iklan banner

Pengertian Processor Dan Fungsinya Serta Jenisnya

Pengertian Processor dan Fungsinya - Sebuah Komputer tidak akan sanggup berjalan tanpa CPU. CPU sering sekali disebut dengan otak nya komputer. Dalam motherboard, CPU mempunyai sirkuit tunggal terintegrasi (single integrated circuit) yang disebut dengan mikroprosesor. CPU juga mempunyai dua komponen dasar yaitu unit kontrol dan Arithmetic/ Logical Unit (ALU).
a. Unit kontrol
Unit control menginstruksikan sistem komputer mengikuti arahan sebuah program. Hal itu sanggup menghubungkan pribadi data dari dan ke memori processor. Unit kontrol menyimpan data sementara, arahan dan memproses gosip dengan memakai ALU. Sebagai penambahan, unit juga mengontrol sinyal antara CPU dan perangkat eksternal menyerupai hard disk, memori utama dan port I/O.

Baca juga:
Komponen CPU dan Fungsinya
Fungsi Utama CPU
Cara Mengatasi CPU Usage 100%

b. Arithmetic/Logic Unit (ALU)
Arithmetic/Logic Unit (ALU) sanggup menjalankan kedua operasi arithmetic dan operasi logic. Operasi arithmetic ialah operasi dasar matematika menyerupai tambahan, pengurangan, perkalian, dan juga pembagian. Operasi logic menyerupai AND, OR dan  XOR dipakai untuk membuat perbandingan dan mengambil keputusan. Operasi logic bakal memilih bagaimana sebuah kegiatan akan dieksekusi.

 Sebuah Komputer tidak akan sanggup berjalan tanpa CPU Pengertian Processor dan Fungsinya Serta Jenisnya
Processor

Fungsi Processor
Procesor akan menangani sebagian besar operasi yang dijalankan oleh komputer dengan memproses instruksi/perintah, mengirimkan sinyal ke luar, mengusut relasi (connectivity) serta memastikan bahwa operasi dan perangkat keras berfungsi sebagaimana mestinya. Baca juga : Perangkat Keras Komputer

Processor akan bertindak sebagai pengirim pesan pada komponen-komponen menyerupai RAM, monitor dan disk drive. Mikroprosesor dihubungkan ke dalam sistem computer melewati tiga bus. Bus-bus tersebut ialah bus data, bus alamat, dan bus kontrol.

Banyak perusahaan yang memproduksi CPU termasuk Intel, Advanced Micro Devices (AMD) dan Cyrix. Intel dikenal dengan membuat chip CPU berbasis silikon sebagai chip modern di tahun 1971.

Jenis Soket Processor
Mikroprosesor bekerja memakai terminal yang spesifik, termasuk Soket 7, Soket 423 atau Slot 1, Soket X. X sanggup jadi angka numerik apapun. X ialah istilah deskripsi untuk memastikan bagaimanakah processor tersambung (plug) dengan motherboard komputer.

Processor plug in untuk membuat kontak dengan sirkuit built in atau bus data dari motherboard. Pembuat mempunyai tipe soket yang berbeda product processor yang diproduksi. Pengertian Motherboard dan Fungsinya

Soket 7, sudah banyak ditinggalkan meskipun pernah dikenal sebagai variasi koneksi utama terbaik yang pernah di ada. Soket 7 dipakai selama periode waktu tertentu oleh tiga jenis processor utama. Jenis soket yang diikuti dengan nomer yang lebih besar berarti merupakan model yang terbaru.

Contohnya Soket 370 lebih gres daripada Soket 7. Teknologi processor dan kecepatan sudah meningkat dengan proses up date.

Soket ZIF
Processor tipe-soket memakai soket Zero Insertion Force (ZIF). Soket ZIF dirancang untuk meringankan memasukkan mikroprosesor. Soket ZIF mempunyai tuas yang sanggup terhubung dan menutup untuk mengamankan mikroprosesor di tempatnya.

Sebagai tambahan, soket yang mempunyai nomer yang berbeda sanggup mempunyai pengaturan pin dan pin lay out yang berbeda juga. Contohnya, Soket 7 mempunyai 321 pin. Jumlah pin sanggup semakin meningkat seiring dengan penomoran soket.

Procesor tipe-slot
Procesor tipe-slot hanya ada di pasaran selama setahun. Intel mengganti konfigurasi soket ke dalam paket procesor dalam cartridge yang muat dalam slot di motherboard buat procesor Pentium II. Secara bersamaan, AMD telah meningkatkan Slot A setara dengan Slot 1, jadi Soket A alasannya ialah kapabilitas tingkat tinggi (high-end) AMD Athlon dan processor Duron.

Jenis-jenis Processor
1. Mikroprosesor Intel Pentium
Mikroprosesor Intel Pentium paling gres termasuk Pentium II, III, IV & Xeon. Kelas Pentium ialah standard terbaru untuk chip processor. Prosesor-prosesor tersebut mewakili processor Intel generasi kedua dan ketiga. Dengan mengkombinasikan memori cache (tersembunyi) dengan sirkuit mikroprosesor.

Pentium mendukung processor dengan kecepatan 1000 MHz dan lebih tinggi. Chip yang dikombinasikan mempunyai ukuran tak lebih dari 2 inc persegi (6 cm persegi) dan terdiri lebih dari 1 juta transistor.

Processor Pentium sudah membuat beberapa peningkatan dari pendahulu mereka, yang terevolusi dari Intel 80486. Contohnya, bus data Pentium lebarnya 64-bit dan sanggup menampung data 64-bit dalam satu waktu. Bandingkan dengan Intel 486 32-bit.

Pentium mempunyai cache berganda dalam daya simpan total sebesar 2 MB, di bandingkan dengan 8 KB pada Intel 486. Peningkatan dalam kecepatan processor membuat komponen mendapat data yang masuk dan ke luar dari chip dgn lebih segera. Processor tidak hanya menunggu data atau instruksi. Hal ini membuat software berjalan lebih cepat.

2. Processor AMD yang berperforma baik yakni Athlon, Athlon XP, Thunderbird dan seri Duron. Processor tersebut setara dengan Pentium III, merupakan mikroprosesor yang banyak dipakai dikala ini oleh sistem desktop high-end (tingkat tinggi), workstation, dan server.

Bus system processor AMD Athlon didisain utk multiprosessing berskala. Nomor processor AMD Athlon dalam system mikroprosesor ditentukan oleh chip yg diperlukan. Situs pabrik, http://www.amd.com


Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf
Pengertian Processor dan Fungsinya

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Pengertian Processor Dan Fungsinya Serta Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel