iklan banner

Lan Card : Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Cara Kerja

Teknologi info ketika ini sudah sangat berkembang, kemajuan ini bisa anda lihat dengan banyak nya perangkat menyerupai komputer PC, laptop dan juga smartphone.

Berbagi jenis komputer dalam bentuk chip yang tertanam di mesin, untuk membantu kinerja mesin menjadi lebih baik. Dengan berjalannya sistem komputer, komputer mempunyai banyak bab yang harus diperiksa dalam perakitan, alasannya yaitu jikalau ada kesalahan, maka komputer tidak akan berjalan lagi.

Salahsatu bab yang mempunyai tugas yang sangat penting yaitu LAN card.

Daftar isi:
Pengertian lan card
Fungsi lan card
Jenis lan card dan kecepatannya
Cara kerja lan card
Harga lan card
Gambar lan card
Merk lan card terbaik

Pengertian LAN Card

Pengertian LAN Card atau kartu jaringan atau NIC yaitu salahsatu perangkat keras komputer yang di jaringan komputer. Berarti, jikalau komputer anda tidak dilengkapi dengan LAN Card maka komputer anda tidak akan bisa terhubung dengan jaringan komputer manapun.

Atau, pengertian LAN Card yaitu kartu atau papan elektronik yang ditanam pada setiap PC yang terhubung ke jaringan.

Maksudnya kartu jaringan merupakan pintu ke jaringan di komputer, setiap jenis dari kegiatan jaringan memerlukan LAN Card. Dengan kata lain, LAN Card bisa disebut jembatan penghubung dari komputer ke sebuah jaringan komputer.

Beberapa komputer yang dijual di pasaran sudah dilengkapi dengan LAN Card. Jika anda ingin membeli komputer, Anda bisa menanyakan eksklusif kepada penjualnya apakah pada PC tersebut sudah dipasangkan NIC. Jika belum Anda bisa meminta penjualnya untuk memasangkannya, atau jikalau anda mau, anda bisa memasangnya sendiri.

Kartu LAN itu sendiri mempunyai bentuk menyerupai soket untuk jaringan telepon kabel, tetapi mempunyai sejumlah pin, dengan bentuk pipih.

Berikut yaitu gambar LAN Card atau NIC.
 Teknologi info ketika ini sudah sangat berkembang LAN Card : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja
Lan Card ; Gambar oleh Google.co.id


Fungsi LAN Card

LAN Card pada komputer itu sendiri mempunyai banyak fungsi. Fungsi utama dari kartu LAN yaitu untuk mendukung koneksi jaringan antara komputer atau PC di dalam ruangan, menyerupai ruang kelas, kantor, sekolah, dan rumah. Dengan koneksi antara PC dan server di dalam ruangan dengan memakai kartu LAN, komunikasi akan lebih mudah

Jenis jenis LAN Card


Ada banyak jenis LAN Card yang bisa anda pilih. Namun anda perlu memperhatikan tiga hal sebelum anda memutuskan untuk membelinya.


  • Jenis kartu;
  • Jenis protokol;
  • Jenis kabel yang didukung.


Ada beberapa macam jenis LAN Card, yaitu Card PCI (Peripheral Component Interconnect) dan Card ISA (Industry Standard Architecture), Card USB dan PCI Wireless LAN Card. 

Sebagai penjelasan, pada komputer ada beberapa slot (tempat menancapnya kartu) yang disebut expansion slot.

Slot-slot tersebut sengaja dibiarkan kosong oleh pembuat komputer supaya Anda bisa meningkatkan kemampuan komputer dengan menambahkan beberapa kartu, misalnya;


  • Kartu bunyi supaya komputer “bersuara bagus”,
  • Kartu video supaya tampilan layar komputer lebih manis dan jelas
  • Kartu SCSI (Small Computer System Interface) supaya komputer bisa berkomunikasi dengan perangkat berbasis SCSI, atau
  • Network interface card supaya komputer bisa berkomunikasi dengan komputer lain dalam jaringan.

 Teknologi info ketika ini sudah sangat berkembang LAN Card : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja
ISA

 Teknologi info ketika ini sudah sangat berkembang LAN Card : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja
PCI

Jenis Slot

Ada dua jenis slot yang banyak dijumpai pada komputer-komputer yang beredar di pasaran, yaitu slot PCI dan slot ISA. Jika Anda membuka casing komputer, anda akan melihat di bab belakang dua deret slot.

Slot PCI umumnya berwarna putih, dan slot ini lebih pendek dibandingkan slot ISA yang berwarna hitam. Slot PCI mendukung kecepatan input dan output yang lebih tinggi. Di pasaran, umumnya harga kartu PCI lebih mahal.

Dari sisi protokol, jenis protokol umumnya dipakai ketika ini yaitu Ethernet dan Fast Ethernet. Namun selain dua protocol di atas, ternyata ada beberapa protokol lain yang kurang populer, yaitu Token Ring, FDDI, dan ATM.

Dua protokol terakhir cenderung dipakai pada jaringan besar sebagai backbone (jaringan tulang punggung yang menghubungkan banyak segmen jaringan yang lebih kecil).

Protokol Ethernet mendukung kecepatan transfer data hingga 10 Mbps, sedangkan Fast Ethernet mendukung kecepatan transfer data hingga 100Mbps. Jika anda ingin memakai protokol Ethernet, Anda harus membeli kartu Ethernet begitu juga jikalau anda menentukan Fast Ethernet.

Namun  ada juga kartu combo yang mendukung protocol Ethernet maupun Fast Ethernet. Kartu combo bisa mendeteksi sendiri berapa kecepatan yang sedang dipakai pada jaringan.

A. Ethernet Card / Kartu Jaringan Ethernet

Ethernet Card umumnya terpisah dengan komputer, kecuali komputer jenis Macintosh yang sudah mengikutsertakan Ethernet Card didalamnya.

Ethernet Card biasanya telah menyediakan port koneksi untuk kabel Koaksial ataupun kabel twisted pair, jikalau di desain untuk kabel koaksial konenektorya yaitu BNC namun apabila didesain untuk kabel twisted pair maka memakai konektor RJ-45.

Beberapa Ethernet Card kadang juga punya konektor AUI (Attachment Unit Interface). Semua itu di koneksikan dengan koaksial, twisted pair, ataupun kabel fiber optic.
 Teknologi info ketika ini sudah sangat berkembang LAN Card : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja
Ethernet


B. LocalTalk Connectors/Konektor
LocalTalk yaitu kartu jaringan yang dipakai komputer macintosh, ini memakai sebuah kotak adapter khusus dan kabel yang terpasang ke Port untuk printer.

Jika di bandingkan dengan Ethernet, LocalTalk memang kalah. Karena kecepatan nya hanya 230 Kbps atau setara dengan 0.23Mps. SedangkanEthernet dapatmencapai 10 Mbps.

 Teknologi info ketika ini sudah sangat berkembang LAN Card : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja
LocalTalk

C. Token Ring Cards
Kartu jaringan Token Ring yaitu perangkat keras komputer yang hampir sama dengan Ethernet Card. Namun perbedaannya yaitu tipe konektor di belakang kartu jaringannya, token ring biasanya mempunyai jenis konektor 9 Pin DIN (Deutsche Industrinorm, organisasi standar setting Jerman) yang menyambung kartu jaringan ke kabel Network.

 Teknologi info ketika ini sudah sangat berkembang LAN Card : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja
Token Ring

Dalam menentukan LAN Card, Anda harus menyesuaikan dengan jenis kabel yang telah Anda pasang. Port untuk kabel UTP bentuknya menyerupai dengan kabel telepon tetapi sedikit lebih besar, port kabel UTP dikenal sebagai RJ-45. Ada beberapa kartu yang mendukung dua atau lebih jenis kabel.

Namun jikalau Anda hanya akan memakai satu jenis kabel, pilihlah kartu yang mendukung satu jenis kabel saja alasannya yaitu harganya lebih murah.

Satu hal lagi, jikalau Anda memakai komputer portabel (notebook), untuk berkoneksi ke jaringan, diperlukan kartu PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association). Bentuk kartu ini sama menyerupai kartu kredit, namun agak tebal.

D. LAN Card USB
Lan Card merupakan solusi terbaik jikalau pengguna kehabisan slot PCI. Lan Card jenis ini lebih simple alasannya yaitu sanggup ke port USB, jikalau anda ingin membeli jenis LAN Card ini aku sarankan membeli dengan brand Logitech, Fujitsu, D-Link. brand merk tersebut yaitu brand LAN Card terbaik.

E. PCI Wirelless LAN Card

Jenis yang satu ini kini lagi populer, jaringan tersebut dibangun tanpa memakai media kabel melainkan memakai media wireless, jadi selain dengan USB Wireless ini bisa menjadi alternatif. Dengan jenis ini pemasangan nya pada slot PCI tetapi output nya antena wirelless.

 Teknologi info ketika ini sudah sangat berkembang LAN Card : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja
PCI Wireless

Cara Kerja LAN Card

Dua atau lebih komputer tidak akan sanggup terhubung ke perangkat jaringan, menyerupai Kartu LAN. Perangkat keras ini menghubungkan komputer ke jaringan memakai alamat MAC. Kinerja LAN Card tidak melepaskan pengaruhnya dari OSI (Open System Interconnectioons). OSI yaitu model teoritis pada jaringan komputer, dan terdiri dari 7 lapisan.

Dua lapisan pertama OSI yaitu lapisan fisik dan juga lapisan data link. Masing-masing lapisan OSI memungkinkan yang lain untuk tetap independen. Upaya untuk meningkatkan atau mengganti lapisan tidak akan mengarah pada independensi lapisan lainnya. Ini berarti bahwa kartu LAN, elemen komputer lain, menyerupai protokol, tidak akan berubah

Fungsi data link dari LAN Card menyediakan kemudahan data biner dari jaringan di tingkat perangkat keras. LAN Card sanggup disebut fatwa dan bahkan bisa mengakses kesalahan yang ada. Sebagai pengguna komputer terhubung ke jaringan komputernya, ia akan melihat 2 (dua) lampu: Satu hijau, dan lagi warna orange. 

Lampu orange akan terus menyala dengan menghubungkan lapisan data. Ini termasuk dalam kabel, ada jaringan dan berisi fatwa data. Selain itu, lampu hijau akan muncul segera sehabis lapisan berikutnya diaktifkan

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Lan Card : Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Cara Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel