iklan banner

✔ 25 Nama-Nama Nabi Dan Rasul Lengkap (Urutan Mukjizatnya!)

Sebagai umat islam, harus paham mengenai nabi dan rasulnya. Terlebih, sebagaimana telah ada pada rukun iman yaitu beriman kepada nabi dan rasul. Nama nama nabi dan rasul ini wajib di ketahui oleh umat islam.


Nabi diutus Allah SWT dalam menegakan syariat yang telah ada. Sedangkan Rasul diutus untuk membawa syariat gres oleh Allah SWT.


Adapun nabi dan rasul yang diwajibkan untuk diketahui yaitu 25 nabi saja. Anda harus tahu urutan nama nama nabi dengan benar.   Simak selengkapnya nama nama nabi dan rasul lengkap.


Nama nama 25 Nabi dan rasul tersebut dalam perjalanannya diberikan mukjizat yaitu kelebihan oleh Allah SWT. Selain itu, nabi dan rasul tentu mempunyai hati yang jauh lebih baik serta ketabahan luar biasa dalam mengembangkan anutan Allah SWT.


Ada 5 nabi yang mendapatkan gelar ulul azmi yaitu memilki kesabaran serta ketabahan yang luar biasa. Untuk itu, kami akan memperlihatkan info nama nama nabi dan rasul lengkap.


Artikel Terkait: 20 Sifat Sifat Allah Arti dan Penjelasanya Terlengkap (Wajib, Mustahil)



5 Nama Nabi Yang Memiliki Julukan Ulul Azmi Atau Rosul


 sebagaimana telah ada pada rukun iman yaitu beriman kepada nabi dan rasul ✔ 25 Nama-Nama Nabi Dan Rasul Lengkap (Urutan  Mukjizatnya!)


Nama-nama Nabi ini mempunyai julukan dikarenakan mempunyai ketabahan dan kesabaran yang luar biasa, dalam menjalankan kehidupan dan dakwahnya pada setiap zamanya. Berikut ini yakni 5 Nama Nabi tersebut:


1. Nabi Nuh AS.


2. Nabi Ibrahim As.


3. Nabi Musa AS.


4. Nabi Isa AS.


5. Nabi Muhammad SAW.


Artikel Terkait: 99 Asmaul Husna & 99 Doanya Lengkap Amalkan (Arab, Inggris, & Artinya!)


25 Nama Nama Nabi Dan Rasul Lengkap Dengan Mukjizatnya


Sebagai bentuk kewajiban umat muslim terhadap rukum iman maka harus memahami 25 nama nabi dan rasul antara lain:




  1. Nabi Adam A.S




Nabi adam merupakan insan sekaligus khalifah pertama yang di ciptakan Allah SWT dari segumpal tanah. Tugas Nabi Adam A.S yaitu untuk mengesakan Allah SWT kepada para keturunannya. Allah berfirman pada QS. Al-Baqarah ayat 30:


 sebagaimana telah ada pada rukun iman yaitu beriman kepada nabi dan rasul ✔ 25 Nama-Nama Nabi Dan Rasul Lengkap (Urutan  Mukjizatnya!)




  1. Nabi Idris A.S




Merupakan keturunan dari keenam Nabi Adam A.S. Beliau merupakan Nabi pertama yang diangkat berdasarkan garis keturunan Nabi Adam A.S. Allah SWT memperlihatkan mukjizat kepada Nabi Idris A.S.


Berupa kepandaian, kejujuran, ketrampilan dalam kebutuhan manusia. Seperti untuk mengenal tulisan, ilmu menjahit, menulis dan sebagainya.




  1. Nabi Nuh A.S




Nabi Nuh Alaihissalam di berikan mukjizat untuk menyelamatkan kaumnya dari banjir bandang yang membasmi bagi kaum berbeda ajaran. Allah SWT memperlihatkan banjir bandang akhir keingkaran dan di binasakan semuanya pada insiden tersebut.


Kesabaran Nabi Nuh dengan pengikutnya termasuk hewan memperlihatkan hasil selamat dari insiden tersebut. Atas kesabarannya tersebut Nabi Nuh A.S mendapatkan gelar Ulul Azmi.




  1. Nabi Hud A.S




Utusan Allah SWT yang di peruntukan dalam memperlihatkan hikmah kepada orang-orang sombong serta mengingkari ajaran-ajaran benar. Allah SWT memperlihatkan adzab kepada mereka berupa angin kencang panas yang menciptakan sumber air semakin hilang.


Termasuk dengan tanaman dan buah-buahan yang banyak di cari. Kemudian, Allah mendatangkan awan hitam  disertai angin kencang topan dan petir. Nabi Hud A.S serta pengikutnya selamat dan berhijrah.




  1. Nabi Sholeh A.S




Mukjizat yang diberikan yatiu adanya Onta betina yang lahir pada celah-celah batu. Hal ini merupakan salah satu kebesaran Allah SWT bagi kaun Tsamud di jamannya. Nabi Sholeh A.S diutus untuk menyampsaikan risalahnya.


 sebagaimana telah ada pada rukun iman yaitu beriman kepada nabi dan rasul ✔ 25 Nama-Nama Nabi Dan Rasul Lengkap (Urutan  Mukjizatnya!)




  1. Nabi Ibrahim A.S




Ibrahim merupakan salah satu nabi yang memperoleh gelar Ulul Azmi atas kesabarannya. Di jamannya, populer raja yang berkuasa yaitu Namrud. Banyak masyarakat yang menyembah berhala. Namun, Nabu Ibrahim menyadarkan masyarakat dan menghancurkan berhala.


Kemudian, Raja Namrud murka dan menghukum Nabi Ibrahim dengan membakarnya. Namun, atas kuasa Allah SWT api tersebut tidak memperabukan nabi Ibrahim.


Firman Allah SWT:


 sebagaimana telah ada pada rukun iman yaitu beriman kepada nabi dan rasul ✔ 25 Nama-Nama Nabi Dan Rasul Lengkap (Urutan  Mukjizatnya!)


Artinya :


 sebagaimana telah ada pada rukun iman yaitu beriman kepada nabi dan rasul ✔ 25 Nama-Nama Nabi Dan Rasul Lengkap (Urutan  Mukjizatnya!)




  1. Nabi Luth A.S




Nabi Luth A.S merupakan utusan Allah SWT terhadap kaum sodonmserta Gomorrah yang memilik sikap sec menyimpang.


Saat Nbi Luth menyerukan untuk sanggup bersikap baik dan meninggalkan hal jelek tersebut, justru mendapatkan perlakuaan yang buruk.


Atas dasar tersebut, Allah SWT menurunkan adzab berupa gempa bumi dan hujan badai. Akhirnya, penduduk kaum tersebut binasah.




  1. Nabi Ismail A.S




Mukjizat yang dimiliki oleh nabi Ismail ialah keselamatan ketika Ayahnya ( nabi Ibrahim A.S) hendak melaksanakan penyembelihan atas perintah Allah SWT.


Kemudian, ketika hendak di sembelih Allah SWT mengantikan Nabi Ismail dengan domba. Atas hal ini, maka muncul berqurban.




  1. Nabi Ishaq A.S




Merupakan putra dari nabi Ibrahim A.S dan menemani ayahnya dalam berdakwah. Namun, Istrinya yang berjulukan Rafwah Binti Batu’il mempunyai perkara pada kehamilan.


Tetapi, atas doa yang di panjatkan oleh Nabi Ishaq A.S kepada Allah SWT istrinya pun mengandung dan melahirkan.




  1. Nabi Yaqub A.S




Nai Yaqub A.S merupakan anak dari Nabi Ishaq A.S serta seorang ayah dari Nabi Yusuf A.S. Sebelum wafat, dirinya berwasiat kepada putranya yang tercantum dalam Al-Quran:


 sebagaimana telah ada pada rukun iman yaitu beriman kepada nabi dan rasul ✔ 25 Nama-Nama Nabi Dan Rasul Lengkap (Urutan  Mukjizatnya!)




  1. Nabi Yusuf A.S




Dikaruniai berupa wajah yang tampan dengan, dan menciptakan banyak perempuan tertarik kepadanya. Selain itu, Nabi Yusuf A.S juga merupakan seorang penafsir mimpi yang paling handal.




  1. Nabi Ayub A.S




Cobaan yang dibeirkan kepada nabi Ayuh A.S bahkan sanggup menciptakan istrinya pergi meninggalkannya. Beliau mempunyai penyakit kulit yang susah untuk di sembuhkan.


Meskipun begitu, pada kesudahannya Allah SWT memperlihatkan kuasanya atas kesabaran dan keikhlasan dalam menghadapi hal tesebut. Sebagaimana firman Allah SWT:


 sebagaimana telah ada pada rukun iman yaitu beriman kepada nabi dan rasul ✔ 25 Nama-Nama Nabi Dan Rasul Lengkap (Urutan  Mukjizatnya!)




  1. Nabi Syuaib A.S




Allah SWT menyelamatkan Nabi Syuaib A.Satas tragedi yang adzab untuk kaum Madyan. Beliau diutus untuk menyampaiakn ajarannya, namun tidak di tanggapi dengan baik.


Akhirnya, Allah memperlihatkan Adzab berupa angin kencang panas serta awan hitam yang menghancurkan kaum madyan.




  1. Nabi Musa A.S




Allah SWT memperlihatkan kelebihan kepada Nabi Musa A.S berupa tongkat yang sanggup berkembang menjadi ular. Selain itu, atas derma dari Allah SWT tongkat Nabi musa sanggup membelah maritim merah dan menyelamatkan dari kejaran Raja Fir’aun.


Beliau juga mendapatkan gelar ulul azmi lantaran kesabarannya dalam berdakwah dan menghadapi firaun.




  1. Nabi Harun A.S




Kelebihan yang diberikan oleh Allah SWT kepada nabi Harun A.S berupa kemampuan bahasa yang sangat baik. Sehingga, sangat membantu nabi musa dalam melakuan perjalanan dakwahnya.




  1. Nabi Zulkifli A.S




Nabi Zulkifli A.S populer akan sifat dermawannya kepada semua orang. Bahkan, kepada orang yang membenciya pun selalu tetap dermawan. Nabi Zulkifli A.S menerima keselamatan dari reruntuhan bangunan rumah ayahnya ( Nabi Ayyuh) yang menewaskan seluruh anak beliau.




  1. Nabi Daud A.S




Allah menurunkan kitab Zabur kepada Nabi Daud. Selain itu, Allah SWT juga memperlihatkan aneka macam maam kemampuan ibarat memahami bahasa burung bisa melembutkan besi dengan tenaga kosong. Ditambah, kelebihan lainya yaitu mempunyai bunyi yang merdu.




  1. Nabi Sulaiman A.S




Alah SWT mengkaruniakan Nabi Sulaiman A.S berupa kebijaksaan dalam perjalanan dakwahnya. Selain itu, Nabi Sulaiman A.S juga bisa berbicara dengan bintang ibarat ular dan burung. Selain itu, Beliau juga bisa menundukkan jin untuk menurutinya.




  1. Nabi Ilyas A.S




Bani israil sangat gemar menyembah patung yang mempunyai nama Ba’al. Karena itu, Allah mengutus Nabi Ilyas A.S untuk mengajarkan syariat yang benar.


Namun, kaum tersebut jusru menentang Nabi Ilyas A.S. Karena itu, Allah SWT menurunkan adzab pedih berupa kemarau berkepanjangan.


Namun, hal ini tidak berlangsung usang dan mengulanginya kembali. Akrena itu, Allah SWT memperlihatkan adzab yang lebih pedih kepada bani Israil.




  1. Nabi Ilyasa A.S




Beliau di utus oleh Allah SWt untuk berdakwah pada kaum bani israil. Perjalanannya dala berdakwah memang tidak selalu mulus. Bahakan, Nabi Ilyasa termasuk dalam hamba Allah SWT terbaik. Mukjizat yang diberikan yaitu sanggup menghidupkan kembali orang meninggal.




  1. Nabi Yunus A.S




Mukjizat yang diberikan oleh Allah kepada Nabi Yunus A.S yaitu ketika Beliau selamat ketika di telan oleh paus. Kejadian ini disebabkan Nabi meninggalkan Kaum Asyiria di Ninawa.




  1. Nabi zhadsfia A.S




Beliau merupakan utusan Allah SWT kepada bani israil yang tinggal di palestina. Beliau di karuniai keturunan sesudah umurya uzur. Hal ini dikarenakan istrina yaitu Isya merupakan perempuan mandul.


Meskipun begitu Nabi zhadsfia A.S meminta doa dan permohonan kepada Allah SWT. Akhirnya, Allah SWT memperlihatkan kandungan kepada Isya yaitu Nabi Yahya A.S.




  1. Nabi Yahya A.S




Ketika lahir, ayahnya( nabi zhadsfia A.S) sudah dalam usia lanjur. Beliau sudah dikenal semenjak kecil sanggup belaajr dengan rajin serta mempunyai kegemaran yaitu membaca. Bahkan, ketika masih kecil juga sudah bisa tetapkan perkata manusia.


Kemampuan yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Yahya berupa menuntaskan perkara mengguankan diam-diam agama. Memperkenalkan kebenaran dan menuntun pada jalan yang benar.




  1. Nabi Isa A.S




Selain diberikan kitab injil oleh Allah SWT, Nabi Isa A.S juga masih mempunyai banyak kelebihan. Beliau bisa berbicara ketika masih bayi. Bahkan, Nabi Isa A.S bisa membentu burung berjiwa hanya dengan memakai tanah.


Selain itu, dia juga diberikan kelebihan untuk sanggup menyembuhkan orang buta, menghidupkan orang meninggal dan menurunkan masakan dari langit. Nabi Isa A.S mendapatkan gelar ulul azmi atas ketaguhan dan kesabaran memberikan anutan islam.




  1. Nabi Muhammad S.A.W




Allah SWT mengutus Nabi Muhammad S.A.W sebagai Nabi terakhir. Tidak akan pernah ada lagi utusan sesudah beliau. Nabi Muhammad S.A.W memperlihatkan anutan yang telah di sempurnakan dari Nabi dan Rasul terdahulu.


Adapun mukjizat yang diberikannya yaitu mendapatkan Al-Quran serta di karuniakan insiden besar islam ibarat Isra dan Miraj.


Selain itu, Nabi Muhammad juga dikenal akan kecerdasanya dalam menuntun umat. Ditambah, Beliau juga mendapatkan julusan ulul Azmi dari kecil hingga dewasa.


Itulah nama nama nabi dan rasul lengkap yang harus di pahami oleh semua umat muslim. Mereka ialah orang pilihan yang mempunyai mukjizat dari Allah SWT serta mempunyai kedudukan yang lebih tinggi di bandingkan insan lainnya.


Semoga kita dalam menjalani kehidupan ini tidak mensia-siakan waktu yang ada.



Sumber https://wanipira.com

0 Response to "✔ 25 Nama-Nama Nabi Dan Rasul Lengkap (Urutan Mukjizatnya!)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel