iklan banner

Mau Mulai Bisnis? Jangan Terlalu Banyak Bertanya Dan Mencari Informasi!

Dalam sebuah hadits, rasulullah SAW bersabda : "Sesungguhnya orang-orang sebelum kalian telah binasa lantaran banyak bertanya dan menyelisihi nabi mereka. Jika saya melarang dari sesuatu, maka jauhilah. Dan jikalau saya memerintahkan pada sesuatu, maka lakukanlah semampu kalian." (HR. Bukhari)


Apa yang kira-kira anda pahami jikalau kita dalam posisi sebagai salah seorang calon pengusaha yang hendak memulai bisnis namun masih mencicipi keraguan yang mendalam? Mungkin anda akan bertanya kepada siap saja yang berdasarkan anda mempunyai pengetahuan dalam dunia bisnis demi meyakinkan anda atau malah demi menggagalkan niat anda memulai bisnis.

Saya sendiri dulu banyak bertanya dan mencari isu ihwal dunia perjuangan dimana saya masih mencicipi keraguan yang sangat besar kepada diri saya sendiri. Apakah saya mampu, apakah saya bisa, bagaimana jikalau gagal dan banyak sekali pertanyaan lain yang sebabkan saya gagal start.

Berbagai jenis pengusaha mulai yang tetangga sendiri, teman, sampai orang yang gres saya kenal niscaya saya tanyakan ihwal dunia bisnis. Tujuannya untuk mengetahui kira-kira saya bisa sukses atau gagal jikalau memulai bisnis sementara saya masih sangat awam.

Jawabannya tetap sama!

Hampir semua memperlihatkan sedikit nasehat, mereka lebih menyarankan biar saya memulainya dulu tanpa memikirkan untung dan rugi, sukses atau berhasil, yang penting sudah mulai dulu. Namun saya masih enggan dan masih mencari nasehat lain sampai sesudah rencana sudah tersusun rapi, jadinya saya gagal memulainya lantaran saya terlalu takut.

Mungkin bukan saya sendiri yang mengalami hal menyerupai itu, sebuah keraguan yang mendalam di awal yakni hal yang wajar. Namun dengan kesalahan saya bertanya dan mencari isu yang terlalu banyak, saya malah mencicipi keraguan yang semakin besar.

Andaikan saya nekat memulai bisnis, mungkin saya sudah sukses ketika ini atau mungkin saya kehilangan modal pas-pasan yang saya miliki dulu. Namun pengalaman tersebut takkan bisa didapatkan jikalau saya tidak memulainya sama sekali.

Beberapa orang bertanya kepada saya perihal dunia bisnis, mereka pikir saya punya isu yang lengkap secara saya sudah beberapa tahun jadi pedagang. Saya enggan memperlihatkan isu yang detail dan malah memperlihatkan hal-hal yang pahit kepada mereka ihwal kegagalan, kerugian, hilangnya modal sampai hal lain yang menciptakan sebagian mundur.

Meski terlihat jahat, bahu-membahu saya sedang mencoba menilai kekuatan niat mereka lantaran dari sekian yang bertanya, toh masih ada beberap yang nekat maju memulai bisnis dan sebagian sukses. Sebagian rugi, gulung tikar dan merasa kecewa namun mereka sudah siap lantaran sudah saya berikan resiko pahitnya bisnis terlebih dahulu.

Bisnis tetaplah bisnis, siapapun anda, apapun jabatan anda, bagaimanapun kemampuan anda, sepandai apapun anda, kalau anda tidak memulainya dan hanya mendengar dongeng orang, maka anda takkan mendapat kenikmatan tersendiri dalam dunia bisnis tersebut.

Sumber http://wirausahakan.blogspot.com

0 Response to "Mau Mulai Bisnis? Jangan Terlalu Banyak Bertanya Dan Mencari Informasi!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel