iklan banner

5 Tips Menentukan Hardisk Eksternal

5 Tips Memilih Hardisk Eksternal - Hard Disk yaitu salah satu kepentingan utama bagi pengguna komputer, baik itu untuk sistem operasi windows atau Linux kenapa begitu? Hal ini lantaran perangkat keras hard disk yaitu penyimpanan data dari komputer. Semua dokumen pada komputer, gambar, music video, jadwal komputer, aplikasi favorite semuanya disimpan dalam hard disk komputer.


Baca juga: Macam Macam Media Penyimpanan Data pada Komputer

Apabila hard disk tersebut rusak, maka kita sanggup kehilangan seluruh data-data utama pada komputer. Oleh lantaran itu, ada sebagian orang mempunyai alasan untuk mempunyai alat penyimpanan pencadangan (backup).

 Hard Disk yaitu salah satu kepentingan utama bagi pengguna komputer 5 Tips Memilih Hardisk Eksternal
Hard Disk Eksternal


Pengguna komputer menentukan hard disk lain atau bisa disebut hard disk eksternal dan sehabis itu menyalin seluruh file utama ke dalam hard disk eksternal tersebut.

Saat ini keperluan pengguna hard disk eksternal notebook makin hari makin meningkat. Hal ini disebabkan lantaran terbatasnya kapasitas hard disk internal dalam netbook tersebut. Memilih hard disk memang bukan sesuatu hal mudah, kita harus mengetahui kualitas hard disk dan seberapa besar hard disk kita perlukan.

Nah, pada artikel yang singkat ini, aku akan memperlihatkan tips cara menentukan hard disk eksternal. Baca artikel ini hingga selesai.

1. Kapasitas Hard Disk
Buat mengetahui seberapa besar hard disk yang kita perlukan, kita harus mengetahui bahwa semua data sanggup disimpan di hard disk diukur dari menurut besar dokumennya.

Setiap dokumen tentunya mempunyai ukuran yang berbeda-beda. contohnya; ukuran data pada dokumen teks lebih kecil, ukuran dokumen gambar lebih besar, demikian juga pada musik bahkan video membutuhkan penyimpanan yang besar.

Hard disk bisa mengetahui perbedaan setiap jenis file menurut ukuran yang dimilikinya. Adapun skala yang digunakan  hard disk untuk mengukur suatu dokumen yaitu skala MB (megabyte), GB (gigabyte) dan TB (terabyte). 1 megabyte setara 1 juta byte, 1 gigabyte setara 1 miliar byte sedangkan 1 terabyte setara 1 triliun byte.

Dengan skala ukuran tersebut, kita bisa simpulkan bila kita membutuhkan banyak lokasi daya simpan maka kita harus menentukan hard disk internal dengan skala lebih besar. Sama halnya penggunakan skala di atas untuk menentukan hard disk eksternal.

Apabila anda hanya butuh memindahkan beberapa file saja ke hard disk eksternal untuk mencadangkannya maka anda cukup membeli hardisk dengan ukutan kecil (500 MB). Tetapi apabila mau mencadangkan seluruh file pada komputer, maka anda harus menentukan hard disk berkapasitas jauh lebih besar ibarat skala 1 terabyte bahkan sanggup lebih.


Baca juga: Cara Mengamankan Data Dalam Hard Disk
Cara Menghemat Kapasitas Hard Disk

2. Kecepatan Rotasi Hard Disk

Yang perlu kita ketahui juga ketika menentukan hard disk yaitu kecepatan rotasi dari suatu piringan hard disk. Kecepatan piringan hard disk butuh diperhatikan alasannya yaitu kecepatan piringan hard disk sangat mempengaruhi kecepatan posting juga membaca data.

Piringan yang ada di dalam hard disk sanggup berputar. Makin cepat piringan itu berputar, sehingga makin cepat komputer akan menemukan file yang dicari.

Apabila satu buah hard disk berputar pada kecepatan 7200 rpm, maka hard disk tersebut menyuguhkan performa jauh lebih baik daripada hard disk dengan kecepatan 5400 rpm.

Pada ketika ini ada beberapa hard disk yang mempunyai kecepatan hingga 10.000 rpm. Adanya hard disk berkecepatan tinggi sanggup menciptakan kecepatan membaca data jauh lebih anggun juga lebih cepat.

3. Konektivitas Hard Disk
Setelah kita memastikan kapasitas juga kecepatan hard disk, kini saatnya kita memastikan konektivitas hard disk yang diperlukaan. Sekarang hard disk banyak menggunkan port USB untuk menyambungkan ke komputer, adapun versi USB sering dipakai yaitu USB 3.nol dan USB 2.nol perbedaan versi USB sanggup tentukan kecepatan yang dihasilkan.

USB 3.nol sanggup menghasilkan kecepatan 5 Gbps, mempunyai kecepatan jauh lebih cepat dari pada USB 2.nol se besar 480 Mbps. Lebih spesialnya, USB 3.nol masih sanggup dipakai pada komputer yang hanya mempunyai port USB 2.nol.

Tidak hanya itu, banyak juga terdapat hard disk telah memakai koneksi melalui port thunderbolt, di mana koneksi port thunderbolt mempunyai kecepatan dua kali lebih cepat dari pada USB 3.nol.

Port thunderbolt sudah tersedia pada semua netbook ataupun komputer teranyar dari Apple, juga beberapa netbook windows semenjak adanya port thunderbolt.

Tapi harga hard disk dengan port thunderbolt mempunyai harga mahal jikalau dibanding harga hard disk biasa.

4. Pelindung atau Cover Harddisk
Hal lain yang harus kita perhatikan yaitu cover epilog untuk hard disk eksternal. Apabila hard disk hanya dipakai dirumah saja ataupun hanya kita gunakan di sekolah, maka kita hanya cukup membeli hard disk yang mempunyai pelindung biasa dikarenakan harganya jauh lebih murah.

Tetapi kalau pengguna yaitu orang aktif, maka anda harus menentukan hard disk yang mempunyai pelindung besar lengan berkuasa dari materi karet maupun sejenisnya semoga hard disk tersebut tak gampang rusak disaat kena goncangan bahkan terbenturan. meskipun hardisk dengan cover terbuat dari karet mempunyai harga yang lebih mahal.

Baca juga: Cara Memperbaiki Hard Disk yang Rusak

5. Fitur Hard Disk
Hal lain yang harus kita ketahui ketika hendak membeli hard disk eksternal yaitu fitur hard disk tersebut. Beberapa fitur yang harus ada pada suatu hard disk yaitu fitur backup juga kata sandi protection. Juga fitur-fitur lain sanggup anda perlukan untuk kepentingan Kamu tentunya.

Sekian tips menentukan hard disk eksternal yang bisa aku tulis pada artikel yang singkat ini. Semoga tips ini bisa bermanfaat!
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "5 Tips Menentukan Hardisk Eksternal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel