iklan banner

Harga Cabai Naik? Pelajari Cara Menanam Cabai Merah Ini

Apa akhirnya bila kuliner khas Indonesia tanpa memakai cabai merah Harga Cabe Naik? Pelajari Cara Menanam Cabe Merah Ini
gambar cara menanam cabai merah

Apa akhirnya bila kuliner khas Indonesia tanpa memakai cabai merah? Niscaya rasanya akan sangat masbodoh dan warnanya pun kurang menggugah selera bukan? Melihat fenomena itu saja sudah cukup untuk mengakibatkan ganjal an bahwa budidaya cabai merah sangatlah menggiurkan dengan potensi pasar yang sangat luas.


Cara menanam cabai merah membutuhkan beberapa kiat – kiat khusus supaya tumbuhan cabai yang Anda budidayakan menghasilkan panen yang melimpah dan menguntungkan. Beberapa hal yang harus diperhatikan supaya Anda terhindar dari kerugian dalam cara menanam cabai merah ialah :



  • Pemilihan lahan yang cocok bagi tumbuhan cabai merah, yaitu lahan yang bersuhu 25 sampai 28 derajat celcius, menerima sinar matahari 10 jam perhari, ber PH 6 – 7, tanah ideal ialah tanah lempung berpasir dengan kelembaban 80%.

  • Cara menanam cabai merah erat kaitannya dengan ketepatan memulai menanam. Tidak dianjurkan menanam cabai merah bila harga cab di pasaran sedang anjlok untuk menghindari kerugian.

  • Proses perawatan yang tepat juga sangat menghipnotis berhasil atau tidaknya cara menanam cabai merah yang Anda lakukan.


Cabe merah bergotong-royong tergolong tumbuhan yang gampang untuk dibudidayakan. Anda tidak perlu repot bahkan kawatir bila harga cabai melojak tinggi. Tentu bila Anda mengusai cara menanam cabai merah yang tepat.  Cara menanam cabai merah ada beberapa tahapan.


Bagi Anda yang hendak mencoba cara budidaya cabai merah, berikut kami berikan tahap – tahap cara menanam cabe  merah yang baik dan benar :


1. Persiapan Lahan Budidaya Cabe Merah


Langkah pertama dalam cara menanam cabai merah ialah mempersiapkan tanah sebagai media tanam bibit cabai merah. Berikut ialah langkah – langkah mempersiapkan lahan menanam cabai merah :



  1. Gemburkan tanah dengan cara dibajak maupun dicangkul kemudian taburkan pupuk sangkar dengan takaran 1 ton / hektar .

  2. Diamkan selama satu ahad supaya pupuk sangkar terserap tepat oleh tanah.

  3. Jika tanah terlalu asam ( PH kurang dari 5 ) maka perlu di lakukan tindakan pengapuran dengan menawarkan dolomite dengan takaran 500 kg / hectare dan diamkan kembali lahan selama satu ahad sesudah proses pengapuran.

  4. Persiapan cara menanam cabai merah selanjutnya, dengan menciptakan bedengan. Ukuran lebar 120 cm dan panjang menyesuaikan keadaan lahan, tinggi bedengan kurang lebih 50 cm.

  5. Berikan jarak antar bedengan sekaligus berfungsi sebagai drainase dengan jarak 80cm sampai 100 cm tergantung kondisi lahan Anda.

  6. Tutuplah bedeng dengan plastik mulsa kemudian dilubangi, jarak lubang tanam ialah 50cm x 60cm dengan sistem zig zag

  7. Biarkan bedengan yang sudah tertutup plastik mulsa tersebut selama 1 ahad sebelum memulai cara menanam cabai merah.


4. Persemaian dan pemilihan Benih Cabe Merah


Langkah selanjutnya dalam cara menanam cabai merah sesudah bedengan sebagai media tanam dipersiapkan ialah tahap persemaian benih. Namun sebelum itu Anda sudah menemukan bakal biji cabai merah unggul yang sanggup Anda peroleh di toko pertanian terdekat.


Langkah persemaian benih cabai merah :



  1. Rendam biji cabai merah dengan air hangat dengan ditambah sedikit obat perangsang perkecambahan ( banyak di took pertanian ) dan diamkan selama semalam.

  2. Siapkan lahan untuk persemaian bibit cabai merah, dianjurkan lahan menghadap ke timur dengan dinaungi plastic maupun atap yang terbuat dari jerami.

  3. Persiapkan media tanam di dalam polibag dengan diisi perpaduan antara tanah serta pupuk sangkar dengan takaran 3 : 1.

  4. Masukkan biji cabai merah unggulan kedalam polibag, kemudian tutup dengan tanah tipis kira – kira 1 cm.

  5. Siramilah benih setiap pagi dan sore hari selama kurang lebih 30 hari semenjak biji cabai merah ditanam kedalam polibag. Cara menanam cabai merah ini perlu Anda lakukan, supaya pertumbuhan tumbuhan sanggup optimal.


3. Penanaman Bibit cabai Merah


Selanjutnya sesudah bibit disemai, langkah selanjutnya dari cara menanam cabai merah ialah meindahkan bibit cabai merah yang telah disemai, ke dalam lubang tanam di bedengan.


Umumnya sesudah bibit cabai merah disemai selama 30 hari, maka tunas daun akan muncul kurang lebih 4 sampai 6 helai per tumbuhan cabai merah. Cara menanam cabai merah paling baik ialah diwaktu pagi hari, maupun sore hari. Untuk menghindari panas terik matahari.


Cara menanam cabai merah yang harus Anda lakukan yaitu, lepas polybag dari benih cabai merah, kemudian pindahkan kedalam media tanam di dalam bedengan, sesudah itu uruk kembali dengan tanah, sampai batas ujung pangkal batang tumbuhan cabai merah. Berikan sedikit tekanan supaya tumbuhan bangun dengan tegak.


Cara menanam cabai selain pada media lahan kebun. Anda juga sanggup memindahkan tumbuhan pada media pot. tentunya kebutuhan tumbuhan cabai di pot  berbeda degan di lahan.


Kunci keberhasilan cara menanam cabai merah pada media pot ialah Anda harus gunakan pot yang besar. Dan yang terpenting, kebutuhan unsur hara pada tumbuhan cabai merah ini harus Anda penuhi dengan baik. cara menanam cabai merah dengan cara yang lain. sanggup Anda lihat disini Selengkapnya…..


Apa akhirnya bila kuliner khas Indonesia tanpa memakai cabai merah Harga Cabe Naik? Pelajari Cara Menanam Cabe Merah Ini
gambar cara menanam cabai merah media pot

4. Pemeliharaan Tanaman Cabe Merah


Memerihara pertumbuhan tumbuhan ialah tahap selanjutnya dari cara menanam cabai merah yang baik dan benar. Lakukan penyiraman dengan rutin terlebih bila menghadapi ekspresi dominan kemarau, setidaknya sehari 2 kali setiap pagi dan sore hari.


Berikan juga pupuk susulan dengan takaran Urea 250gr, kemudian SP36 250gr dan KCl 250gr diberikan setiap seminggu sekali dengan cara mengucurkannya kedalam lubang tanam cabai merah.


5. Waktu Panen


Tahapan terakhir cara menanam cabai merah ialah masa panen. Biasanya sesudah berusia 60 sampai 70 hari semenjak benih ditanam di dalam bedengan. Lakukan panen rutin setiap 3 hari sekali sampai buah cabai merah habis.


Lakukan panen cabai merah pada pagi hari dengan cara dipetik pribadi dengan tangan dari pohonnya. Sebaiknya cabai merah yang dipanen dalam keadaan tidak terlalu renta untuk menghindari pembusukan dikala proses penyimpanan sebelum dijual kepada konsumen.


Apa akhirnya bila kuliner khas Indonesia tanpa memakai cabai merah Harga Cabe Naik? Pelajari Cara Menanam Cabe Merah Ini
gambar cara menanam cabai merah – siap panen

Demikianlah cara menanam cabai merah yang sanggup Anda praktekkan sendiri di lahan Anda. Ayo tunggu apalagi, mumpung ekspresi dominan hujan telah tiba, Mari Menanam Cabe Merah … !!!




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Harga Cabai Naik? Pelajari Cara Menanam Cabai Merah Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel