iklan banner

Pengertian, Pembagian Dan Sejarah Perkembangan Ilmu Ekonomi

Secara umum pengertian ilmu ekonomi adalah ilmu yang secara khusus mempelajari sikap insan (human) dalam kegiatannya untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan membuat dan menentukan kemakmurannya sendiri. Ilmu ekonomi muncul sebab persoalan ekonomi, yakni adanya ketidakseimbangan antara alat pemuas kebutuhan insan yang sifatnya terbatas dan kebutuhan insan yang tidak ada batasannya. Selain mempelajari definisi ilmu ekonomi, pada kesempatan kali ini kita akan kupas beberapa sub pembasahan menyerupai sejarah dan perkembangan ilmu ekonomi, pengertian ilmu ekonomi berdasarkan para andal dan pembagian ilmu ekonomi, yakni mikro dan makro.

 ilmu yang secara khusus mempelajari sikap insan  Pengertian, Pembagian dan Sejarah Perkembangan Ilmu Ekonomi

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Berikut ini definisi pengertian ilmu ekonomi berdasarkan para andal : 
  1. Alfred Marshall : Ia beropini bahwa ilmu ekonomi yaitu study yang mempelajari kehidupan insan dalam kesehariannya.
  2. Adam Smith : Ilmu ekonomi yaitu ilmu yang mempelajari tingkah laris manusia/masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya terbatas dengan tujuan tertentu.
  3. Suherman Rosydi : Ilmu ekonomi yaitu salah satu ilmu pengetahuan yang berupaya memberi pengertian berkaitan dengan tanda-tanda yang muncul di masyarakat sebab perbuatan insan dalam memenuhi kebutuhan hidup menuju kemakmuran.
  4. Menurut Lipsey : Ilmu ekonomi yaitu pengetahuan perihal pemanfaatan sumber daya langka untuk memenuhi kebutuhan insan yang tidak ada batasnya.
  5. Khursid Ahmad : Ilmu ekonomi yaitu ilmu yang menghubungkan antara sikap insan dan permasalahan ekonomi.

Definisi Ilmu Ekonomi

Berdasarkan kategori ilmu, ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial sebab berafiliasi dengan masyarakat menyerupai produksi (menghasilkan), distribusi (menyalurkan) dan konsumsi (mengurangi, menghabiskan) barang dan jasa. Kata "ekonomi" berasal dari bahasa Yunan yakni Oikos, artinya keluarga, dan Nomos berarti aturan/hukum. Maka sanggup kita analisis, ekonomi yaitu aturan/manajemen rumah tangga.

Baca Juga :
1. Pengertian Sosiologi dan Ruang Lingkupnya
2. Pengertian Antropologi dan Ruang Lingkupnya

Pembagian Ilmu Ekonomi

Seperti klarifikasi singkat diatas, ilmu ekonomi dibagi atau dikelompokkan menjadi dua, yakni mikro dan makro. Berikut klarifikasi singkatnya :

1. Ekonomi Mikro

Ilmu ekonomi mikro disebut juga microeconomics (mikroekonomi). Ilmu ekonomi mikro mempelajari damai sikap perusahaan, konsumen, penentuan harga dan kualitas barang dan jasa yang diedarkan/jualbelikan di pasar. Cabang ilmu ekonomi ini meneliti sikap yang menghipnotis akhir keputusan yang sudah dilakukan, apakah menghipnotis undangan dan penawaran barang dan jasa.

2. Ekonomi Makro

Ilmu ekonomi makro atau sering disebut makroekonomi yaitu ilmu yang mempelajari ekonomi secara lebih luas, tentunya berbeda dengan mikro. Ekonomi makro mempelajari perihal kegiatan ekonomi, mulai dari pertumbuhan ekonomi, pengangguran, inflasi dan kebijakan ekonomi. Ekonomi makro dipakai untuk menentukan cara terbaik yang harus dilakukan semoga pertumbuhan ekonomi dan stabilitas harga sanggup dicapai.

Sejarah Ilmu Ekonomi

Tokoh pertama yang menyebarkan ilmu ekonomi yaitu Adam Smith, tepatnya pada era ke 18. Ia membuat ilmu ekonomi sebagai salah satu cabang tersendiri dalam ilmu pengetahuan. Sebagai seorang ekonom, Adam Smith mencari tahu sejarah perkembangan ekonomi di negara-negara ekonom. Penelitian ini kemudian menghasilkan sebuah karya besar yang diberi judul Wealth of Nations.

Perkembangan pedoman ilmu ekonomi diawali dengan pemikiran Adam Smith yakni pedoman klasik. Aliran ini menekankan adanya prosedur pasar melalui harga sebagai instrumen utama, invisible hand (tangan tak terlihat) atau populer dengan nama teori tangan tuhan,. Dalam teori ini, tugas pemerintah dalam ekonomi dibatasi sebab dianggap akan mengganggu jalanya proses kegiatan ekonomi.

Demikian pembahasan singkat mengenai Pengertian, Definisi, Pembagian dan Sejarah Perkembangan  Ilmu Ekonomi. Baca juga pembahasan menarik dan bermanfaat berikut ini :

Sumber http://sumbersejarah1.blogspot.com

0 Response to "Pengertian, Pembagian Dan Sejarah Perkembangan Ilmu Ekonomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel