iklan banner

Sinyal Smartfren Hilang? Coba 2 Solusi Ini Biar Muncul Lagi

 merupakan salah satu provider di Indonesia yang populer dengan sinyal CDMA Sinyal Smartfren Hilang? Coba 2 Solusi Ini Agar Muncul Lagi

Smartfren merupakan salah satu provider di Indonesia yang populer dengan sinyal CDMA-nya. Saya teringat kembali di tahun-tahun (Kalau nggak salah) sekitar 2012, dimana ada promo Smartfren paket internet unlimited yang dikala itu terbilang masih sangat jarang.

Beberapa tahun belakangan ini Smartfren melebarkan juga jenis jaringan yang diberikan untuk pelanggan ke 4G.

Saya sendiri sudah pernah mencobanya loh.

Bahkan tidak sedikit orang yang dapat mendapat speed internet hingga 40 - 50mbps (Sudah termasuk cepat banget nih).

Namun namanya jaringan, niscaya ada halnya problem sinyal hilang, yang penyebabnya bermacam-macam. Termasuk smartfren juga.


Penyebab Sinyal Smartfren Hilang


Penyebabnya memang bermacam-macam. Namun beberapa hal niscaya yang ditemui ialah berikut :



Tempat Anda Sinyalnya Kurang Bagus

Paling sering ialah dikarenakan problem sinyal yang kurang bagus. Jangan heran ya, alasannya ialah setiap provider itu memang kualitas sinyalnya beda-beda. Misalnya di tempat sana manis tapi di tempat kita kurang.


Area Belum Mendukung 4G Smartfren

Sebenarnya masih bekerjasama dengan hal sebelumnya, yakni area tempat tinggal selain sinyalnya bagus, juga harus mendukung 4G. Kalau tidak, niscaya HP tidak akan dapat menangkap sinyal sama sekali.


Kartu Smartfren Belum Support 4G

Kartu Smartfren kini memang rata-rata sudah support 4G. Tapi apa yang terjadi kalau belum? Sederhananya Anda nggak akan dapat menggunakan kartu tersebut, kecuali memang HP yang digunakan mendukung.


HP Belum 4G

HP belum 4G? Masih banyak kok. Contohnya untuk HP-HP keluaran usang atau HP bekas. HP jenis ini nggak dapat menggunakan kartu 4G dari Smartfren ya.



'Darimana penyebabnya', ini ialah hal yang paling standar yang setidaknya perlu diketahui. Karena kalau sudah tahu, nanti akan jadi lebih gampang untuk mengatasinya.

Sinyal Smartfren hilang disini biasanya ialah 4G. Harusnya bila Anda sudah memenuhi semua syarat diatas, maka sinyal niscaya akan muncul.

Nah, selain memenuhi syarat tersebut, ada beberapa tips yang dapat Anda coba. Tips ini sudah aku tes sendiri, dan akhirnya tidak mengecewakan dapat menguatkan sinyal.



Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang


1. Kunci Jaringan HP


 merupakan salah satu provider di Indonesia yang populer dengan sinyal CDMA Sinyal Smartfren Hilang? Coba 2 Solusi Ini Agar Muncul Lagi

Normalnya jaringan HP dapat berubah-ubah mengikuti kondisi penangkapan sinyal. Namun bila Anda menggunakan kartu smartfren yang sinyal 4G-nya hilang, maka lebih baik pengaturannya dikunci saja.

Alasannya supaya HP dapat fokus mencari satu jaringan saja. Efeknya nanti penangkapan sinyal akan lebih bagus, dan sinyal Smartfren yang hilang dapat muncul lagi.

Caranya gampang sekali :


  1. Buka Dial Pad HP → Lalu ketik instruksi *#*#4636*#*#
  2. Tepat sesudah instruksi tersebut diketik → Tunggu beberapa dikala → Nanti akan muncul sebuah halaman
  3. Pilih SIM yang digunakan Smartfren (SIM 1 / SIM 2)
  4. Kemudian ubah tipe jaringan menjadi LTE Only dan tunggu beberapa saat


Nanti otomatis sinyal akan berubah. Oh ya, cek juga pada belahan dBm. Ini ialah sebuah fitur indikator sinyal, semakin turun nilainya semakin bagus. Kaprikornus waktu cek sinyal dapat dijadikan panduan manis nggaknya.


2. Cari Tempat Yang Paling Pas


 merupakan salah satu provider di Indonesia yang populer dengan sinyal CDMA Sinyal Smartfren Hilang? Coba 2 Solusi Ini Agar Muncul Lagi

Langkah kedua, sesudah sinyal sudah diatur kita tinggal cari saja tempat yang paling pas. Maksudnya? Maksudnya cari tempat yang sinyalnya paling bagus.

Coba deh contohnya pergi keluar ruangan. Atau kalau mau mudah cukup pindah ruangan saja.

Dijamin sinyal Smartfren dapat muncul. Kaprikornus nanti kalau sudah ketemu tempatnya tinggal menetap disitu saja.


Itu Aja?


Iya. 2 tips tersebut fungsinya untuk memaksimalkan penangkapan sinyal biar yang tadinya hilang dapat muncul kembali. Kalau mau sesungguhnya sih ada beberapa tips lagi, tapi akan sedikit memakan biaya, contohnya :


  • Ganti Gadget ke yang lebih bagus
  • Pakai alat tertentu
  • Memakai kartu Smartfren melalui modem WIFI


Tentu bakal lebih ribet lagi. Kecuali mau coba ya silakan saja.


Akhir Kata


Begitulah cara mengatasi sinyal Smartfren hilang. Seperti yang aku bilang tadi, dua solusi tersebut sudah aku coba sendiri dan terbukti dapat mengatasi problem ini.

Sinyal Smartfren yang sebelumnya tidak tertangkap dapat muncul hingga 2 hingga 3 baris. Untuk ukuran 4G sih termasuk lumayan, dapat buat browsing, streaming Youtube dan lain-lain sudah terbilang lancar.

Sumber http://leskompi.blogspot.com

0 Response to "Sinyal Smartfren Hilang? Coba 2 Solusi Ini Biar Muncul Lagi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel