iklan banner

Pengertian Ram Dan Fungsinya Serta Jenisnya

Pengertian RAM dan Fungsinya - Random access memory atau yang lebih terkenal dengan RAM jenis memori komputer yang sanggup diakses secara acak; yaitu, setiap byte dari memori sanggup diakses tanpa menyentuh byte sebelumnya. RAM ialah jenis yang paling umum dari memori yang ditemukan di komputer.

RAM juga merupakan salah satu perangkat keras komputer yang mempunyai kiprah untuk menyimpan file sementara,  data yang sedang dipakai akan disimpan dan akan di capai dengan cepat oleh processor. Cache dibaca Cash, merupakan daerah untuk menyimpan secara sementara.

Baca juga: Perbedaan RAM dan ROM

Contohnya, file secara otomatis diminta dengan melihat halaman situs yang disimpan dalam hard disk tepatnya dalam subdirektori cache di bawah direktori untuk browser. Sedangakan COASt merupakan kependekan utk Cache on a stick. COASt menyediakan memori cache dalam banyak sistem berbasis Pentium.

Fungsi RAM Komputer

RAM dianggap sebagai daerah memori volatile atau sementara. Isi dalam RAM sanggup hilang ketika power komputer dimatikan. Chip RAM dalam motherboard komputer menjaga data dan jadwal yang sedang diproses oleh mikroprosesor. baca juga pengertian motherboard.

RAM merupakan memori yang menyimpan data yang sering dipakai untuk mempercepat pengambilannya oleh processor. Makin besar RAM yang dimiliki satu unit komputer, makin banyak juga kapasitas yang dimiliki komputer untuk menyimpan data,  memproses file dan jadwal yg berukuran besar.

Jumlah dan jenis memori dalam sistem sanggup menyebabkan perbedaan yg besar dalam performa sistem komputer. Beberapa jadwal mempunyai ketetapan memori yg lebih daripada jadwal yang lain. Rata-rata komputer yang menjalankan Windows 95, 98 atau ME sudah mempunyai 64 MB yang terinstal.
 Random access memory atau yang lebih terkenal dengan RAM jenis memori komputer yang sanggup  Pengertian RAM dan Fungsinya Serta Jenisnya
RAM

Jenis Jenis RAM

1. DRAM ( Dynamic Random Access Memory )
2. SRAM ( Static Random Access Memory ).

Kedua jenis RAM tersebut berbeda dalam teknologi yang mereka gunakan untuk menyimpan data. Dalam hal kecepatan, SRAM lebih cepat. DRAM perlu refresh ribuan kali per detik, sementara SRAM tidak perlu.

DRAM mendukung waktu kanal sekitar 60 nanodetik, SRAM sanggup memperlihatkan waktu kanal sekurang-kurangnya 10 nanodetik.

SRAM diharapkan untuk memori cache. DRAM tidak terlalu mahal dan beroperasi dengan lambat. DRAM membutuhkan power supply yang tidak terganggu untuk menjaga data semoga tidak hilang. DRAM menyimpan data dalam kapasitor kecil yang harus di refresh untuk menjaga data semoga tidak hilang.

Baca Juga : Pengertian Power Supply

RAM sanggup diinstal di dalam motherboard, sebagai fitur permanen ataupun dalam bentuk chip kecil. Chip dikenal dengan nama Single Inline Memory Modules (SIMMs) atau Dual Inline Memory Modules (DIMMs). SIMMs & DIMMs yaitu card yg bisa dipindahkan/dilepas dan bisa digantikan dengan menambah memori yang lebih besar maupun lebih kecil.

Meski mempunyai lebih banyak memori terinstal dalam komputer merupakan wacana yang baik, Umumnya sistem board mempunyai batasan pada jumlah dan jenis RAM yg akan ditambahkan.

Beberapa sistem bisa jadi hanya membutuhkan SIMM. Sistem lain mungkin saja membutuhkan SIMM diinstal dalam set yg sempurna 2 atau 4 modul dalam satu waktu yang sama. Sebagai tambahan, beberapa system memanfaatkan hanya RAM parity sementara yang lain memanfaatkan RAM non-parity.

Parity mempunyai kekuatan built-in investigasi kesalahan ke dalam chip RAM untuk memilih keutuhan data. Non parity, tak mempunyai kemampuan investigasi kesalahan.

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf


Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Pengertian Ram Dan Fungsinya Serta Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel