iklan banner

Pohon Palem Jenis Langka Ini, Tampil Manis Dan Elegan

Halaman belakang rumah di kediaman Waskita di tempat Malang, Jawa Timur berkembang menjadi taman yang asri. Terhambar di halaman seluas kurang lebih 250 m2, taman tersebut berisi aneka jenis tumbuhan mirip  palem, kaktus, sanseviera, chypostemma serta tertutupi oleh rumput gajah mini di seluruh permukaan tanahnya.


Sudah semenjak dua tahun terakhir, taman tersebut menjadi tempat favorit Waskita untuk sekedar melepas lelah, maupun berbincang-bincang dengan keluarga besar dan rekan bisnisnya. Terlebih saat Waskita berhasil mendapat jenis palem langka yang telah diburunya selama hampir empat tahun. Ya, pohon palem langka tersebut yaitu jenis palem encephalartos.


Pohon Palem Berharga Ratusan Juta Rupiah


Waskita mendapat tanaman palem langka Encephalartos horridus tersebut dari seorang kolektor pecinta palem di tempat Sidoarjo, Jawa Timur. Pohon palem berdiameter 26 cm tersebut tidak gampang di dapatkan oleh Waskita, alasannya yaitu gotong royong sang pemilik sebelumnya enggan melepas palem langka tersebut. 


Halaman belakang rumah di kediaman Waskita di tempat Malang Pohon Palem Jenis Langka Ini, Tampil Elok Dan Elegan
gambar palem Encephalartos horridus

“Butuh usaha ekstra keras mendapat palem langka yang eksotis ini, maklum saja mengingat kami sama-sama kolektor palem, jadi proses tarik menariknya cukup lama, tapi hasilnya sekarang justru menjadi semakin bersahabat mirip sodara dan sering berburu palem bareng, hehehe,” kisah Waskita perihal temannya sang kolektor di tempat Sidoarjo tersebut.


Palem jenis Encephalartos horridus memang terbilang unik dan eksotis. Tanaman yang termasuk dalam family Cycadaceae ini mempunyai perpaduan warna daun hijau pekat kebiruan serta dibalut dengan cipratan warna silver yang memukau. “pohon palem dengan perpaduan tiga warna sekaligus itu termasuk langka, makanya Saya tertarik sekali mengoleksinya,” Jelas Waskita menawarkan alasan.


Daun-daun tersebut tumbuh ke segala arah hingga mirip bentuk air mancur taman. Bentuk daunnya berduri tegas, dengan ukuran daun lebih tebal dan lebar dari pohon palem horridus pada umumnya yang berduri halus dan berdaun sempit. “karena keunikan tersebut, Saya harus merogoh kocek hingga ratusan juta rupiah demi memboyong jenis palem yang unik ini,” begitu ungkap Waskita.


Jenis horridus ini memang sangat popular di kalangan kolektor tanaman, utamanya kolektor palem. Selain keberadaannya yang semakin langka, palem jenis ini juga diyakini sebagai pohon purba yang masih bisa bertahan hingga kini. Beberapa kolektor di Negara Afrika Selatan dan Amerika Serikat yang berhasil membudidayakan pohon palem tersebut bahkan menjualnya hanya dalam bentuk bonggol, tanpa akar tanpa daun dengan harga yang selangit.


Encephalartos horridus tersebut hingga di rumah Waskita pada bulan Desember 2013 lalu. Waskita kemudian meletakkan palem idaman tersebut di gazebo taman yang bernaung plastik ultraviolet untuk melindunginya dari hujan. Besok harinya, Waskita menyemprotkan palem yang gres diperolehnya tersebut dengan fungisida 5 ml dan insektisida 1,25 ml yang dicampur kedalam air higienis 5 liter.


Berikutnya Waskita rutin setiap bulan menawarkan pupuk cair dengan takaran 1 ml per 1 liter air untuk menjaga kesuburan dan pertumbuhan pohon palem tersebut. “Pohon palem yaitu jenis tumbuhan dengan tingkat pertumbuhan yang lambat, maka dari itu pemupukan harus rutin dilakukan untuk mememnuhi kebutuhan nutrisi tanaman,” terang Waskita.


Pohon Palem Langka dalam Satu Taman


Halaman belakang rumah di kediaman Waskita di tempat Malang Pohon Palem Jenis Langka Ini, Tampil Elok Dan Elegan
gambar pohon palem Encephalartos eugene maraisii

Selain Encephalartos horridus yang unik tersebut, Waskita juga mempunyai palem langka lainnya yaitu jenis Encephalartos heenanii. Jenis pohon palem heenanii yang dimiliki Waskita tersebut bahkan hampir punah di hutan Afrika Selatan, habitat orisinil pohon palem tersebut.


Palem purba yang ditemukan pertama kali oleh Aelen Dryer di tahun 1969 tersebut masuk dalam kategori E di dalam Red List of Threatened Plant. Di kalangan kolektor encephalartos seluruh dunia, mempunyai jenis encephalartos heenanii yaitu suatu pujian tersendiri dan sanggup meningkatkan gengsi sang pemilik di kalangan para kolektor tumbuhan hias, terutama kolektor khusus pohon palem.


Encephalartos heenanii kepunyaan Waskita mempunyai ukuran bonggol 16 cm. daun pohon palem langka tersebut berwarna hijau menyala dengan semburat halus kecoklatan. Menyandang status langka dan hampir punah, menciptakan Waskita harus rela menebus palem unik tersebut hingga puluhan juta rupiah dan menjalani proses perundingan yang alot dengan pemilik sebelumnya hingga membutuhkan waktu selama dua bulan untuk tawar menawar.


Alumni Universitas Muhamadiah Malang fakultas Pertanian tersebut juga mempunyai palem langka lainnya jenis Encephalartos hirsutus. Kelangkaan dari palem ini, dengan warna daun kebiruan nan eksotis ini di tebus Wakita dengan harga yang selangit. Sayang sekali Waskita tidak mau menyebutkan nominal pastinya saat mendatangkan hirsutus tersebut dua tahun yang lalu.


Halaman belakang rumah di kediaman Waskita di tempat Malang Pohon Palem Jenis Langka Ini, Tampil Elok Dan Elegan
gambar pohon palem Encephalartos heenanii

Waskita memang sedang gandrung dengan palem langka semenjak tahun 2010 lalu. Berbagai macam jenis palem yang hampir punah terkumpul jadi satu di halaman rumahnya. “ kalo dipikir-pikir, ini sih bukan halaman rumah, tapi taman palem langka, hahaha,” kelakar Waskita dengan aneka macam koleksi palemnya tersebut. (sumber :trubus)




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Pohon Palem Jenis Langka Ini, Tampil Manis Dan Elegan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel