iklan banner

Pentingnya Arti Sebuah Nama Bagi Anak : Mengungkap Sejarah Dan Arti Nama Detatang


Sebuah nama sangat penting bagi seseorang, hal ini dikarenakan nama tersebut sangat kuat besar bagi dirinya. Nama yang kita miliki akan sangat berafiliasi bersahabat dengan diri kita, baik ketika kita masih hidup ataupun sehabis kita meninggalkan alam fana ini.

Nama selain merupakan identitas diri kita, iapun senantiasa merasuk kealam bawah sadar kita, alhasil ketika nama kita disebut diri kita akan reflex pribadi meresponnya.

Begitu pentingnya sebuah nama bagi seseorang sampai-sampai Rasulullahpun dalam haditsnya senantiasa memandu kita untuk menawarkan nama yang terbaik untuk bawah umur kita.

Selain alasannya merupakan identitas, dalam sebuah namapun mempunyai kekuatan dan sugesti tertentu bagi pemiliknya, bahkan lebih dari itu nama merupakan sebuah do’a bagi para orang renta supaya anak-anaknya mempunyai perilaku dan karakter menyerupai nama pemberiannya.

Memiliki arti dan nama yang baik, akan senantiasa memacu pemilik nama tersebut untuk bertindak dan bersikap sesuai dengan namanya tersebut.

Oleh alasannya itu tak heran bila para mualaf, atau para santri dipondok pesantren senantiasa dirubah namanya oleh para Kiyai, terutama bila nama asalnya tidak mempunyai arti dan makna yang baik.
Hal ini dikarenakan para Kiyai paham betul bahwa sebuah nama akan mempunyai pengaruh bagi pemiliknya. Jika nama seseorang mengandung arti yang baik, selain menawarkan sugesti yang baik bagi pemiliknya, lebih penting dari itu setiap orang yang menyebut namanya, seakan ikut serta mendoakan sang pemilik nama tersebut supaya mempunyai hal khsus menyerupai namanya.



Beberapa hal yang harus kita pegang sebelum menawarkan nama pada anak :

Tidak semua orangtua paham betul bila nama pada seorang anak itu sangat penting dan kuat besar pada anak-anaknya. Rendahnya pendidikan dan minimnya ilmu pengetahuan menciptakan banyak orang renta memberi  nama anak-anaknya dengan nama asal-asalan. Tak jarang banyak bawah umur yang menjadi korban dengan pertolongan nama atau julukan (bukan nama bergotong-royong tapi masyarakat mengenalnya dengan nama tersebut) dengan nama yang tidak baik, bahkan terkesan menjatuhkan harga diri dan martabat anaknya.

Nama Runtah misalnya, Runtah yang dalam bahasa sunda dan jawa  artinya sampah , justru beberapa orangtua  yang berbahasa sunda dan jawa memakaikan nama tersebut untuk anak-anaknya. Alhasil sebagai anak yang mengetahui arti nama tersebut semenjak kecil, alam bawah sadarnya akan merespon nama yang menempel pada dirinya. Oleh alasannya itu jangan sekali-kali orangtua menawarkan nama pada anak yang justru dengan nama tersebut anak menjadi minder, dan menurunkan harga diri dan martabatnya.

Akan sangat jauh lebih baik bila kita menggunakan nama-nama dengan arti yang baik pada anak, sehingga sehabis anak mengetahui arti namanya, alam bawah sadarnya akan  tersugesti untuk mewujudkan jati diri  yang sesuai dengan namanya tersebut.

Sebagai orang Islam yang taat , tentu kita harus berpedoman pada pedoman Islam dalam hal apapun, termasuk dalam tetapkan menawarkan nama pada anak, diantaranya sebagai berikut :

- Sunahkan meberi nama dengan Abdullah (Hamba Allah) dan Abdurrohman Hamba yang Maha Pengasih)
-
Dengan pertolongan nama Abdullah, maka secara tidak pribadi orangtua telah mendo’akan supaya anaknya menjadi hamba Allah yang  taat. Sebagai orangtua tentu kita semua tahu bahwa do’a kita untuk bawah umur kita itu sangat mustajab.

Bahkan Islam telah mengajarkan dengan terang kepada kita, bahwa Ridho Allah itu tergantung dengan Ridho orang tua. Pemberian nama tersebut juga berarti merupakan sebuah bentuk do’a dan keridho’an supaya anaknya kelak menjadi hamba Allah yang taat, dan sangat mempunyai kegunaan untuk agama-Nya.

- Sunah memberi  nama dengan  Abdul  lalu diikuti dengan nama Asma-Ul Husna

Contoh Abdul Ghofur artinya hamba Allah yang maha pemaaf, selain indah nama tersebut juga ialah do’a dan sugesti kuat bagi alam bawah sadar anak untuk tumbuh menjadi pribadi yang taat pada Agama, dan menjadi orang yang pemaaf.

Memberi nama dengan nama para nabi

Dengan menawarkan nama anak sesuai dengan nama Nabi, diperlukan nanti anak bisa tumbuh menjadi anak yang menggandakan para Nabi yang sudah niscaya mempunyai karakter yang sangat baik dan terpuji. Sebagai Umat Rasulullah tentu nama yang paling baik dipakai ialah nama Rasulullah SAW, yaitu Muhammad atau Ahmad.

Memberi nama dengan nama orang-orang shalih



“Sesungguhnya kami menamakan (anak-anak kami) dengan nama-nama para nabi dan orang-orang shalih sebelum mereka.” (HR.Muslim)

Dengan majunya zaman dan arus telekomunikasi, budaya Islam kian terancam terganti dengan budaya Barat, termasuk didalamnya dalam prihal pertolongan nama. Nama yang berdasarkan sebagian orang gaul dan sesuai zaman justru lebih mereka pilih, sekalipun nama tersebut dimiliki oleh orang-orang kafir.

Sebagai umat Islam tentu kita harus menghindari jauh-jauh hal demikian, alasannya dikhawatirkan sehabis cukup umur anak justru akan tumbuh menjadi menggandakan orang yang kita tiru namanya tersebut. Oleh alasannya itu menawarkan nama anak dengan nama orang-orang yang sudah sangat terang keshalihan dan tugas besarnya dalam Islam, ialah cara sempurna untuk menimbulkan anak kita tumbuh menjadi pribadi-pribadi pujian Allah dan Rasulnya.

Contoh nama Muhammad Haqqi Dede Nazili misalanya, nama tersebut diambil dari nama Syekh Muhammad Haqqi An Nazili, yang merupakan  salah seorang Mursyid/Syekh yang mengajarkan ilmu tasawuf yang bersandar pada Al-Qur’an dan hadits, beliaupun ialah salah satu pengarang kitab ilmu Hikmah yang berjudul Khozinatul Asror.

Dengan nama tersebut bukan hal yang tidak mungkin bila sehabis cukup umur anak tersebut akan menggandakan jejek langkah Syekh Muhhammad Haqqi An Nazili dalam menawarkan bantuan kemanfaatan yang besar untuk agama dan umat.

Memberi  nama-nama dengan nama-nama yang berasal dari bahasa arab

Sebagai orang Islam yang berpegang teguh pada Kitab Suci Al-Qur’an  yang tertulis dengan bahasa arab. Memberikan nama anak dengan bahasa arab ialah suatu hal yang sangat baik.  Hal ini dikarenakan selain berfungsi sebagai identitas dirinya, nama  tersebut juga bisa menjadi identitas agama yang dianutnya.

Memberi nama ialah hak ayah dan dinasabkan kepada ayahnya

Meski tidak semua orang diberikan pemahaman  terkait pertolongan nama untuk anaknya, namun seyognyanya nama anak itu diberikan pribadi oleh sang ayah dari anak tersebut.

Peran penting ayah bagi nama sebuah anak akan terlihat terang pada ketika anaknya menikah atau meninggalkan alam fana ini, dalam janji nama ayah akan disebutkan ketika putrinya dinikahkan. Hal ini seakan membuktikan dengan tegas akan besarnya tanggung jawab ayah terhadap anak-anaknya, dan satu diantara tanggung jawab besar yang dihentikan disepelekan ialah dalam menawarkan nama yang baik untuk anak-anaknya.

Rasanya tidak tidak mungkin bila aku katakan , nama yang orangtua berikan ialah pondasi awal untuk membentuk karakter anak dikemudian hari. Nama anak yang mengandung arti yang baik akan sangat memberi afirmasi diri yang sangat baik untuk alam bawah sadar anak.


Mengungkap Misteri  Arti Nama Tatang itu Sulit


Nama Tatang sangat identik dengan orang sunda, namun demikian sebagai salah seorang dengan pemilik nama tersebut hingga ketika ini penulis belum bisa mengetahui apa bergotong-royong arti nama tatang tersebut.

Sudah sering bertanya pada banyak orang perihal arti nama tersebut, namun belum ada yang bisa mengungkap apa bergotong-royong arti nama tatang itu. Bahkan pada jadinya justru banyak yang bertanya balik pada penulis akan apa bergotong-royong arti nama tersebut.

Bagi sahabat pembaca yang mengetahui arti nama Tatang mohon beritahui kami dikomentar posingan ini ya.

Detatang :  Dermawan, Tampan, Tangguh




Dalam Header Blog ini niscaya sobat sudah melihat goresan pena Dermawan, Tampan,Tangguh. Mungkin sebagian tidak sadar bahwa kata tersebut ialah kepanjangan dari nama penulis, yaitu Detatang.
Penulis yang tidak tahu arti namanya berusaha menawarkan afirmasi diri yang sangat positive untuk nama penulis sendiri. Hal ini alasannya penulis sadar betul bahwa afirmasi yang penulis berikan untuk diri penulis sendiri, akan sanggup membuatkan persepsi diri yang poitiv, bahkan memunculkan kepercayaan yang sangat kuat untuk jadinya sanggup mewujudkan afirmasi tersebut.

Berikut klarifikasi afirmasi tersebut :

De memilki kekuatan Afirmasi Dermawan

Kata De dalam nama penulis terbilang sangat unik, pasalnya nama awal tersebut menciptakan banyak orang sering penasaran. Ada yang menganggap itu ialah singkatan dari sebuah nama, atau bahkan hingga banyak yang membuatnya sebagai candaan. Sering ada yang bertanya pada penulis, kakanya mana, ketika mereka mengetahui nama penulis ialah Detatang. Atau bahkan ada pula yang memanggil penulis dengan sebutan pa De alasannya nama tersebut, namun apapun respon mereka kebanggan penulis terhadap nama tersebut niscaya  akan selalu ada.

Terkait banyak sekali candaan mereka penulis selalu mengatakan, De tersebut artinya Dermawan, atau De tersebut ialah lambang penulis yang akan selalu tampil abadi muda.

Berbicara nama De pada nama penulis, bergotong-royong mempunyai sejarah tersendiri. Penulis yang terlahir pada malam Jum’at keliwon, berdasarkan sesepuh pada zaman dulu nama awalnya harus di awali dengan karakter De, alhasil terciptalah nama Detatang untuk penulis, nama yang singkat, padat dan terang serta  mudah diingat tentunya.

Sementara Afirmasi diri yang penulis berikan pada kata De dengan Dermawan, hal ini alasannya penulis sangat berharap penulis akan bisa menawarkan kemanfaatan sebanyak-banyaknya untuk kemaslahatan umat. Penulis sangat berharap supaya Allah menawarkan kecukupan ilmu dan harta bagi penulis, sehingga penulis benar-benar bisa menjadi orang yang bahagia memberi yang senantiasa ringan tangan dalam membantu sesama.

Ta mempunyai kekuatan Afirmasi Tampan

Tampan utama yang penulis maksud disini bukanlah ganteng fisik, namun lebih penting dari itu ialah ganteng hati. Dengan afirmasi ini penulis sangat berharap Allah senantiasa menuntun hati penulis untuk senantias mempunyai hati yang ganteng (baik, terpuji dan menyenangkan).

Dengan ketampanan hati, maka jadinya penulispun bisa dengan gampang mempunyai kekayaan hati. Hal ini membuktikan nama De dan Ta ialah satu kesatuan yang saling melengkapi, dan saling membantu membentuk karakter terbaik bagi diri penulis.

Tang mempunyai kekuatan Afirmasi Tangguh

Dengan afirmasi ketangguhan ini, penulis sangat berharap supaya Allah menawarkan banyak sekali ketangguhan pada penulis, baik tangguh dalam melewati cobaan-Nya , ataupun tangguh dalam memperjuangkan kebenaran dan hak-hak orang banyak yang terdzalimi.

Detatang : Deramawan, tampan, tangguh ialah afirmasi yang sangat penting bagi penulis. Penulis meyakini dengan seyakin-yakinnya bahwa Allah akan membenuk diri penulis sesuai afirmasi tersebut.

Penulis sadar ucapan itu ialah do’a, begitupun penulis sadar bila Allah itu sangat bergantung pada kepercayaan kita.

Oleh alasannya itu penulis sangat yakin Allah akan mewujudkan diri penulis sesuai namanya, yaitu menjadi insan yang Dermawan, Tampan, dan Tangguh…

Nah, bagi yang belum menemukan afirmasi positive dari namanya, segeralah temukan. Rasakanlah energy besar yang akan Allah berikan melalui mediator Afirmasi luar biasa yang anda temukan tersebut.

Semoga  Bermanfaat dan menginspirasi

Salam Kepedulian


Detatang - Kamal

Update Arti Nama Tatang Ternyata Ini



Dilansir dari carinamabayi.com ternyata arti nama Tatang ialah bentuk lain dari nama Agan (Juragan, bangsawan)

Detail nama Tatang

Tatang adalah nama yang sanggup dipakai untuk anak Laki-laki. Nama Tatang sanggup dipakai pada nama depan, nama tengah dan nama akhir.

  • Nama Tatang dapat dipakai pada Nama Depan misalnya: Tatang Achmad Taufiq, Tatang Kadarusman, Tatang Mahendra Tanu, Tatang Pandi, Tatang Ruhyat, Tatang S, Tatang Saepudin.
Anda bisa melihat ide rangkaian nama Tatang di Ide Rangkaian Nama Tatang semoga sanggup membantu anda dalam menentukan nama yang sempurna buat buah hati anda. 

Arti nama Tatang dari beberapa Bahasa


Selain nama Tatang dari sunda yang ada pada tabel di atas, nama Tatang juga mempunyai arti dari beberapa bahasa lain, diantaranya yaitu:
Tatang dari Indonesia (untuk anak Laki-laki), yang berarti Terang Dan Ceria
Tatang dari Sundanese (untuk anak Laki-laki), yang berarti N/a




Sumber http://inspirasi-dttg.blogspot.com

0 Response to "Pentingnya Arti Sebuah Nama Bagi Anak : Mengungkap Sejarah Dan Arti Nama Detatang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel