iklan banner

Sistem Gerak Insan : (1) Otot






Kali ini saya akan meyampaikan materi-materi yang kemungkinaan besar bakal keluar untuk sahabat sahabat sobat CPNS untuk gugusan guru olahraga, ya pada tahap tes SKB (seleksi kompetensi bidang) butuh persiapan dong, ini nih saya share materi-materi yang biasanya keluar, yang pertama yaitu wacana sistem gerak pada insan yang membahas wacana otot. Otot sering  disebut juga sebagai alat gerak aktif, mengapa otot disebut sebagai alat gerak aktif ?


Karena otot mempunyai kemampuan untuk mengerakan tulang dengan berkontraksi, kemudian dari mana energi yang diperoleh otot untuk berkontraksi?


Energi yang dipergunakan untuk kontraksi otot diperoleh dari penguraian ATP, kemudian apa itu ATP ? ATP ialah abreviasi dari Adenosin trifosfat. Cara kerja ATP ialah sebagai berikut, sewaktu otot berkontraksi ATP akan otomatis terurai menjadi Adenosin difosfat atau sering disebut ADP, dan dengan terurainya ATP menjadi ADP, melapaskan energi yang dipakai untuk mengikat aktin dan miosin, Sedangkan sistem terjadinya gerak ialah sebagai berikut :


Proses terjadinya gerak dimulai dari rangsang yang tiba dari otak akan diteruskan ke otot oleh asetilkolin, suatu zat yang berfungsi menghantarkan rangsang (impuls). Rangsang yang tiba di otot akan mengakibatkan terbentuknya ikatan antara aktin dan miosin membentuk aktomiosin. Bila terbentuk aktomiosin, otot akan memendek /berkontraksi sehingga sanggup menggerakkan tulang. Namun dikala otot tidak bisa berkontraksi kembali ini sanggup diartikan ATP telah habis, dan untuk sanggup berkontraksi harus menunggu pembentukan ATP kembali.

Lalu dari mana ATP sanggup dibuat ?


Penguraian glikogen merupakan sumber energi untuk proses pembentukan ATP. Sedangkan sebelumnya glikogen terlebih dahulu harus diubah dulu menjadi laktasidogen kemudian diubah lagi menjadi glukosa, glukosa sendiri ialah bentuk gula yang larut dalam 
darah. Setelahnya  glukosa masih akan dioksidasi secara aerob dan menghasilkan energi untuk mengikatkan gugus P pada ADP sehingga terbentuk ATP yang siap kembali dipakai untuk sumber energi bagi kontraksi otot. Proses respirasi aerob ini dilepaskan CO2 dan H2O.
Dalam pemenuhan ATP untuk kontraksi otot, terdapat 2 pemenuhan untuk sistem respirasi dari aerob dan anaerob, aerob berarti memerlukan oksigen sedangkan anerob berarti tanpa memerlukan oksigen,  dalam respirasi anaerob glukosa dipecah untuk menghasilkan CO2 dengan hasil lainnya ialah asam laktat, asam laktat inilah yang mengakibatkan linu sehabis melaksanakan kegiatan atau berolahraga, penghilangan asam laktat ini sanggup diakukan dengan melaksanakan pendingian kembali sehabis berolahraga/melakukan kegiatan fisik.
materi yang kemungkinaan besar bakal keluar untuk sahabat sahabat sobat  Sistem Gerak Manusia : (1) Otot
Nama-nama otot
Karakteristik  Otot,  pernah mendengar tendon ?
Setiap otot mempunyai dua atau bahkan lebih tendon. Tendon dibedakan menjadi dua yaitu origo dan insersio, untuk membedakanya tendon insersio ialah tendon yang menempel dengan tulang, sedangkan tendon origo ialah tendon yang menempel pada tulang yang tidak bergerak,

Ada tiga istilah penting yang harus di ingat sifat otot dibagi menjadi tiga yaitu:
1. Kontraktibilitas (kemampuan memendek),
2. Elastisitas (kemampuan kembali ke bentuk semula),
3. Ekstensibilitas (kemampuan memanjang).

Arah gerak otot, Otot-otot yang mengakibatkan arah gerak yang berlawanan disebut otot antagonis. Arah gerakan yang antagonis sanggup berupa:
1. ekstensor (meluruskan) x fleksor (membengkokkan)
2. abduktor (menjauhi badan) x adduktor (mendekati badan)
3. depresor (menurunkan) x elevator (mengangkat)
4. supinasi (menengadah) x pronasi (menelungkup)

Ini gres satu bahan masih banyak pokok bahasan yang akan saya bahas untuk membantu anda menjadi ASN guru olahraga, 


Sumber http://olagragasport.blogspot.com

0 Response to "Sistem Gerak Insan : (1) Otot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel