iklan banner

✔ Teladan Surat Langsung Untuk Sahabat, Keluarga, Saudara

Contoh Surat Pribadi – Hallo sahabat, apakah kau pernah mengirim surat kepada seseorang? kalau sudah pernah siapakah orang yang kau kirimi surat itu? Pasti orang Istimewa yang ada di hati kau kan? ya, pada zaman dahulu surat memang sangat penting dan sangat bermanfaat, kok sanggup ya, lantaran pada zaman dahulu belum ada yang namanya handphone atau smarthphone menyerupai ketika ini. Ya, dulu yang punya handphone atau smartphone hanya orang-orang tertentu saja.


Seiring perkembangan teknologi surat pribadi ini kini sudah jarang dipakai. Namun masih ada yang memakainya contohnya untuk sahabat, kakak, keluarga ataupun yang lainnya. Kalau kau ingin menciptakan surat pribadi namun masih bingung, jangan khawatir, pada kesempatan kali ini saya akan memperlihatkan pola surat pribadi yang menarik yang sanggup kau jadikan sebagai referensi.


Namun sebelum kita masuk ke pola surat pribadi, simak dulu pengertian dari surat pribadi. Bukan hanya pengertian surat pribadi saja, kali ini saya akan menyajikan tujuan, cara membuat, ciri-ciri, dan yang lainnya. Mari eksklusif saja simak ulasan di bawah ini mengenai pengertian surat pribadi.


Pengertian Surat Pribadi


Surat pribadi ialah surat yang digunakan untuk memberikan sebuah informasi yang dibentuk dan dikirim oleh seseorang secara personal. Pada umumnya surat pribadi ini tidak bersifat resmi dan menggunakan bahasa sehari-hari mengenai problem sehari-hari.


Biasanya jumlah kata dari surat pribadi ini tidak dibatasi. Tetapi umumnya pada jenis surat pribadi ini harus ada beberapa hal misalnya, pembukaan, alamat, tanggal, kata sapaan, tujuan, isi, epilog dan yang terakhir ialah nama pengirim surat beserta tanda tangan.


Walaupun surat pribadi tidak mempunyai hukum khusus menyerupai pola surat pada biasanya, akan tetapi di dalam penulisannya harus tetap menggunakan bahasa yang sopan, simpel untuk di mengerti, dan komunikatif. Di samping itu surat pribadi juga termasuk kedalam jenis surat yang bersifat privasi, maksudnya yaitu hanya di ketahui oleh dua orang saja, yakni pengirim dan penerima.


Surat pribadi bukan hanya digunakan untuk memperlihatkan sebuah kabar saja, tetapi banyak juga orang yang menciptakan surat pribadi yang berisi mengenai isi perasaannya di dalam satu keadaan dengan tujuan semoga orang yang mendapatkan itu juga ikut merasakannya.


Sekarang ini orang-orang tidak lagi menggunakan surat pribadi untuk sarana memperlihatkan kabar terhadap orang lain. Mereka lebih sering menggunakan aplikasi yang sudah ada di smartphone menyerupai whatsap, facebook, mesenger, dan yang lainnya.


Cara Membuat Surat Pribadi


 apakah kau pernah mengirim surat kepada seseorang ✔ Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat, Keluarga, Saudara
http://madanionline.org

Sahabat jangan khawatir ya dalam penulisan surat pribadi, lantaran menyerupai yang sudah sahabat ketahui jikalau surat pribadi ini tergolong sangat simpel dalam membuatnya jikalau dibandingkan surat-surat yang lainnya. Tetapi untuk kau yang masih ingin lebih terang cara menulis surat pribadi, simak caranya di bawah ini yang sudah disajikan untuk kami


1. Siapkan alat tulis dan kertas (kalau surat di tulis)


Hal yang harus dipersiapkan sebelum kau menciptakan surat pribadi ialah alat tulis, kertas, dan amplop.


Kamu sanggup menggunakan pena dan kertas yang unik dan apik, semoga nantinya surat pribadi yang kau bikin akan terlihat unik, menarik serta yummy untuk di pandang. Tetapi jangan hanya unik dan yummy dipandang saja ya? kau juga harus menulisnya dengan terang semoga surat kau sanggup di baca dan simpel untuk dimengerti.


2. Luapkan segala hal yang ingin kau sampaikan


Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya bahwa fungsi surat pribadi ini untuk memberikan sebuah informasi kepada seseorang, kau eksklusif sanggup menyampaikannya di sana. Tidak perlu berpikir panjang, semua perasaan kau dan apapun itu sanggup ditulis di atas kertas. Perlu untuk diperhatikan jikalau isi surat pribadi ini tidak terbatas harus beberapa halaman. Kamu sanggup menulis sesuka hati kamu.


Walaupun surat pribadi tidak ada ketentuan yang diharuskan menyerupai surat resmi atau surat-surat yang lainnya, tetapi penulisan surat pribadi terdapat hal-hal yang dihentikan dilewatkan begitu saja. Surat pribadi ini menyerupai surat pada umumnya. Bagian-bagian tersebut walaupun tidak wajib tetapi sanggup digunakan semoga surat pribadi yang kau buat lebih menarik lagi.


Bagian-bagian Surat Pribadi


Bagian-bagian surat pribadi ini terdiri atas:


1. Pembukaan surat pribadi


Di dalam surat pribadi, salam pembuka sanggup berupa salam keselamatan, rindu, sayang, ataupun salam yang lainnya. Salam ini berkhasiat untuk menyapa, membuka percapakap di dalam surat pribadi semoga tidak eksklusif ” to the point’. Penulian pembuka kalau di nilai lebih sopan daripada yang tidak menggunakan pembukaan.


Misalnya:


“Assalamu’alaikum


Salam kangen….


Misalnya:


Dea sahabatku, bagaimana kabar kamu? Aku harap kau baik-baik saja sehat selalu dan tetap dalam proteksi Allah SWT, Amiin”.


Tetapi kalau kau menciptakan surat pribadi tidak menggunakan pembukaan tidak apa-apa, lantaran berhubung surat pribadi, jadi pertolongan pembukaan terserah mau kau tulis menyerupai apa. Tetapi kalau kita menganjurkan untuk memperlihatkan pembukaan semoga lebih bagus dan menarik.


2. Isi surat pribadi


Perlu untuk sahabat ketahui penulisan isi surat ini sangat penting, lantaran isi surat ialah pokok dari penulisan surat itu sendiri, yang mana hal-yang yang ingin kau sampaikan sanggup kalian tulis di sini. Untuk isi surat ini sanggup tidak ada ketentuannya ya? kau sanggup menuliskan apa saja yang ingin ditulis mengungkapkan rasa kangen, atau ingin memperlihatkan kabar dan sebagainya. Kamu harus memberikan isi surat ini menggunakan bahasa yang simpel untuk dimengerti semoga pembaca mendapatkan apa yang ingin kau sampaikan.


3. Penutup surat pribadi


Jika kau selesai menulis isi surat, jangan hingga lupa untuk tutup surat dengan ramah dan sopan, semoga surat kau terkesan baik. Sama menyerupai pada pembukaan kalau di awal di buka dengan salam pembuka, untuk penutupnya di tutup dengan salam penutup. Seperti Wassalamu’alaikum, hingga jumpa, dan yang lainnya.


4. Pengiriman


Kalau surat telah selesai di tulis, kau sanggup melipat kertas itu kemudian dimasukkan kedalam amplop (kalau perlu), kau sanggup menulis alamatnya kalau ingin dikirim lewat pos, kalau surat kau tidak di berikan eksklusif kepada penerimanya. Nah kalau sudah dikirim kau tinggal menunggu jawaban (kalau akseptor membalasnya).


Tujuan Surat Pribadi


 apakah kau pernah mengirim surat kepada seseorang ✔ Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat, Keluarga, Saudara
http://keajaibanmenulis.com

Surat pribadi ini mempunyai beberapa tujuan dari penulisannya, meskipun tidak sebanyak jenis surat yang lainnya. Tujuan yang pertama dari surat pribadi ialah untuk bekerjasama dengan sahabat, teman, atau orang terdekat yang dikenal baik. Yang tidak berada di dalam satu kawasan dan sudah usang tidak berjumpa.


Tujuan surat pribadi yang kedua ialah untuk mengekpresikan perasaan seseorang di dalam kondisi tertentu. Namun untuk hal yang ini biasanya banyak dilakukan oleh kalangan perempuan, kita sanggup melihatnya sendiri bagaimana seorang peremupuan jikalau sudah berbicara. Meskipun setiap hari mereka bertemu, namun ada saja yang mereka bicarakan, apalagi kalau yang telah usang tidak bertemu, pastinya terdapat beribu-ribu kata yang akan dituliskan.


Ciri-ciri Surat Pribadi


Ciri-ciri surat pribadi diantaranya adalah:



  • Memakai bermacam-macam bahasa dalam penyampaiannya, tergantung dari orang yang mendapatkan surat.

  • Mengandung kata sapaan yang bersifat privasi, atau mengandung pemilihan kata emotif.

  • Tidak ada kop dan nomor surat.

  • Disampaikan menggunakan bahasa sehari-hari, namun tetap santun dalam penyampaiannya.

  • Mengandung kata sapaan, menyerupai halnya kita melihat lawan bicara secara langsung.

  • Untuk penulis surat sebaiknya menggunakan kata ganti orang kedua. Sedangkan untuk akseptor surat sebaiknya menggunakan kata ganti orang kedua.

  • Dituliskan untuk keperluan berkomunikasi dengan sahabat, teman, ataupun orang yang tidak berada di dalam satu tempat.

  • Format penulisan surat pribadi bebas, tergantung penulis.


Contoh Surat Pribadi


 apakah kau pernah mengirim surat kepada seseorang ✔ Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat, Keluarga, Saudara
https://www.vemale.com

Di bawah ini beberapa pola surat pribadi yang kami sajikan untuk sahabat.  Tidak usah berlama-lama eksklusif saja simak pola surat pribadi berikut ini:


Contoh Surat Pribadi Pendek Untuk Sahabat


Bogor, 16 Juli 1991


Untuk sahabatku tersayang


di Magelang


Assalamualaikum . .


Hay Fira, alhamdulilah keadaanku disini baik-baik saja. Aku sangat bershukur kabarmu di sana juga dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Kamu benar kita memang sudah usang tidak berjumpa lagi. Pasti dong kalau saya bertambah tinggi, hehehe. Rasanya saya sudah tidak sabar untuk bertemu dengan kamu, Fira. Aku yakin kalau ketika ini kau makin cantik. Tentang kehidupanku disini, saya betah kok tinggal di sini. Namun apakah kau tahu? awalnya disini saya sangat sulit untuk mengikuti keadaan dengan dinginnya cuaca di Bogor ini, Tidak heran jikalau mereka menyebutnya sebagai kota hujan lantaran di Bogor ini hampir setiap hari turun hujan.


Aku juga kangen sama kamu. Aku sangat dengan suasana di kampung dan semua teman-teman yang ada di kampung. Bahkan semalam saya bermimpi kalau kita sedang bermain bersama kembali hehe. Oh iya, saya punya kabar bagus buat kamu. Kabar bagus itu saya sudah diterima oleh Universitas Indonesia sebagai mahasiswa di jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui jalur prestasi. Aku berkompetisi dwngan hampir 600 pendaftar dan saya sangat bershukur sanggup menjadi peserta yang diterima. Perasaanku sangat senang sekali setelah saya diterima. Oleh alasannya yaitu itu, kau juga harus termotivasi untuk masuk di Universitas yang kau bilang Universitas terbaik ini.


Fira, kau harus mencar ilmu yang rajin dan jangan lupa selalu berdoa kepada yang kuasa supaya kau diberikan kelancaran. Aku selalu mendoakanmu disini. Aku tunggu kau di Universitas Indonesia ya? semangat sahabatku.


Saya kira cukup hingga disini saja surat yang ku buat untuk kamu. Papa, Mama, dan Adek Putri menitip salam kepada kamu. Semoga kita selalu dalalam lindungan Allah SWT.


Wassalamualaikum . .


Sahabatmu,


 


ttd


Suci


 apakah kau pernah mengirim surat kepada seseorang ✔ Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat, Keluarga, Saudara
https://balubu.com

 


Contoh Surat Pribadi Untuk Keluarga


 apakah kau pernah mengirim surat kepada seseorang ✔ Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat, Keluarga, Saudara
https://www.vemale.com

Untuk Keluarga Tercinta


di tempat


Assalamualaikum wr.wb


Hay Ibu, ayah, dan kakak-kakakku yang cantik, apa kabar kalian semua. Dimas harap kalian semuanya dalam keadaan yang sehat ya. Ayah, apa ibu masih suka pusing? Kalau masih, jangan dibiarkan terlalu lelah ya ibu.


Sebenarnya tujuan Dimas mengirimkan surat ini lantaran ada kabar bangga untuk keluarga di rumah, jadi rasanya kurang lengkap kalau tidak Dimas sampaikan untuk Ibu, ayah, dan kakak-kakakku yang bagus di rumah. Kabar gembiranya yaitu skripsi Dimas sudah selesai, jadi bulan depan InsyaAllah sudah sanggup sidang, dan beberapa bulan lagi sudah sanggup wisuda. Dimas sudah sangat rindu kepada kalian semua, terutama rindu sama ibu. Dimas minta doanya semoga semuanya lancar biar kita sanggup segera berkumpul kembali bersama-sama.


Sekian dulu ya surat dari Dimas.


Anakmu


Dimas


 


Contoh Surat Pribadi Untuk Saudara


Bandung, 5 September 1014


Untuk keponakanku tersayang


Di Surabaya


Assalamualaikum…


Hay Reva, syukur Alhamdulilah kabarku disini baik-baik saja. Bagaimana dengan kabar kau di sana, kabar kau di Surabaya baik-baik saja kan. Benar kata kamu, kita sudah usang tidak bertemu, pastinya dong saya bertambah berakal dan cantik, hehe. Rasanya saya sudah tidak sabar ingin bertemu dengan kamu. Kamu niscaya kini juga bertambah bagus kan, saya yakin itu. Tentang kehidupanku disini, saya sangat betah juga merasa sangat senang. Namun, awalnya saya merasa sulit mengikuti keadaan dengan cuaca di Bandung, pantas saja di Bandung ini disebut dengan julukan kota dingin, lantaran cuaca di sini sangat dingin sekali.


Aku juga sangat rindu kepadamu. Aku rindu dengan suasana di kampung juga keluarga yang ada di sana, bahkan kemaren malam saya bermimpi kalau kita sedang menikmati liburan di Malang, belanja bersama, ah sangat menyenangkan, tapi sayang semua itu hanya mimpi.


Oh iya Reva, saya mempunyai dongeng yang sangat bagus untuk kamu, kabar bangga itu yaitu saya sudah di terima oleh Universitas Indonesia sebagai mahasiswa di jurusan pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris melalui jalur prestasi, saya berkopetesi dengan hampir 500 pendaftar dan saya bersyukur menjadi salah satu peserta yang diterima. Makara kau harus termotivasi juga untuk melanjutkan study di Universitas Airlangga yang kau bilang ternama itu. Yang terpenting yaitu kau harus mencar ilmu lebih ulet dan jangan lupa untuk selalu berdoa setelah shalat lima waktu, berdoa secara terus menerus kepada Allah SWT semoga diberikan kelancaran untuk menggapai harapan kau ke negeri Jepang. Disini saya juga akan selalu mendoakanmu. Semangat ya Rev. Aku kira cukup hingga di sini dulu ya, semoga kita selalu dalam lindungan-Nya. Amiin.


Wassalamualaikum…


Keponakanmu


Diah Rahmawati


 


Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak


Semarang, 14 April 2018


Untuk Kak Bela


di Jakarta


Assalamu’alaikum..


Hay kak bela apa kabar? semoga sehat selalu. Tidak terasa ya kita tidak bertemu hampir 3 tahun lamanya. maklum ini lantaran saya sibuk kuliah dan abang sibuk dengan pekerjaannya. Apalagi semester ini saya sangat sibuk mengerjakan skripsiku. Aku mohon doanya kak semoga ngerjain skripsinya cepet selesai dan sanggup secepatnya wisuda. Oh iya kak, ibu dan aya menitipkan salam untuk kak Bela. Ibu dan bapak sudah kangen banget sama cucunya di Jakarta. Liburan simpulan tahun ini rencananya kami akan main ke jakarta ke rumah kakak. nanti abang ajak saya main ke bromo ya, saya belum pernah ke sana. Udah ya, itu saja dari aku


Wassalamu’alaikum..


Adikmu


Sasa Rahmawati.


 


Contoh Surat Pribadi Resmi


 apakah kau pernah mengirim surat kepada seseorang ✔ Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat, Keluarga, Saudara
https://medium.com

Malang, 20 februari 2013


Teruntuk Aprilia maisyaroh


Di Tempat


Assalamualaikum Wr. Wb


Hay Lia, bagaimana kabarmu? kita sudah usang ya tidak bertemu. semenjak lulus SMP, tidak ada kesempatan lagi untuk kita bertemu. Li, bagaimana keadaanmu kini di Sekolah Menengan Atas Negeri 33? apakah kau senang dan bangga bersekolah di sana? Pastinya sahabat di sana banyak ya, sahabat kita.


Alhamdulilah, saya di Sekolah Menengan Atas Negeri 34. Aku disini sangat senang! Meskipun hanya tiga orang dari sekolah kita yang berhasil masuk ke sekolah ku ini, namun disini saya banyak mendapatkan sahabat gres dan mereka sangat baik kepadaku. Kakak-kakak kelas di sekolahku juga sangat baik terhadap adik kelasnya, apalagi dengan kakak-kakak OSIS nya. Disini saya banyak mempunyai pengalaman bersama teman-teman baruku. Kalau kau mau mendengarkan pengalaman yang sudah saya dapatkan, kau boleh menanyakan eksklusif kepadaku atau kau main kerumahku langsung. Bicara-bicara saya sangat kangen pada Sekolah Menengah Pertama kita juga teman-teman kita waktu SMP. Apakah ada program reuni angakat 32? jikalau tidak ada, ayuk kita buat program sendiri saja. Kamu undang teman-teman kelas 7B. Mumpung bulan Juli nanti banyak waktu liburan jadi banyak kesempatan untuk kita bertemu. Oh iya Gibran yang paling berakal sekelas itu mencalonkan diri sebagai OSIS lho!


Sekian dulu ya dari aku, Sampai Jumpa Lia!


Melati


 


Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris


 apakah kau pernah mengirim surat kepada seseorang ✔ Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat, Keluarga, Saudara
https://contoh123.info

 


Contoh Surat Pribadi Tentang Liburan


Kediri, 5 Desember 2014


Teman lamaku Santoso


Di Karawang


Assalamualaikum San, bagaimana kabarmu? Semoga kesehatan selalu menyertai kamu. Kabarku disini baik-baik saja. Aku sangat rindu sama kau San, hehehe, kaya cewek aja yang kita kangen-kangenan hihihi. Peduli amat, iya kan? Orang kan juga mempunyai rasa kangen, iya gak hahaha. Eh Santoso bagaimana liburanmu kemaren? kau tahu gak, liburanku kemaren sangat menyenangkan loh. Kamu bayangin aja saya lagi berjalan sendirian di tepi pantai, terus tiba-tiba ada cewek bagus lewat, dan menarik perhatianku hehehe. Langsung saja cewek yang bagus itu saya samperin, awalnya sih cewek itu hambar banget kepadaku, juteknya minta ampun. Tapi nyatanya saya berhasil deketin ia loh, hehehe. Kamu tahu kan saya ini rajanya ngegombal, sampe-sampe kita tukeran nomor watshap lhoo. Untunya waktu itu tidak ada kamu, lantaran kan kau lebih ganteng dari aku, otomatis niscaya cewek bagus itu menentukan kau dari pada saya hahaha. Nah, itulah dongeng liburanku yang sangat menarik. Kalau liburan kau menyerupai apa. Barang kali liburan kau tidak menyenangkan hehehe. Sekian dulu ya San dari aku, kalau kau sudah tidak sibuk tolong sempatkan untuk membalas surat dariku ya. Aku tunggu loh jawaban kau San, ingat itu.


Sahabat Terbaikmu


Ali Safaat


 


Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua


Malang, 3 Agustus 2017


Kepada


Papa dan Mama


Di Karawang


Assalamualaikum wr. wb.


Papa Mama apa kabar kalian? Semoga Papa, Mama, dan Nenek di sana selalu sehat. Amiin. Alhamdulilah Nanik di sini baik dan sehat selalu. Ma, Pa, Liburan kali ini Nanik tidak sanggup pulang ke Karawang. Nanik masih belum ada libur kerja sehingga tidak sanggup pulang. Dan satu hal lagi kalau Papa dan Mama ada rezeki, Mama sama Papa saja yang berkunjung ke kontrakan Nanik. Karena nanik benar-benar belum ada waktu untuk berkunjung ke malang.


Nanik berjanji kepada Papa dan Mama akan bekerja dengan sungguh-sungguh semoga nanik mendapatkan bonus dari Bos besar dan sanggup berkunjung ke Jawa. Sekian dulu surat dari nanik, mohon doa restu dari Papa dan Mama semoga diberikan kelancaran dalam bekerja.


Wassalmualaikum Wr. Wb.


Salam kangen dari ananda


Nanik Lestari


 


Contoh Surat Pribadi Untuk Teman


 


 apakah kau pernah mengirim surat kepada seseorang ✔ Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat, Keluarga, Saudara


Itulah sedikit Contoh surat pribadi yang kami berikan untuk anda. Disini kau bukan hanya memperlihatkan pola surat pribadi saja, melainkan beserta pengertian, ciri-ciri, tujuan dan yang lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. Terima Kasih.



Kunjungi artikel menarik lainnya disini: https://organicvolunteers.com



Sumber https://organicvolunteers.com

0 Response to "✔ Teladan Surat Langsung Untuk Sahabat, Keluarga, Saudara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel