iklan banner

✔ Kumpulan Pola Surat Resmi (Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri Dan Fungsinya) Lengkap

Contoh Surat Resmi – Sudah pernah menciptakan surat resmi?  Atau masih kesulitan nulisnya gimana? Bagi kalian yang masih gundah mengenai surat resmi. Jangan khawatir, kali ini kita mau mengulas mengenai pengertian, jenis, fungsi, dan ciri- ciri  beserta pola surat resmi. Surat resmi biasa dipakai untuk melamar pekerjaan, maupun kegiatan resmi lainnya menyerupai : surat seruan dan surat  keputusan.



Pengertian Surat Resmi


Sebenarnya apa sih bedanya surat resmi dengan sama surat biasa? Surat resmi berbeda dengan surat tidak resmi, mulai dari cara penulisannya hingga  bahasa yang digunakan. Jika kita menulis surat dengan bahasa sehari hari maka disebut dengan surat tidak resmi, contohnya saja surat pribadi.


Sementara yang  dinamakan dengan surat resmi yaitu ketika memakai bahasa resmi atau baku. Secara pengertian, surat resmi yaitu surat yang dikeluarkan oleh perseorangan, instansi, maupun organisasi tertentu, yang  bersifat formal dan berkepentingan resmi.


Ciri-Ciri Surat Resmi 


Selain bahasa, surat resmi memiliki karakteristik berbeda dengan surat tidak resmi. Surat – surat resmi memiliki ciri-ciri sebagai berikut :


Menggunakan kop surat (Jika dikeluarkan oleh lembaga)


Kop surat atau kepala surat yaitu identitas dari instansi (perusahaan atau organisasi ) dari pengirim surat semoga akseptor mengetahui pengirim surat. Kop surat terletak dibagian atas surat.


Mengunakan nomor surat, lampiran, dan perihal




  • Nomor Surat




Yang membedakan surat resmi dengan yang lainnya yaitu adanya nomor surat, lampiran dan perihal. Nomor surat berfungsi :



  1. Untuk membagi Penggolongan atau pengelompokan surat sesuai dengan jenis isi surat

  2. Untuk memudahkan pencarian bila surat dibutuhkan

  3. Untuk memudahkan penyimpanan administratif

  4. Untuk memudahkan pengontrolan frekuensi pengiriman surat


Adapun saat  pembuatan nomor surat, hal yang harus diperhatikan antara lain yaitu :



  1. Nomor surat dikeluarkan sesuai dengan urutan surat, dihitung semenjak nomor selesai pembuatan surat

  2. Kode kedudukan surat, missal KEl = Surat keluar

  3. Bulan dan tahun pembuatan

  4. Kode tujuan surat, missal SPK (Surat Perintah kerja )


Contoh



Nomor : 016/ SPK/II/2017


016        : Menunjukkan surat ke -16


SPK       : Surat Perintah Kerja


II           : dibentuk pada bulan ke-2 (Februari)


2017      : Dibuat pada tahun 2017



 




  • Lampiran




Lampiran disertakan bila ada, namun bila tidak ada cukup diberi tanda (-)


 


Menggunakan salam pembuka dan epilog resmi,


Salam pembuka dan epilog seperti: Hormat saya, Hormat kami, dan Assalamu’alaikum.


Menggunakan Bahasa Baku


Bahasa baku yaitu ragam bahasa yang yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia dengan mengacu pada  Ejaan Bahasi Indonesia (EBI) serta Kamus Besar bahas Indonesia (KBBI ).


Membubuhkan cap atau stempel


Cap atau stempel merupakan penguat dari tanda tangan suaru instansi tertentu atau perseorangan. Dibubuhkan diatas tanda tangan pengirim.


Menggunakan format goresan pena tertentu (Tidak bebas)


Format goresan pena telah ditentukan pada bagian- cuilan surat resmi, jadi tidak asal menulissurat.  Surat resmi merupakan surat yang terstruktur dengan format tertentu.


Jenis Surat Resmi


Selain ciri–ciri surat resmi, semoga tidak salah dalam menulis surat resmi, kita  juga sebaiknya mengetahui jenis – jenis surat resmi. Adapun Jenis surat resmi menurut isinya. Terdapat 8 Jenis, diantarnya yaitu :



  1. Surat Undangan


Biasanya surat seruan ini yang sering kita temui. Surat seruan yaitu surat  yang bertujuan untuk mengundang seseorang atau instansi untuk kepentingan  tertentu. Seperti surat seruan rapat, seruan ijab kabul dan surat seruan program yang lainnya.



  1. Surat Panggilan


Surat ini berfungsi untuk memanggil seseorang atau instansi kepada instansi lain untuk kepentingan tertentu. Seperti surat panggilan kerja, surat panggilan interview DLL. Contoh surat lamaran kerja juga termasuk surat resmi.



  1. Surat Edaran


Surat edaran yaitu surat yang dikeluarkan oleh suatu instansi tertentu yang berisi informasi untuk kalangan tertentu pula, menyerupai surat edaran pengumuman libur sekolah



  1. Surat Keputusan


Surat keputusan yaitu Surat yang dikeluarkan oleh instansi yang berisi wacana keputusan tertentu kepada  anggota instansi. Semisal Surat Keputusan Pengangkatan Karyawan, Surat Keputusan Pengangkatan Pengurus. Surat ini biasanya di sikat dengan sebutan SK.



  1. Surat Perintah


Surat perintah yaitu surat remi yang berisi  wacana perintah tertentu, dari suatu instansi kepada instansi yang lain. Contohnya yaitu surat perintah lembur.



  1. Surat Kuasa


Surat Kuasa yaitu surat yang berisi wacana pemberian wewenang dari instansi atau perseorangan  dalam program tertentu.  Seperti surat kuasa pengambilan uang di Bank.



  1. Surat Perjanjian Kontrak Kerja


Surat ini biasanya dibentuk oleh suatu perusahaan yang dibentuk untuk perjanjian kepada calon karyawan. Berisi pernjanjian dan hak dan kewajiban antara perusahaan dan karyawan.



  1. Surat Niaga


Surat niaga yaitu surat  yang dipakai untuk transaksi antara penjual dan pembeli dalam jumlah yang tinggi. Contoh Surat pembelian tanah, surat pembelian rumah.


Fungsi Surat Resmi


Ternyata surat resmi memberi fasilitas kepada akseptor maupun pengirimnya, alasannya yaitu surat resmi memiliki banyak manfaat. Adapun surat resmi dibentuk alasannya yaitu memiliki fungsi- fungsi sebagai berikut:



  1. Sarana berkomunikasi


Sebelum teknologi berkembang menyerupai ketika ini, surat sudah dipakai sebagai alat komunikasi dari jarak jauh, namun hingga sata ini surat masih dipakai untuk kepentingan formal, menyerupai surat resmi.



  1. Sebagai dokumen tertulis


Dalam sebuah instansi biasanya membutuhkan dokumen tertulis untuk menjadi bukti dalam administrasi. Surat  menjadi penting alasannya yaitu merupakan bukti tertulis yang sanggup digunakan.



  1. Pedoman Kerja


Manfaat dari  surat resmi  yaitu sebagai fatwa kerja. Dalam perusahaam  pedoman kerja mengacu pada surat yang telah disepakati oleh pihak yang bersangkutan, menyerupai surat kontrak kerja. Dengan surat tersebut, hal – hal yang bersangkutan wacana fatwa kerja tertulis didalamnya.



  1. Wakil Penulis


Salah satu cara seseorang memberikan informasi kepada orang lain atau instansi yaitu melalui surat, hal ini di gunakan ketika seorang pengirim tidak bisa memberikan pribadi kepada yang dituju, Surat menjadi wakil dari penulis itu sendiri.



  1. Sebagai keterangan


Fungsi ini biasanya  digunakan untuk menjelaskan keadaan atau keterangan tertentu oleh pengirim. Contohnya surat keterangan lulus, surat keterangan tidak bisa dan surat keterangan izin pendirian bangunan. Bahwasanya surat tersebut menjelaskan  pengirim merupakan orang yang telah lulus, tidak bisa maupun orang yang telah izin melaksanakan pendirian bangunan.



  1. Sebagai jaminan


Surat juga berfungsi sebagai jaminan keamanan ataupun jaminan tertentu, untuk melindungi yang bersangkutan. Misalnya surat perjanjian dipakai sebagai jaminan tanggung jawab antara pihak satu dan yang lainnya


Bagian- Bagian Surat Resmi


 Nah, ini yang membedakan surat resmi denga yang lainnya. Surat resmi lebih tersruktur dan terdapat ketentuan- ketentuan dalam penulisan. Salah satunya yaitu bagian- cuilan surat. Bagian surat yaitu komponen yang harus terpenuhi dalam surat resmi. Adapun cuilan – cuilan surat resmi ialah :



  • Kepala atau kop surat

    Dalam pembuatan surat resmi, kop surat harus disertakan alasannya yaitu kop surat merupakan identitas forum organisasi yang terdiri atas:

    a. Logo atau lambang forum atau instansi (jika ada)

    b. Nama Instansi

    c. Alamat Instansi

    d. Nomor telepon, faximile atau email.


Pemberian kop surat bukan tanpa tujuan. Khusus untuk surat perusahaan sanggup ditambahkan macam usaha, bidang kegiatan, nomor izin usaha.

Fungsi kepala surat:


a. Untuk mengetahui nama dan alamat kantor instansi

b. Untuk memberi informasi wacana bidang usaha, jenis kegiatan

c. Sebagai Alat promosi.



  • Nomor surat


Dalam surat resmi niscaya kalian temui nomor surat. Penulisan nomor surat sesungguhnya tidak ada ketentuan. Namun biasanya ditulis memakai arahan semoga tidak terlalu panjang dan memudahkan bagi penerima.


Pada umumnya nomor surat berisi nomor urut, kode, bulan dan tahun pembuatan surat. Sering kita jumpai nomor surat dengan angka romawi, namun tidak persoalan bila penulisan nomor memakai angka arab atau yang lainnya, tergantung kebujakan dari instansi tersebut. Letak Nomor biasanya ditulis sehabis kop surat disebelah kiri. Kemudian disusul oleh Lampiran dan perihal.



  • Tanggal penulisan surat


Pernah kalian mendapat seruan tapi sudah tidak update lagi? Penulisan tanggal ini bertujuan semoga akseptor sanggup  mengetahui kapan surat ini dibentuk serta mengetahui masa berlakunya surat tersebut.  Oleh alasannya yaitu itu tanggal penulisan merupakan komponen yang penting dalam surat resmi.



  • Lampiran yang disertakan


 


Lampiran berfungsi untuk memperlihatkan bahwa terdapat dokumen yang disertakan pada surat tersebut


Contoh


No             : –

Lamp         : 5 Lembar

Perihal       : –


Hal tersebut memperlihatkan bahwa surat tersebut menyertak 5 lembar dokemn didalamnya.



  • Perihal


Perihal berfungsi untuk memperlihatkan kepada akseptor mengenai pokok isi surat, dengan begitu akseptor segera mengetahui tujuan surat tersebut.



  • Alamat tujuan


Hal yang paling penting dalam penulisan surat yaitu kepada siapa surat tersebut ditujukan. Oleh alasannya yaitu itu alamat surat menjadi hal yang penting dan dihentikan terlupakan.


Penulisan alamat sanggup ditulis sebanyak dua kali, alamat pertama pada amplop surat dan yang kedua pada isi surat itu sendiri. Namun alamat yang disertakan diamplop  harus alamat lengkap. Hal ini mengantisipasi kesalahan ketika pengiriman.


Sementara pada isi surat alamat tidak harus lengkap alasannya yaitu sudah ditulis dalam amplop.



  1. Penggunakan “Kepada” tidak perlu ditulis, alasannya yaitu mengandung kemubadziran.

  2. Penulisan “Yang terhormat” atau yang sering disingkat ”Yth.” Berfungsi untuk memberi penghormatan kepada akseptor surat. Seperti atasan, korelasi kerja atau teman.

  3. Sebutan ”Bapak”, ”Ibu”, atau ”Sdr.” hanya  berlaku pada nama orang, dan tidak dipakai pada nama instansi maupun jabatan tertentu.


Contoh:


Yth. Manajer PT Ulul Albab

Jalan Gajayana , Lowokwaru

Kota Malang

Yth. Ibu H. Siti Romlah, S.H.

Kepala Yayasan Pondok Pesantren Putri Aisyiah

Jalan Raya Caruban – Ngawi KM 2


Kota Ngawi



  1. Penggunakan titik hanya dipakai sehabis singkatan. Tidak perlu disetiap selesai baris.

  2. Kode pos sangat dianjurkan untuk ditulis alasannya yaitu akan membantu petugas pos dalam mengirimkan surat tersebut (terutama bila dikirimkan melalui Perum Pos dan Giro).



  • Salam Pembuka


Dalam penulisan surat resmi , salam pembuka yaitu salah satu komponen yang harus ada.  Tujuan salam pembuka yaitu membuka pembicaraan dalam surat tersebut. Namun dalam keadaan tertentu tidak memakai salam pembuka, menyerupai surat – surat yang berisi berita.



  • Isi Surat


Isi surat yaitu komponen utama dari surat itu sendiri, dimana pokok – pokok yang dibahas tertuang dalam isi surat. Dalam isi surat terdapat cuilan bagian menyerupai pada karangan lainnya, yaitu cuilan pembuka, cuilan inti dan cuilan penutup.



  1. Pembuka

    Dalam isi surat,  cuilan pembuka bertujuan untuk pengantar pembaca sebelum mengetahui inti surat. Dalam pembuka juga berisi wacana inti persoalan yang akan disampaikan kepada akseptor yang dimaksud.

  2. Inti

    Komponen pokok isi surat terdapat pada inti isi surat. Bagian tersebut berisi cuilan utama yang ingin disampaikan kepada pengirim..

  3. Penutup

    Bagian epilog berisi  penegasan, simpulan, harapan, atau ucapan terima kasih. Dengan demikian, cuilan epilog menandai bahwa uraian pokok yang ingin disampaikan melalui surat sudah selesai. Penulisan epilog hendaknya singkat, tegas.



  • Salam Penutup

    Salam epilog berisi kata- kata epilog yang biasa dipakai  untuk menambah kesantunan dalam berkomunikasi. Meskipun  salam epilog ini  baik digunakan, tetapi tidaklah berarti semua surat wajib memakai salam penutup. Salam epilog hanya dipakai dalam surat-surat berita.

  • Tanda Tangan dan Nama Penanggung Jawab


Pasti kalian sering membubuhkan tanda tangan dalam hal tertentu, menyerupai ketidakhadiran atau yang lainnya.. Begitu juga pada surat resmi salah satu komponen  yang disertakan yaitu nama penanggung jawab dan tanda tangan.  Nama penanggung jawab  yaitu penanda bahwa nama tersebut yang bertanggung jawab atas isi surat  dan dikuatkan dengan tanda tangan. penanda tangannya yaitu nama orang yang tercantum dalam surat tersebut.



  • Tembusan


Tembusan dipakai bila ada pihak lain yang dianggap perlu mengetahui isi surat tersebut


Itulah tadi  ulasan seputar  surat resmi. Supaya kalian tidak bingung, berikut kami berikan pola – pola surat resmi . Semoga bermanfaat ya


Terimakasih.


Contoh Surat Resmi Perusahaan


 



ULUL ALBAB

Perumahan Singaraja Pemai Blok M. No. 01 Jl. Raya Sukarno Hatta Km. 2 Ngawi  67285

Telp 022 332766 Fax 022 332766 Mobile : 085649235455

Website: www.ululalbab.com Email : ululalbab@gmail.com




Nomor : 023/UR/VI/2017

Hal       : Undangan Rapat

Lampiran :


 


Yth

Bapak Bagas Prasetya

Manajer Marketing

PT ULUL ALBAB

Di tempat


Dengan Hormat


Sehubungan dengan akan diadakannya  acara  peresmian  perusahaan, maka bersama ini kami mengundang seluruh Manajer PT ULUL ALBAB untuk hadir dalam rapat persiapan yang akan dilaksanakan pada :


Hari /Tanggal  : Kamis, 25 Februari 2017

Waktu : 10.00 – 12.00 WIB

Tempat  : Ruang Pertemuaan


Demikian seruan ini kami sampaikan, mengingat pentingnya program tersebut maka dimohon kehadirannya sempurna pada waktunya. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.


 


Ngawi, 21 Februari 2017


Hormat Kami

Manajer Jaringan Kerja

PT ULUL ALBAB


 


Ali Ardiansyah



 


Itulah salah satu pola surat resmi perusahaan yang baik. Pada kop surat biasanya terdapat logo perusahaan pembuat surat.


Contoh Surat Resmi Permohonan


Selanjutnya pola surat resmi permohonan dari salah satu rumah sakit khusus ginjal Rasyida:


 Bagi kalian yang masih gundah mengenai surat resmi ✔ Kumpulan Contoh Surat Resmi (Pengertian, Jenis, Ciri-ciri dan Fungsinya) Lengkap
scribd.com

Contoh Surat Resmi Sekolah


Instansi sekolah memang sering sekali menciptakan surat resmi banyak sekali jenis. Buat kau yang mungkin gres pertama bekerja di TU, berikut ini pola surat resmi sekolah yang memakai kop surat dinas pendidikan:


 



PEMERINTAHAN PROPINSI JAWA TIMUR

DINAS PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 017

Jl. Raya MT Haryono Kota Malang

Telp (021) 552-23156 Email : smpn017malang@gmail.com




Nomor      : 02/SMAN017/X/2017

Lampiran  : –

Perihal      : Reuni Akbar XII SMAN 017


 


Yth.

Alumni angkatan 2010-2017

SMA Negeri 017

Malang


Salam Sejahtera


Dalam rangka memperingati ulangtahun Sekolah Menengan Atas Negeri 017 Malang  ke -12 , kami selaku pengurus OSIS akan mengagendakan program “Reuni Akbar XII”. Oleh alasannya yaitu itu kami mohon kehadirannya pada


Hari/tanggal                : Senin, 15 Desember 2017

Waktu                         : 08.00 – 12.00 WIB

Tempat                       : Aula Serba Guna Sekolah Menengan Atas Negeri 017


Mengingat pentingnya program tersebut, diharapkan  kehadirannya sempurna pada waktunya. Demikian udangan ini, atas  partisipasinya kami mengucapkan terimakasih.


 


Mengetahui  :


 


Kepala Sekolah Sekolah Menengan Atas Negeri 017 Malang                                        Ketua Osis Sekolah Menengan Atas Negeri 01 Malang


 


Adi Slamet

NIP : 122296119946729                                                                                          Hendri Mahesa



 


Contoh surat resmi di atas dari kota Malang. Barang kali karakteristik surat dinas pendidikan di masing-masing kota tidak sama.


Contoh Surat Resmi Dinas


Berikut ini yaitu pola surat resmi dari dinas kesehatan kabupaten Ciamis:


 



PEMERINTAH KABUPATEN CIAMIS

DINAS KESEHATAN

PUSKESMAS BAREGBEG

Jalan Raya Baregbeg No. 291 Tlp. (0265) 774772 E- Mail : puskesmasbaregbeg@yahoo.co.id

CIAMIS


Kode Pos 46274




Baregbeg, 18  Februari 2016


 


                                                                                                                        Kepada


Nomor   :  443.32 /       / PKM/2016                                             Yth. Kepala Desa

Sipat       :  Biasa                                                                            Se – Kecamatan Baregbeg

Lampiran   : 1  Lembar                                                                  di –

Perihal    : Pelatihan Kader dalam Rangka                                     TEMPAT

PIN Polio Tahun 2016


         Disampaikan dengan hormat, menindak lanjuti Pertemuan Koordinasi tingkat Kecamatan dalam rangka PIN Polio Tahun 2016 pada tanggal 17 Februari 2016 perihal Pelaksanaan PIN Polio yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 Maret 2016, perlu dilaksanakan tahapan persiapan lanjutan.


         Dengan ini kami mohon sumbangan Saudara untuk sanggup mengirimkan  Kader  untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Tata laksana Pemberian Vaksin. (tempat dan  jadwal terlampir)


         Beberapa hal teknis berkaitan dengan kegiatan Pelatihan Kader dalam rangka Pelaksanaan PIN Polio Tahun 2016 sebagai berikut :



  1. Kegiatan Pelatihan Kader ini memperlihatkan teknik pemberian Vaksin Polio dan teknis pencatatan dan pelaporan.

  2. Kepala Desa menugaskan peserta training sebanyak 5 orang dari tiap – tiap Posyandu.


         Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.


 









Kepala UPTD Kesehatan Puskesmas Baregbeg


 


Mimin Sutisna D, S. Kep. Ners

Penata Tk.I

NIP. 19700105 199103 1 007


Tembusan :

Yth. Camat Kecamatan Baregbeg



 


Contoh Surat Resmi Osis


 


 Bagi kalian yang masih gundah mengenai surat resmi ✔ Kumpulan Contoh Surat Resmi (Pengertian, Jenis, Ciri-ciri dan Fungsinya) Lengkap
scribd.com

 


Contoh Surat Resmi Panggilan Kerja


Setelah calan karyawan gres lolos seleksi administrasi, biasanya pihak perusahaan akan melayangkan surat panggilan kerja kepada calon karyawan. Surat panggilan resmi juga merupakan salah satu pola surat resmi.


 



 


SURAT PANGGILAN SELEKSI KERJA

Jln. Raya Kalimalang, Perkantoran Grand Kalimalang No.99

Tambun Selatan, Bekasi Timur – Jawa Barat.

No Telp: (021) 8265 2708




Nomor : 020/HRD/DN12/TBP/2017                                                                                                      MEI. 2017

Lamp   : XXI

Hal       : Panggilan Seleksi Kerja

Kepada Yth,

Peserta seleksi Kerja

Perusahaan PT.Honda Lock Indonesia .Penempatan untuk di daerah MM2100 Jatiwangi,Cikarang barat

Sebagai “OPERATOR PRODUKSI”

Di Tempat.


 


Berdasarkan hasil penilaian tim seleksi terhadap data formulir registrasi online yang di terima, dengan ini di sampaikan bahwa data yang Saudara isi/kirimkan memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Karenanya, Saudara sanggup mengikuti tes seleksi calon Karyawan.


Tempat Tes seleksi calon Karyawan/i Perusahaan Automotive sebagai “OPERATOR PRODUKSI” akan dilaksanakan pada:


Hari/tanggal   : Rabu 10 Mei 2017

Pukul    : 08.00 Wib – 12.00 Wib.

Tempat   : Employment Training Istitue

Alamat   : Jln. Raya Kalimalang – Perkantoran Grand Kalimalang No.99 Bekasi Timur.

Kira – Kira 100m dari PT. Suzuki Indomobil depan hotel “WIN GRAND HOTEL”

“Dari Terminal bekasi/Tol Timur bekasi naik angkutan umum No.39 turun sempurna di depan “WIN GRAND HOTEL” samping pabrik PT. Suzuki Indomobil.”


Beat Resoge              :HRD.Develoment Bpk HAFIZ LUBIS.S.I.KOM


Untuk sanggup mengikuti seleksi ini Saudara/i diwajibkan membawa :



  1. Surat Panggilan Tes yang sudah di kirim via E-mail ke masing-masing peserta (Surat Mohon di Print). dan lampirkan bersama CV lamaran.

  2. KTP / SIM / Kartu Pelajar (Kartu Indentitas Diri) asli.

  3. Alat Tulis (Pensil 2B, ballpoint, dan penghapus) dan Pakaian Putih – Hitam.

  4. Semua proses seleksi penempatan masuk kerja di Perusahaan sebagai “OPERATOR PRODUKSI” di laksanakan di kantor penyeleksian (Lembaga Pelatihan Kerja Resmi) sesusai mekanisme masuk kerja yang telah di tetapkan.


Demikian kami sampaikan, untuk menjadi perhatian.


Isi Data Anda.


Nama         :

TTL             :

Pendidikan :

No. HP        :

Alamat       :


 


NB: BUKAN YAYASAN ATAU OUTSORCING                                                                                                                                                                                                             



 


Contoh Surat Resmi Dalam Bahasa Inggris


 Bagi kalian yang masih gundah mengenai surat resmi ✔ Kumpulan Contoh Surat Resmi (Pengertian, Jenis, Ciri-ciri dan Fungsinya) Lengkap
scribd.com

Itulah sedikit sharing kali ini wacana pola surat resmi. Jika bermanfaat boleh dishare. Tapi jangan lupa sertakan sumbernya yaa 🙂


 




Sumber https://sharingkali.com

0 Response to "✔ Kumpulan Pola Surat Resmi (Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri Dan Fungsinya) Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel