Memahami Fungsi Data Base Dalam Rumus Microsoft Excel
Rumus excel lengkap: pada postingan yang kemudian kita telah bahas jenis-jenis fungsi dalam excel, yang salah satunya berafiliasi dengan fungsi database.
Fungsi database dalam rumus microsoft exel merupakan fungsi yang berafiliasi dengan data base atau kumpulan dari beberapa data-data yang penting dan yang khusus di gunakan pada lingkungan data base atau pengolahaan data dalam daftar.
Pada fungsi database kali ini rumus excel lengkap akan menyajikan beberapa rumus yang termasuk fungsi data base, di antaranya:
1. Fungsi DSUM
2. Fungsi DAVERAGE
3. Fungsi DMAX
4. Fungsi DMIN
5. Fungsi DCOUNT
Fungsi – fungsi di atas sepintas seolah-olah dengan fungsi – fungsi stasistik biasa, fungsi database berguna yang spesifik untuk menghitung data-data yang sesuai dengan kriteria tertentu yang di berikan. Dengan demikian fungsi-fungsi ini mempunyai keistimewaan untuk melaksanakan “operasi bersyarat” sementara fungsi statistic melakukan operasi secara umum terhadap suatu range. Fungsi-fungsi ini kadang disebut sebagai “d Function”atau “Fungsi D “.
Mari kita bahas satu persatu-satu fungsi tersebut:
1. Fungsi DSUM
Fungsi ini dipakai untuk mencari jumlah total pada suatu database tertentu dengan memakai kriteria yang di berikan.
Rumus dasarnya: =DSUM(database,field,range_criteria)
2. Fungsi DAVERAGE
Fungsi ini dipakai untuk mencari rata-rata pada suatu database tertentu dengan memakai kriteria yang di berikan.
Rumus dasarnya: =DAVERAGE(database,field,range_criteria)
3. Fungsi DMAX
Fungsi ini dipakai untuk mencari data tertinggi pada suatu database tertentu dengan memakai kriteria yang di berikan.
Rumus dasarnya: =DMAX(database,field,range_criteria)
4. Fungsi DMIN
Fungsi ini dipakai untuk mencari data terendah pada suatu database tertentu dengan memakai kriteria yang di berikan.
Rumus dasarnya: =DMIN(database,field,range_criteria)
4. Fungsi DCOUNT
Fungsi ini dipakai untuk mencari jumlah data pada suatu database tertentu dengan memakai kriteria yang di berikan.
Rumus dasarnya: =DCOUNT(database,field,range_criteria)
Keterangan rumus dasar pada fungsi database adalah:
Database berisi rentang sel yang membentuk daftar atau database. Database ialah daftar dari data yang terkait di mana baris-baris info terkait ialah rekaman, dan kolom-kolom data ialah bidang. Baris pertama daftar tersebut berisi label untuk masing-masing kolom.
Field mengindikasikan kolom yang dipakai dalam fungsi tersebut.
Criteria Adalah rentang sel berisi syarat yang Anda tentukan. Anda sanggup memakai rentang untuk argumen kriteria, selama mencakup setidaknya satu label kolom dan setidaknya satu sel di bawah label kolom di mana Anda memilih kondisi untuk kolom tersebut.
Contoh penggunaan fungsi data base dalam rumus microsoft excel.
Pertama, buatlah database terlebih dahulu.
Lihat pola data di bawah ini.
Kedua, Buatlah data yang akan di isi dari data base tersebut.
Contoh data pengisian.
Dari data di atas kita tentukan rumus yang sesuai untuk mengisi data tersebut.
Menghitung total gaji.
Rumusnya =
Rumusnya =
Rumusnya =
Rumusnya =
Rumusnya =
Untuk mengisi data yang kososng di bawahnya, kita gunakan akomodasi Tabel pada hidangan Data.
Berikut langkah-langkahnya
Sekian sajian dari rumus excel lengkap perihal fungsi database pada rumus excel, agar membantu dan terimakasih.
Sumber http://fungsiexcellengkap.blogspot.com
Fungsi database dalam rumus microsoft exel merupakan fungsi yang berafiliasi dengan data base atau kumpulan dari beberapa data-data yang penting dan yang khusus di gunakan pada lingkungan data base atau pengolahaan data dalam daftar.
Pada fungsi database kali ini rumus excel lengkap akan menyajikan beberapa rumus yang termasuk fungsi data base, di antaranya:
1. Fungsi DSUM
2. Fungsi DAVERAGE
3. Fungsi DMAX
4. Fungsi DMIN
5. Fungsi DCOUNT
Fungsi – fungsi di atas sepintas seolah-olah dengan fungsi – fungsi stasistik biasa, fungsi database berguna yang spesifik untuk menghitung data-data yang sesuai dengan kriteria tertentu yang di berikan. Dengan demikian fungsi-fungsi ini mempunyai keistimewaan untuk melaksanakan “operasi bersyarat” sementara fungsi statistic melakukan operasi secara umum terhadap suatu range. Fungsi-fungsi ini kadang disebut sebagai “d Function”atau “Fungsi D “.
Mari kita bahas satu persatu-satu fungsi tersebut:
1. Fungsi DSUM
Fungsi ini dipakai untuk mencari jumlah total pada suatu database tertentu dengan memakai kriteria yang di berikan.
Rumus dasarnya: =DSUM(database,field,range_criteria)
2. Fungsi DAVERAGE
Fungsi ini dipakai untuk mencari rata-rata pada suatu database tertentu dengan memakai kriteria yang di berikan.
Rumus dasarnya: =DAVERAGE(database,field,range_criteria)
3. Fungsi DMAX
Fungsi ini dipakai untuk mencari data tertinggi pada suatu database tertentu dengan memakai kriteria yang di berikan.
Rumus dasarnya: =DMAX(database,field,range_criteria)
4. Fungsi DMIN
Fungsi ini dipakai untuk mencari data terendah pada suatu database tertentu dengan memakai kriteria yang di berikan.
Rumus dasarnya: =DMIN(database,field,range_criteria)
4. Fungsi DCOUNT
Fungsi ini dipakai untuk mencari jumlah data pada suatu database tertentu dengan memakai kriteria yang di berikan.
Rumus dasarnya: =DCOUNT(database,field,range_criteria)
Keterangan rumus dasar pada fungsi database adalah:
Database berisi rentang sel yang membentuk daftar atau database. Database ialah daftar dari data yang terkait di mana baris-baris info terkait ialah rekaman, dan kolom-kolom data ialah bidang. Baris pertama daftar tersebut berisi label untuk masing-masing kolom.
Field mengindikasikan kolom yang dipakai dalam fungsi tersebut.
Criteria Adalah rentang sel berisi syarat yang Anda tentukan. Anda sanggup memakai rentang untuk argumen kriteria, selama mencakup setidaknya satu label kolom dan setidaknya satu sel di bawah label kolom di mana Anda memilih kondisi untuk kolom tersebut.
Contoh penggunaan fungsi data base dalam rumus microsoft excel.
Pertama, buatlah database terlebih dahulu.
Lihat pola data di bawah ini.
Kedua, Buatlah data yang akan di isi dari data base tersebut.
Contoh data pengisian.
Dari data di atas kita tentukan rumus yang sesuai untuk mengisi data tersebut.
Menghitung total gaji.
Rumusnya =
- =DSUM(A6:G14;G6;A21:A22)
Rumusnya =
- =DAVERAGE(A6:G14;G6;A21:A22)
Rumusnya =
- =DMAX(A6:G14;G6;A21:A22)
Rumusnya =
- =DMIN(A6:G14;G6;A21:A22)
Rumusnya =
- =DCOUNT(A6:G14;G6;A21:A22)
Untuk mengisi data yang kososng di bawahnya, kita gunakan akomodasi Tabel pada hidangan Data.
Berikut langkah-langkahnya
- Blok data rekapitulasi honor guru dan pegawai (A22:F25)
- Klik hidangan Data
- Pada group Data Tools klik What_if_Analysis
- Selanjutnya sorot dan klik Data Tabel
- Setelah muncul kotak obrolan Data Tabel. Masukan alamat cell pada Column_input_cell.
- Setelah final tekan tombol OK
Sekian sajian dari rumus excel lengkap perihal fungsi database pada rumus excel, agar membantu dan terimakasih.
0 Response to "Memahami Fungsi Data Base Dalam Rumus Microsoft Excel"
Posting Komentar