iklan banner

Tips Berkebun : Panduan Mudah Cara Menanam Bayam

gambar tahapan lengkap cara menanam bayam image Tips Berkebun : Panduan Mudah Cara Menanam Bayam
gambar tahapan lengkap cara menanam bayam

Cara menanam bayam – Anda tentunya sudah sangat dekat dengan yang namanya “Bayam”. Yak, salah satu jenis sayuran yang kaya akan protein nabati ini memang sering dijadikan sayur, sebagai suplemen hidangan masakan khas masyarakat Indonesia.


Cara menaman bayam sangatlah mudah, bahkan bisa Anda lakukan sendiri, meskipun basik Anda bukan petani. Anda sanggup menanam bayam untuk konsumsi sendiri, maupun dibudidaya yang sanggup menambah penghasilan Anda tentunya.


Sebelum mengetahahui bagaimana cara menanam bayam. Ada 2 jenis bayam yang sudah sering di budidayakan di sekitar Anda, yaitu :


1. Bayam Cabut


Disebut juga bayam putih atau bayam sekul. Ciri – ciri dari bayam cabut diantaranya berbatang kemerahan, ada juga yang batangnya berwarna keputihan serta bunganya terdapat di ketiak cabang.


2. Bayam Tahun


Disebut juga bayam skop, berciri – ciri daun lebar, berwarna hijau, dan bunganya terdapat dalam ujung batang.


Sebelum Anda mengetahui cara menanam bayam yang benar, ada baiknya untuk mengetahui secara rinci syarat tumbuh tumbuhan bayam tersebut untuk menentukan lokasi lahan budidaya bayam Anda.


Syarat tumbuh Bayam


Cara menanam bayam yang baik, langkah pertama yang harus Anda kenali yaitu, penentuan lokasi cara menanam baya. Berikut syarat lokasi cara menanam bayam sebagai meliputi:



  • Hindari lahan dengan kondisi angin yang bertiup terlalu kencang yang sanggup merobohkan tumbuhan bayam.

  • Tumbuh tepat di dataran tinggi.

  • Curah hujan yang diperlukan sekitar 1500 mm/th

  • Memerlukan sinar matahari sepanjang hari, dan bebas dari tumbuhan yang lebih tinggi yang sanggup menghambat sinar matahari

  • Suhu udara yang diperlukan berkisar 16 hingga 20 C

  • Kelembaban udara yang pas untuk menanam bayam yaitu 40% hingga 60%

  • Tanah yang gembur dan kaya unsure hara

  • PH tanah berkisar antara 6 hingga 7

  • Memiliki ketersediaan air tanah yang cukup


Setelah Anda menemukan lahan dengan persyaratan ibarat diatas, langkah selanjutnya dalam cara menanam bayam yaitu sebagai berikut :


Pemilihan Benih


Cara menanam bayam yang pertama yaitu menentukan bibit unggulan biar panen bayam Anda sesuai dengan harapan. Beberapa syarat atau cirri bibit bayam unggul yaitu :



  1. Induk benih bayam terbukti sehat

  2. Bebas dari hama maupun penyakit

  3. Kemampuan berkecambah lebih dari 80%


Saran kami cara menanam bayam yang baik yaitu, Anda harus benar-benar perhatikan bibit yang digunakan, supaya hasil optimal. Jika Anda kesulitan mencari bibit. Beli saja bibit bayam di kios pertanian terdekat.


Persemaian Benih


Tahap berikutnya dalam cara menanam bayam sehabis bibit Anda dapatkan yaitu menyemaikan benih sebelum Anda tanam. Cara menyemaikan benih yaitu sebagai berikut :



  1. Siapkan lahan untuk persemaian, dimana lahan harus bebas dari hama maupun gulma yang mengganggu

  2. Buatkanlah atap yang terbuat dari plastic atau bisa juga memakai jerami

  3. Sebar bibit bayam di lahan persemaian kemudian tutup dengan tanah tipis kurang lebih 2 cm.

  4. Sirami bibit dengan teratur sehari dua kali setiap pagi dan sore

  5. Menginjak usia tanam 1 – 2 minggu, pindahkan bibit bayam kedalam pot yang telah diisi tanah yang dicampur pupuk organic dengan takaran 1 : 1

  6. Sirami bibit di dalam pot dengan teratur hingga usia tanam 7 hari semenjak dipindahkan kedalam pot.


Persiapan Lahan


Tahap selanjutnya dalam cara menanam bayam yaitu mempersiapkan lahan yang akan Anda gunakan sebagi media tanam budidaya bayam. Langkah – langkah mempersiapkan lahan yaitu sebagai berikut :



  1. Bajak tanah untuk menggemburkan lahan dan membersihkan dari gulma maupun rumput yang mengganggu

  2. Berikan pupuk sangkar pada lahan dengan takaran 10 ton per hectare lahan dan diamkan selama 1 ahad biar pupuk tercampur tepat di dalam tanah.

  3. Buatlah bedengan dengan lebar 150cm, tinggi 50 cm, panjang menyesuaikan kondisi lahan

  4. Jarak antar bedengan kurang lebih 30cm dengan kedalaman 30 cm, fungsi jarak antar bedeng tersebut juga sebagai parit untuk terusan air hujan biar tidak menggenangi bedeng

  5. Buatlah lubang tanam di bedengan dengan jarak antar lubang 50 cm.


Proses Cara Menanam Bayam


Setelah lahan siap, tahap selanjutnya dalam cara menanam bayam yaitu memindahkan bibit bayam yang sudah disemai kedalam lahan yang sudah dipersiapkan.


Pindahkan bibit bayam yang telah disemai dari pot kedalam lubang tanam di bedengan, tutup dengan tanah hingga pangkal batang tanaman. Sebaiknya awal masa tanam yaitu pada dikala ekspresi dominan hujan biar tumbuhan gres menerima suplay air yang cukup.


 Pemeliharaan Tanaman Bayam


Cara menanam bayam yang baik dan benar tidak lepas dari tahap pmeliharaan tanaman. Jenis pemeliharaan diantaranya yaitu penyiangan, penyulaman, pemupukan susulan, hingga pengairan maupun penyiraman.


Pada tahap penyulaman sanggup dilakukan pada usia tanam 7 hari semenjak bibit dipindahkan kedalam bedengan. Gantilah tumbuhan yang terjangkit penyakit maupun tidak tumbuh sempurna, dengan tumbuhan yang baru. Cara menanam bayam ini supaya pertumbuhan tumbuhan menjadi serempak.


Lakukan juga penyiangan biar tumbuhan bayam bebas dari gangguan gulma maupun rumput liat sebagai benalu yang sanggup mempengaruhi produktivitas tumbuhan bayam. Penyiangan sanggup dilakukan fleksibel tergantung ada atau tidaknya gulma di sekitar tanaman.


Tahap dari cara menanam bayam yang tidak kalah penting yaitu proteksi pupuk susulan biar ketersediaan unsure hara tanah tetap terjaga untuk memenuhi nutrisi tumbuhan bayam. Lebih disarankan untuk memakai pupuk organic dengan takaran 0,5 kg setiap lubang tanam.


Cara menanam bayam biar tumbuh sempurna. Maka lakukan pengairan secara rutin. Hal tesebut penting dalam kaitannya cara menanam bayam yang baik, lakukan penyiraman dengan rutin setiap hari pagi dan sore terutama kalau menghadapi ekspresi dominan kemarau.


Cara Panen Tanaman Bayam


Inilah tahap yang paling ditunggu dalam cara menanam bayam, yaitu ekspresi dominan panen. Biasanya tumbuhan bayam sudah siap panen pada usia tanam 30 hari. Cirri – cirri bayam siap tanam apabila sudah mencapai ketinggian 20 cm dan belum keluar bunga.


Lakukan panen pada pagi hari ataupun sore hari untuk menghindari cuaca yang terlalu panas. Setelah masa panen tiba, lakukan panen dengan rutin setiap 4 hari sekali sambil menunggu tumbuhan yang belum cukup maksimal untuk siap dipanen.


Demikian tadi sekelumit artikel yang membahas ihwal cara menanam bayam, semoga menambah pengetahuan Anda. Selamat mecoba cara budidaya bayam…




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Tips Berkebun : Panduan Mudah Cara Menanam Bayam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel