iklan banner

10 Langkah Awal Memulai Bisnis Online Dari Nol

Saya bertemu dengan seorang pengrajin kayu yang punya talenta dalam menciptakan aneka macam perabotan berkualitas. Saat saya tawari wacana bisnis online, beliau sangat tertarik namun alasannya yakni minim pengetahuan karenanya beliau tidak melanjutkan keinginannya untuk mencoba bisnis online tersebut. Apakah bisnis online terlalu sulit dan ribet bagi pemula?


Cara memulai bisnis online bagi pemula bahu-membahu sangat mudah, entah dari nol atau minus sekalipun, asalkan mau berguru dan mencoba, pasti kita akan bisa.

Berikut ini yakni 10 langkah awal untuk memulai bisnis online dari 0 bagi seorang pemula :

1. Belajar memakai gadget

Bisnis online yakni hal yang tabu bagi orang yang tidak sanggup memakai gawai di jaman modern ketika ini. Setidaknya kita harus sanggup memakai smartphone dengan aplikasi yang mendukung bisnis online ibarat whatsApp, facebook, instagram dan lain sebagainya.

Saya punya tetangga bau tanah yang ndeso dan enggan memakai gadget, sampai anaknya membelikan dan memaksanya menggunakannya, ketika ini ia malah ketagihan dan sanggup menjalankan aneka macam aplikasi dengan berguru secara otodidak. Jadi, jangan malas dan jangan merasa terlalu bau tanah untuk belajar!

2. Mempelajari sistem bisnis online

Mungkin kita perlu berguru menunjukkan produk dengan baik, menjawab pertanyaan dari calon pembeli, menyiapkan katalog gambar, deskripsi produk, asumsi ongkos kirim dan lain sebagainya yang diharapkan untuk bisnis online.

Modal dari sistem penjualan online yakni kepercayaan, tidak peduli siapa anda di balik layar, namun perilaku dan kesiapan anda di media online yang akan menciptakan orang percaya atau tidak kepada anda. Kaprikornus belajarlah jadi orang baik di media online dengan cara yang sewajarnya.

3. Angkat seorang guru sebagai inspirator

Banyak hal yang sanggup dipelajari sendiri melalui percobaan dan pengalaman, namun ada pelajaran yang tak sanggup dipelajari sendiri tanpa mengangkat seorang guru.

Ada baiknya kita punya kenalan yang sanggup kita tanyai atau mintai pendapat ketika kita menghadapi sesuatu yang masih belum dipahami. Keberadaan seorang guru sangat penting demi kelanjutan masa depan kita alasannya yakni dari mereka, kita mendapat banyak pengalaman berharga.

4. Fokus pada produk yang akan dijual

Salah satu kesalahan pengusaha muda di media online yang sering saya dapati yakni sifat rakus mereka yang hanya mencari laba semata. Bermodalkan software dan aplikasi buatan, mereka mengunggah ribuan produk ke marketplace ibarat menebar sampah berharap orang akan membeli produk mereka yang mencurigai itu.

Mungkin cara ibarat itu baik dan meninggalkan banyak stok produk, namun berdasarkan saya calon pembeli akan lebih menghargai orang yang konsisten dengan produknya. Misalnya penjual baju yang menyediakan produk pakaian saja tanpa menambah dagangan absurd yang ada di lapaknya.

5. Tetapkan peraturan bisnis anda

Apakah harga yang anda tawarkan sudah final atau sanggup ditawar? Apakah pengiriman harus dibayar pembeli atau anda menyediakan jasa kirim gratis? Apakah ada promo khusus jikalau pembeli memborong dagangan anda?

Tetapkan peraturan bisnis anda sampai menciptakan pelanggan percaya dan tertarik dengan apa yang anda tawarkan di media online.

6. Miliki wadah bisnis di media online

Banyak orang yang menganggap sebuah website sudah tidak penting lagi alasannya yakni kebanyakan orang sedang berada di sosial media. Namun berdasarkan saya, website tetap saja penting sebagai wadah bisnis dan profesionalisme bisnis anda.

7. Manfaatkan media sosial

Jamannya media sosial, mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan jaman dan terjun ke dalamnya demi sanggup bergabung dengan jutaan calon pembeli yang ada di dalamnya. Sebenarnya banyak orang yang berhasil hidup di medi sosial, namun tidak dihidupi olehnya, ini yakni peluang kita untuk mencari hidup di media sosial.

8. Bergabunglah dengan marketplace

Marketplace yakni wadah yang sangat penting alasannya yakni sistemnya yang kondusif dan terbuka, setidaknya kita punya akun untuk calon pembeli yang ingin membeli produk kita secara kondusif melalui marketplace yang ada di Indonesia. Lagipula di dalam marketplace, kita sanggup sekalian promosi produk juga.

9. Kembangkan dan populerkan bisnis anda

Saran saya kepada anda yang gres memulai bisnis, mulailah dari aneka macam akun google yang ada. Anda sanggup mencoba dari google maps untuk alamat, google bisnis untuk mendaftarkan perjuangan di media internet, blog, gmail sampai akun-akun lain semoga bisnis anda semakin dilihat banyak orang di internet.

10. Konsisten

Tidak ada jaminan bisnis anda akan sukses besar ketika mencoba bisnis online, namun jikalau anda konsisten menjalankannya, maka ada rejeki yang tiba dari jalan tersebut, itu pasti. Jangan takut gagal, jangan ragu ketika sepi dan jangan berfikir pesimis alasannya yakni kita tidak tahu kapan pembeli akan melihat dan membeli produk kita di internet.

Sumber http://wirausahakan.blogspot.com

0 Response to "10 Langkah Awal Memulai Bisnis Online Dari Nol"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel