iklan banner

✔ Masuk 10 Besar Waktu Icad

Hi semua balik lagi sama gue kali ini gue mau ngelanjutin yang kemaren gua bikin tengtang Icad kan gue bilang bakal lanjut di artikel selanjutnya. Nah kini saatnya gue lanjutin sebernya gue males banget ngerjainya tapi sebab harus ini tugas, jadi ya mau ga mau harus ngerjain.


Jadi gini semua gue waktu itu kan udah diumumin ya kalo gue sama tim gue masuk icad ke 10 besar. Tenyata pihak icad ga cuma mau konsep sama wangsit doang mereka mau ngeliat barangnya, yan ggue bilang tv automatis sleep itu.


Karena kita juga ga nyangka bakal masuk sampe 10 besar gini, jadi kita waktu itu agak gundah dapat ga ya bikin ini beneran. Terus abis di pikir-pikir bareng, ga taunya guru gue ternyata punya dosen yang mahir banget wacana urusan mesin gini.


Oke kita mulai ya lanjutin ceritanya.


Terus abis guru ngejelasin apa yang pengen kita buat ke dosenya ternyata katanya dapat di buat. Abis itu kita agak hening deh, tapi yang namanya ngebuat barang niscaya kita butuh alat dan materi kan untuk ngerjainya.


Setelah kita dikasih tau sama dosen guru, apa aja yang harus di siapin sama yang harus dikerjain kita eksklusif beli deh barang-barangnya.


Tapi ya emang walaupun barang-barang udah ada tapi kita tetep aja ga dapat ngebuatnya haha. Kaprikornus kita minta tolong di bantuin sama guru dan dose yang tadi gue ceritain, terus kita harus ngebuat komitmen juga kan, kapan bisanya.


Bahan yang kita udah beli sih masih sederhana ya cuma kayak webcame, kabel-kabel, gunting, obeng ya yang gitu-gitu deh pokoknya. Tapi kan namanya tv automatis sleep yang pasi kita butuh tv untuk dibongkar untuk di pasangin semuanya kaya sensor, lampu, webcamenya.



Mengambil dana ke pihak icad


Hi semua balik lagi sama gue kali ini gue mau ngelanjutin yang kemaren gua bikin tengtang  ✔ Masuk 10 besar waktu icad


Tapi semua itu niscaya butuh uang, dan kita ga punya uang. Tapi ternyata emang pihak Icad nyuruh kita untuk bikin usulan dana untuk project ini. Yaudah tuh kita bikin kita mahal mahalin aja pokoknya, kayak kita tulisin dari yang paling mahal sampe yang paling murah.


Kita bikin usulan juga ga sendiri duduk perkara ini udah tingkat ke 10 besar ga dapat main-main lagi. Kaprikornus kita di bantu sama guru kira untuk ngebuatnya bener-bener bagus. Untuk ngebuat usulan kayak gini kita butuh seharian untuk nyelesainya.


Setelah itu besoknya gres kita kirim usulan lewat email ke Icadnya. Kemudian mereka udah nerima dan mereka juga ngecek proposalnya, tapi ga gitu aja ia ngasih uang ke kita.


Mereka nagajak kita ketemuan, kita disuruh nyamperin mereka ke grandkemang Hotel.


Besoknya kita eksklusif kesana bareng-bareng. Disana ternyata banyak kelompok-kelompok yang lain, yang juga kesana dateng untuk minta dana ke pihak Icadnya.


Kemudian sebelum kita ngobrolin wacana dana yang pengen kita minta, pihak Icad ngajak keliling untuk ngeliat desain-desain product yang unik banget. Dari desain ruangan sampe benda-benda yang biasa jadi keliatan lebih beda manis banget.


Emang yang namanya juga Icad ya Indonesian Contemporary Art and Design. Seni desainya seindonesia mereka dapet wangsit itu juga dari orang-orang sih biasanya, terus mereka nyoba bikin deh.


Kemudian datang lah saatnya untuk ngomongin uang. Ngomonginnya itu eksklusif kaya dananya doang yang diomongin kita minta dana kan waktu itu banyak banget ya sekitar 15 jtan lah, tapi ya emang kita juga udah tau kalo mereka ga bakal ngasih uang 15 juta eksklusif gitu aja.


Jadi mereka ngurang-ngurangin dana dengan banyak alasan, kayak yang tv mereka bilang “tv kan ga harus tv baru, jadi tv bekas aja dapat kan?”. Kalo dari kitanya mah iya-iya aja, tapi emang waktu di sekolah kami ada tv yang udah ga pernah di pake lagi kayak tv tabung gitu tapi masih dapat nyala ya.


Membuat tv automatis sleep


Hi semua balik lagi sama gue kali ini gue mau ngelanjutin yang kemaren gua bikin tengtang  ✔ Masuk 10 besar waktu icad
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Setelah kita dan pihak Icad udah nego-nego kesudahannya kita Cuma dikasih sekita 1,5 jtan. Yaudah abis itu kita pulang ternyata jalanan macet banget kita sampe malem dari sore.


Beosknya gres kira eksklusif nyoba buat tv aoutomatis sleep nya. Kita di bantuin sama dosen dari guru kita juga, kita nyoba pertama kali ngebuat dari pagi sampe sore dan itu juga belom jadi. Apalagi kita anak smp yang ga ngerti apa-apa, jadi kita ga dapat soktau mau asal bikin juga.


Ternyata bikin nya tuh ga segampang yang dipikirin. Waktu itu aja kita gres dapat bikin kalo tv itu cuma dapat mati nyala sendiri, kalo kata dosen yang bantu kita sih ada alat yang kurang yang kita ga punya juga. Terus nyarinya susah katanya, terus katanya ia mau bantu nyariin barangnya juga, hari pertama pun selesai.


Besokan harinya ternyata dosennya guru kita ga dapat dateng sebab ada urusan. Selagi ada yang dapat kita kerjain ya kita bikin. Kaprikornus kita kan ga dapat ngebuat tvnya tuh, jadi kita disuruh negbuat laporan aja untuk peresentasi ahad depanya.


Kita bikin laporan dalam bentuk power point dan kita buat manis banget. Tapi sampe waktu itu tv itu belum jadi juga sebenernya, tapi tetep kita bawa buat peresentasi. Suapaya di kira mahir aja.


Peresentasi ke pihak icad


Hi semua balik lagi sama gue kali ini gue mau ngelanjutin yang kemaren gua bikin tengtang  ✔ Masuk 10 besar waktu icad


 


Setelah seminggu kita siap untuk peresentasi ke pihak Icad yang lebih jauh wacana tv automatis sleep ini. Saat itu ternyata lagi hari pahlwan kita semua para akseptor harus menggunakan baju yang sama semua baju apa ya aku lupa dulu, pokoknya kita semua pake baju samaan gitu.


Ternyata peresentasi sama menyerupai peresantasi yang pertama hanya boleh 2 orang aja yang memperesentasikan product yang di buat. Untuk yang kedua inin bukan gue yang peresentasi tapi temen gue karan waktu yang pertama gue udah jadi gantian lah.


Saya ga tau apa yang omongin waktu di dalem pas peresentasi sebab jadi pas selesai gue gres nanya-nanya ke temen gue, pertanyaan pertama yang gue tanya ialah “lu dapat ngejawab yang ditanya ga?”. Kalo berdasarkan gue sih gitu kalo peresentasi yang paling penting waktu tanya jawabnya kalo lu dapat jawab dengan manis niscaya berhasil.


Tapi kata temen gue di bilang kalo ga semua perntanyaannya dapat dijawab. Yaudah gue setim Cuma dapat pasrah.


Pengumuman finalis icad


Hi semua balik lagi sama gue kali ini gue mau ngelanjutin yang kemaren gua bikin tengtang  ✔ Masuk 10 besar waktu icad


Kita disana sampe malem dari pagi, emang kita kan ngantri ya waktu perensentasi juga. Kaprikornus ya emang niscaya mereka gundah juga dari 10 product yang dibikin. Siapa yang bakal lanjut ke babak terakhir.


Waktu pengumuman pun tiba. Ternyata rules kejuaraan di ganti oleh pihak Icad dari 10 tim dan product yang beda-beda eksklusif mereka bikin 1 juara yang mendapat hadiah batu itu sebesar 20jt.


Mereka ga memberi tahu kepada kita semua siapa yang juara 1 dan 2. Mereka hanya mengumumkan juara pertamanya saja.


Juara pertama diraih, waktu itu aku lupa ya tapi aku ingat product yang ia bikin. Kaprikornus ia menciptakan alat pengering dari kenalpot motor. Emang keren sih idenya dan ia udah jadi juga waktu itu alatnya.


Jadi kenalpot motor kan mengeluarka udara panas ya, nah udara panas tersebut di alirkan ke sebuah kotak yang ada saringanya. Kemudian udara panas yang higienis tadi dapat dijadikan pengering ketika, contohnya sepatu kita berair sebab hujan, kita dapat masukan sepatu kita yang berair ke kotak tersebut dan kering dengan cepat.


 


Udah deh ibu, bapak, itu pengalaman aku selama Icad 2011 kalo gasalah.


Sampai jumpa di next artikel lainya maaf kalo ngebosenin ya.


 



Sumber https://wanipira.com

0 Response to "✔ Masuk 10 Besar Waktu Icad"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel