iklan banner

✔ Pola Teks Pidato Singkat Perihal Pendidikan, Disiplin Dan Karakter.

Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Pendidikan ✔ Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Pendidikan, Disiplin dan karakter.
pidato singkat

Contoh Teks Pidato Singkat


Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Pendidikan, Disiplin dan karakter. baik kali ini admin akan membahas perihal banyak sekali macam teks pidato dengan banyak sekali pilihan tema yang



sangat menarik.


1. Pengertian Pidato

Secara umum pidato ialah suatu kegiatan berbicara di depan umum yang disampaikan kepada orang banyak untuk memberikan pendapatnya dan memperlihatkan citra perihal suatau hal.


Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Pendidikan ✔ Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Pendidikan, Disiplin dan karakter.
TEKS PIDATO

Pidato di bawakan oleh seseorang yang memperlihatkan orasi- orasi dan pertanyaan perihal hal atau kejadian yang penting dan patut di bicarakan. Sebuah pidato yang baik akan memperlihatkan kesan faktual bagi orang-orang yang mendengarnya. Kemampuan berpidato yang baik di depan publik atau umum sanggup membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik.


2. Tujuan Pidato

Rekan-rekan sekalian disini admin sedikit memberikan tujuan pidato pada umumnya mencakup beberapa hal berikut ini : Memberi gosip pada orang lain, Mempengaruhi orang lain, Menghibur orang lain dengan isi pidato yang disampaikan.


3. Jenis- jenis Pidato

Secara umum pidato di bagi menjadi beberapa macam yaitu :

1. Pidato Pembukaan, ialah berbicara di depan umum yang dibawakan oleh MC.

2. Pidato pengarahan ialah berbicara di depan umum yang bertujuan untuk mengarahkan pada suatu hal.

3. Pidato Sambutan, ialah berbicara di depan umum yang disampaikan pada suatu acarayang sanggup di bawakan oleh beberapa orang secara bergantian dengan waktu yang terbatas.

4. Pidato Peresmian, ialah berbicara di depan umum yang dilakukan oleh seseorang yang kuat untuk meresmikan sesuatu (sambutan).

5. Pidato Laporan, yakni berbicara di depan umum yang isinya melaporkan suatu kiprah atau kegiatan (pengumuman).

6. Pidato Pertanggungjawaban, ialah berbicara di depan umum yang isinya laporan pertanggungjawaban suatu hal atau kegiatan.


4. Metode Pidato


Apakah anda tau teknik atau metode ada berapa? metode dalam membawakan suatu pidato dibagi menjadi 3 metode sebagai berikut:

1. Metode menghapal, ialah berpidato dengan cara menciptakan taktik pidato dan menghafal teks dari kata per kata.

2. Metode serta merta, ialah berpidato dengan cara mengandalkan pengalaman dan wawasan atau tanpa persiapan. metode ini sering kali digunakan dalam keadaan darurat dan tak terduga.

3. Metode naskah, ialah berpidato dengan cara memakai naskah atau teks yang telah siapkan sebelumnya. namun metode ini hanya bisa digunakan pada pidato-pidato resmi saja.


5. Urutan Susunan Pidato


Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Pendidikan ✔ Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Pendidikan, Disiplin dan karakter.
CONTOH TEKS PIDATO

1. Pembukaan (puji syukur, solawat dan penghormatan kepada penerima upacara)

2. Pendahuluan (menggambarkan sedikit isi pidato)

3. Isi atau bahan pidato yang tersusun (maksud, tujuan, sasaran, rencana, langkah, dll.)

4. Penutup (kesimpulan, harapan, pesan, salam penutup, dll)


6. Tips Berpidato Dengan Percaya Diri


Alangkah baiknya sebelum memperlihatkan pidato di depan umum, sebaiknya anda melaksanakan persiapan. Adapun hal yang anda siapkan sebagai berikut:


Berdoa sebelum anda mulai berpidato

Jenis dan Tema yang sesuai dengan pendengar.

Mengetahui durasi pidato yang akan dibawakan.

Menyusun kata-kata yang gampang dipahami dan dimengerti.

Berusahalah hening dan anggaplah penonton sebagai orang biasa, kalau mereka praktek ia akan mencicipi apa yang kita rasakan.

demikian pembahasan singkat perihal pengertian pidato, unsur-unsur pidato, cara berpidato biar tidak grogi. sepakat kini kita kembali lagi ke pokok pembahasan kita yaitu perihal pola amanat pembina upacara, pribadi saja kita simak uraian di bawah ini.


KUNCI KESUKSESAN


1. CONTOH TEKS PIDATO TENTANG DISIPLIN KUNCI KESUKSESAN


Bismillahirrahmanirrahim.


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu.


Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf..


Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah….


Yang Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi sekolah…


Alhamdulillah, pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan amanat pembina upacara yang berjudul: Mulailah disiplin dari diri sendiri.


bukan belakang layar bersama bahwa matahari ialah ciptaan yang kuasa yang paling disiplin. Ia terbit pada waktu pagi dan karam pada waktu sore. Ia terbit di timur dan karam di barat. Seandainya ia tidak disiplin, maka tamat zaman telah menghampiri kita.


Disiplin ialah melaksanakan hak dan kewajiban sempurna waktu dan tempatnya. Siswa yang disiplin selalu tiba ke sekolah sempurna waktu. Tidak terlambat dan tidak terlalu cepat. Siswa yang disiplin akan mematuhi peraturan-peraturan di sekolah.


Disiplin ialah salh satu jalan menuju untuk meraih keberhasilan. Disiplin harus dimulai dari diri sendiri dan dilaksanakan kini juga. Kedisiplinan sanggup dibuat melalui hal-hal berikut ini:

1. Bangun tidur sebelum subuh dan tidur jam sembilan malam.

2. Sarapan sebelum ke sekolah. Bawalah bekal air minum dan masakan dari rumah.

3. Pulang sekolah berganti pakaian dan istirahat sejenak di rumah.

4. Buatlah jadwal kegiatan biar sanggup lebih gampang mengatur waktu.

5. Tulislah kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan.

6. Laksanakan penilaian diri atas kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan.

7. Jadikanlah kegiatan-kegiatan tersebut sebagai rutinitas sehari-hari.


Disiplin ialah kunci kesuksesan. Disiplin dilakukan di rumah, di sekolah, di jalan raya dan tempat-tempat lainnya. Bila setiap orang bisa disiplin, maka masyarakatnya tertib, negaranya makmur sejahtera. Semoga kita semua bisa menjadi pribadi yang disiplin.


Demikianlah amanat dari saya, apabila ada kesalahan ucapan atau apapun bapak mohon maaf yang sebesar besarnya. Saya ucapkan terimakasih atas perhatiannya.


Ihdinasirotolmustakim sumassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


kunjungi juga : CONTOH TEKS PIDATO LENGKAP


PIDATO TENTANG KARAKTER


2. CONTOH TEKS PIDATO TENTANG KARAKTER


Bismillahirrahmanirrahim.


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.


Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf..


Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah….


Yang Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi sekolah…


Yang pertama-tama Marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT, Allahmdulillahi Rabbil ‘Alamin, yang mana pada pagi hari ini Allah SWT tetap memperlihatkan nikmat kepercayaan dan islam.


serta nikmat sehat wal afiah sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan rutin kita, upacara bendera setiap hari Senin dengan kondisi yang baik, bisa berdiri tegak, bisa menghirup udara segar, bisa menatap indahnya ciptaan Allah, bisa tersenyum, tawa canda dan bisa tetap berfikir menuntut ilmu, alasannya tidak sedikit orang-orang diluar sana yang tidak bisa / belum bisa menikmati apa yang kita rasakan ketika ini. Oleh alasannya itulah, kita patut senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.


Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita, Nabiyullah Muhammad SAW, seorang yang diutus untuk menyempurnakan budpekerti umat manusia, semoga kita kelak mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW, salah satu perjuangan mendapatkan syafaat dari ia ialah dengan banyak bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.


Anak-anakku sekalian,

Pada kesempatan kali ini ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan, namun sebelumnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada petugas upacara yang bisa melaksanakan tugasnya, Alhamdulillah hingga ketika ini berjalan dengan baik, meskipun ada sedikit kekurangan namun pada kesempatan berikutnya mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik.


Anak-anakku sekalian, Berulang kali para guru mengingatkan atau menasehatkan biar rajin-rajinlah kalian belajar, jagalah kedisiplinan, jagalah kebersihan, dan jagalah adab, tingkah laris / sopan santun, baik kepada guru/ustadz, maupun sesama teman. Karena semua nasehat tersebut ialah bab penting bagi seseorang yang sedang menuntut ilmu, dimanapun, lebih-lebih sekolah yang berada dilingkungan pondok pesantren. Belajar memang aktifitas seorang pelajar atau santri, maka selayaknya seorang pelajar/ penerima didik mempunyai keinginan yang kuat untuk terus menerus menambah ilmunya dan keinginan kuat mengupgrade pengetahuannya.


Seorang pelajar harus tertanam dalam dirinya jiwa “seorang murid“� meskipun dunia pendidikan sendiri membedakan penggunakan istilah murid dan siswa. Murid, istilah untuk penyebut penerima didik sebelum SMP/MTs sedangkan siswa untuk tingkat menengah.


Namun, pada hakikatnya sama, siswa dan murid itu sama. Murid serapan dari bahasa Arab yang berasal dari kata fi’il madli Arada – Yuridu – Iradatan – Muridan, yang berarti orang yang menginginkan atau membutuhkan sesuatu. Maka semestinya sebagai murid, harus mempunyai keinginan kuat untuk tahu, untuk paham, untuk arif dan lain sebagainya.


Bila seseorang benar-benar mempunyai keinginan yang kuat, maka Insyaallah ia akan mendapatkan hasil yang baik, apa hasil daripada menuntut ilmu?, tentunya kualitasnya lebih baik, diangkat derajatnya oleh Allah SWT. Keinginan yang kuat ini tentu harus dibarengi dengan akhlakul karimah, menyerupai disiplin, menjaga kebersihan dan lainnya.


Dan termasuk pula, salah satu budpekerti mulya ialah memulyakan ilmu dan guru atau ustadznya. Didalam kitab Ta’lim al-Muta’allim : “Laa Yanalul Ilma wa Laa Yantafi’u bihi illa bi-Ta’dhimil Ilmi wa Ahlili, ilmu tidak akan bisa diperoleh dan tidak akan bisa mengambil manfaatnya, kecualid dengan memulyakan ilmu dan ahlinya”.


Semoga kita semua senantiasa meningkatkan budpekerti kita, baik budpekerti pada diri pribadi, teman, orang tua, guru dan lingkungan sekitar.


Demikian yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat, kurang lebihnya mohon maaf.


Wallahul Muwaffiq ila Aqwamith Thariq,

wassalamu’alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh.


kunjungi juga : metode Berpidato


PIDATO SINGKAT TENTANG KEBERSIHAN


3. CONTOH TEKS PIDATO SINGKAT TENTANG KEBERSIHAN


Bismillahirrahmanirrahim.


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.


Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf..


Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah….


Yang Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi sekolah…


Yang pertama-tama pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan amanat pembina upacara yang berjudul: Berani Bertanggung Jawab


Setiap orang harus mempunyai rasa tanggung jawab. Rasa tanggung jawab akan menciptakan orang berfikir perihal tanggapan dari perbuatan yang akan dilakukan. Begitupun kalau perbuatan itu terlanjur dilakukan, maka dilarang berlepas tangan. Jika lepas tangan, berarti tidak bertanggung jawab. Tentu kita semua tidak mau dibilang tidak bertanggung jawab bukan? Oleh alasannya itu mari berlatih bertanggung jawab.


Pertama bertanggung jawab terhadap kebersihan diri dan lingkungan, menyerupai mandi yang bersih, menyikat gigi, merapikan tampat tidur atau kamar sesudah bangkit tidur. Apabila tubuh dan lingkungannya tidak higienis maka akan terkena penyakit berbahaya.


Kedua bertanggung jawab mengerjakan kiprah pribadi menyerupai PR atau kiprah dari sekolah, mengaji, shalat, mengulang pelajaran di rumah dan sebagainya. Apabila tidak rajin berguru maka siap mendapatkan nilai rapor yang rendah.


Ketiga bertanggung jawab menjaga diri dan barang-barang pribadi. biar selalu menjaga keamanan dan berada di lingkungan yang aman. Apabila tidak maka bersiaplah menghadapi hal-hal yang membahayakan.


Keempat bertanggung jawab menjalankan peraturan di rumah dan di sekolah. Peraturan di rumah contohnya menjaga kebersihan rumah, menyerupai menyapu, mengepel, dan sebagainya. Peraturan di sekolah misalnyamelaksanakan kiprah piket kelas, tiba dan pulang dari sekolah sempurna waktu. Apabila tidak dilaksanakan maka siap mendapatkan konsekuensinya.


Orang yang bertanggung jawab ialah orang yang sanggup diandalkan. Ia akan menerima kepercayaan dan penghargaan serta penghormatan dari orang lain. Sehingga sanggup mempermudah jalan menuju keberhasilan.


Demikianlah amanat dari saya, apabila ada kesalahan ucapan atau apapun bapak mohon maaf yang sebesar besarnya. Saya ucapkan terimakasih atas perhatiannya.


Ihdinasirotolmustakim sumassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.



Sumber http://syahrulanam.com

0 Response to "✔ Pola Teks Pidato Singkat Perihal Pendidikan, Disiplin Dan Karakter."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel