iklan banner

Pengertian Kelas Maya Dan Manfaatnya

Pengertian Kelas Maya dan Manfaatnya - Proses mencar ilmu mengajar dengan memakai kelas maya (cyber class) yaitu suatu upaya untuk mendorong pembelajaran yang dilaksanakan kapan saja dan di mana saja. Pembelajaran dalam kelas maya bukanlah mengganti sistem mencar ilmu saling bertatap muka yang dilaksanakan dengan guru-guru anda dikelas.

Akan tetapi, dengan memakai kelas maya anda akan mendapat komplemen atau pengayaan (enrichment) materi yang sanggup melengkapi acara mencar ilmu konvensional (kelas umum). Dengan model pembelajaran menyerupai ini, anda akan didorong untuk lebih aktif dan juga lebih kreatif.

Baca juga:
Materi Simulasi Digital
Pengertian Kelas Maya dan Manfaatnya
Pengertian Edmodo
Cara Daftar Edmodo

Aktif dan kreatif mengandung pengertian bahwa dalam kelas maya dibutuhkan anda bisa untuk mencari, membaca, serta mendalami beberapa materi dari banyak sekali sumber mencar ilmu digital. Di samping itu, anda dituntun untuk menyimpulkan, membuat, dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang sudah anda ketahui ataupun hasil karya yang di buat untuk teman-teman anda. Dan anda juga dibutuhkan sanggup berdiskusi dan bantu-membantu dalam kelompok secara virtual.

 Proses mencar ilmu mengajar dengan memakai kelas maya  Pengertian Kelas Maya dan Manfaatnya
Kelas Maya
Dalam pembelajaran, teknologi bisa dipakai untuk memperluas jangkauan pembelajaran, meningkatkan kecepatan belajar, serta meningkatkan efisiensi pembelajaran dan anda bisa berkomunikasi dengan teman-teman anda lewat dunia maya yang disebut dengan komunikasi dalam jaringan. Untuk memahami lebih dalam lagi wacana apa yang dimaksud dengan komunikasi dalam jaringan, silahkan baca artikel yang berjudul "Pengertian komunikasi dalam jaringan"


5 Manfaat Kelas Maya

Setidaknya ada 5 Manfaat kelas maya dibandingkan dengan kelas konvensional.
a. Konektivitas - saluran pada banyak sekali ragam gosip ‘tersedia’ dalam skala global.
Selama anda memakai koneksi internet, anda sanggup mendapat gosip apapun yang tersedia dalam world wide web (www). Dalam mencari informasi, anda tidak akan kesulitan berkat pertolongan aplikasi mesin pencari menyerupai Google, Bing dan Yahoo.

b. Fleksibilitas – mencar ilmu sanggup dilaksanakan di mana saja dan kapan saja.
Dengan cara mencar ilmu yang terpola dalam kelas yang anda lakukan selama ini (kelas konvensional), guru merupakan sumber mencar ilmu utama bagi anda. Akan tapi dengan kelas konvensional yg diperkaya dengan TIK, kau juga mempunyai kebebasan dalam memastikan dikala yang sempurna kapan kau mencar ilmu dan daerah belajar, selama kau sanggup memakai komputer dan terhubung internet.

c. Interaksi – penilaian mencar ilmu bisa dilaksanakan seketika dan mandiri.
Dgn memakai TIK, Kamu sanggup mengerjakan kiprah yang diberikan oleh guru, menjawab beberapa pertanyaan, ataupun mengerjakan ujian dimanapun dan kapanpun kau inginkan. Dalam beberapa model ujian, kau bisa memperoleh hasil penilaian ataupun umpan balik dengan cara otomatis, maka anda tak perlu menunggu usang untuk mengetahui hasil penilaian ujian Kamu.

d. Kolaborasi
Pemakaian perangkat diskusi bisa mensupport pembelajaran kerja sama di luar ruang kelas.

Dgn memakai internet, anda sudah berada dalam sebuah jaringan yang luas. Oleh dikarenakan itu, dengan memakai perangkat diskusi lewat internet, anda bisa berkomunikasi, berdiskusi, bertukar pemikiran, baik mengenai suatu gagasan, permasalahan, ataupun solusi dengan sahabat atau guru anda. Dengan perangkat ini anda bisa juga menciptakan grup belajar. Dalam group ini anda juga bisa mengembangkan rencana ataupun sumber mencar ilmu antar teman.

e. Kesempatan Pengembangan
Konten digital bisa terus-menerus dikembangkan maka sanggup memperkaya pembelajaran dalam kelas konvensional.

Dalam kelas konvensional, anda dan guru harus berada dalam daerah yang sama. Akan tetapi dgn memakai TIK, guru anda akan menawarkan kode dari ruang tertentu dan anda akan terus mengikuti kode guru anda tersebut meskipun antara anda dan guru berada di daerah yg berbeda.

Dengan kata lain, e-learning bisa berfungsi sebagai berikut:
a. Penambahan/pengayaan pembelajaran (supplement),
b. Pengganti sebagian pembelajaran (complement), atau
c. Pengganti semua pembelajaran (replacement)

Komponen pendukung kelas maya
a. Perangkat keras komputer (hardware) menyerupai komputer, netbook, notebook, ataupun tablet dan banyak sekali macam perangkat keras komputer yang terkoneksi dengan internet.

b. Perangkat lunak (software): Learning Management System (LMS), Learning Content Management System (LCMS), Social Learning Network (SLN).

c. Infrastruktur : Jaringan intranet ataupun internet.

d. Konten pembelajaran.

e. Strategi interaksi/komunikasi pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran.

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf



Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Pengertian Kelas Maya Dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel