iklan banner

Formula Dan Fungsi (Edit,Copy, Paste Special)



Formula dan Fungsi

Formula Sederhana, Edit Formula, Copy Formula, Paste Special

Formula yaitu sebuah rumus yang dipakai untuk menghitung nilai dari sebuah cell, sedangkan Fungsi yaitu formula yang sudah dibentuk oleh excel yang dapat dipakai untuk aneka macam keperluan. Microsoft excel memiliki banyak fungsi untuk aneka macam macam keperluan.

Formula Sederhana

Untuk menciptakan sebuah formula harus diawali dengan tanda “=” (sama dengan), kalau tidak ada tanda “=” maka apapun yang dimasukkan dalam cell tidak akan dianggap sebagai sebuah formula.
Berikut yaitu cara menciptakan formula untuk perhitungan sederhana, yaitu penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Untuk penambahan memakai tanda “+” (plus), pengurangan memakai tanda “-“ (minus), perkalian memakai tanda “*” (bintang) dan pembagian memakai tanda “/” (garis miring).


Untuk penambahan letakkan kursor dicell B4, lalu ketikkan “=B1+B2” (tanpa petik), lalu enter. Untuk pengurangan letakkan kursor di B5, lalu ketikkan “=B1-B2” (tanpa petik), lalu enter. Untuk perkalian letakkan kursor di B6, lalu ketikkan “=B1*B2” (tanpa petik), lalu enter. Untuk pembagian letakkan kursor di B7, lalu ketikkan “=B1/B7” (tanpa petik), lalu enter.
Hasilnya menyerupai gambar dibawah


Edit Formula

Untuk mengedit formula caranya cukup mudah, pertama arahkan kursor kecell yang berisi formula, lalu tekan tombol F2, maka formula penyusun akan tampil.

Gambar diatas menampilkan formula yang ada di cell B4 (penambahan). Isi formula akan tampil semua dan cell-cell yang terlibat diformula akan ditandai juga.
Ada cara lain untuk mengetahui formula dari sebuah cell, yaitu dengan melihat Formula Bar (lokasinya sempurna dibawah Ribbon Menu), mengedit formula kafe akan sama dengan mengedit formula dengan menekan tombol F2.

Copy Formula

Formula dapat dikopi menyerupai data lainnya, perbedaannya, kalau formula dikopi maka alamat cell penyusun formula akan berubah sesuai dengan lokasi dan setting alamat cell.



Cell B4 yang berisikan formula yang menghitung cell B1 dan B2 akan dikopi dan diletakkan di cel C4 hingga H4.
Letakkan kursor dicell B4, lakukan Copy (Ctrl+C), lalu buat range C4:H4, lalu Paste (Ctrl+V)
Hasilnya menyerupai gambar dibawah



Data di C4 merupakan hasil penambahan dari cell C1 dan C2, begitu juga data di D4 merupakan hasil penambahan dari cell D1 dan D2.
Jika sebuah cell yang berisi formula dikopi, maka yang dikopi yaitu formulanya bukan nilai dari cell tersebut. Jika dilihat isi dari formula yang ada di C4 maka akan terisi “=C1+C2” bukan “=B1+B2”.
Lakukan hal yang sama untuk cell B5, B6 dan B7, jadinya menyerupai gambar dibawah

Paste Special

Dari pola sebelumnya, kalau cell yang berisi formula dikopi, maka yang dikopi yaitu formulanya, bukan nilainya. Pertanyaannya yaitu bagaimana kalau memang ingin mengkopi nilainya, bukan formulanya. Solusinya yaitu dengan Paste Special
Dari pola sebelumnya, buat range A4:H7, lakukan Copy&Paste (hasilnya diletakkan di A9), jadinya menyerupai gambar dibawah 


Seharusnya data yang dikopi memiliki nilai yang sama, tetapi jadinya berbeda, kalau dicek cell B9 akan berisikan formula “=B6+B7”, begitu juga dicell lainnya. Secara default cell yang berisi formula kalau dikopi akan menghasilkan cell yang berisi formula juga.
Untuk mengkopi nilainya saja, buat range A4:H7, lakukan kopi (Ctrl+C), letakkan kursor dicell A9, klik kanan, pilih Paste Special…, muncul obrolan menyerupai dibawah


Pilih Values, lalu klik OK, jadinya menyerupai gambar dibawah


Hasilnya sama dengan data di range A4:H7, kalau dicek dicell B9 tidak ada formula, hanya berisi sebuah nilai, begitu juga dicell yang lain.


Sumber http://excelbelajar.blogspot.com

0 Response to "Formula Dan Fungsi (Edit,Copy, Paste Special)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel