iklan banner

Peluang Perjuangan Ternak Lovebird (Bag.2)

Analisa dan Peluang Usaha Ternak Lovebird Peluang Usaha Ternak Lovebird (bag.2)Pada bahasan sebelumnya mengenai peluang perjuangan ternak lovebird kita lebih banyak bicara ihwal teknik budidaya perjuangan tenak lovebird. Jika Sahabat PoBis belum membaca artikel tersebut, silakan temukan artikelnya disini.


Nah, pada bab 2 ini kita akan bahas kelanjutannya, yaitu mengenai analisa perjuangan ternak lovebird. Mengenai prospek peluang perjuangan ternak lovebird kita sudah tidak perlu meragukannya. Penggemar burung lovebird di Indonesia beberapa tahun belakangan ini semakin banyak dan terus bertambah sepanjang hari.


Bisnis penjualan burung lovebird di banyak sekali tempat di Indonesia meningkat cukup signifikan. Hal ini menciptakan undangan terhadap lovebird meningkat, namun stok lovebird tidak selalu tersedia banyak untuk untuk memenuhi undangan tersebut. Hal inilah yang membuka peluang perjuangan ternak lovebird. Harga lovebird yang masih terbilang tinggi, yaitu pada kisaran Rp 350 ribu sampai Rp 1 juta, mengakibatkan ternak lovebird menjanjikan peluang yang menguntungkan. Bahkan untuk lovebird tertentu yang tergolong unik, harganya sanggup sangat tinggi.


Guna menambah produktivitas induk lovebird, sanggup ditempuh dengan cara mengambil anak lovebird pada ketika mencapai umur sekitar 10-14 hari. Cara ini juga sanggup menciptakan anak lovebird menjadi lebih jinak, sehingga sanggup menambah harga jual dari anak lovebird tersebut.


Wajib dibaca: Contoh Usaha Yang Menguntungkan


Selanjutnya anak lovebird ditempatkan di sebuah kotak yang diberi bantalan kain handuk, dan untuk menambah kehangatan tambahkan lampu 5 watt. Anak lovebird sanggup diberi pakan bubur bayi instan yang banyak dijual di toko. Bubur bayi tersebut dicampur dengan air hangat, jangan terlalu panas.


Mula-mula, gabungan bubur bayi tersebut jangan terlalu kental. Gunakan alat suntik untuk memberi makan anak lovebird tersebut. Pemberian pakan harus dilakukan secara teratur sekurang-kurangnya setiap 4 jam sekali. Anda sanggup menciptakan aktivitas dukungan pakan sendiri. Misalkan, aktivitas dukungan pakan jam 6.00, 10.00, 14.00, 18.00, dan 23.00.


Selanjutnya ada beberapa jenis pakan yang sanggup Anda berikan pada lovebird dewasa, diantaranya:



  1. Aneka biji-bijian. Anda sanggup mencampur beberapa biji-bijian yang banyak dijual di pasaran sebagai kuliner utama lovebird. Biji milet merupakan kuliner prioritas untuk lovebird. Biji milet sanggup membantu menjaga stamina lovebird ketika terkena panyakit, salah satu penyakit yang sering menyerang lovebird yaitu mata atau snot.

  2. Lovebird sangat menyukai buah segar dan sayuran. Beberapa buah dan sayuran yang sanggup Anda berikan untuk lovebird, diantaranya: jagung muda, sawi putih, kangkung, buah pir, aple, anggur, dan lain-lain.

  3. Ikan asin. Guna mencukupi kebutuhan kalsium, lovebird memerlukan asupan kalsium tambahan. Anda sanggup menunjukkan tulang sotong sebagai perhiasan kebutuhan kalsium lovebird.

  4. Extra fooding. Anda sanggup menunjukkan kuliner perhiasan untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan protein burung lovebird. Beberapa extra fooding yang sanggup Anda berikan dalam peluang perjuangan ternak lovebird, diantaranya: biji bunga matahari, biji kedelai, kacang hijau, kacang merah, dan biji fumayin. Biji-bijian ini sangat digemari lovebird, sanggup menaikkan suhu badan serta meningkatkan metabolisme di dalam badan lovebird.

  5. Kangkung merupakan sayuran yang penuh gizi. Bahkan jikalau dibandingkan dengan berbagai jenis sayuran lain, kandungan gizi dan nutrisi pada kangkung tergolong lengkap. Dengan kandungan gizi yang dimilikinya tersebut, kangkung sanggup meningkatkan birahi lovebird. Sehingga baik untuk diberikan kepada lovebird yang sedang diternak, maupun lovebird lomba.

  6. Jagung muda. Jagung muda dan segar mempunyai kadar air dan kandungan karbohidrat yang lebih dibadingkan dengan jagung tua. Kandungan protein, mineral dan vitamin didalam jagung muda sanggup membantu menurunkan kadar kolesterol dalam badan lovebird. Selain itu juga sanggup meningkatkan sistem imunitas dan kekuatan tulang lovebird.


Strategi Pemasaran Dan Penjualan Lovebird


Setelah Anda sukses mengembangbiakkan burung lovebird dan proses penyapihan (pemisahan) anak lovebird dengan sang induk berlangsung dengan baik, maka langkah selanjutnya yaitu tahap yang kita tunggu-tunggu, yaitu tahap menghasilkan uang. Anda harus menyusun seni administrasi pemasaran dan melaksanakan promosi yang sempurna semoga burung lovebird yang Anda tawarkan sanggup terjual dengan cepat.


Beberapa cara yang sanggup Anda tempuh untuk mendulang rupiah dari peluang perjuangan ternak lovebird, diantaranya yaitu dengan menjualnya di pasar burung, lakukan promosi ke teman-teman Anda, ikuti kompetisi burung, dan jangan lupakan marketing online.


Mengikuti kompetisi merupakan hal yang penting, selain untuk membangun reputasi, Anda juga sanggup membangun hubungan dengan sesama peternak lovebird. Transaksi antar peternak tersebut sanggup menghasilkan transaksi jumlah besar dan berkesinambungan.


Selain itu jangan lupa untuk memanfaatkan media internet untuk melaksanakan penjualan secara online. Anda sanggup menjual lovebird secara online dengan menafaatkan situs jejaring sosial facebook, maupun melalui situs marketplace menyerupai olx, tokopedia, dan lembaga jual beli kaskus.


Analisa Peluang Usaha Ternak Lovebird


Modal Usaha Ternak Lovebird



  • Lovebird 10 pasang Rp 7.000.000,-

  • Kandang Rp 1.000.000,-

  • TOTAL Rp 8.000.000,-


Biaya Operasional Usaha Ternak Lovebird



  • Pakan dan Obat 250.000,-

  • Tenaga Kerja 750.000,-

  • Lain-lain 100.000,-

  • TOTAL 1.100.000,-


Omset per bulan: 10 ekor x Rp 350.000 = Rp 3.500.000,-


Keuntungan: Rp 3.500.000 – Rp 1.100.000 = Rp 2.400.000,-


Break Even Point: Rp 8.000.000 / Rp Rp 2.400.000 = 3,33 bulan = 100 hari


Demikian selesai dari ulasan mengenai peluang perjuangan ternak lovebird. Sebuah peluang yang menjanjikan laba yang menggiurkan. Asal Anda ‘telaten’ dalam proses budidaya burung lovebird.


sumber gambar: mrkicau.blogspot.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

0 Response to "Peluang Perjuangan Ternak Lovebird (Bag.2)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel