iklan banner

Pengertian Sejarah Secara Umum Dan Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Sejarah Secara Umum dan Menurut Para Ahli - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas pengertian sejarah secara umum dan pengertian sejarah berdasarkan para andal secara singkat, lengkap dan detail. Sejarah merupakan sebuah kata yang sangat tidak ajaib bagi kita. Berbagai insiden sejarah, baik bersifat lokal, nasional, regional, maupun internasional sering kita dengar bahkan mungkin melihatnya langsung.

Namun, pernahkah kita berfikir apakah pengertian sejarah sebenarnya? Bagaimana suatu insiden yang telah terjadi pada masa lampau sanggup dihadirkan kembali pada masa kini? Untuk sanggup menjawab pertanyaan-pertanyaan ini marilah kita pelajari perihal pengertian dan ruang lingkup sejarah dibawah ini.
Pengertian Sejarah Secara Umum dan Menurut Para Ahli Pengertian Sejarah Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Sejarah Secara Umum

Secara umum, pengertian sejarah adalah kisah atau dongeng yang mengungkap peristiwa-peristiwa kehidupan masa lampau umat manusia. Peristiwa masa lampau tersebut sanggup diketahui melalui bukti-bukti peninggalannya yang lazim disebut sumber sejarah. Sumber-sumber sejarah tersebut ada yang tertulis dan ada juga yang tidak tertulis (sumber verbal dan sumber benda).


Masyarakat pra sejarah belum meninggalkan jejak tertulis, sehingga belum banyak keterangan yang sanggup kita ketahui. Namun meskipun demikian mereka meninggalkan alat-alat maupun jejak-jejak sejarah. Dengan peninggalan-peninggalan itu para andal sanggup menciptakan kisah perihal mata pencaharian hidup, sistem kepercayaan, dan sebagainya. Setelah memasuki zaman sejarah orang sudah mulai mengenal goresan pena sehingga banyak peninggalan-peninggalan tertulis yang kita ketahui.

Pengertian Sejarah Menurut Bahasa

Dilihat dari asal permintaan bahasa, kata sejarah dalam bahasa Indonesia, berasal dari bahasa Melayu. Bahasa Melayu mengambil aslinya dari bahasa Arab : "Syajarah". Kata tersebut masuk pada perbendaharaan bahasa Indonesia (Melayu) sesudah terjadinya akulturasi (percampuran) kebudayaan Indonesia dengan kebudayaan Islam, yaitu puncaknya sekitar masa ke 13. Lidah Melayu mengucapkan kara syajarah menjadi sejarah.

Ada bermacam kemungkinan arti sejarah, yaitu : pohon, keturunan, asal-usul dan juga identik dengan istilah silsilah atau riwayat. Seperti kita ketahui bersama, pohon yaitu tumbuhan yang berasal dari biji. Dari biji inilah mula-mula tumbuh akar, kemudian batang, dari batang ini tumbuh pula cabang dan kemudian ranting seterusnya, dahan dan ranting selalu tumbuh, dan tumbuh terus dan selalu tumbuh.
Istilah sejarah sama dengan pengertian history dalam bahasa Inggris, gescheiedneis dalam bahasa Belanda, storia dalam bahasa Italia, dan histoire dalam bahasa Perancis. Sedangkan kata sejarah dalam bahasa Inggris dikenal dengan kata history dan berasal dari kata benda Yunani lampau. Dalam perkembangannya pengertian sejarah terdapat beberapa pengertian dari para andal untuk perbandingan semoga menerima pengertian sejarah yang mendekati tepat dan kesadaran sejarah yang mendalam.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Beberapa pengertian sejarah berdasarkan para andal antara lain sebagai berikut :

1. Kuntowijoyo 
Sejarah menyuguhkan fakta secara diakkronis, ideografis, unik dan empiris.

2. J.S.Poerwadarminta
Dalam bukunya berjudul "Kamus Umum Bahasa Indonesia" menuliskan tiga pengertian sejarah, mencakup pertama : kesusasteraan, silsilah, asal usul. Kedua, insiden dan insiden yang benar-benar terjadi pada masa yang lampau. Ketiga, ilmu pengetahuan, cerita, pelajaran perihal insiden dan insiden yang benar-benar terjadi pada masa lampau, riwayat.

3. R. Aron 
Sejarah yaitu kajian perihal masa kemudian manusia.

4. J. Huizinga
Sejarah yaitu bentuk intelektual di mana suatu peradaban menceritakan dirinya sendiri mengenai masa lalunya.

5. James Harvey Robinson
Sejarah dalam arti kata yang luas yaitu semua yang kita ketahui perihal setiap hal yang pernah insan lakukan, pikirkan dan rasakan.

6. Francis Bacon
Sejarah mempelajari hal-hal yang berkisar dalam waktu dan tempat, dengan memakai ingatan sebagai instrumen esensialnya.

7. Voltaire
Sejarah yaitu suatu narasi fakta-fakta yang diterima sebagai sesuatu yang benar yang berbeda dengan fabel (narasi fakta-fakta yang tidak benar dan fiktif).

8. R.Moh Ali
Dalam bukunya penghantar ilmu sejarah menegaskan bahwa kata sejarah mengandung arti :
  • Sejumlah perubahan-perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa-peristiwa dalam kenyataan sekitar kita.
  • Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan dan peristiwa-peristiwa yang merupakan realitas tersebut.
  • Cerita perihal perubahan-perubahan, dan peristiwa-peristiwa yang merupakan realitas dari insiden tersebut.
9. Herodotus
Ia menyatakan bahwa sejarah tidak berkembang kearah depan dengan tujuan pasti, melainkan bergerak menyerupai garis bulat yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia. 

Baca Juga :
  • Sejarah Sebagai Peristiwa, Kisah, Ilmu dan Seni
  • Pengertian Sumber, Bukti dan Fakta Sejarah
  • Pengertian Periodisasi dan Kronologi Sejarah
Demikian rangkuman materi perihal pengertian sejarah secara umum, berdasarkan bahasa dan pengertian sejarah berdasarkan beberapa ahli. Semoga isu materi ini sanggup bermanfaat dan berkhasiat bagi pembaca semua, baca juga materi sejarah lainnya. Terima kasih.

Sumber http://sumbersejarah1.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Sejarah Secara Umum Dan Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel