iklan banner

Tips Mudah Cara Menanam Bunga Hias

 atau lebih spesifiknya ber kebun bunga yakni sebuah hobi yang sanggup mengisi waktu luang  Tips Mudah Cara Menanam Bunga Hias
tips mudah cara menanam bunga

Berkebun, atau lebih spesifiknya ber kebun bunga yakni sebuah hobi yang sanggup mengisi waktu luang Anda. Menghiasi halaman rumah dengan menanam bunga memakai pot bunga tergolong cukup mudah. Cara menanam bunga dengan media pot bunga dirasa lebih efisien, terutama bila Anda tinggal di kota yang sangat sulit untuk menemukan lahan kosong untuk menanam bunga.


Menanam bunga disamping sanggup menimbulkan acara gres di tengah kesibukan Anda bekerja, bunga bermekaran semakin mempercantik halaman rumah Anda, serta sanggup mengurangi stres bagi siapa saja yang memandang keindahan dari bunga yang sedang mekar.


Beberapa jenis bunga yang sering ditanam di dalam pot diantaranya yakni bunga mawar, bunga bougenvile, bunga matahari, bunga anggrek bulan, bunga melati, dan aneka macam jenis bunga yang pengandung nilai estetika tinggi lainnya. Cara menanam bunga bekerjsama hampir sama, meskipun Anda menanam aneka macam jenis bunga dalam satu halaman rumah. Hal yang menciptakan beda yakni media tanam dan cara pemeliharaanya. 


Persiapan Awal Cara Menanam Bunga Hias


Mempersiapkan media tanam sebagai langkah cara menanam bunga yakni langkah pertama yang harus Anda lakukan. Berikut ini langkah-langkah persiapan media tanam :



  • Langkah awal cara menanam bunga yaitu Anda siapkan media tanam berupa pot, tanah, pasir/krikil, pupuk sangkar dan arang sekam.

  • Isi bagian dasar pot, berikan beberapa kerikil, atau sanggup juga dengan pecahan bata yang berfungsi untuk mengikat air sesudah Anda menyiram tumbuhan nantinya.

  • Kemudian selanjutnya isi pot bunga dengan gabungan media tanam. Perhatikan jenis tanaman, alasannya yakni setiap tumbuhan mempunyai media tanam yang berbeda. 

  • Komposisi umum cara menanam bunga yaitu dengan mencampur pasir, tanah, serta pupuk sangkar yang sudah matang dengan perpandingan 1/3 : 1/3 : 1/3.

  • Cara menanam bunga dimana jenis bunga yang akan Anda tanam menyukai lahan kering, maka campurannya yang sesuai yakni separo pasir halus dan separo pupuk sangkar atau pupuk kompos dengan tanpa tanah biar media tanam terjaga kekeringannya.

  • Sedangkan bila Anda hendak menanam bunga yang lebih menyukai kontur yang lembab, maka perbandingan komposisi media tanamnya yakni separo tanah dan separo pupuk sangkar dengan tanpa pasir.


Setelah gabungan media tanam siap, sistem pengepotan juga penting kaitannya dalam cara menanam bunga dengan media pot bunga. Beberapa cara sistem pengepotan yang benar antara lain :



  • Pilihlah pot bunga dengan materi dasar tembikar atau tanah liat, tujuannya yakni pot bunga dengan materi dasar tersebut mempunyai lubang pori – pori yang cukup baik bagi pedoman oksigen yang diperlukan oleh akar tumbuhan ketimbang pot bunga yang berbahan dasar plastik maupun logam.

  • Mengisi pot bunga dengan media tanam hanya 1/3 belahan dari pot bunga yakni cara menanam bunga lainnya biar pot bunga mempunyai ruang yang cukup bagi sirkulasi udara dan tumbuhan bunga tidak merasa pengap.

  • Tempatkan pot bunga pada daerah yang gampang menerima susukan sinar matahari pribadi yang diperlukan tanaman. cara menanam bunga yang baik berafiliasi juga dengan penempatan pot bunga dimana diatur sedemikian rupa biar cukup menerima susukan sinar matahari pagi.


 atau lebih spesifiknya ber kebun bunga yakni sebuah hobi yang sanggup mengisi waktu luang  Tips Mudah Cara Menanam Bunga Hias
gambar cara menanam bunga di pot

 atau lebih spesifiknya ber kebun bunga yakni sebuah hobi yang sanggup mengisi waktu luang  Tips Mudah Cara Menanam Bunga Hias
gambar bunga hias pada media pot

Teknik Cara Menanam Bunga Pada Media Pot


Cara menanam bunga juga harus memperhatikan kecukupan kebutuhan bagi tumbuhan bunga Anda. Pada tahap ini, Anda harus benar-benar jeli apakah bunga yang Anda tanam lebih menyukai kelembaban atau justru lebih suka media kering untuk pertumbuhannya.


Sebagai teladan untuk cara menanam bunga jenis bunga anggrek bulan, sistem pengairan yang paling baik justru tidak pribadi mentirami bunga anggrek tersebut, tetapi dengan cara menciptakan genangan air di sekitar tumbuhan untuk menjaga kelembaban lingkungan sekitar tetapi tidak dengan cara menyirami tumbuhan bunga anggrek secara langsung.


Sedangkan beberapa jenis tumbuhan bunga yang tidak membutuhkan perlakuan khusus, periode penyiraman dalam cara menanam bunga yang baik yakni setiap pagi dan sore hari. Hindari penyiraman tumbuhan pada siang hari dikala sinar matahari sedang terik, penyiraman pada waktu tersebut justru sanggup menciptakan tumbuhan bunga Anda layu.


Nah sedangkan untuk cara menanam bunga dengan media lahan, langkah-langkah yang dilakukan memang tidak sesimpel cara menanam bunga dengan pot bunga. Ada beberapa hal yang harus dilakukan cara budidaya bunga di lahan terutama tahap mengolah lahan biar sesuai dengan kriteria tumbuhan bunga yang akan Anda tanam.


Sebaiknya cara menanam bunga dengan media lahan terlebih dahulu cek kadar keasaman lahan yang akan Anda gunakan. Cara mengeceknya sanggup memakai kertas lakmus yang banyak tersedia di toko pertanian. Periksa apakah lahan yang akan Anda gunakan untuk cara menanam bunga bersifat basa atau asam.


PH netral tanah berkisar antara 5 – 7 , bila kadar keasaman dibawah 5 itu berarti lahan bersifat asam, maka untuk menetralkannya perlu dilakukan langkah pengapuran dengan kapur dolomit. Sedangkan bila PH lebih dari 9, itu artinya lahan tersebut bersifat basa, maka lahan perlu ditambahkan welirang untuk mengembalikan lahan menjadi ber PH netral.


Demikan tips cara menanam bunga yang baik dan benar, yang kami rangkum dalam panduan mudah merawat tumbuhan hias.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Tips Mudah Cara Menanam Bunga Hias"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel