iklan banner

5 Kerajaan Singasari Lengkap

Kerajaan Singasari - Singosari ialah salah satu kerajaan yang pernah berdiri di Jawa Timur, tepatnya di kawasan Malang (sekarang). Kerajaan Singasari didirikan oleh tokoh berjulukan Ken Arok pada tahun 1222. Kemudian berakhir pada tahun 1292 di bawah raja Kertanegara. Untuk mengetahui sejarah kerajaan ini, maka diperlukan sumber sejarah. Secara singkat, sumber sejarah ialah segala sesuatu yang sanggup dimanfaatkan untuk merekonstruksi kejadian sejarah di masa lalu. Sumber yang dimaksud sanggup berupa dalam bentuk lisan, tertulis dan benda.

Baca Juga : Letak Geografis Kerajaan Singasari

Lalu apa saja sumber sejarah kerajaan Singasari? apa manfaat mempelajarinya? Keberadaan sumber-sumber  sejarah kerajaan Singosari sanggup kita manfaatkan untuk mengetahui awal berdirinya kerajaan, nama ibukotanya, silsilah rajanya, kehidupan ekonomi, sosial, politik, budaya dan masa kejayaan serta keruntuhannya.

Kerajaan Singasari

 Singosari ialah salah satu kerajaan yang pernah berdiri di Jawa Timur 5  Kerajaan Singasari Lengkap
Sumber sejarah kerajaan Singasari dikelompokkan menjadi 2 jenis, yaitu sumber tertulis berupa kitab, dan sumber benda berupa peninggalan candi dan prasasti. Berikut ini penjelasannya.

Kerajaan Singasari Berupa Kitab

Kitab yang dijadikan sumber isu keberadaan kerajaan Singasari ialah Nagarakretagama dan Praraton. Kitab Nagarakretagama disebut juga dengan nama Kakawin Nagarakretagama. Kitab ini dibentuk oleh Mpu Pranca pada tahun 1365 masehi ketika Majapahit berkuasa. Sementara kitab Pararaton merupakan naskah Sastra Jawa Pertengahan. Pararaton sendiri dalam bahasa Jawa Kawi mempunyai arti "Kitab Raja-Raja".

1. Informasi Seputar Kerajaan Singasari di Kitab Nagarakretagama :
  • Ketika pertama kali didirikan pada tahun 1222, ibukota kerajaan Tumapel (Singosari) berada di Kutaraja.
  • Dalam kitab Negarakretagama disebutkan bahwa arwah pendiri kerajaan Tumepel dipuja sebagai tuhan Siwa.
  • Silsilah raja Singasari dalam Negarakertagama : 1) Rangga Rajasa Sang Girinathaputra (1222-1227), 2) Anusapati (1227-1248), Wisnuwardhana (1248-1254), dan Kertanegara (1254-1292).
  • Terdapat pemerintahan bersama antara raja Wisnuwardhana dan Narasingamurti (ayah Raden Wijaya, pendiri Majapahit).
  • Dalam kitab ini juga disebutkan wilayah kekuasaan Singasari di luar Jawa ketika raja Kertanegara berkuasa, yaitu mencakup Bali, Bakulapura, Melayu, Gurun dan Pahang.
2. Informasi Seputar Kerajaan Singasari di Kitab Pararaton :
  • Kerajaan Singasari (Tumapel) awal mulanya ialah kawasan bawahan Kerajaan Kediri yang kemudian melepaskan diri, tokoh utamanya berjulukan Ken Arok.
  • Dalam Pararaton dijelaskan bahwa sebelum melawan kekuasaan Kediri, Ken Arok memakai julukan Bhatra Siwa yang menempel pada dirinya.
  • Raja-raja Singasari versi kitab Praraton : 1) Ken Arok (Raja Ssang AMurwabhumi) 1222-1247, 2) Anusapati (1247-1249), 3) Tohjaya (1249-1250), Ranggawuni atau Wisnuwardhana (1250-1272), 5) Kertanagara (1272-1292).
  • Terdapat pertumpahan darah yang dilatarbelakangi misi balas dendam. Mulai dari Ken Arok dibunuh oleh anak tirinya berjulukan Anusapati. Anusapati dibunuh oleh anak dari selir Ken Arok berjulukan Tohjaya. Sementara raja Tohjaya mati alasannya dibunuh oleh anak Anusapati berjulukan Ranggawuni.
  • Sementara pergantian raja dari Ranggawuni kepada putranya berjulukan Kertanagara dilakukan secara damai.
  • Sama ibarat Nagarakretagama, kitab Pararaton mengisahkan juga wacana pelarian Raden Wijaya yang kemudian berhasil lolos dari janjkematian berkat dukungan Aria Wiraraja.

Kerajaan Singasari Berupa Prasasti, dan Candi

Beberapa prasasti peninggalan kerajaan Singasari yang sanggup dijadikan sumber sejarah ibarat Prasasti Kudadu yang membahas seputar nama resmi kerajaan. Prasasti Mula Malurung, isinya menyebutkan pendiri Tumapel ialah Bhatara Siwa. Kemudian prasasti-prasasti lainnya mencakup Prasasti Wurare, Prasasti Manjusari, dan Prasasti Singasari yang dibentuk pada tahun 1351 masehi.

Baca : 7 Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara

Selanjutnya sumber sejarah kerajaan Singasari berupa candi. Pertama, Candi Singosari yang terletak di Kab. Malang, dikenal juga dengan nama Candi Cungkup atau Candi Menara. Kedua, Candi Jago yang terletak di Kec. Tumpang, Kab. Malang. Candi kedua ini diperkirakan dibangun pada era ke 13. Ketiga, Candi Sumberawan. Candi ini terletak di Kec. Singosari, Malang. Pada masa lalu, candi ini difungsikan sebagai tempat penyimpanan banyak sekali benda.
Selain ketiga candi tersebut, terdapat juga beberapa candi lainnya, ibarat Candi Jawi, dan Candi Kidal. Bukti mengenai keberadaan kerajaan Singosari juga diperoleh dari peninggalan berupa Arca. Salah satu arca yang dimaksud yaitu Arca Dwarapala.

Kesimpulan

Dari klarifikasi diatas, sanggup kita ketahui bahwa Kerajaan Singasari berasal dari kitab Nagarakretagama, Pararaton, dan peninggalan-peninggalan sejarah berupa Prasasti, Candi dan Arca yang sudah disebutkan diatas. Sumber-sumber sejarah tersebutlah yang dipakai oleh para jago sejarah untuk meneliti sebuah kerajaan, untuk menerangkan keberadaan kerajaan yang dimaksud, sehingga sejarah di masa kemudian sanggup diketahui.

Demikian pembahasan mengenai  Kerajaan Singasari secara lengkap, semoga bermanfaat dan berkhasiat bagi pembaca semua. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya seputar kerajaan-kerajaan yang pernah berdiri di Nusantara. Terimakasih.
Artikel Terkait :
Sumber Referensi :
  • Poesponegoro & Notosusanto. 1990. Sejarah Nasional Indonesia Jilid II. Jakarta: Balai Pustaka.

Sumber http://sumbersejarah1.blogspot.com

0 Response to "5 Kerajaan Singasari Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel