iklan banner

Bisnis Tanpa Modal Penghasilan Besar Limbah Kerang

Bisnis Tanpa Modal Penghasilan Besar Citra Handicraft Limbah Kerang Bisnis Tanpa Modal Penghasilan Besar Limbah KerangApa ada bisnis tanpa modal penghasilan besar? Mungkinkah? Jawabnya: Sangat mungkin dan Ada. Citra Handicraft yang dirintis oleh Cici Sri Sulastri bisa dikatakan sebagai bisnis tanpa modal, namun menghasilkan omset yang besar. Bisnisnya merubah limbah kerang yang tak berkhasiat menjadi aneka souvenir bernilai tinggi. Bahkan bisa mengikuti bazar sampai Korea Selatan dan Ukraina. Produknya diminati pasar luar negeri mirip Jerman, Singapura, China, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, dan Ukraina.


Wanita yang biasa dipanggil Cici ini memulai perjuangan semenjak di kursi kuliah tahun 2000. Saat berwisata ke Pulau Seribu terbersit ide untuk mencoba menciptakan frame foto dari kerang dan pasir laut. Ternyata teman-teman kampusnya sangat antusias dengan frame foto hasil karyanya.


Hasil dari jualan frame foto ke teman-teman kuliah ini dikumpulkannya sedikit demi sedikit, dan dijadikan modal untuk menciptakan produk secara massal, partai besar. Makara bisnis ini dimulai tanpa modal, hanya dengan memanfaatkan yang sudah ada. Paling-paling modal untuk membeli kertas karton dan lem. Modalnya hanya puluhan ribu rupiah saja. Tapi jikalau melihat penghasilan dari bisnis ini, tentu Anda akan tercengang.


Pada mulanya produk Citra Handicraft tersebut dititipkan di beberapa toko di Pasar Mayestik Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Ternyata musim terhadap kreasinya begitu besar. Ia kemudian mendapat order sebanyak 300 pcs dari pelanggan untuk souvenir pernikahan. Dan makin lama, seruan semakin banyak. Hal ini menciptakan Citra Handicraft semakin inovatif menghasilkan produk desain dan varian baru. Sehingga tidak hanya menghasilkan frame foto saja, ada juga ondel-ondel, lampion, bros, cincin, gelang, kalung, tempat perhiasan, miniatur Monas, tempat tisu, tirai, dan masih banyak lagi.


Bisnis tanpa modal ini terus berkembang dari tahun ke tahun. Pada tahun 2004 ia berhasil memproduksi 10 ribu pcs kerajinan kerang. Namun pada tahun 2005 persaingan bisnis ini makin ketat. Serbuan produk import dari China menghantam Citra handicraft, sampai sempat vakum selama beberapa saat. Hingga jadinya pada 2007 ia bangun lagi dan mulai menjalankan usahanya di Kepulauan Seribu, tempat ia tinggal bersama suaminya.


Cici menilai produk dari bisnis handicraft ini tidak akan ada matinya, apalagi ketika ini masyarakat lebih menentukan produk handicraft rumahan dibanding produk pabrikan.


Kreasi produk Citra Handicraft sangat etnik dan unik. Produk unggulannya yaitu bentuk ondel-ondel betawi yang seluruhnya terbuat dari kerang dikombinasikan dengan kain sebagai pakaiannya dan pernak-pernik lain layaknya ondel-ondel. Untuk menambah kesan mewah, ondel-ondel dari kerang tersebut di kemas di dalam kotak kaca. Ondel-ondel ini menjadi pilihan pejabat di kawasan Jakarta untuk dijadikan cendera mata di acara-acara pemerintahan maupun ketika kunjungan ke luar negeri.


Kisaran harga produk Citra Handicraft sangat bervariasi, tergantung ukuran dan kerumitan dalam proses pembuatan. Untuk ondel-ondel betawi dibanderol dengan harga Rp 150 ribu sampai Rp 500 ribu. Produk lain dijual dengan harga yang beragam. Selain itu Citra Handicraft juga melayani pemesanan dengan desain custom.


Dengan 15 karyawan, bisnis tanpa modal penghasilan besar ini bisa memproduksi 10.000 pcs produk handicraft berbahan kerang dengan aneka macam desain setiap bulannya. Bahan baku kerang yang dipakai sekitar 1 sampai 2 ton kerang. Bahan baku tersebut didatangkan dari aneka macam daerah, mirip Surabaya, Cirebon, Kepulauan Seribu, dan Anyer.


Sudah bisa dibayangkan, omsetnya benar-benar luar biasa, apalagi jikalau menengok ke belakang bahwa bisnis kerajinan tangan ini dimulai tanpa modal. Kini setiap bulan Citra Handicraft bisa menjual 7000 pcs produk berbahan kerang. Omsetnya bukan lagi puluhan juta, tapi ratusan juta per bulan.


Kiat Sukses Bisnis Tanpa Modal Penghasilan Besar


Setiap tahun Citra Handicraft selalu rutin mengikuti aneka macam bazar untuk mempromosikan produk-produknya di aneka macam daerah. Saat mengikuti Inacraft 2013 ia berhasil mendulang omset Rp 30 juta. Lebih ‘gila’ lagi pada Monas Fair 2013, hanya dalam waktu 3 hari omset yang berhasil diraup mencapai Rp 30 juta. Jika mau ‘digeber’ lagi omsetnya bisa lebih membumbung tinggi lagi.


Kiat sukses bisnis tanpa modal penghasilan besar yaitu dengan rajin mengikuti pameran. Pameran merupakan taktik pemasaran Citra handicraft dan menjadi media promosi yang efektif. Melalui pameran, orang-orang akan tahu dan mengenal produknya. Apalagi untuk mendapat produk berbahan kerang mirip buah karya Citra Handicraft, orang harus pergi ke tempat wisata pantai. Dengan pameran, orang tidak harus pergi ke kawasan pantai untuk mendapat produk berbahan kerang.


Mengikuti bazar ibaratnya mirip menabung, alasannya yaitu efeknya sangat luar biasa. Baik dari segi penjualan eksklusif ketika pameran, maupun bertemunya dengan client besar yang memesan produk dalam jumlah banyak.


Tips biar stand bazar banyak dikunjungi orang, yaitu dengan menulis harga dengan terang di tiap produk, SPG yang berjaga tidak hanya menguasai product knowledge, namun juga mengenakan aksesoris-aksesoris hasil karya Citra Handicraft.


Ternyata bisnis tanpa modal penghasilan besar benar-benar ada dan nyata. Semoga Sahabat PoBis sanggup mengambil pelajaran dan ilham dari bisnis tanpa modal penghasilan besar yang dilakoni Cici Sri Sulastri dengan Citra Handicraftnya.


sumber gambar: kemendag.go.id



Sumber https://www.pojokbisnis.com

0 Response to "Bisnis Tanpa Modal Penghasilan Besar Limbah Kerang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel