iklan banner

Spek Pc Atau Laptop Yang Optimal Untuk Edit Dan Render Video

Aktivitas atau jasa mengedit dan render video semakin banyak diharapkan melihat semakin maraknya kegiatan vlogging di banyak sekali media online. Disamping itu, mengedit video dan rendering video memerlukan komputer baik desktop atau laptop dengan spesifikasi yang tidak mengecewakan tinggi semoga optimal untuk software edit video. Kalau tidak optimal, menunggu rendering video bisa jadi sangat usang yang menciptakan jengkel (buat orang yang ga sabaran) dan tentu boros waktu.


Untuk keperluan edit dan render video, spek komputer yang diharapkan kurang lebih hampir sama dengan spek PC atau laptop gaming. Karena software yang menjalankan perintah video editing dan rendering yang dilakukan pengguna membutuhkan hardware menyerupai prosesor, kartu video, kartu VGA, HDD atau SSDdan RAM berkinerja tinggi. Hal tersebut dikarenakan kompunen-komponen tersebut erat kaitannya dengan pemrosesan bit dan frame video yang jumlahnya sangat banyak.


Tips Memilih Komputer untuk Video Editing


Untuk melaksanakan tukas produksi video yang optimal dan lancar, diharapkan komputer yang sepadan dengan pekerjaan tersebut. Memiliki PC atau laptop yang optimal untuk edit video tidak hanya untuk memperlancar kiprah karyawan video editor di perusahaan-perusahaan saja. Mungkin kau ialah seorang vlogger lepas yang mendapatkan uang dari YouTube. Kebutuhan produksi video atau edit video semakin tinggi ketika ini mengingat semakin pentingnya branding menggunakan konten video semenjak ketenaran YouTube, Twitch dan Vimeo semakin melejit. Oleh lantaran itu, sebagai pelaku video producer atau vlogger, tidak bisa disangkal lagi harus mempunyai komputer dengan spek yang cocok untuk edit atau render video.


Nah, bila kau ingin membeli PC atau laptop untuk edit dan render video, artikel ini akan membagikan info standar hardware yang optimal untuk mengedit video. Atau bisa juga hanya upgrade komponen komputer bila beberapa komponen sudah optimal. Jika kau ialah seorang vlogger yang sering mengedit video, sangat disarankan untuk upgrade komponen komputer ke generasi teknologi terkini semoga mengedit video sanggup dilakukan dengan lancar dan cepat. Selain itu, meng-upgrade komponen PC atau laptop ke generasi teknologi hardware terkini juga mempunyai nilai investasi yang sangat bagus. Karna selain lebih irit waktu dalam mengedit video, kau juga tidak perlu upgrade komponen lagi dalam waktu yang cukup lama.


Software edit video selalu diperbaharui oleh pengembangnya dan biasanya setiap pembaharuan semakin membutuhkan spek komputer yang lebih tinggi. Misalnya software Premiere Pro yang sangat sering di-update oleh Adobe. Jadi, perlu mempertimbangkan berapa usang suatu hardware akan tetap optimal untuk keperluan edit video. Di bawah ini ialah beberapa tips mengoptimalkan atau menentukan komponen komputer yang sempurna untuk pekerjaan edit dan render video.


Gunakan SSD


Ruang penyimpanan data yang mempunyai kecepatan tinggi dalam mentransmisikan data ialah salah investasi terpenting dalam hal mengedit video. Coba hitung seberapa banyak waktu yang kau sia-siakan bila harus menunggu rendering video yang prosesnya lama. Apalagi video yang harus kau edit banyak jumlahnya, bisa-bisa waktu yang digunakan sangat banyak. Oleh lantaran itu, HDD sudah tidak optimal lagi untuk keperluan video editing lantaran kini kecepatannya sudah tergolong lambat dibandingkan SSD.


SSD jauh lebih cepat dibandingkan HDD, sekitar 2  sampai 4 kali lebih cepat tergantung teknologi SSD yang digunakan. Oleh karenai ut, SSD sangat cocok untuk menjalankan OS dan software, sehingga sanggup mendukung pemrosesan berat menyerupai rendering atau gaming. SSD memungkinkan PC atau laptop kau bisa mengakses rekaman dan software lebih cepat. Alhasil, render, loading, dan waktu eksport video jadi lebih cepat. Dalam kebanyakan kasus, SSD akan mendekati dua kali lipat harga hard drive tradisional, tetapi itu sangat berharga.


Tambah RAM


Manambah jumlah RAM PC atau laptop sanggup meningkatkan kecepatan dalam hal pengeditan. Itulah sebabnya mengapa banyak software NLE modern menyarankan semoga setidaknya komputer mempunyai RAM 4GB. Tapi bila kau serius dan sering dalam hal pengeditan video, lebih banyak RAM juga sangat bermanfaat. Saat ini, jarang ditemui video editor profesional yang masih menggunakan PC atau laptop dengan RAM kurang dari 8GB. Semakin banyak RAM berarti semakin cantik untuk kecepatan dalam pengeditan video.


Kartu Video yang Lebih Bagus


Kartu video pada komputer berfungsi untuk memproses gambar grafik ke layar monitor komputer. Dalah hal mengedit video, kartu video sangat penting. Untuk ketika ini, standar kartu video yang optimal untuk urusan edit dan render video ialah kartu video 32-bit. Sebagian besar software edit video terbaik telah merekomendasikan kartu VGA. Jadi, sebelum sebelum tetapkan untuk membeli komputer atau laptop atau upgrade komponen, pastikan kartu apa saja yang direkomendasikan untuk NLE pilihan kamu.


Processor


Prosesor yang kinerjanya lebih cepat akan menghasilkan waktu render yang lebih cepat juga. Akan tetapi, processor juga harus diseimbangi dengan hardware lainnya. Walaupun kau menggunakan prosesor jasus core i7 coffelake tapi masih mengandalkan HDD untuk menjalankan OS dan software edit video, kecepatan orisinil processor tidak semua terpakai, melainkan menyeimbangi kecepatan HDD yang dipakai. Demikian juga kaitannya dengan RAM dan kartu video yang saling timbal balik saling ketergantungan. Ada juga NLE yang merekomendasikan processor tertentu. Jadi, periksalah informasinya di situs NLE tersebut sebelum kau mulai upgrade komputer atau laptop kau dengan processor yang sesuai kebutuhan.


Mac atau Windows?


OS juga perlu dipertimbangkan, apakah harus menggunakan Mac atau Windows untuk mengedit video. Dari segi kemampuan, fitur, dan kinerja, Mac dan Windows sama-sama bagus. Kedua OS tersebut sama-sama bisa digunakan untuk edit dan render video panjang. Namun, yang menjadi pertimbangan terbesar untuk menentukan Windows ialah lantaran biayanya yang lebih murah ketimbang Mac. Selain itu software edit video untuk Windows juga banyak pilihannya dan harganya juga lebih murah dibandingkan software kusus untuk Mac. Tapi pertimbangkan juga kenyamanan, lebih nyaman menggunakan Mac atau Windows. Jika budget tidak jadi problem buat kamu, punya Mac dan Windows juga cantik supaya bisa menjalankan software edit video khusus untuk Mac dan yang khusus untuk Windows


Layar Monitor


Banyak jenis layar monitor ketika ini, dan kinerja nya juga beda-beda. Ada monitor mendukung video 4K. Jika kau prlu mengedit video 4K, disarankan untuk menggunakan monitor 4K semoga bisa menyesuaikan video pada layar yang sudah mendukung 4K.



Sumber https://www.wongunik.com

0 Response to "Spek Pc Atau Laptop Yang Optimal Untuk Edit Dan Render Video"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel