakan bola akan tetap lurus.


5. Menyundul Bola (Heading)


Tujuan dari menyundul bola ialah untuk mengoper, mencetak gol, membuang bola atau mematahkan serangan lawan. Pemain harus berguru menyundul bola menggunakan dahi, bukan ubun-ubun kepala. Pemain harus sadar kalau mereka yang akan menyundul bola, bukan bola yang membentur mereka.


6. Merampas Bola (Tackling)


Merampas bola ialah upaya untuk merebut bola dari penguasaan lawan. Merampas bola bisa dilakukan dengan sambil bangun (Standing trackling dan sambil meluncur (sliding tracking).


Ukuran Lapangan Futsal dan Tanda Lapangan


Pasti kita sering mendengar apa itu futsal ✔ Futsal Beserta Pengertian Sejarah, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan
http://futsaleuro2018.si


Sebelum jauh membahas ke klarifikasi yang lainnya, berikut ini yaitu ukuran lapangan futsal dan tanda lapangan yang perlu untuk di ketahui.



  1. Ukuran lapangan futsal berstandar Nasional mempunyai panjang 25-42 meter dan lebarnya 15-15 meter.

  2. Ukuran lapangan futsal berstandar Internasional mempunyai panjang 38-42 meter dan lebarnya 18-25 meter.

  3. Lapangan futsal bentuknya harus segi empat yang ditandai dengan garis untuk pembatasnya. Warna garis harus berbeda dengan warna lapangan biar sanggup dibedakan oleh setiap pemainnya.

  4. Disarankan permukaan lapangan harus terbuat dari kayu atau lantai parkit atau materi semisalnya. namun harus menghindari pemakaian materi beton atau korn blok lantaran kalau menggunakan materi beton atau korn blok akan berbahaya bagi pemain kalau pemain terjatuh.

  5. Permukaan lapangan futsal harus benar-benar halus, tidak abrasif, dan rata.

  6. Lapangan futsal dibagi menjadi dua bagian, yang dipisahkan pribadi oleh garis yang disebut dengan garis tengah lapangan.

  7. Titik sentra ditandai dengan titik yang berada di tengah-tengah garis tengah lapangan. Dan dikelilingi lingkaran tengah dengan panjang jari-jari 3 meter.

  8. Untuk garirs batas lapangan lebarnya 8 cm melewati garis samping, bergairah gawang, dan juga garis yang melintang tengah lapangan.


Titik Pinalti, Gawang, dan Tendangan Sudut


Pasti kita sering mendengar apa itu futsal ✔ Futsal Beserta Pengertian Sejarah, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan
https://www.slideshare.net


Setelah mengetahui ukuran lapangan dan tanda lapangan selanjutnya yaitu klarifikasi mengenai titik pinalti, gawang dan tendangan sudut, mari pribadi saja simak bersama-sama.



  1. Jarak titik pinalti utama ialah 10 meter dari titik tengah gawang.

  2. Untuk jarak titik pinalti yang kedua ialah 10 meter dari titik tengah garis gawang.

  3. Setengah lingkaran dengan jari-jari 6 meter ditarik sebagai sentra dari masing-masing tiang gawang.

  4. Untuk gawang letaknya harus berada di tengah-tengah garis gawang. Ukuran gawang Olahraga Futsal ialah lebar gawang 3 meter lalu untuk tinggi gawangnya 2 meter.

  5. Selanjutnya untuk warna tiang gawang dan mistar gawang harus berbeda dengan lapangan permainan.

  6. Tiang gawang terbuat dari logam, kayu maupun materi yang lainnya yang sudah menjadi akad sebelumnya.

  7. Busur tendangan sudut dengan jarak 25 cm di setiap sudut lapangan olahraga futsal.Jum

  8. Kedua tiang gawang dan mistar gawang mempunyai lebar dan dalam yang sama yakni 8 cm.

  9. Jaringnya terbuat dari nilon atau tali rami dan diikatkan ke tiang dan mists gawang.


Ukuran Bola Futsal


Pasti kita sering mendengar apa itu futsal ✔ Futsal Beserta Pengertian Sejarah, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan
https://bolafutsal.org


Ukuran bola futsal ini memang harus di ketahui lantaran ini penting untuk membedakan antara bola futsal dan bola lainnya, berikut ukuran bola futsal yang sudah di paparkan.



  1. Bola futsal bentuknya lingkaran dengan ukuran 4.

  2. Bola futsal mempunyai berat antara 400 gram hingga 440 gram.

  3. Bola futsal  dari kulit laken atau bulu (Felt ball) dilarang.

  4. Bola futsal minimum kelilingnya 62 cm dan maximum 64 cm.

  5. Bola Futsal tekanannya sama dengan 0,4 hingga 0,6 atmosfir (400-600 g/cm kubik).

  6. Bola futsal terbuat dari kulit atau materi yang sangat cocok lainnya (bolanya tidak membahayakan pemain).

  7. Bola futsal lambungnya 55 hingga 65 cm pada pantulan pertama.


Jumlah Pemain Futsal


Pasti kita sering mendengar apa itu futsal ✔ Futsal Beserta Pengertian Sejarah, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan
http://www.dakke.co


Selanjutnya yaitu mengetahui jumlah pemain futsal, kenapa demikian? lantaran mengetahui jumlah pemain futsal juga hal penting yang harus di ketahui biar kita tidak salah menghitung jumlahnya. Berapakah jumlah pemain futsal ? pribadi saja kita simak di bawah berikut.



  1. Jumlah pemain utama untuk mengawali pertandingan futsal ialah 5 orang pemain. Dan satu pemainnya menjadi penjaga gawang.

  2. Untuk jumlah pemain cadangan dari masing-masing regu atau tim minimal ialah berjumlah 7 orang pemain.

  3. Pergantian pemain bisa dilakukan sewaktu-waktu selama pertandingan masing berlangsung, pada dikala bola keluar lapangan.

  4. Batas jumlah pergantian pemain di dalam olahraga futsal ini tidak dibatasi. Pemain yang sudah digantikan sebelumya bisa bermain kembali.

  5. Pergantian pemain bergantung pada kewenangan wasit, apakah di panggil wasit atau tidak di panggil.

  6. Pergantian pemain dianggap sah kalau proses pergantian pemain dilakukan di tempat pergantiannya sendiri. Namun dilakukan setelah pemain yang digantikan keluar dari area lapangan permainan.

  7. Proses pergantian batal kalau pemain yang akan digantikan memperoleh kartu merah sebelum pemain keluar dari lapangan pemain.

  8. Penjaga gawang bisa bertukar posisi dengan pemain yang lainnya.

  9. Metode pergantian melayang yakni semua pemain kecuali penjaga gawang memasuki dan meninggalkan lapangan pemain.


Perlengkapan Pemain Futsal


Pasti kita sering mendengar apa itu futsal ✔ Futsal Beserta Pengertian Sejarah, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan
https://www.bukalapak.com


Seorang pemain futsal wajib untuk menggunakan peralatan futsal yang lengkap biar dalam pertandingan sanggup maksimal dan sepanjang pertandingan akan berjalan dengan lancar sehingga sanggup memperoleh kemenangan dengan sempurna. Di bawah berikut ini yaitu peralatan futsal yang lengkap.



  1. Untuk seragam pemain futsal diberi nomor 1-15 pada penggalan belakang seragam pemain. Dan warna angka dengan warna seragam harus berbeda.

  2. Seragam penjaga gawang harus berbeda dengan seragam pemain yang lain.

  3. Pemain menggunakan seragam atau kostum (kaos seragam, celana pendek, kaos kaki, pengaman kaki, dan sepatu.

  4. Pemain tidak boleh menggunakan peralatan apapun yang bisa melukai dirinya sendiri atau pemain yang lainnya.

  5. Penjaga gawang diperkenankan menggunakan celana panjang, bada penggalan luarnya harus di tutup dengan kaos kaki.

  6. Jika pemain melaksanakan kesalahan maka wasit akan menegur dan memerintahkan untuk memenuhi perlengkapannya.


Periode Pertandingan


Maksud dari periode pertandingan ini ialah ihwal lamanya pertandingan, time out dan yang lainnya, ingin tau apa isi dari periode pertandingan ini? Langsung saja kita simak klarifikasi di bawah berikut ini.



  1. Lama pertandingan futsal ini ialah selama 2 kali 20 menit. Jika hasil masing imbang maka akan di tambah dengan perpanjangan waktu selama 2 kali 5 menit.

  2. Pencatat waktu bisa menunjukkan izin time-out pada dikala bola keluar dari lapangan permainan.

  3. Pelatih diberikan wewenang untuk meminta waktu time-out kepada yang mencatat waktu, selama 1 menit di setiap babak.

  4. Time-out bisa di di minta setiap saat, namun pada dikala tim itu sedang menguasai bola.

  5. Pada saat time-out diberikan, semua pemain harus tetap berada di dalam lapangan permainan.

  6. Jarak waktu istirahat antar babak ialah 10 menit dan waktu istirahtnya tidak boleh lebih dari 15 menit. Jika hal itu di sabung maka akan terkena eksekusi oleh wasit yang sedang memimpin jalannya pertandingan.

  7. Time yang tidak meminta time-out di babak pertama, di babak kedua hanya memperoleh 1 kali time-out.


Tendangan Permulaan (Kick Off)



  1. Seluruh pemain berada di dalam daerahnya sendiri, dan para pemain tidak boleh berada di dalam lingkaran tengah. Atau sekurang-kurangnya pemain harus berada 3 meter dari bola.

  2. Bola harus di tempatkan di titik tengah lapangan, dan wasit menunjukkan arahan untuk mengawali kick off.

  3. Penendang kick off tidak boleh menyentuh bola untuk yang kedua kalinya sebelum bola disentuh oleh pemain yang lain.

  4. Saat bola sudah ditendang oleh salah satu pemain maka pertandingan sudah sah untuk dimulai.

  5. Sesudah salah satu tim berhasi; mencetak gol maka permainan diawali dengan tendangan permulaan (kick off).


Tendangan Bebas


Pasti kita sering mendengar apa itu futsal ✔ Futsal Beserta Pengertian Sejarah, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan
http://arganoel12.blogspot.com


Tendangan bebas di dalam olahraga futsal dibagi menjadi dua, yakni tendangan bebas pribadi dan tendangan bebas tidak langsung. Untuk sebuah tendangan bebas pemain tidak boleh menyentuh bola yang kedua kalinya sebelum di sentuh oleh pemain yang lainnya.


1. Tendangan Bebas Langsung


Metode tendangan yang disertai dengan persiapan dalam olahraga sepak bola dan futsal diakibatkan suatu pelanggaran. Jika bola yang di tendang pribadi mengarah kearah gawang lawan dan berbuah gol tanpa disertai sentuhan dari pemain yang lainnya. Maka gol itu dinyatakan sah oleh wasit yang sedang memimpin pertandingan.


Tendangan bebas ini diberikan langung kepada pihak lawan, kalau pemain melaksanakan kesalahan-kesalahan di bawah berikut ini. Dengan pengamatan dari wasit yang sedang memimpin jalannya pertandingan, di anggap tidakan kasar atau perjuangan untuk melaukai lawan atau.



  1. Menerjang lawan.

  2. Menendang atau mencoba untuk menendang lawan.

  3. Menjagal atau untuk mencoba menjagal lawan.

  4. memukul atau mencoba memukul lawan.

  5. Menghina lawan atau meludah lawan.

  6. Melakukan sliding tackle untuk merebut bola pada dikala dikuasai oleh lawan. Kecuali untuk penjaga gawang yang berada di tempat pinaltinya sendiri dengan syarat sngat berhati-hati.

  7. Mendorong lawan hingga jatuh, walaupun hanya dengan bahunya.

  8. Hand ball atau bola mengenai tangan.

  9. Memegang bola dengan disengaja, kecuali penjaga gawang di tempat pinalti.

  10. Jika pemain melaksanakan pelanggaran di kotak wasit akan menunjukkan tendangan pinalti kepada lawan.


2. Tendangan Bebas Tidak Langsung


Tendangan bebas tidak pribadi merupakan sebuah metode yang dilakukan oleh pemain yang diakibatkan oleh pelanggaran tertentu. Metode ini tidak sanggup digunakan untuk mencetak gol secara langsung. Namun bola harus menyentuh pemain untuk kedua kalinya entah rekan maupun lawan.


Tendangan bebas tidak pribadi akan diberikan kepada lawan namun seorang pemain melaksanakan pelanggaran-pelanggaran di bawah berikut ini.



  1. Sesudah melemparkan bola, dirinya kembali mendapatkan bola (dengan kaki/tangan) sebelum bola itu melewati daerahnya, atau belum disentuh atau sedang dikuasai lawan.

  2. Memegang bola dengan tangannya setelah mendapatkan bola dari tendangan kedalam tekannya.

  3. Memegang bola dengan tangannya dengan disengaja setelah memperoleh bola dari temannya.

  4. Menguasai bola dengan tangan ataupun dengan kaki lebih dari empat detik.

  5. Bermain dengan cara membahayakan lawan.

  6. Sengaja menghalangi pergerakan lawan pada dikala tidak menguasai bola.


Posisi Pemain Saat Melakukan Tendangan Bebas



  1. Untuk setiap petiap pemain lawan harus berada minimal 5 meter dari bola atau dari tempat tendangan bebas.

  2. Bola kembali dalam permainan setelah bola ditendang atau disentuh oleh seorang pemain.

  3. Jika tendangan bebas terjadi dalam area pinalti maka semua pemain lawan harus berada  di luar area pinalti.


Tendangan pinalti Dalam Permainan Futsal.


Pasti kita sering mendengar apa itu futsal ✔ Futsal Beserta Pengertian Sejarah, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan
https://bolabanget.id



  1. Bola diletakkan di titik yang sudah ditentukan.

  2. Penjaga gawang berada di belakang garis gawang hingga wasit meniup peluit atau pada dikala wasit menunjukkan isyarat.

  3. Penjaga gawang menghadap kearah penendang dan berada diantara ting gawang hingga bola ditendang.

  4. para pemain futsal harus tetap berada di dalam lapangan permainan.

  5. Semua pemain tempatnya harus berada di luar area pinalti kecuali penendang dan yang menjaga gawang.

  6. Minimal pemain atau yang menendang bola berjarak 5 meter dari titik pinalti.


Tendangan Ke Dalam


Tendangan ke dalam ialah cara untuk kembali permainan setelah bola keluar dari garis samping. Pemain terlebih dulu mengoper bola kepada temannya. Jika pemain langsug menendang ke arah gawang dan berbuah gol maka gol itu tidak akan di anggap.


Aturan Tendangan Ke Dalam



  1. Harus diletakkan di garis samping lapangan.

  2. Di tendang ke arah lapangan atau di arahkan kemanapun.

  3. Pemain yang sedang melaksanakan tendangan, kakinya tidak boleh menyentuh garis atau pemain harus berada di luar lapangan.

  4. Lawan boleh untuk menghalangi tendangan itu, dengan jarak minimum 5 meter dari bola.

  5. Pemain yang sedang mengambil tendangan ini hanya mempunyai waktu 4 detik saja dari pertama menempatkan bola. Jika hal itu di sabung tendangan ke dalam akan pribadi di berikan kepada pihak lawan.

  6. Bola berada di dalam lapangan pemain setelah ditendang atau di sentuh oleh pemain.


Pelanggaran yang Diperingatkan



  1. Bersalah lantaran melaksanakan tindakan yang kurang sporif sehingga merugikan lawan.

  2. Melakukan tindakan yang kurang baik atau mengucapkan kata-kata yang tidak sopan.

  3. Berusaha melanggar peraturan yang sudah di tetapkan.

  4. Mencoba memperlambat waktu pada dikala pertndingan berlangsung.

  5. Masuk kedalam lapangan permainan dengan seenaknya tanpa memperoleh izin dari wasit yang sedang memimpin jalannya pertandingan.

  6. Sengaja lapangan permainan tanpa adanya sebuah intruksi dari instruktur ataupun dari wasit.


Pelanggaran yang Menyebabkan Pemain Dikeluarkan Dalam Permainan Futsal


Pasti kita sering mendengar apa itu futsal ✔ Futsal Beserta Pengertian Sejarah, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan
http://indiannerve.com


Pemain sanggup dikeluarkan apabila dirinya:



  1. Melakukan selebrasi yang tidak sepantasnya dilakukan.

  2. Memperoleh kartu kuning sebanyak 2 kali dalam satu pertandingan.

  3. Bermain mencoba melukai lawan atau bermain dengan ngawur.

  4. Melecehkan pemain atau meludah wasit atau lawan.

  5. Mengahangi lawan untuk mencetak gol dengan cara yang tidak diperbolehkan.

  6. Berkata-kata yang tujuannya untuk menghina pemain lawan atau wasit.


Itulah ulasan mengenai pengertian permainan futsal yang sanggup kami sampaikan, bukan hanya pengertian futsal saja tetapi lengkap dengan sejarah, ukuran lapangan, dan yang lainnya. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu anda. Terima Kasih.


Kunjungi artikel lainnya disini: https://organicvolunteers.com



Sumber https://organicvolunteers.com

0 Response to "✔ Futsal Beserta Pengertian Sejarah, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel