iklan banner

Ini 12 Cara Guru Menciptakan Siswa Menjadi Aktif, Kreatif Dan Berprestasi



Kreativitas bisa dilakukan di mana saja dan oleh siapa saja Ini 12 Cara Guru Membuat Siswa Menjadi Aktif, Kreatif dan Berprestasi

Kreativitas bisa dilakukan di mana saja dan oleh siapa saja. Dengan kreativitas semua bidang kehidupan akan semakin maju alasannya yakni penemuan lahir dari kreativitas. Dengan membuat siswa di kelas menjadi siswa yang kreatif akan membuat siswa mengenali sendiri potensi dan kemampuannya, sehingga guru sanggup mengasah potensi tersebut.

Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran merupakan faktor penting, acara aktif ini tidaklah hanya berupa keterlibatan secara fisik belaka, tetapi hal yang lebih utama yakni keterlibatan intelektual-emosional. Guru mempunyai tugas penting dalam mengenalkan dan menyebarkan pemikiran kreatif pada siswa.

Untuk menyebarkan kreativitas siswa sanggup dilakukan dengan cara-cara yang sederhana. Berikut yang bisa dilakukan. Berikut yang bisa dilakukan guru untuk membuat siswa di kelas menjadi lebih aktif dan kreatif menyerupai yang di tulis Agus Sampurno, Seorang fasilitator pendidikan yang di lansir dari gurukreatif.wordpress.com. 
  1. Minta siswa mengajarkan siswa lainnya sebagai bab dari taktik belajar.
  2. Latih siswa untuk beropini dengan terang dan lancar, sebagai cara membuat siswa percaya diri di depan teman.
  3. Biasakan siswa untuk bisa berpartisipasi dalam kelompok.
  4. Buat acara di kelas semoga siswa bisa berpikir berdikari sekaligus menjadi pemecah masalah.
  5. Siapkan penugasan bagi siswa yang di ujung penugasannya siswa diminta mengekspresikan diri secara kreatif bisa dengan drama, komik atau hal lain yang menuntut siswa kreatif.
  6. Sering-seringlah meminta siswa bekerja sama dalam kelompok semoga mereka terbiasa bekerja sama dengan orang lain.
  7. Sering-sering memberi penugasan yang kreatif contohnya daripada sekedar meminta siswa merangkum isi buku, lebih baik meminta siswa mendesain ulang covernya.
  8. Mengikut sertakan ‘suara’ siswa dalam perencanaan pengajaran. Dengan demikian siswa biasa mengungkapkan pikiran dan berani mengungkapkan pendapat.
  9. Saat membahas sesuatu di kelas, sering-seringlah bertanya, “apa yang terlintas di pikiranmu saat mendengar kata.
  10. Berikan pekerjaan rumah yang berkualitas pada siswa, bukan yang sekedar membuat siswa pusing. Misalnya daripada meminta siswa mengerjakan soal pilihan ganda, lebih baik meminta siswa melaksanakan wawancara, memotret gambar lewat HP lalu menawarkan komentar dan banyak acara lainnya yang membuat siswa tertantang.
  11. Memperbanyak diskusi dan interaksi antar siswa di kelas, mengurangi ceramah dan komunikasi satu arah di kelas, hanya dari guru pada siswa.
  12. Menciptakan budaya menjelaskan di kelas, bukan sekedar menjawab yang betul. Artinya jikalau ada siswa yang menjawab betul minta ia menjelaskan alasannya dengan demikian siswa yang lain bisa terbantu dalam berusaha untuk mengerti.

Abstrak, untuk menyebarkan kreativitas siswa sanggup lakukan dengan menyesuaikan diri atau membangun suasana yang mengarah pada kemampuan untuk berpikir dan bekerja. Pengetahuan yakni intinya penguasaan, dan penerapan ilmu juga dalam bentuk keterampilan. Dengan membuat sesuatu yang gres akan terus menjadi terangsang oleh mahasiswa imajinasi. Semoga sukses


Sumber http://sekolahops16.blogspot.com

0 Response to "Ini 12 Cara Guru Menciptakan Siswa Menjadi Aktif, Kreatif Dan Berprestasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel