iklan banner

Cara Bisnis Kecil-Kecilan Yang Menguntungkan

 komunikasi dengan Sahabat PoBis terjalin dua arah Cara Bisnis Kecil-Kecilan Yang MenguntungkanAlhamdulillah ada inbox yang masuk… Saya bahagia ada inbox yang masuk, alasannya ialah itu artinya, komunikasi dengan Sahabat PoBis terjalin dua arah. Saya sangat terbuka barangkali Sahabat PoBis mempunyai pertanyaan apa saja mengenai bisnis, sanggup eksklusif ditulis dikolom comment di bawah tiap artikel, atau inbox saya lewat contact. Saya akan berusaha menjawab setiap pertanyaan yang masuk. Sahabat PoBis juga sanggup mengusulkan materi untuk dibahas di web kita tercinta ini.


Nah, kali ini inbox yang saya terima bertanya mengenai cara bisnis kecil-kecilan.


Cara bisnis, entah itu yang “kecil-kecilan” maupun yang “gede-gedean”, bersama-sama sama saja. Bedanya hanya pada skalanya saja. Bisnis kecil skalanya kecil, biasanya modalnya juga kecil, modal 1 juta atau dibawah 1 juta. Sebenarnya ini masuk dalam kategori perjuangan mikro.


Namun jangan salah, bisnis kecil modal kecil kalau dikelola dengan baik sanggup tumbuh menjadi besar, bahkan sanggup dikembangan menjadi sebuah peluang perjuangan franchise.


Cara Mengelola Bisnis Kecil


Pengelolaan perjuangan kecil jauh lebih gampang dibanding perjuangan besar, alasannya ialah SDM (sumber daya manusia) yang terlibat juga sedikit. Tak jarang semua hal dilakukan seorang diri. Pemilik bisnis merangkap bab produksi, merangkap pemasaran, merangkap penjualan, dan merangkap segalanya.


Cara mengelola SDM, identik dengan cara mengelola diri sendiri, bagaimana Anda mengatur jadwal, dan menciptakan segalanya menjadi efektif. Kalau perjuangan lagi down, hal biasa dalam bisnis, Anda harus sanggup menyemangati diri, atau mencari hal yang sanggup membangkitkan kembali gairah bisnis Anda. Karyawan yang dimiliki bisnis kecil jumlahnya tidak banyak, mengelola dan mengawasinya jaun lebih gampang dibanding mengelola dan mengawasi ratusan orang di bisnis besar.


Keterbatasan modal merupakan permasalahan klasik bisnis kecil-kecilan, modal biasanya diperoleh dari tabungan pribadi, atau dukungan saudara. Pinjaman dari perbankan mungkin agak sulit untuk didapatkan. Namun Anda sanggup memanfaatkan jadwal pemerintah. Cari tahu, pemerintah sering menciptakan jadwal untuk perjuangan kecil mikro, biasanya penyalurannya lewat bank plat merah, menyerupai BRI, atau jadwal khusus kadang lewat pemerintah kawasan setempat.


Karena modal kecil inilah, maka bisnis kecil-kecilan harus mengatur keuangan dengan baik. Jangan campur adukkan keuangan perjuangan dengan keuangan keluarga. Kalau perlu jangan ambil keuntungan, tabunglah semua laba untuk pengembangan usaha.


Bagaimana cara bisnis kecil-kecilan melaksanakan pemasaran? Pada awal usaha, fokus pemasaran pada kawasan sekitar tempat usaha. Jika perlu, gunakan brosur fotocopy untuk mempromosikan produk Anda. Harus gencar melaksanakan promosi penjualan. Bila perlu lakukan penjualan door to door. Seperti perjuangan pudding cup milik Syifa pertama kali dipasarkan di kompleks perumahannya yang kebetulan dihuni pasangan muda, sehingga banyak anak-anak.


Cara Bisnis Kecil-Kecilan Seperti Apa Yang Menguntungkan dan Bisa Dikerjakan Di Rumah?


Biasanya bisnis kecil-kecilan dimulai dari perjuangan rumahan. Dan yang paling lumrah ialah bisnis makanan. Contoh bisnis kecil bidang makanan:



  • Usaha bakso bakar atau bakso tusuk, modal 1 juta, gosip lengkapnya klik disini

  • Puding cup, info lengkapnya klik disini

  • Bisnis kuliner ringan anggun basah, info lengkapnya klik disini

  • Bisnis murah meriah bubur ayam, info lengkapnya klik disini

  • Dan masih banyak lagi… silakan kembangkan ilham bisnis Anda..


Selain bisnis makanan, bidang bisnis kecil yang lain ialah bisnis kerajinan tangan. Anda sanggup memanfaatkan bahan-bahan yang barangkali dianggap tak mempunyai kegunaan dan menyulapnya menjadi bernilai dan punya nilai jual. Hanya saja, selain modal uang, Anda harus mempunyai modal ketrampilan dan kreatifitas. Beberapa pola bisnis kecil bidang kerajinan tangan diantaranya:



  • Kerajinan dari barang bekas,

  • Kerajinan dari enceng gondok,

  • Kerajinan dari klobot jagung, gosip lengkapnya klik disini

  • Kerajinan dari mendong,

  • Dan banyak lagi… Silakan kembangkan kreatifitas Anda…


Selain kedua hal di atas, bisnis modal kecil lain yang sanggup Anda tekuni ialah bisnis online. Untuk bisnis yang satu ini diharapkan ketekunan. Bisa dikatakan nyaris tanpa modal. Jika tidak punya komputer dan sambungan internet, Anda sanggup memanfaatkan warnet. Tidak punya barang untuk dijual secara online? Anda sanggup menekuni bisnis dropship atau affiliate marketing. Bagaimana cara bisnis online? Anda sanggup berjualan lewat facebook, marketplace (seperti tokopedia, olx, bukalapak), dan sanggup juga berjualan lewat forum, menyerupai FJB Kaskus.


Berbagai cara bisnis kecil-kecilan tersebut di atas sanggup Anda kerjakan di rumah. Seringkali dijadikan bisnis sambilan ibu rumah tangga disela waktu senggang mengurus keluarga. Namun saya tetap menyarankan Anda untuk mengelola bisnis secara serius seberapapun kecilnya skala bisnis Anda. Sudah banyak pola bisnis kecil yang lalu bertumbuh kembang menjadi bisnis besar.


sumber gambar: e27.co



Sumber https://www.pojokbisnis.com

0 Response to "Cara Bisnis Kecil-Kecilan Yang Menguntungkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel