iklan banner

Contoh Analisis Swot Untuk Menilai Perusahaan

SWOT yaitu abreviasi dari strength, weaknesses, opportunities dan threats menyerupai namannya, analisis SWOT merupakan suatu teknik perencanaan taktik yang bermanfaat untuk mengevaluasi kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) peluang (opportunities) dan bahaya (threats) dalam suatu proyek, baik proyek yang sedang berlangsung maupun dalam perencanaan proyek bar. Analisis SWOT pertama kali diperkenalkan oleh Albert S Humphrey pada tahun 1960 an ketika memimpin proyek riset di Stanford Research institute yang mengunakan data dari perusahaan – perusahaan fortune 500.

Contoh Analisis SWOT

Analisis SWOT terdiri dari 4 komponen dasar yaitu
1. Strength (kekuatan) atau disingkat dengan S yaitu karakteristik organisasi ataupun proyek yang menunjukkan kelebihan/keuntungan dibandingkan dengan yang lainnya.
2. Weaknesses (kelemahan) atau disingkat dengan W yaitu karakteristik yang berkaitan dengan kelemahan pada organisasi ataupun proyek dibandingkan dengan yang lainnya
3. Opportunities (peluang) atau disingkat dengan “O” yaitu peluang yang sanggup dimanfaatkan bagi organisasi ataupun proyek untuk sanggup berkembang dikemudian hari.
4. Threats (ancaman) atau disingkat dengan “T” yaitu bahaya yang akan dihadapi oleh organisasi ataupun proyek yang sanggup menghambat perkembangannya.
Dari keempat komponen dasar tersebut sanggup disimpulkan bahwa Strength (kekuatan) dan weakness (kelemahan) yaitu faktor internal organisasi/proyek itu sendiri, sedangkan opportunities (peluang) dan threats (ancaman) merupakan faktor eksternl yang menghipnotis perkembangan organisasi ataupun proyek. Oleh alasannya yaitu itu analisis SWOT juga sering disebut dengan analisis internal-eksternal dan matriks SWOT juga sering dikenal dengan Matrix IE.

Metode analisis SWOT merupakan alat yang sempurna untuk menemukan persoalan dari 4 sisi yang berbeda dimana aplikasinya yaitu bagaimana kekuatan (strengths) bisa mengambil laba dari peluang (opportunities) yang ada, kemudian bagaimana caranya mengatasi kelemahan (Weaknesses) yang mencegah keuntungan, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths)mampu menghadapi bahaya (threats) yang ada, dan terakhir bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang bisa membuat bahaya (threats) menjadi aktual atau membuat sebuah bahaya baru.

Dengan adanya korelasi antara empat factor tersebut, maka membuat dengan mengunakan analisis ini menunjukkan fasilitas untuk mewujutkan visi dan misi suatu perusahaan. Untuk menyempurnakan atau melengkapi pemahaman ihwal analisis SWOT maka dibawah ini sanggup dilihat teladan analisis SWOT dari perusahaan Nokia

 opportunities dan threats menyerupai namannya Contoh Analisis SWOT Untuk Menilai Perusahaan

Sumber: https://www.ezmarketing.com

1. Strengths (kekuatan)

Pengalaman
Nokia masuk dunia mobile mulai tahun 1968-1991 dan pada tahun 1992 sudah mulai meluncurkan ponsel GSM dengan produk Nokia 1011
Penjualan Dan Distribusi Dengan Jaringan Terbesar
Nokia merupakan Brand yang telah menempel dihati para konsumen dan merupakan perintis ponsel yang ketika ini sangat diharapkan oleh seluruh dunia jadi masuk akal saja kekuatannya terletak pada besarnya penjualan dan distribusinya yang terbesar

Hubungan Dengan Pelangan Yang Kuat
Bicara ihwal brand NOKIA maka hampir seluruh dunia niscaya sudah mengenal brand ponsel yang satu ini, pelanggan yang loyal serta setia niscaya susah untuk pindah kelain hati

Berbagai Macaam Produk Untuk Semua Kelas
Tidak hanya sebatas korelasi dengan pelangan yang kuat, Nokia juga memanjakan konsumennya dengan banyak sekali macam produk yang sesuai kelasnya

2. Weaknesses (kelemahan)

Kurang gaya dalam produk murah
Memang sudah wajar, harga memilih sebuah kualitas ataupun tampilannya. Tetapi ini menjadi kelemahan dimana produk China sanggup membuat tiruan/replica dengan gaya langsung tetapi tetapi dengan harga yang tetap murah

Kehilanggan pangsa pasar
Untuk ketika ini Nokia memang telah kehilangan pasarnya sesudah tidak lagi update, kemudian diakuisisi oleh Microsoft dengan OS window phone

3. Opportunities(kesempatan)

Pertumbuhan Pasar baru
Dengan pertumbuhan pasar/trend baru, yaitu handphone berbasis smartphone maka ini menjadi suatu peluang untuk berkonsentrasi pada meningkatkan kualitas smartphone

4. Threats (ancaman)

Ponsel China
Ponsel Chiina merupakan suatu bahaya yang sangat serius bagi Nokia, alasannya yaitu dengan fitur yang cukup hamper sama, mereka berani menjual dengan harga murah dan inipun menjadi perang harga

Pesaing menyerupai Samsung dan apple
Dari tahun 2000 an-2010 Nokia memang tiada tandingannya dalam hal ponsel, alasannya yaitu memang memeberikan setiap kebutuhan para konsumen, akan tetapi mulai tahun 2011 para pesaing Nokia( khususnya Samsung dan apple) mulai melejit

Kesimpulannya Setelah menganalisa semua factor, langkah selanjutnya yaitu bagaimana memaksimalkan kekuatan (strengths), menutupi kelemahan (weaknesses), memanfaatkan peluang (opportunities) dan menangkal semua bahaya yang datang. Semoga klarifikasi teladan analisis SWOT diatas sanggup menunjukkan citra mengenai analisis SWOT secara keseluruhan


Sumber https://carajadikaya.com

0 Response to "Contoh Analisis Swot Untuk Menilai Perusahaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel