iklan banner

Cara Memperbaiki Mouse Rusak Dan Tidak Terdeteksi

Cara Memperbaiki Mouse Rusak & Tidak Terdeteksi - Selain keyboard, mouse juga merupakan perangkat keras komputer yang sangat penting bagi sebuah komputer/laptop. Setiap kali mengoperasikan komputer, hampir niscaya mouse digunakan, sehingga sangat rawan terjadi kerusakan padanya.

Ada beberapa kerusakan yang sering terjadi pada mouse, antara lain mouse tidak dikenal/tidak terdeteksi oleh komputer dan pointer yang sering meloncat-loncat.

Adapun cara memperbaikinya yaitu sebagai berikut.

Cara Memperbaiki Mouse yang tidak terdeteksi oleh komputer
Masalah yang sering terjadi pada mouse adalah  mouse tidak dikenal oleh komputer. pada ketika proses booting, komputer memunculkan pesan bahwa windows tidak mendeteksi adanya mouse yang terhubung dengan komputer. pesan kesalahan tersebut ditampilkan.

1. Coba cabut mouse dari port tersebut untuk meyakinkan koneksinya. Pada ketika melepas dan memasang mouse, komputer harus dalam  keadaan mati supaya tidak terjadi konsleting.

2. Setelah itu, hidupkan kembali komputer. Apabila pesan kesalahan masih muncul lakukan analisa selanjutnya.

3. Hubungkan mouse pribadi ke port USB jikalau Anda memakai multi-card reader. Mungkin ada problem dengan perangkat yang bukan mouse atau port USB .

4. Pastikan mouse anda berada pada permukaan yang sesuai. Beberapa mouse sanggup dipakai pada setiap permukaan. Ada juga yang tidak sanggup bekerja kecuali pada daerah yang datar.

5. Jika Anda memakai mouse Bluetooth, pastikan itu dipasangkan dengan benar.


Analisa kedua yaitu adanya kemungkinan rusaknya driver yang menghubungkan sistem dengan mouse. Untuk itu perlu melaksanakan pendeteksian ulang driver secara otomatis dengan windows melalui Device manager.

Langkah yang sanggup dilakukan yaitu sebagai berikut.

Klik kanan My Computer pada desktop windows. Pilih Properties > Hardware > Device Manager, sehingga muncul kotak obrolan menyerupai di bawah ini.
 mouse juga merupakan perangkat keras komputer yang sangat penting bagi sebuah komputer Cara Memperbaiki Mouse Rusak dan Tidak Terdeteksi

a. Klik gambar mouse memakai keyboard dengan pinjaman tombol Tab.

b. Hapus drive mouse yang usang dengan memakai tombol Uninstall.

c. Setelah itu restart ulang komputer.

Jika sambungan dan driver mouse sudah benar namun mouse tetap tidak terdeteksi oleh windows, maka ada kemungkinan mouse rusak. Cobalah dengan memasang mouse yang lain, apakah terjadi hal yang sama. Jika masih tetap menyerupai itu, berarti port PS/2-nya yang rusak.

Pointer Mouse yang Sering Meloncat-loncat
Masalah lain yang sering muncul dengan mouse yaitu pointer mouse yang meloncat loncat secara acak sehingga kita kesulitan memakai mouse secara sempurna dan akurat.

Pada kondisi ini, kemungkinan yang paling besar dikarenakan kotornya bola mouse. Bola mouse banyak bersentuhan dengan alas yang kotor sehingga gampang kotor.

Langkah untuk memperbaiki yaitu sebagai berikut.
Buka epilog bola mouse di bab bawah dengan memutarnya 90 derajat.

Keluarkan bolanya dan bersihkan dengan air hangat atau alkohol kemudian sikatlah memakai kuas, kemudian keringkan.

Di bab dalam mouse sanggup di amati ada tiga buah roda gigi. Dua lebar dan satu yang kecil., Kotoran yang melekat pada komponen tersebut juga perlu dibersihkan. Jangan lupa bersihkan kotoran yang melekat pada gerigi dan alas bola.

Lakukan pencucian dengan hati-hati supaya tidak merusak komponen-komponen di dalamnya.

Baca juga: 
Cara memperbaiki keyboard komputer

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf

Cara Memperbaiki Mouse Rusak & Tidak Terdeteksi

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Cara Memperbaiki Mouse Rusak Dan Tidak Terdeteksi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel