iklan banner

Kerajaan Kutai Berupa 7 Buah Yupa

Kerajaan Kutai - Pada artikel sebelumnya, dijelaskan bahwa pengertian sumber sejarah yaitu peninggalan berasal dari masa kemudian yang sanggup dimanfaatkan untuk merekonstruksi atau kepentingan penelitian sejarah di zaman sekarang. Singkatnya sumber sejarah kerajaan Kutai merupakan bukti-bukti peninggalan yang mempunyai nilai untuk mengungkap fakta mengenai keberadaan kerajaan ini.

Dengan mengetahui sumber sejarah Kerajaan Kutai, kita sanggup mengetahui banyak sekali informasi. Contohnya ibarat letak, tahun berdirinya, raja-raja yang memimpin, kehidupan ekonomi sosial politik, masa kejayaan dan keruntuhannya. Berdasarkan info yang kami peroleh, sumber sejarah kerajaan Kutai yaitu berasal dari 7 buah Yupa.

 yaitu peninggalan berasal dari masa kemudian yang sanggup dimanfaatkan untuk merekonstruksi at  Kerajaan Kutai Berupa 7 Buah Yupa

Kerajaan Kutai

Kutai Martadipura atau lebih kita kenal dengan nama Kerajaan Kutai yaitu kerajaan yang bercorak Hindu. Kerajaan ini mempunyai bukti tertua berupa Yupa (tugu batu). Nama "Kutai" digunakan  alasannya menurut lokasi inovasi peninggalan tersebut. Yaitu di hulu sungai Mahakam, Muara Kaman, Kaltim.

Baca Selengkapnya: Letak Kerajaan Kutai

Sumber sejarah kerajaan Kutai yaitu 7 buah Yupa. Peninggalan sejarah ini merupakan bukti tertua memuat info bekerjsama kerajaan ini bangun pada masa ke 4 masehi. Tujuh buah Yupa yang berhasil ditemukan merupakan sumber utama para hebat dalam pertanda keberadaan Kerajaan Kutai.

Apa itu Yupa? Secara singkat, Yupa yaitu tugu kerikil yang mempunyai fungsi sebagai tugu peringatan. Ketujuh buah Yupa tersebut dibentuk oleh Brahmana alasannya kedermawanan raja Mulawarman.

Satu dari tujuh buah Yupa berisi info mengenai raja yang ketika itu memerintah di Kerajaan Kutai, yakni Mulawarman. Namanya dicatat alasannya kedermawanannya memberikan/ menyedekahkan 20 ribu ekor sapi kepada kaum brahmana.

Selain itu, info seputar asal-usul Mulawarman dijelaskan bahwa ia merupakan anak dari Raja Aswawarman. Masa kejayaan berlangsung ketika Mulawarman menjadi raja. Disebutkan juga kawasan kekuasaan Kerajaan Kutai meliputi hampir seluruh wilayah Kalimantan Timur. 

Kemudian mengenai kehidupan sosial dan ekonomi, rakyat di Kerajaan Kutai hidup makmur dan sejahtera. Itulah info yang tertera dalam isi Yupa. Namun sangat disayangkan, keberadaan sumber sejarah kerajaan Kutai tidak ada yang berasal dari luar, hal ini alasannya kurangnya komunikasi dengan pihak asing.

Kerajaan kutai berakhir ketika dipimpin oleh Maharaja Dharma Setia. Berakhirnya Kutai Martadipura sesudah raja tersebut tewas dalam peperangan di tangan Raja Kutai Kertanegara ke 13, yakni berjulukan Aji Pangeran Anum Panji Mendapa.

Artikel Terkait :

Sumber : Wikipedia

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Kerajaan Kutai, biar bermanfaat bagi pembaca semua. Terimakasih

Sumber http://sumbersejarah1.blogspot.com

0 Response to "Kerajaan Kutai Berupa 7 Buah Yupa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel