iklan banner

Siapa Sajakah Pelaku Ekonomi ?

Siapa sajakah yang termasuk para pelaku atau subjek ekonomi itu? Pertama yang menjadi subjek ekonomi ialah insan itu sendiri. Kedua ialah badan-badan (lembaga) yang terlibat dalam acara perekonomian, menyerupai perusahaan-perusahaan, toko, organisasi masyarakat, forum konsumen, Departemen Keuangan (pemerintah), koperasi, dan sebagainya. Jadi, yang dimaksud pelaku ekonomi ialah siapa saja yang terlibat dalam acara perekonomian. Pada dasarnya ada dua cara dalam memilih pelaku ekonomi.

1) Cara pertama, yaitu berdasarkan siapa yang menyediakan dan yang memakai barang dan jasa. Dalam hal ini terdapat dua kelompok pelaku ekonomi, yaitu produsen dan konsumen.


Produsen ialah mereka yang menyediakan atau menghasilkan barang dan jasa untuk dinikmati oleh konsumen. Konsumen ialah para pemakai atau pengguna barang dan jasa yang dihasilkan oleh produsen. Kedua kelompok yaitu produsen dan konsumen senantiasa harus ada dalam setiap acara perekonomian. Keduanya saling berkaitan dan saling menyebabkan ketergantungan lantaran mustahil hanya ada produsen tanpa adanya produsen dan sebaliknya.

Contoh:
Adanya produsen kompor minyak tanah bila terdapat konsumen kompor minyak tanah. Hal ini disebabkan mustahil ada orang yang memproduksi kompor minyak tanah apabila tidak ada orang yang menggunakannya.

 Siapa sajakah yang termasuk para pelaku  atau subjek ekonomi itu Siapa sajakah Pelaku Ekonomi ?
Konsumen genteng pres akan ada bila ada produsen genteng pres. Hal ini disebabkan mustahil ada orang yang memakai genteng pres apabila tidak ada orang yang memproduksinya.
Apakah mustahil ada predikat atau sebutan rangkap pada kedua kelompok tersebut? Jawabannya ialah mungkin sekali, yaitu selain sebagai produsen juga sebagai konsumen sekaligus.

Contoh:
Seorang pengusaha garmen ialah seorang produsen pakaian. Selain sebagai produsen ia juga seorang konsumen lantaran ia perlu makan, pakaian, perumahan, dan sebagainya. Seorang penyanyi ialah produsen jasa. Selain sebagai produsen ia juga sebagai konsumen, lantaran ia juga membutuhkan barang-barang konsumsi sehari-hari.

2) Cara kedua, yaitu berdasarkan pihak-pihak yang melaksanakan acara ekonomi. Dalam hal ini terdapat para pelaku ekonomi dua pihak, yaitu pihak pemerintah dan pihak swasta.

Pihak pemerintah, terdiri atas pemerintah sentra dan pemerintah daerah.
Pihak swasta, terdiri atas rumah tangga keluarga dan rumah tangga perusahaan atau tubuh usaha, baik tubuh perjuangan swasta nasional maupun swasta asing.

Sumber http://mmustanger.blogspot.com

0 Response to "Siapa Sajakah Pelaku Ekonomi ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel