iklan banner

Memperbaiki Hardisk Eksternal Minta Format Dan Tidak Terbaca


Hardisk eksternal sangat diperlukan ketika ingin mem-backup sebuah file penting (sebagai kawasan penyimpanan data cadangan), hardisk eksternal juga diperlukan ketika ingin bertukar data menyerupai video, data laporan, dan lain-lain.





Hardisk eksternal sangat diperlukan ketika ingin mem Memperbaiki Hardisk Eksternal Minta Format dan Tidak Terbaca




Namun apa hasilnya kalau Hardisk eksternal tersebut error tidak terbaca ketika ingin bertukar data maupun memasukan data. Ada beberapa kemungkinan: syok, panik, dan keringat dingin.





Sudah banyak data yang disimpan ke dalam Hardisk Eksternal dengan hasil kerja keras tiba-tiba rusak seketika, otomatis suasana hati menjadi turun.





Saat menghadapi Hardisk eksternal error yang minta format, kurang lebih bertuliskan “You need to format disk in drive F: before you can use it. Do you want to format it?” ada baiknya jangan panik sebab sanggup saja ada cara yang sanggup memperbaiki dan mengembalikan menyerupai sebelumnya.





Bagaimana cara memperbaikinya? ada beberapa cara yang sanggup dipakai untuk memperbaikinya, cara ini sanggup dipakai untuk semua operasi sitem (OS) windows: windows 7, windows 8, windows 10, dan seterusnya.





Di artikel ini akan menjelasakan cara-caranya dari yang termudah dan tercepat hingga hingga yang agak lama.





Sedangkan kalau yang dialami yaitu Flashdisk yang tidak terbaca sanggup mengikuti cara: Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca di Laptop Komputer Ampuh.





Berikut ini cara yang termudah kalau Hardisk eksternal tidak terbaca:





  • Cabut kabel Hardisk eksternal dari port (lubang) di CPU komputer/laptop/notebook maupun di Hardisk eksternal itu sendiri, harus sesuai dengan urutan, Hardisk eksternal terlebih dahulu gres CPU komputer/laptop/notebook.
  • Tunggu beberapa menit antara 1-2 menit. pasang kembali kabel Hardisk eksternal di port yang lain sesuai urutan yang sudah disebutkan di atas. Ingat yah harus di port yang lain, kalau hanya ada satu port saja, tidak apa-apa juga namun sangat disarankan untuk dicolok/dimasukan ke port yang lain kalau mempunyai lebih dari satu port.




Jika cara di atas tidak bisa, ada cara yang kedua kalau hardisk External tidak terbaca.





Berikut ini cara kedua kalau tidak terbaca:





  1. Harus memakai cara di atas terlebih dahulu
  2. Jika kabel Hardisk eksternal sudah dicolok (tersambung), pergi ke device manager.




Untuk windows 8 ke atas sanggup memakai pencarian biar lebih cepat. Untuk windows 7 sanggup memakai cara ini





Hardisk eksternal sangat diperlukan ketika ingin mem Memperbaiki Hardisk Eksternal Minta Format dan Tidak Terbaca




  • Tekan tombol windows di pojok sebelah kiri
  • Cari Computer, kemudian klik kanan mouse
  • Pilih Manage




Lalu …,





Hardisk eksternal sangat diperlukan ketika ingin mem Memperbaiki Hardisk Eksternal Minta Format dan Tidak Terbaca




  1. Pilih Device Manager
  2. Lihat disebelah kanan, pilih Disk driver
  3. Carilah nama Hardisk eksternal yang sudah dinamai
  4. Klik kanan, uninstall
  5. Lalu cabut kabel Hardisk eksternal, urutannya terbalik dengan cara di atas, Port (lubang) CPU komputer/laptop/notebook terlebih dahulu kemudian Hardisk External.
  6. Colok kembali, tunggu beberapa ketika biasanya komputer akan scan (membaca) driver Hardisk eksternal
  7. Jika tidak di scan, pergi ke Device Manager lagi kemudian klik kanan nama Hardisk External
  8. Pilih update driver software atau scan for Hardware changes




Cara di atas biasanya tidak sanggup dipakai untuk Hardisk External yang minta format. Untuk mengatasi hal ini sanggup dilakukan dengan cara di bawah ini, cara ini juga cukup gampang dan tidak melalui bios.





Catatan : Harus memakai cara yang pertama (di atas) terlebih dahulu, kemudian kalau masih tidak sanggup gunakanlah cara di bawah ini, jangan lupa untuk sambungkan Hardisk External ke port laptop/CPU komputer/notebook.





Sebelum memulai perlu diingat terlebih dahulu di partisi mana Hardisk external tersebut. Misalkan Hardisk External saya berada di partisi H: berikut ini caranya.





Berikut ini cara memperbaiki Hardisk eksternal minta format:





Hardisk eksternal sangat diperlukan ketika ingin mem Memperbaiki Hardisk Eksternal Minta Format dan Tidak Terbaca




  1. Buka Command Prompt (CMD) dengan cara tekan tombol (dibarengi) “logo windows” dan “R” di keyboard kemudian ketik CMD. Bisa juga memakai fitur pencarian di windows untuk mencari command prompt, hanya dengan kata “CMD” nanti sanggup didapatkan.
  2. Setelah CMD terbuka, ketik perintah berikut ini:




Chdsk /f H:





Keterangan





  • Chdsk Mengecek atau memverifikasi data
  • /F Melakukan pengecekan secara menyeluruh dan mencoba untuk memperbaiki kesalahan yang ditemukan.
  • H: Partisi Hardisk




Hardisk eksternal sangat diperlukan ketika ingin mem Memperbaiki Hardisk Eksternal Minta Format dan Tidak Terbaca




  1. Tunggu beberapa saat, kira-kira paling usang sekitar 20 menit, itu kalau data yang ada di Hardisk banyak dan masing-masing mempunyai kapasitas yang besar.




Jika ada pesan “The type of the file system is RAW. chkdsk is not available for raw drives” sanggup kunjungi ke artikel: Cara memperbaiki Hardisk Eksternal yang menjelma RAW





Setelah memperbaiki dan mengembalikan Hardisk External, usahakan rawat dengan baik.





Ada beberapa tips cara merawat Hardisk biar kondusif ketika ingin menyambungkan ke CPU komputer/Laptop/Notebook, berikut ini tipsnya.





Tips biar Hardisk External tidak rusak kembali:





  • Usahakan ketika ingin memasang, pasanglah terlebih dahulu kabelnya ke Hardisk External gres ke komputer/Laptop/Notebook.
  • Usahakan ketika ingin mencabut Hardisk External jangan mencabut terlebih dahulu, Eject Hardisk External biar tidak corrupt data nya, dengan cara:

    • Pilih dan klik Ikon USB

    • Lalu pilih Eject [nama Hardisk yang sudah dinamai]


  • Jika ketika Hardisk External terpasang namun tiba-tiba mati lampu usahakan dicabut, kemudian pasang kembali dan lakukan cara memperbaiki Hardisk External minta format (di atas) biar komputer sanggup membaca dan memverifikasi data Hardisk External.




Rawat dan jaga Hardisk eksternal dengan baik sebab suatu ketika akan menyesal kalau tiba-tiba tidak sanggup diperbaiki dengan beberapa cara yang sudah tertera di atas.





Bagi yang bermasalah dengan hardisk internal tidak terbaca sanggup mengikuti: cara memperbaiki hardisk tidak terbaca di laptop sesudah install windows.





Jika ada cara yang lebih jitu atau lebih akurat dari ketiga cara di atas sanggup berkomentar di artikel ini, dan kalau ada saran untuk merawat Hardisk External dengan baik jangan ragu-ragu untuk berkomentar.



Sumber https://bersamatekno.com

0 Response to "Memperbaiki Hardisk Eksternal Minta Format Dan Tidak Terbaca"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel