iklan banner

Cara Memperbaiki Keyboard Komputer Dengan Cepat Dan Mudah

Cara Memperbaiki Keyboard Komputer dengan Cepat dan Praktis - Keyboard merupakan salah satu perangkat keras komputer yang sangat vital bagi sebuah komputer. Hal ini dikarenakan keyboard digunakan untuk mengetikkan semua perintah dan memasukkan data berupa kalimat, angka, maupun simbol-simbol ke dalam [orprt"r.

Keyboard dalam bahasa lndonesia, artinya papan tombol jari atau papan tuts.

Pada keyboard terdapat tombol-tombol karakter A_2, a_2, angka 0_9, dan tombol karakter khusus menyerupai ' _ @ f6 7. " g : ()--* = < > 1,.? : ; "'\l serta tombol khusus yang jumlah seluruhnya 104 tuts.


Baca juga:
Fungsi Tombol Keyboard Lengkap
Cara Mengetik 10 Jari
Macam Macam Permasalah pada Keyboard Komputer

Sebagaimana peralatan lainnya, keyboard juga sanggup bermasatah. Salah satu persoalan yang terjadi pada keyboard yakni keyboard Error (tidak terdeteksi oleh komputer).

Cara Memperbaiki Keyboard Komputer dengan Cepat dan Praktis  Cara Memperbaiki Keyboard Komputer dengan Cepat dan Mudah
Cara Memperbaiki Keyboard Komputer dengan Cepat dan Mudah


Untuk memperbaiki keyboard, sebaiknya kita melaksanakan persiapan dan langkah-langkah sebagai berikut.

1. Mempersiapkan keyboard
Keyboard yang akan diperbaiki harus dipersipakan lebih dahulu, dan sebaiknya kita mempersiapkan juga buku manual perihal keyboard. Buku manual mempunyai kegunaan sebagai panduan untuk membongkar dan memasang kembali komponen-komponennya.

2. Mempersiapkan komponen pengganti
Agar tidak memakan banyak waktu, sebaiknya sebelum melaksanakan perbaikan kita mempersipakan komponen-komponen yang mungkin diperlukan.

Komponen yang perlu disiapkan antara lain sebagai berikut.

Keterangan:
1. KBD Clock

2. KBD Data

3. N/C

4. GND

5. +5V (VCC)

3. Mendiagnosa Kerusakan
Sebelum melaksanakan perbaikan, kita harus mencari dan mendiagnosa kerusakannya terlebih dahulu. Dengan demikian kita akan lebih gampang dan sempurna dalam memilih langkah-langkah perbaikan kerusakannya.

Ada beberapa kerusakan yang mungkin terjadi pada keyboard, di antaranya sebagai berikut.

a. Keyboard tidak terdeteksi oleh komputer
Kerusakan yang sering terjadi pada keyboard yakni tidak dikenalnya keyboard oleh komputer. Pada ketika proses booting, tiba-tiba komputer macet dan muncul pesan kesalahan "Keyboard error or no keyboard present".

Pesan tersebut diartikan bahwa pada ketika proses booting, komputer tidak mendeteksi adanya keyboard. Jika terjadi demikian, hal yang perlu dilakukan adalah:

- Matikan kembali komputer dan cek apakah kabel keyboard telah tertancap dengan benar ke CPU.

- Jika perlu lepas dan tancapkan kembali kabel keyboard tersebut untuk meyakinkan bahwakoneksi sudah tepat.

- Jika komputer dihidupkan kembali, dan pesan kesalahan masih muncul, kemungkinan pertama yakni keyboardnya yang rusak.

- Coba dengan keyboard yang lain untuk memastikan bahwa keyboardnya yang rusak.

- Jika dengan mengganti keyboard pesan kesalahan masih tetap muncul, berarti bukan keyboard yang rusak. Tetapi sanggup saja port keyboard di motherbord yang rusak.


Baca juga: 20 Komponen Motherboard Lengkap Dengan Gambar

b. Tombol keyboard macet
Kerusakan lain yang sering terjadi pada keyboard yakni tombol keyboard sering macet untuk ditekan, atau tombol keyboard tertekan terus. Hal itu mungkin disebabkan oleh bubuk yang sudah menumpuk di sela-sela tombol. keyboard sehingga menjadikan keyboard macet.

Untuk mengatasinya, perlu dilakukan pencucian pada keyboard. Keyboard sanggup dibersihkan dengan menyedot atau menyemprotnya dengan penyedot debu. Dapat juga dibersihkan memakai kuas atau dengan memakai kain lap yang dibasahi dengan cairan pembersih atau alkohol.

Hal yang perlu diingat yakni proses pencucian harus dilakukan pada ketika komputer mati dan keyboard.dilepas dari portnya. baca juga macam-macam permasalahan pada keyboard

4. Membaca Buku Manual Tentang Keyboard

Buku manual sangat diharapkan bagi mereka yang belum berpengalaman terhadap langkah-langkah perbaikan komputer biar tidak terjadi esalahan dalam memasang komponen-komponennya.

5. Membuka Tutup Keyboard
Tutup keyboard sanggup dibuka dengan memakai obeng kecil dengan ujung konkret sama dengan kepala sekrupnya. Dengan demikian obeng lebih gampang untuk memutar sekrup yang menancap pada keyboard.

6. Menentukan Kerusakan Keyboard
Cara yang paling gampang untuk mengidentifikasi kerusakan yaitu dengan mencicipi dan melihat sendiri keadaan keyboard. Misalnya, keyboard terasa keras ketika dipakai, satu karakter tak berfungsi, boot keyboard error dan masih banyak yang lainnya.

Selain dengan melihat secara langsung, ada cara lain yang sanggup dilakukan untuk mengidentifikasi kerusakan, yaitu dengan memakai AVO meter, lantaran AVO meter sanggup membantu kita dalam mengidentifikasi cuilan mana yang mengalami kerusakan.

7. Mencatat Hasil ldentifikasi

Setelah kerusakan pada keyboard teridentifikasi, sebaiknya kita catat jenis kerusakan tersebut biar tidak lupa. Kerusakan sanggup dicatat di sebuah buku tulis atau kertas lain.

Tujuan pencatatan yakni mempermudah kita untuk memulai dan memilih cuilan mana yang pertama harus diperbaiki.

8. Melakukan Perbaikan Keyboard

Masalah yang sering terjadi pada keyboard, antara lain sebagai berikut.

- Keyboard error (tidak terdeteksi oleh komputer)
Kerusakan jenis ini sanggup disebabkan konektor keyboard yang renggang, kabel data keyboard putus, ataupun terjadi kerusakan pada lC yangterdapat pada keyboard.

- Tombol keyboard tidak berfungsi
Kerusakan jenis ini sanggup disebabkan olehkonektor keyboard renggang, kabel data keyboard putus, terjadi kerusakan pada lC yang terdapat pada keyboard, dan kemungkinan terakhir yakni sekring yang ada pada keyboard putus.

- Beberapa tombol tidak berfungsi
Kerusakan jenis ini sanggup disebabkan oleh adanya jalur PCB yang kotor atau ada jalur yangputus.

- Tombol keyboard keras
Tombol keyboard yang keras biasanya disebabkan lantaran banyak nya bubuk yang melekat pada keyboard.

"boot" keyboard error

Dapat disebabkan lantaran suis error, dan kabel konektor yang rusak.

Satu karakter tak berfungsi munculnya karakter sejenis yang banyak.

Kerusakan jenis ini biasanya disebabkan lantaran ada komponen dalam keyboard rusak,dan banyak bubuk yang melekat di dalam keyboard.

- Keyboard mengeluarkan kata maupun karakter yang aneh.

Kerusakan jenis ini sanggup disebabkan oleh adanya kerusakan pada BIOS CHIP.

a. Membersihkan komponen dan perangkat keyboard
Masalah keyboard banyak disebabkan lantaran banyaknya bubuk yang melekat di keyboard maupun pada komponennya. Jika hal ini terjadi, upaya yang sanggup dilakukan yaitu dengan cara membersihkan bubuk menggunakan:

- Cotton bud
Digunakan untuk membersihkan bubuk di sela-sela cuilan dalam maupun luar keyboard yang sulit dibersihkan dengan memakai kain lap.

- Vacum cleaner
Alat ini digunakan untuk menyedot bubuk yang ada di dalam keyboard. Hal yang perlu diperhatikan yakni kita dihentikan memakai vacum cleaner dengan suhu yang terlalu panas lantaran sanggup menjadikan kerusakan pada komponen.

- Kuas halus
Kuas mempunyai kegunaan untuk membersihkan bubuk dibagian dalam maupun luar keyboard. Pilihlah kuas yang halus, jangan memakai kuas yang garang dan besar, lantaran sanggup menjadikan kerusakan pada komponen-komponen keyboard.

Untuk membersihkan bubuk dengan kuas, kita sanggup memakai kuas make up. Karena kuas make up mempunyai tekstur yang halus dan lembut.

- Spray
Spray digunakan untuk menyemprot dan menekan bubuk yang sulit dibersihkan atau bubuk yang sudah melekat usang pada keyboard.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Cara Memperbaiki Keyboard Komputer Dengan Cepat Dan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel